P. 1
Sejarah Tata Hukum Indonesia Pada Masa Orde Lama

Sejarah Tata Hukum Indonesia Pada Masa Orde Lama

|Views: 449|Likes:
Published by Yufi Mustofa
hukum indonesia
hukum indonesia

More info:

Published by: Yufi Mustofa on Apr 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2014

pdf

text

original

TAHUN 1945 Tahun 1945 adalah tahun yang paling bersejarah bagi kita sebagai warga negara indonesia bagaimana tidak. Jepang. pada tahun tersebut Indonesia meraih kemerdekaannya setelah dijajah oleh bangsa Inggris. Belanda. Bebas dari pengaruh penjajah untuk kemudian mulai menata segala sesuatunya dengan sendiri. Masa-masa itulah yang dikenal dengan istilah orde lama. serta yang lain. .

. masih belum dapat membuat peraturan untuk mengatur segala aspek kehidupan bernegara. Pasal 192 Konstitusi RIS (pada saat berlakunya Konstitusi RIS) dan Pasal 142 UUDS 1950 (ketika berlaku UUDS 1950). hukum lama masih berlaku dengan dasar Pasal II Aturan Peralihan UUD 1945. Untuk mencegah kekosongan hukum.Pada awal kemerdekaan dalam kondisi yang belum stabil.

. 75.69 berintikan penetapan berlakunya kembali UUD 1945 dan tidak berlakunya lagi UUDS 1950. dan pembentukan MPRS dan DPAS.Presiden Soekarno pada tanggal 5 Juli 1959 mengeluarkan Dekrit Presiden dengan segala pertimbangan sebelumnya yang isinya Dekrit tersebut adalah pembubaran konstituante. diundang-undangkan dengan resmi dalam Lembaran Negara tahun 1959 No. Berita Negara 1959 No.

. Demokrasi yang berlaku adalah Demokrasi Terpimpin yang menyebabkan kepemimpinan yang otoriter.Pada masa Orde Lama ini Pemerintah melakukan penyimpangan-penyimpangan terhadap UUD 1945. Terdapat juga anggapan bahwa pada sistem pemerintahan orde lama banyak menggunakan trial and error terhadap sistem pemerintahan Indonesia.

Karena Trial and Error itu telah mengancam kelangsungan hidup Negara Pancasila 17 Agustus 1945. . Akhirnya memang masalah Dekrit Presiden tersebut dapat diselesaikan oleh pemerintah Orde Baru. maka terjadilah Dekrit Presiden pada tanggal 5 Juli 1959 dengan tujuan kembali ke UUD 1945 yang kemudian menjadi dialog Nasional yang seru antara yang Pro dan yang Kontra. berbangsa dan bernegara. sehingga Dekrit Presiden 5 Juli 1959 kelak dijadikan salah satu sumber hukum dalam kehidupan bermasyarakat.

Belajar dari trial and error-nya sistem pemerintahan orde lama harusnya menjadikan Indonesia lebih tahu sistem apa yang harus diterapkan. . Sayangnya.Soekarno. Memang tidak dapat dipungkiri hasil ini dibuat oleh sosok ayah. Namun pada era reformasi ini. dan mengenyampingkan baik atau buruknya sistem pemerintahan orde lama yang nyatanya sistem tersebut mengantarkan Indonesia menjadi negara yang mampu berdiri hingga sekarang ini. dan pemikir hebat yang berani mengambil resiko yaitu Ir. kondisi sistem pemerintahan Indonesia sepertinya cukup baik dengan menggunakan sistem pemerintahan demokrasi pancasila. Semua ini tidak terlepas dri pembelajaran sistem pemerintahan yang sebelumnya. pada masa orde barupun banyak sekali tejadi gejolak karena tidak sesuainya sistem pemerintahan yang diterapkan.

Fajar Tito Setiadi (07220114) Mukhammad Edris (09220078) Yudhi Ragil S (09220084) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->