BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang B. Tujuan

bagian muka penelitian kebidanan dan keperawatan secara lengkap terdiri atas cover (sampul). ucapan terimakasih. kata pengantar dan daftar isi. LAPORAN KARYA TULIS ILMIAH Pembuatan laporan karya tulis ilmiah harus mengacu pada institusi atau lembaga yang bersangkutan tentang kerangka laporan. dll. lembar persetujuan. B. yaitu harus bisa diulangi oleh orang lain untuk membuktikan hasil penemuan dalam penelitian. kata pengantar. riwayat hidup. Bagian muka penelitian Bagian muka merupakan bagian pertama dari penelitian kebidanan yang terdiri atas judul. nama . abstrak. lembar pengesahan. Penulisan judul menggunakan huruf kapital yang diletakkan di tengah-tengah (secara simetris). Laporan penelitian merupakan laporan ilmiah yang harus dibuat secara sistematis dan logis pada setiap bagian dengan harapan pembaca mudah memahami langkah-langkah dalam penelitian. Bagian ini berisi judul yang menggambarkan isi penelitian kebidanan. daftar lampiran. halaman judul. a. persembahan. tulisan karya ilmiah (skripsi) atau sejenisnya. daftar gambar. Penelitian dapat memiliki sifat replicable. Sampul Sampul merupakan bagian pertama dari bagian muka penelitian kebidanan.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. daftar tabel. dan daftar isi. Di samping itu. Pokok dari laporan penelitian adalah pada rancangan penelitian mengingat pada rancangan tersebut disampaikan langkah-langkah dalam penelitian. BENTUK LAPORAN PENELITIAN KEBIDANAN DI PERGURUAN TINGGI 1. Sampul penelitian kebidanan dalam tugas akhir penulisannya dilengkapi dengan judul.

teknik sampling yang dipakai. variabel yang diukur. jumlah sampel. nomer induk mahasiswa. . tempat dan tahun penulisan. Kritikan : Penulisan sampul pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori yang menjadi acuan.mahasiswa. serta metode analisis data yang dipakai. yaitu penulisan judul menggunakan huruf kapital yang diletakkan di tengah-tengah (secara simetris). pada format penulisan “Karya Tulis Ilmiah” berada di paling atas. sedangkan pada format teori tulisan “Karya Tulis Ilmiah” berada di bawah judul. Terdapat hasil utama yang telah diperoleh dari penelitian. Adanya kesimpulan yang utama dari penelitian. tempat dan tahun penulisan. Tetapi. Cara penulisan abstrak adalah sebagai berikut : Terdapat kalimat pengantar sebuah tentang alasan mengapa penelitian tersebut dilakukan. nomer induk mahasiswa. Memaparkan secara ringkas metode penelitian tersebut yang meliputi desain penelitian yang digunakan. metode pengumpulan data dan alat ukur yang digunakan apa. Abstrak Teori : Abstrak merupakan pencerminan isi karya tulis (hasil penelitian). Sampul penelitian kebidanan dalam tugas akhir penulisannya dilengkapi dengan judul. tulisan karya ilmiah (skripsi) atau sejenisnya. b. Disamping cara penulisan diatas secara berurutan dapat disesuaikan dengan kebijakan institusi pendidikan. populasi. mencangkup isi utama sebuah karya tulis ilmiah yang ditempatkan pada bagian muka dengan harapan agar pembaca dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang keseluruhan isi tulisan sebelum membaca secara lengkap. nama mahasiswa.

dengan menggunakan kata yang mudah dimengerti dan menarik.56%).”.”. nama penulis.. yaitu : terdapat kalimat pengantar tentang alasan mengapa penelitian tersebut dilakukan : “Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran karakteristik akseptor KB AKDR di wilayah kerja puskesmas 1 wangon. Kritikan : Cara penulisan abstrak pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori. adanya kesimpulan yang utama dari penelitian : “kesimpulan gambaran karakteristik pada akseptor AKDR di wilayah kerja puskesmas 1 wangon didapatkan jumlah akseptor yang berusia >30 tahun (69. parietas multipara (75. Dalam menuliskan halaman judul dalam caranya adalah sama dengan penulisan halaman sampul yaitu terdiri atas judul. Halaman judul Teori : Halaman judul merupakan halaman dalam penelitian kebidanan yang memberikan informasi terhadap judul. Akan tetapi penulisan abstrak tidak dalam satu paragraf. memaparkan secara ringkas metode penelitian tersebut : “jenis ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengambilan sampel proposive sampling. parietas multipara (75. pendidikan didapatkan hasil pendidikan dasar (55.”.56%).” abstrak dituliskan satu spasi .8%). c.56%). dengan metode penelitian survey. yaitu terdapat lima paragraf.56%). terdapat hasil utama yang telah diperoleh dari penelitian : “hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada usia >30 tahun (69.8%).- Abstrak dituliskan satu spasi dalam satu paragraf.. pendidikan didapatkan hasil pendidikan dasar (55. tulisan karya tulis ilmiah. nomor .

d. hanya saja pada format penulisan “Karya Tulis Ilmiah” berada di paling atas. e. nama penulis. Selain itu penulisan halaman persetujuan dapat tergantung dari kebijakan institusi pendidikan masing-masing. nama ketua penguji. nama ketua penguji. . Halaman persetujuan Teori : Halaman persetujuan merupakan halaman yang memberikan persetujuan terhadap penelitian kebidanan yang telah disetujui oleh pembimbing. Halaman pengesahan Teori : Halaman pengesahan merupakan pengesahan terdapat hasil ujian yang telah diadakan. sedangkan pada format teori tulisan “Karya Tulis Ilmiah” berada di bawah judul. nama pembimbing. tanggal ujian sidang. yaitu terdapat tulisan kata persetujuan. Kritikan : Cara penulisan halaman persetujuan pada KTI sesuai dengan teori. Pada halaman persetujuan cara menuliskan adalah sebagai berikut : terdapat tulisan kata persetujuan. nama penulis. nama pembimbing. dan nama anggota penguji. tanggal ujian sidang.induk. dan nama anggota penguji. Kritikan : Halaman judul pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori. Selain itu pada KTI objek bagian halaman pengesahan terdapat nama ketua program studi dari institusi. tetapi penulisan halaman judul dapat tergantung dari institusi pendidikan setempat. tempat dan tahun penulisan. Cara penulisan dalam halaman ini adalah adanya tulisan pengesahan. institusi. Kritikan : Cara penulisan halaman pengesahan pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011sesuai dengan teori yaitu adanya tulisan pengesahan.

Daftar isi Teori : Daftar isi merupakan susunan keseluruhan isi karya ilmiah. ruang lingkup penelitian. dan tujuan penelitian. g. Kritikan : Kata pengantar pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori. Selain itu. penulis menjelaskan tentang motivasi penelitian. Contoh. Kata pengantar Teori : Kata pengantar merupakan ungkapan peneliti dalam memberikan sebuah pengantar dari penelitian yang dilakukan. Tabel 4. h. latar belakang penelitian. yaitu menjelaskan tujuan penelitian. Cara menuliskan daftar tabel adalah sebagai berikut : nomor tabel. Daftar tabel Teori : Penulisan daftar tabel dilakukan setelah penelitian daftar isi. Dalam penulisan kata pengantar (preface). serta mencangkup kata penghargaan dan ucapan terimakasih. teks isi tabel. latar belakang penelitian. Penulisan nomor tabel disesuaikan dengan bab tempat tabel berada dan nomor urut tabel.1 berarti tabel tersebut ditulis pada bab 4 nomor urut tabel 1. . Tetapi tidak terdapat tentang motivasi penelitian. dan halaman tabel. Kritikan : Daftar isi pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori. ruang lingkup penelitian.f. kata pengantar juga mencangkup kata penghargaan dan ucapan terimakasih. Dalam penelitian kebidanan susunan penulisan daftar isi berisi nomor halaman masing-masing dari keseluruhan materi yang terkandung dalam laporan penelitian.

1..... pengumpulan data .. kerangka kerja..... definisi operasional. dan halaman gambar.... Daftar gambar Teori : Penulisan daftar gambar dilakukan setelah penulisan daftar tabel.1..... Bagian ini terdiri atas latar belakang. 24” j.. kerangka konsep dan hipotesis..... Kritikan : Cara penulisan daftar lampiran pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori.. Daftar lampiran Teori : Penulisan daftar lampiran dilakukan setelah penulisan daftar gambar....... “Tabel 3..Kritikan : Cara penulisan Daftar tabel pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori. 38 “ i... desain penelitian....... populasi..... “Gambar 2.. teks isi gambar................. metode penelitian................. tujuan... “Lampiran 1 jadwal penelitian” C. landasan teori..... identifikasi variabel dan definisi operasional.. manfaat dan relevansi... sampel dan sampling.... Cara menuliskannya adalah nomor gambar...... teks isi lampiran................ Cara menuliskan daftar lampiran adalah nomor lampiran. rumusan masalah........ BAGIAN UTAMA PENELITIAN Bagian utama dari penelitian kebidanan merupakan bagian inti dari penelitian. Kerangka Teori Gambaran Karakteristik akseptor AKDR.................... Kritikan : Cara penulisan daftar gambar pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori.......

hasil dan pembahasan. 1. Kritikan : Isi Latar belakang pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori. dan alternatif pemecahan masalah. Secara umum isi latar belakang juga dapat digambarkan adanya introduksi permasalahan. 1. karakteristik masyarakat yang terkena. 1.3 Tujuan Teori : Tujuan merupakan sesuatu yang diharapkan dari sebuah penelitian. penyebab masalah serta pemecahan yang sudah dan belum dilaksanakan.dan analisis data. dampak. tempat kejadian. masalah etika. Penulisan tujuan harus mengacu pada masalah yang .2 Rumusan masalah Teori : Rumusan masalah dalam penelitian kebidanan hendaknya dapat menjelaskan berbagai permasalah penelitian yang akan dilakukan. keterbatasan. waktu yang terjadi. simpulan dan saran. Rumusan masalah ini harus diketahui apa yang dimaksud dengan masalah penelitian. Dalam menuliskan latar belakang isinya adalah adanya besarnya masalah dan pengaruh yang timbul terhadap kesehatan. justifikasi masalah. Kritikan : Penulisan perumusan masalah pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori. insiden.1 Latar belakang Teori : Latar belakang merupakan bagian dari pendahuluan dalam penelitian kebidanan. Latar belakang memberikan informasi yang jelas dari isi penelitian yang akan dilakukan. Bab 1 Pendahuluan 1. sebab.

maka Apabila tujuan rumusan masalah menyangkut persoalan hubungan. yaitu terdapat tujuan umum dan tujuan khusus. Hanya saja “relevansi” dituiskan dengan judul “keaslian penelitian”. manfaat pada instansi tempat penelitian dan manfaat bagi perkembangan profesi kebidanan. terdapat isu kebidanan. Tujuan penelitian terdiri atas tujuan umum dan tujuan khusus. kemajuan ilmu dan teknologi.4 Manfaat Teori : Manfaat merupakan bagian pendahuluan. Kritikan : Penulisan manfaat pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori. Kritikan : Pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 bagian tujuan sesuai dengan teori. hendaknya menyangkut hubungan. 1. Kritikan : Cara penulisan relevansi pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori. kebijakan kesehatan atau sebagai petunjuk bagi penelitian lebih lanjut. 1. Cara menuliskan tujuan dengan menggunakan kata kerja aktif ataupun dengan kalimat pasif.5 Relevansi Teori : Relevansi dituliskan dengan cara adalah apakah relevan hasil penelitian yang akan dilakukan dengan isu sekarang ini khususnya isu kebidanan. kemajuan ilmu dan teknologi.telah dirumuskan. . cara menuliskan manfaat adalah sebagai berikut : tuliskan manfaat penelitian dalam peningkatan kualitas pelayanan kebidanan. kebijakan kesehatan atau sebagai petunjuk bagi penelitian lebih lanjut. manfaat terhadap perkembangan IPTEK.

disesuaikan dengan teori atau pustaka yang ada. Menujukkan adanya hubungan antara dua atau lebih variabel. Didukung teori yang dikemukakan oleh ahli atau hasil penelitian yang relevan. 1998) Kritikan : . Kritikan : Bab 2 tinjauan pustaka pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011isinya sesuai dengan teori. Cara membuat kerangka konsep ini adalah mengacu pada masalahmasalah (bagian-bagian) yang akan diteliti atau berhubungan dengan penelitian dan dibuat dalam bentuk diagram. didukung dengan referensi yang memadai. Isi tunjauan pustaka terdiri atas teori-teori berhubungan dengan masalah yang akan diteliti.1 Kerangka konsep dan hipotesis Teori : Kerangka konsep merupakan bagian penelitian yang menyajikan konsep atau teori dalam bentuk kerangka konsep penelitian. terdapat teori-teori yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti.2. Hipotesis Hipotesis merupakan jawaban sementara atas pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan. (Sumber : Arikunto. Bab 2 Tinjauan Pustaka Teori : Tinjauan pustaka merupakan bagian penelitian yang mengemukakan dasar-dasar teori yang memperkuat dari penelitian. Syarat penulisan hipotesis adalah sebagai berikut :    Hipotesis harus dirumuskan dengan singkat dan jelas. 2.

3 Populasi. identifikasi variable. dan sampling populasi.1 Desain penelitian dan kerangka kerja dalam menentukan desain apa yang akan digunakan dalam penelitian. penulisan pada desain ini adalah menjelaskan tentang desain penelitian apa yang akan digunakan. sampel. dan msalah etika. maka perlu diketahui bahwa desain penelitian merupakan wadah untuk menjawab pertanyaan penelitian atau menguji kesahihan hipotesis. penulisan kerangka kerja disajikan dalam bentuk alur penelitian mulai dari desain hingga analisis datanya. 3. populasi sampel dan sampling.4 Identifikasi variabel dan definisi operasional . yaitu menggunakan diagram.Pembuatan kerangka teori pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori. 3. desain penelitian itu merupakan sesuatu yang penting bagi peneliti karena pertama kali peneliti menentukan apakah akan melakukan intervensi dalam penelitian tersebut (melakukan studi intervensional/ eksperimental) ataukah hanya melaksanakan pengamatan saja atau observasional. sampel. jumlah sampelnya yang digunakan. cara pengukuran. 3. 3. dan sampling menjelaskan tentang populasi yang diteliti. definisi operasional. kerangka kerja. pengumpulan data.2 Kerangka kerja kerangka kerja merupakan langkah0langkah yang akan dilakukan dalam penelitian yang berbentuk kerangka atau alur penelitian. dan cara pengambilan sampel. 3. Tetapi tidak terdapat hipotesis. analisis data. keterbatasan. Bab 3 Metode Penelitian Teori : Pada bagian metode penelitian ini berisi tentang desain penelitian.

3. Pengumpulan data dan analisis data 1. jumlah sampel yang diteliti. wawancara. menggunakan tingkat kemaknaan berapa. keterbatasan waktu atau hal-hal yang lain yang dianggap perlu oleh peneliti. Jika diperlukan .identifikasi variabel berisi penjelasan tentang variabel-variabel penelitian yang diuraikan secara jelas. 3. instrumen pengumpulan data. 3.5 Definisi operasional Definisi operasional mendefinisikan variabel secara operasional berdasarkan karakteristik yang diamati ketika melakukan pengukuran secara cermat terhadap suatu objek atau fenomena dengan menggunakan parameter yang jelas. serta program apa yang digunakan dalam uji statistik tersebut dan lainlain.7 Keterbatasan Bagian ini menjelaskan keterbatasan penelitian seperti keterbatasan pengambilan sampel. Informed consent . skala likert atau yang lain. 2.8 Masalah etika Menjelskan masalah etika dalam penelitian kebidanan seperti inform consent sebelum melakukan penelitian aninomity pada saat melakukan pengukuran atau pengumpulan data dan kerahasiaan. 1. Analisis data Analisis data menjelaskan tentang metode statistik yang digunakan dalam menganalisis data hasil penelitian. Pengumpulan data Pengumpulan data berisi penjelasan cara pengumpulan data terutama tentang alat pengumpulan data . termasuk didalamnya adalah perlu tidaknya penggunaan uji statistik. apakah menggunakan angket atau kuesioner. observasi.

bagian ini hanya menyampaikan hasil data yang . populasi. Kritikan : Isi dari bab III pada teori yaitu desain penelitian dan kerangka kerja. instrumen penelitian. ruang lingkup penelitian. Anonimity Anonimity menjelaskan beentuk penulisan questionaire dengan tidak perlu menvantumkan nama pada lembar pengumpulandata . 3.1 Hasil Penulisan hasil penelitian dapat disajikan dalam bentuk tabel atau diagram. maka peneliti harus menghormati hak pasien. hanya kelompok data tertentu yang akan dilaporkan dalam hasil penelitian. dan sampling. Pada penulisan hasil tidak diperkenankan untuk memberi tanggapan. 2. Bab 4 hasil dan pembahasan Teori : 4. dan masalah etika. maka mereka harus menandatangani lembar peersetujuan dan jika responden tidak bersedia . jenis dan rancangan penelitian. dan jadwal.Informed consent diberikan sebelum melakukan penelitian. Jiak subjek bersedia. hanya menuliskan kode pada lembr pengumpulan data. tujuan pemberiannya agar subjek mengerti maksud dan tujuan penelitian dan mengetahui dampaknya. Kerahasiaan Kerahasiaan menjelaskan masalah-masalah responden yang harus dirahasiakan dalam penelitian. Informed consent ini berupa lembar persetujuan untuk menjadi reponden. identifikasi variabel dan definisi operasional. pengumpulan data dan analisis data. keterbatasan . kerangka kerja. waktu dan tempat penelitian. sampel. Kerahasiaan informasi yang telah dikumpulkan dijamin kerahasiaan oleh peneliti. definisi operasional. 4. Sedangkan pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 ada tambahan yaitu variabel penelitian.

2 Pembahasan Pada bagian ini.meliputi: data karakteristik umumresponden dan data khusus yang menyangkut hal-hal yang diteliti. 5. Bab 5 simpulan dan saran Teori : 5. Berhubungan dengan informasi baru. yaitu berisi jawaban dari tujuan. kesimpulan berisi jawaban dari tujuan atau pertanyaan masalah. Dengan kesimpulan. instansi. Dengan kata lain.1 Simpulan simpulan menjelaskan tentang kesimpulan yang didapatkan oleh peneliti terhadap hasil penelitian kemudian menghubungkannya dengan ilmu pengetahuan dan praktek kebidanan serta manfaatnya untuk penelitian selanjutnya. peneliti mengemukakan dan menganalisis makna penemuan penelitian yang telah dinyatakan sebelumnya dalam hasil dan menghubungkannya dengan pertanyaan penelitian atau hipotesis. peneliti. pengukuran atau koreksi terhadap pendapat lama.2 Saran Saran diberikan untuk pengembangan ilmu kebidanan. maka penulis dapat memperkirakan kecenderungan tentang gejala yang ditemukan penelitian ini dengan mengajukan harapan agar dilakukan penelitian. 4. dan untuk kelanjutan penelitian. Kritikan : Pada bagian kesimpulan dari KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori. Setiap pernyataan harus jelas dan didukung oleh kepustakaan atau teori yang mendukung. 5. Dan bagian saran juga sesuai dengan teori. Kritikan : Bab IV pada KTI karya Novia Hesticahyaningtyas tahun 2011 sesuai dengan teori. . dapat diperoleh informasi baru.

tahun. Daftar pustaka disusun secara alfabetis menurut abjad pengarang. indeks. Jarak antara satu dengan baris berikutnya adalah spasi dan jarak antara satu sumber dengan sumber lainnya adalah 2 spasi. e. f. Dalam penulisannya terdapat beberapa ketentuan.judul artikel dalam tanda kutip. dan lain-lain. dan tidak diberi nomor urut. tahun terbit. Jika rujukan berupa artikel yang disunting dimuat dimedia masa. nama majalah dicetak miring edisi tanggal. Jika yang dirujuk adalah berita dalam koran atau majalah .D. Pencantuman daftar pustaka hanya sumber acuan yang dikutip. dan lampiran 1. dibawahnya cukup diberi garis _ sepanjang tujuh ketukan sebagai pengganti penulisan nama pengarang. Jika ada buku pustaka yang ditulis pengarang yang sama hanya ditulis lengkap pada daftar pustaka pertama. buku. urutan penulisannya adalah nama penulis. maka judul artikel ditulis tegak diapit tanda petik tanpa garis bawah. BAGIAN BELAKANG PENELITIAN KEBIDANAN Pada bagian belakang dari penulisan penelitian kebidanan terdiri atas daftar pustaka. jika lebih dari satu baris maka ditulis menggantung c. Daftar Pustaka Teori : Daftar pustaka merupakan keterangan tentang bacaan yang dijadikan sebagai bahan rujukan penulisan penelitian kebidanan. b. Urutan penulisannya adalah nama penulis tanpa gelar akademik. artikel atau kumpulan karangan. . nama belakang dibalik dengan diberi tanda koma. g. diantaranya : a. kota terbit ditulis tebal/miring dan nama penerbit d. judul buku. Dalam daftar pustaka dapat dimasukan tentang pustaka yang digunakan seperti dari jurnal. bulan.

Contoh: Assesment. alamat situs keterangan akses tanggal. indeks mencakup istilah teknis dalam bidang ilmu yang meliputi isi tulisan.Jakarta. Contoh: Hidayat. 30). Tetapi cara penulisan daftar pustaka yang lain sesuai dengan teori. Jika yang dirujuk adalah situs internet.2002. nama tempat/ negara. 34. Lampiran Teori : .CV Sagung Seto. _______. 23.h.Aziz Alimul.Pengantar Pendidikan Keperawatan. 27- pendengaran dan cara perawatan. Indeks dapat membantu pembaca untuk mencari istilah atau singkatan dan nama penulis yang dianggap penting. Disusun secara alfabetis dengan menunjuk nomor halaman. singkatan.” Media Infirmasi Ilmiah. judul artikel.”Berbagai masalah yang terjadi pada sistem (hal. 59 Kritikan : Pada KTI karya Novia Hesticahyaningtryas tahun 2011 tidak terdapat indeks. 47. nama penulis. 46 Dokumentasi. Indeks Teori : Penulisan indeks berisi tentang ungkapan atau istilah penting yang dimuat dalam tulisan . 2. Kritikan : Penyusunan daftar pustaka tidak secara alfabetis dan penulisan daftar pustaka yang diambil dari situs internet tidak sesuai dengan teori. dan pukul berapa. maka cara penulisannya adalah nama pengaeang . 3.1998.A.

hasil pengolahan data. Kritikan : Pada KTI karya Novia Cahyaningtyas tahun 2011 terdapat lampiran yang sesuai dengan teori. A. 2011. Purwokerto. Karya Tulis Ilmiah Gambaran Karakteristik Akseptor AKDR di Wilayah Kerja Puskesmas I Wangon Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas Tahun 2010. novia. Daftar pustaka Hesticahyaningtyas. Aziz Alimul. 2010. Pada penulisan karya ilmiah bidang kebidanan berisi surat permohonan izin penelitian. contohnya adalah tabulasi data dan perhitungan statistik. surat permohonan menjadi responden. surat kesediaan menjadi responden. alat ukuir pengumpulan data. Hidayat. Jakarta : Salemba Medika. dan hasil uji statistik.Lampiran merupakan tempat untuk menyajikan keterangan atau angka tambahan isinya dapat berupa pengalaman singkat pelaksanaan penelitian. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. .