P. 1
DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

|Views: 15|Likes:
Published by ning
wawasan ipteks universitas hasanuddin '12
wawasan ipteks universitas hasanuddin '12

More info:

Published by: ning on Apr 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2013

pdf

text

original

DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Wawasan Ipteks Kelompok VII

Dampak Perkembangan Teknologi
Disusun Oleh :

Andi Muhammad Syafa’at Muhammad Yusran Y Wahyuddin Jafar
Odilia Valentine Ninin Kurniati

Dampak Positif dan Negatif Teknologi
Teknologi akan memengaruhi
seluruh aspek kehidupan termasuk didalamnya sistem

ekonomi, sosial, politik, budaya,
religiusitas, dan lingkungan hidup manusia.

Dampak Positif dan Negatif Teknologi
Terdiri Dampak pada Sistem Ekonomi Dari :
Dampak pada Sistem Sosial Dampak pada Kehidupan Manusia

Dampak pada Lingkungan

Dampak pada Sistem Ekonomi
Dampak Positif Teknologi merupakan tahap atau langkah lanjut dari peranan barang, modal dan jasa untuk menunjang perkembangan ekonomi. Kemajuan teknologi mendorong perkembangan ekonomi yang banyak terjadi dibeberapa negara, sebab dengan kemajuan teknologi berarti akan mempertinggi efisiensi produksi, menimbulkan penemuan produkproduk baru dan mempertinggi kualitas barang yang diproduksi. Akibatnya pada tahap selanjutnya akan selalu merangsang aspek cuoriousitas dan kebutuhan manusia untuk selalu mencari dan mengembangkan sesuatu yang baru berkaitan dengan teknologi.

Dampak pada Sistem Ekonomi
Dampak Negatif Dampak negatid pada sistem ekonomi menjurus kepada pemborosan sumber daya alam, meningkatnya kriminalitas, dan timbulnya berbagai masalah akibat semakin makmur serta makin sejahteranya ekonomi suatu negara, sementara di daerah atau negara lain malah terjadi sebaliknya.

Dampak pada Sistem Sosial

a.
b.

c. d. e.

Dampak Positif Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Melindungi keamanan dan ketertiban masyarakat, Menjaga persatuan dan kesatuan wilayah, Melestarikan sejarah bangsa, dan Meningkatkan karya-karya seni.

Dampak pada Sistem Sosial

a.

b.

Dampak Negatif Rusaknya mental dan akhlak para remaja diakibatkan oleh gaya hidup masyarakat yang kapitalis, materialistik, dan individualistik. Menjamurkan situs-situs internet yang menyajikan gambar dan atau video vulgar yang bisa diakses secara bebas menambah deretan kerusakan mental generasi muda.

Dampak pada Sistem Sosial
c.

d.

Pers dan media massa sangat berperan besar dalam menciptakan atau membentuk opini publik, mengubah perilaku seseorang, bahkan mengubah persepsi masyarakat terhadap sesuatu yang baik dan benar dapat dipandang sebaliknya. Sulit memberikan batasan yang jelas antara budaya orang barat dan orang itmur, budaya orang jahiliah dan orang agamis, budaya sendiri dan orang lain, dll.

Dampak pada Kehidupan Manusia
Dampak Positif Teknologi merupakan hasil karya manusia untuk dipakai sebagai bekal dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Teknologi membantu aspek biologi pada manusia seperti memperkua otot, menyambung indera, dll. Teknologi membuat lingkungannya aman, nyaman, dan efisien untuk didiami dan diolah. Oleh karena manusia adalah bagian dari lingkungan alam semesta maka manusia dipengaruhi oleh lingkungan artinya lingkungan teknologi juga akan mempunyai dampak pada manusia.

Dampak pada Kehidupan Manusia
Maka dapat disimpulkan bahwa dampak positif teknologi pada kehidupan manusia adalah, a. Terbentuknya berbagai lapangan pekerjaan baru, b. Meningkatnya kemudahan-kemudahan dalam melakukan pekerjaan, c. Terciptanya berbagai alat bantu bagi manusia, d. Peningkatan keterampilan kerja, e. Meningkatnya sumber daya pangan, sandang, dan papan, f. Peningkatan kesehatan manusia, dll.

Dampak pada Kehidupan Manusia

a.
b. c. d. e. f. g. h.

Dampak Negatif Pergeseran dan pergantian manusia, Kebebasan terkekang, Kepribadian tehimpit, Objektivitas manusia, Mentalitas teknologi, Krisis teknologi, Distorsi biokultural, Nilai etika dan moral bergeser

Dampak pada Lingkungan
Dampak Positif Perkembangan teknologi yang sangat pesat mempunyai pengaruh positif terhadap pemanfaatan sumber daya lingkungan, diantaranya adalah penggunaan sumber daya alam akan lebih efisien, efektif, dan aneka ragam produk dari bahan sejenis akan semakin bertambah.

Dampak pada Lingkungan

a.
b. c. d. e.

f.

Dampak Negatif Terkurasnya sumber daya, Gangguan iklim, Destabilisasi dan dekompensasi lingkungan, Konsumsi tinggi dan massal, Destruksi dan kepunahan spasies hewan dan tumbuhan, Pencemaran lingkungan, dll.

Isu Lingkungan Global
Masalah lingkungan yang menjadikakan isu global antara lain pemanasan global, lubang

ozon, hujan asam, mencairnya es
di kutub utara, naiknya permukaan air laut, sistem

manajemen lingkungan,
ecolabelling, dll.

Dampak Positif dan Negatif Teknologi
Terdiri Pemanasan Global Dari :
Lubang Ozon Hujan Asam Sistem Manajemen Lingkungan Ekolabel (Eco-Labelling)

Pemanasan Global
Hal-hal yang diakibatkan oleh pemanasan global seperti peningkatan curah hujan pada suatu daerah dan di daerah lain akan sangat kekurangan curah hujan. Hal ini tentu akan berdampak pada sistem, mengacaukan sistem-sistem pertanian sebab frekuensi dan intensitas badai topan akan meningkat. Pemanasan global pada umumnya diakibatkan oleh adanya gas rumah kaca di atmosfer seperti uap air, karbon dioksida, metana, oksida sulfur, oksida nitrogen, dan CFC. Usaha yang dilakukan untuk mengurangi bahaya pemanasan global seperti penghematan energi pada sektor industri, transportasi, dan rumah tangga.

Lubang Ozon
Penurunan konsentrasi ozon di lapisan atmosfer dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya aktivitas di permukaan bumi yang dapat menyebabkan lubang di atmosfer dan ozon akan terpencar langsung di bumi. Dan yang paling berperan dalam proses ini adalah zat kimia yang disebut CFC. Peristiwa masuknya ozon ke muka bumi dikhawatirkan akan menyebabkan meningkatnya penyimpangan metabolisme dan memicu radikalisasi aktivitas molekul dalam suatu materi sehingga timbul penyakit kanker, katarak, menurunnya daya imunitas pada makhluk hidup yang nantinya akan menurunkan produktivitas pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dll.

Hujan Asam
Pembakaran bahan bakar fosil mengakibatkan terbentuknya oksida sulfur dan aktivitas manusia dan makhluk hidup lain sehingga terbentuk oksida karbon dan oksida nitrogen. Ketiga jenis oksida ini apabila terkena air hujan akan menghasilkan senyawa asam yaitu asam sulfat, asam karbonat, dan asam nitrat. Kemudian inilah yang disebut hujan asam. Kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh hujan asam adalah terjadinya deposisi struktur materi pada hutan, tanaman pertanian, danau dan kontruksi bangunan bahkan sampai kepada kematian organisme.

Hujan Asam
Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi dampak dari hujan asam ini, seperti : a. Menggunakan bahan bakar dengan kadar belerang rendah, b. Melakukan penelitian untuk mengurangi kadar belerang dalam bahan bakar, c. Melakukan penghemata dan diversifikasi energi, d. Memperbaiki manajemen penataan lingkungan, dll.

Sistem Manajemen Lingkungan
Perbaikan penataan sisi manajemen lingkungan adalah merupakan suatu proses manajemen yang menekankan upaya peningkatan proses produksi dan efisiensi perusahaan dengan meminimalisasi keluaran limbah. Meminimalisasi limbah terdiri atas tiga aktivitas yang disebut 3R yaitu; Reduce (pengurangan), Recycle (daur ulang), dan Reuse (penggunaan kembali).

Sistem Manajemen Lingkungan
Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi limbah adalah: a. Mencegah timbulnya limbah dan pencemaran melalui subtitusi bahan baku, perubahan proses atau penggabungan teknologi alternatif. b. Mendaur ulang limbah c. Mengamankan limbah yang telah diolah secara legal d. Mengelola limbah yang tidak dapat dicegah atau di daur ulang e. Menerapkan kebijakan regulasi birokrasi pemerintahan yang pro-lingkungan termasuk penerapan sanksi atau hukuman seberatberatnya.

Eco-Labelling
Penerapan sistem ekolabel merupakan salah satu syarat yang ditetapkan pada perdagangan bebas abad 21 sebagai tanda pada mata dagangan tersebut memenuhi persyaratan yang tidak merusak lingkungan. Label yang terpasang pada mata dagangan tersebut juga menyatakan nahwa produk tersebut ramah lingkungan dalam arti produk dan proses produksinya tidak berdampak negatif pada lingkungan.

Terima Kasih

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->