P. 1
Kuretase Gingiva

Kuretase Gingiva

|Views: 635|Likes:
Published by Muhammad Wachid
kuretase gingiva
kuretase gingiva

More info:

Published by: Muhammad Wachid on Apr 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/10/2015

pdf

text

original

Kuretase Gingiva Kata kuretase digunakan dalam periodontik untuk menjelaskan pembersihan dinding gingiva poket periodontal untuk

menghilangkan jaringan lunak patologis. Ada 2 jenis kuretase, yakni:   Kuretase Gingiva, terdiri dari pembersihan jaringan lunak terinflamasi di bagian lateral dinding poket. Kuretase Subgingiva, merupakan prosedur yang membersihkan ke bagian apikal sampai ke perlekatan epitel, merusak perlekatan jaringan ikat, sampai ke puncak tulang. Ada juga kuretase yang dilakukan tanpa disengaja, pada saat scaling dan root planing, kuretase ini biasa disebut inadvertent curretage. 1. Tujuan Utama Kuretase Kuretase bertujuan untuk menghilangkan jaringan granulasi terinflamasi kronis yang terbentuk di dinding lateral poket periodontal Kuretase juga mengeliminasi semua atau kebanyakan epitel yang melapisi dinding poket dan underlying junctional ephitelium . Kuretase dan Estetik Dahulu, eliminasi poket adalah tujuan utama dari terapi, dan hanya sedikit perhatian pada estetik. Namun sekarang, estetik adalah pertimbangan utama terapi, khusunya pada anterior maxilla. 2. Indikasi a) Kuretase dapat dilakukan sebagai bagian dari usaha pembentukan perlekatan baru pada poket intraboni dengan kedalaman sedang (moderate), yang terletak di area yang mudah diakses, dimana closed surgery dianjurkan. b) Kuretase dapat dilakukan sebagai prosedur nondefinitif untuk mereduksi inflamasi yang lebih utama dibanding eliminasi poket dengan metode lain, atau pasien yang kontraindikasi dengan teknik bedah yang lebih agresif (misalnya flap), karena alasan usia, sistemik, psikologi, dll c) Kuretase juga seringkali dilakukan pada kunjungan berikutnya sebagai metode pemeliharaan untuk area terinflamasi dan poket yang telah dirawat. Khususnya setelah pembedahan reduksi poket. 3. Instrumentasi Ada dua jenis kuret :

Kuret area-specific  hanya dapat beradaptasi dengan area yang spesifik atau permukaan gigi yang spesifik. biasaya dengan menggunakan tekanan horizontal 3) Dinding poket disokong dengan tekanan jari lembut pada permukaan eksternalnya 4) Kuret kemudian diletakkan dibawah cut edge of the junctional ephitelium untuk membersihkannya secara perlahan Pada kuretase subgingiva: 1) Perlekatan jaringan antara bagian bawah poket dan alveolar crest. Prosedur a) Teknik Dasar Kuretase tidak mengeliminasi penyebab inflamasi (sep.Bakteri plak dan deposit). Kuretase selalu membutuhkan anestesi lokal. Contoh : satu set kuret Gracey Untuk gracey curettes yang double-ended pengaturan penggunaannya sebagai berikut :      4. digunakan untuk permukaan mesial gigi posterior Gracey nomor 13-14. digunakan pada permukaan distal gigi posterior . Sehingga kuretase harus selalu di dahului dengan scaling dan root planing . Langkah-langkah kerjanya: 1) Pilih instrumen (kuret) yang sesuai 2) Masukkan instrumen untuk dapat menarik lapisan terdalam dinding poket dan membawa jaringan lunak. digunakan unutk gigi anterior dan premolar Gracey nomor 7-8 dan 9-10.a. digunakan untuk gigi posterior pada permukaan fasial dan lingual Gracey nomor 11-12. Hanya satu cutting edge yang digunakan. Kedua cutting edges dapat digunakan. dilepaskan dengan gerakan sekop sampai ke permukaan gigi 2) Area tersebut diirigasi untuk membersihkan debris dan jaringannya diadaptasikan dengan gigi melalui tekanan jari lembut 3) Terkadang penjahitan dan pemasangan periodontal pack diperlukan b) Teknik Lainnya Gracey nomor 1-2 dan 3-4. Kuret universal  dapat beradaptasi dengan semua permukaan gigi. digunakan untuk gigi anterior Gracey nomor 5-6. b. yang merupakan prosedur dasar terapi periodontal.

Tampakan Klinis Setelah Kuretase Segera setalah kuretase. Sama efektifnya dengan cara konvensional. dan kontur. apabila didukung dengan pemeliharaan OH yang baik. dan periodontal pack 2) Ultrasonic Curretage  Menggunakan alat dengan gelombang suara ultrasonic. konsistensi. Margin gingiva juga telah beradaptasi baik dengan gigi . namun tingkat inflamasi dan pelepasan jaringan ikat lebih rendah.1) Excisional New Attachment Procedure (ENAP)  Menggunakan eksisi. gingiva akan tampak normal. namun lebih baik dari sebelumnya Setlah 2 minggu. Penyembuhan Setelah Kuretase Segera setelah kuretase: Akan muncul bekuan darah pada poket Ada perdarahan Banyak sel PMN di area luka Proliferasi cepat dari jaringan granulasi Penurunan jumlah pembuluh darah kecil Restorasi dan epitelisasi: Sulkus : 2-7 hari Junctional Ephitelium : 5 Hari setelah perawatan Serat kolagen muda : 21 hari Gingiva sehat yang rusak saat perawatan diperbaiki selama proses penyembuhan 6. dan warnanya tampak lebih merah dari normal. gingiva akan mangalami perdarahan dan berwarna merah terang Setelah 1 minggu. penjahitan. 3) Caustic Drugs  Sudah tidak digunakan karena kerusakan jaringan yang besar tidak dapat dikontrol 5. baik warna. tinggi gingiva berkurang. tekstur.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->