Pembelahan Sel

Pembelahan sel adalah sebuah proses dimana sel induk membelah atau membagi dirinya menjadi 2 atau lebih sel anak. Pembelahan sel merupakan bagian dalam tubuh kita. Kita bertumbuh karena sel-sel di dalam tubuh kita membelah diri.

Dalam siklus sel, terdapat dua tahap, yaitu interfase dan M-Phase. Interfase adalah tahap dimana sel tidak membelah. Tahap ini berlangsung selama 15 jam dan terdapat 3 tahap, yaitu G1 Phase (fase organel sel berduplikat), S-Phase (fase replikasi DNA), dan G2 Phase (fase pertumbuhan sel dan sintesis protein). Pada tahap M-Phase barulah sel mulai membelah. Thap ini hanya berlangsung 2 jam dan terdiri dari proses kariokinesis dan sitokinesis. Kariokinesis adalah tahap di mana proses pembelahan nukleus sel melalui tahap ProMAT, sedangkan sitokinesis adalah tahap pembelahan sitoplasma. Pembelahan sel dibagi menjadi 2 jenis menurut jenis sel yang membelah, yaitu pembelahan pada sel prokariotik dan pada sel eukariotik.

A. Pembelahan Pada Sel Prokariotik

Pembelahan biner dapat ditemukan pada sel bakteri. dan pembelahan sitoplasma. Kemudian akan terjadi pertumbuhan di antara dua tempat pelekatan kromosom tersebut. kromosom diduplikasi dan akan menempel pada membrane plasma. pembagian kromosom. Proses pembelahan ini juga dikenal dengan proses pembelahan amitosis. proses pertumbuhan sel. Sitokinesis dan pembentukan dinding sel kemudian terbentuk sehingga 2 sel anak terbentuk. Pada pembelahan biner. Amitosis artinya pembelahan yang tidak melibatkan kromosom. Hal ini untuk melakukan pemisahan inti.Pembelahan pada sel prokariotik dikenal dengan pembelahan biner yang artinya pembelahan ini berlangsung secara sederhana dan spontan. . duplikasi materi genetik.

B. Nukleus terdiri dari RNA ribosom dan merupakan tempat sintesis protein serta materi yang berwarna gelap dikenal sebagai kromatin atau bentuk benang-benang kromosom sehingga bentuk kromosom tidak dapat dilihat secara jelas. Pembelahan Pada Sel Eukariotik Pembelahan sel pada sel eukariotik dibagi menjadi meiosis dan mitosis. Pembelahan ini bertahap dan terjadi pada sel tubuh (somatis) dengan tujuan pertumb uhan. Profase . Pada salah satu ujung sel. Hal ini berarti sel haploid akan menghasilkan 2 sel haploid dan sel diploid akan menghasilkan 2 sel diploid. Pada sel-sel meristematik hewan dan tumbuhan. terdapat 2 pasang protein yang disebut sentrioles. dan regenerasi sel. anafase. dan telofase. pembelahan yang terjadi adalah pembelahan mitosis yang berguna untuk pertumbuhan. metafase.Mitosis Pembelahan mitosis adalah pembelahan yang menghasilkan sel anak yang dapat membelah lagi. B. pembelahan mitosis hanya berlangsung dalam satu ProMAT dan sebelumnya ada tahap interfase. A. . Pembelahan mitosis menghasilkan dua sel anak yang identic dengan induknya. Dalam tahap kariokinesis. pertambahan sel. sentriosol tidak muncul. ProMAT merupakan proses pembelahan yang terdiri dari profase. Interfase Pada tahap ini sel tidak membelah. tetapi pada tumbuhan.

E. Anafase Kromatid pada tahap ini berpisah dan bergerak kearah kutub yang berbeda. Metafase Pada fase ini. Cleavage Burrow/ pembelahan alur menyempit dan lama kelamaan . Setiap kromatid mengandung DNA dan protein serta melekat berpasangan pada sentromer.Pada tahap ini sentriosol bergerak ke ujung sel yang berlawanan dan disebut sebagai kutub. membrane nukleus hancur. Spindel ini menghubungkan kromosom ke 2 kutub sentrisol yang berlawanan. D. Sentriosol mempunyai 2 sentriol dan akan dikelilingin strands (helai) yang menyala dan disebut sebagai aster. seta kromosom memendek sehingga terlihat seperti batang. muncul benang-benang yang disebut spindel dan melekat pada sentromer setiap kromosom. Penarikan terjadi karena pemendekan benang spindel. Pada tumbuhan. Kromatid pada fase ini tidak disebut sebagai kromatid. Kromosom membentuk menjadi sinlinder dan berduplikat menjadi 2 kromatid. tetapi kromosom tunggal. Selain itu. kromosom berpindah menjadi satu garis yang disebut the equator. Selain itu. C. aster tidak ada. Telofase Pada tahap ini kromosom mulai mengatur membentuk nukleus yang terpisah dan dikelilingin memberan nukleus.

sel akan kembali ke fase interfase dan sentriosol menjadi empat (2 di setiap sel) serta aster hilang. pada tumbuhan. Tujuan pembelahan ini adalah mengurangi jumlah kromosom yang berguna untuk menyamakan komposisi kromosom anak dan induk.Meiosis Pembelahan meiosis merupakan pembelahan yang menghasilkan gamet. Berbeda dengan itu. Pembelahan sitoplasma ini biasa disebut sitokinesis. Setelah pembelahan. Gamet ini tidak dapat membelah lagi sampai tahap pembuahan (fertilisasi). . Pembelahan ini terjadi pada pembentukan sel kelamin (gametogenesis) pada kelenjar kelamin (gonad) pada hewan dan tumbuhan. Kromosom akan berubah kembali menjadi benang-benang. . Beberapa jenis kromosom yang mengalami pembelahan adalah kromosom parental dan maternal dapat dilihat pada gambar.membelah sel. pembelahan terjadi dengan cell plate daripada cleavage burrow.

diakinesis. . pakiten. Leptoten Leptoten adalah tahap dimana benang kromatin berubah menjadi kromosom. pembelahan ini menghasilkan 4 sel yang tidak identik dengan induknya (diploid menjadi haploid) akibat pengurangan kromosom. 1. Hal ini dilakukan dengan cara memadatkan diri. Pada tahap profase I terdiri dari leptoten. diploten. Pembelahan ini memiliki proses ProMAT I dan ProMAT II. zigoten. Inilah mengapa pembelah ini juga dikenal dengan pembelahan reduksi.Berbeda dengan proses mitosis. Proses pembelahannya kurang lebih sama kecuali pada proses Profase I.

dan kemudian mengulang sekali lagi tanpa melewati profase yang di atas (profase biasa. . telofase. C. anafase. Pembelahan Sel Gamet Pada Manusia Pembelahan sel gamet pada manusia terdiri pada spermatogenesis (pada pria) dan oogenesis (pada wanita). Pakiten/Pakinema Kromosom kemudian berdupkikat menjadi 4 pada tahap ini dan disebut tetrad (kromosom homolog yang mengganda sehingga ada 4 kromatid berpasangan). kromatid homolong saling berpasangan atau bersinapsis membentuk bivalen. Diploten Kromosom homolog yang tadinya bivalen terpisah. Berbeda dengan proses ini. Pada tahap ini sering terjadi rekombinasi gen melalui proses perpindahan silang. proses pembelahan akan berlanjut ke metafase. oogenesis pada perempuan dimulai dengan pertumbuhan oogonium menjadi oosit primer yang diploid. 5. Zigoten/Zigonema Pada tahap ini. nukleolus (membrane inti) akan hilang dan sentriol bergerak ke masingmasing kutub serta membentuk benang-benang spindel. Sentrosom terbelah 2 menjadi sentriol dan bergerak ke kutub berlawanan 3. Setelah ke lima tahap ini. akan terdapat kiasma sebagai tanda. Diakinesis Pada fase diakinesis. 2 spermatosit sekunder kemudian membelah lagi secara meiosis menjadi spermatid yang nantinya akan bertumbuh menjadi 4 buah sperma. Oosit primer kemudian bermeiosis dan menghasilkan oosit sekunder dan badan kutub pertama yang haploid. yang terjadi di mitosis). 4. Setelah itu. dimulai dari spermatogonium yang diploid bertumbuh menjadi spermatosit primer.2. Bila terjadi perpindahan silang. Badan kutub pertama akan bermeiosis lagi menghasilkan 2 badan kutub dan oosit sekunder menghasilkan 1 badan kutub dan satunya lagi menjadi ovum. Pada proses spermatogenesis. spermatosit primer tersebut membelah secara meiosis menjadi 2 spermatosit sekunder yang haploid.

Pembelahan Sel Gamet Pada Tumbuhan Pembelahan gamet pada tumbuhan terdiri dari 2. IKL Primer nantinya akan membelah secara mitosis 3 kali dan menghasilkan 3 antipoda. 2 sinergid. A. Megaspora ini terdiri dari IKL (inti kandung lembaga) Primer dan 3 sel kutub yang nantinya akan mati. Prosesnya dimulai dari megasporosit bermeiosis dua kali menjadi megaspore. dan 1 ovum. 2 IKL Sekunder. . Megasporogenesis Megasporogenesis merupakan proses pembentukan ovum dalam ruang bakal biji. yaitu mikrosporogenesis dan megasporogenesis.D.

B. Inti vegetative pada masa pembuahan hanya menuntun sperma ke ovum dan spermaakan membuahi ovum menjadi zigot dan IKL Sekunder menjadi endosperma. Mikrosporogenesis Mikrosporogenesis adalah proses pembentukan serbuk sari (mikrospora) dalam kepala sari (anthera). Mikrospora kemudian melakukan pembelahan kariokinesis menjadi nukleus generatif dan nukleus saluran serbuk sari (inti generative dan vegetatif). . Proses mikrosporogenesis dimulai dengan meiosis I dan meiosis II dari mikrosporosit (sel induk serbuk sari) menjadi 4 mikrospora yang haploid yang disebut tetrad. Inti generatif kemudian membelah menjadi 2 sperma.

Sumber:    Dokumen penerbit http://www.org/wiki/Pembelahan_sel ._Pembelahan_sel_secara_Amitosis_12.org/mw/A.wikipedia.1 http://id.crayonpedia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful