P. 1
1. Besaran Thermodinamika

1. Besaran Thermodinamika

|Views: 16|Likes:
Published by AntoLitbang

More info:

Published by: AntoLitbang on Apr 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2014

pdf

text

original

PT.

PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

BESARAN THERMODINAMIKA

1. BESARAN THERMODINAMIKA 1.1 Temperatur
Skala temperatur digunakan sebagai indikator keseimbangan panas (thermal), dimana setiap dua benda yang bersentuhan dengan kondisi yang sama adalah dalam keseimbangan.

1.1.1 Skala Celsius OC
Ini adalah skala temperatur yang banyak digunakan, dengan temperatur nol yang cocok, yaitu temperatur dimana air mulai membeku.

1.1.2 Skala mutlak Kelvin K
Ini adalah skala temperatur yang kenaikan skalanya sama dengan skala Celsius, tetapi dengan skala nol temperatur yang paling rendah ketika semua molekul atau atom-atom benda berhenti bergerak. Temperatur ini menjadi acuan temperatur nol mutlak K dan setara dengan -273,15 O C.

K = OC + 273,15

1.1.3 Satuan SI dan Inggris (I-P) untuk Temperatur
Satuan temperatur standar internasional SI adalah derajat Kelvin (K). Pada umumnya, temperatur pada persamaan termodinamika dinyatakan dalam K. Namun beda temperatur sebagaimana pada perhitungan perpindahan panas, bisa dinyatakan dalam OC atau K, dikarenakan kenaikan skalanya sama. Sedangkan satuan yang digunakan pada satuan Inggris, I-P (inch-pound) adalah derajat Fahrenhait (OF).
Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan

1

PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BESARAN THERMODINAMIKA Macam Satuan Temperatur dan konversinya: • • • • Derajat Fahrenheit: Derajat Celsius: Kelvin Derajat Rankine: o F = 9/5 oC +32 o C = 5/9 (oF – 32) K = oC + 273. Termometer bola (cairan dalam gelas : air raksa.4 Alat Ukur Temperatur 1.67 (dahulu: Centigrade) (tanpa derajat) (bukan Reamur!!!) 1. dsb) Prinsip kerja : sifat pemuaian zat.1.PT. alkohol. Gambar Temperatur Bola Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan 2 . air.15 o R = oF + 459.

Gambar (Resistance Temperature Detector) 4. Prinsip kerja : sifat tahanan metal. Gambar Termistor (Thermally Sensitif Resistor) Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan 3 . Termistor (Thermally Sensitif Resistor) Prinsip kerja : sifat tahanan bahan.PT. RTD (Resistance Temperature Detector). Gambar Termokopel 3. Termokopel Prinsip kerja : sifat ggl (emf) dari dua metal yang berbeda. PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BESARAN THERMODINAMIKA 2.

1 Mpa Satuan lainnya yang sering digunakan meliputi satuan British psi (puond per inci persegi lb/in2) ataupun satuan tinggi kolom air H2O (mm H2O. PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BESARAN THERMODINAMIKA 1.1 Tekanan mutlak/absolute pressure (bar. dimana tekanan udara luar atmosfer dianggap nol bar g (o bar gauge) . Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan 4 .2.2 Tekanan gauge (bar.01325 bar 1 bar = 105 pascal = 0. in Hg). Karena satuan pascal terlalu kecil.sering ditulis dengan satuan bar saja. yang didefinisikan sebagai satu newton gaya per meter persegi (1 N/m2).g) Ini adalah tekanan yang diukur mulai dari acuan tekanan udara luar atmosfer.PT.2 Tekanan (Pressure) Satuan tekanan SI adalah pascal Pa. 1. in H2O) dan tinggi kolom air raksa Hg (mm Hg.a) Ini adalah tekanan yang diukur mulai dari acuan tekanan vakum sempurna.2. maka cenderung digunakan kPa (kilo newton/m2) atau Mpa (mega newton/m2). Namun yang paling umum digunakan adalah satuan metrik: atmosfer (atm) atau bar (kilogram gaya per centimeter per segi = kg/cm2) 1 atm = 1. pengkonversiannya dapat dilakukan dengan mesin konversi. 1. dimana tekanan vakum sempurna dianggap nol bar a (o bar absolute).

m/s2)/m2 = N/m2 = P = pascal Inggris atau I-P : 1 lbf/in2 = 1 psi (pound force per square inch) • psia = pound force per square inch absolute • psig =pound force per square inch gage 1.5 Alat Ukur Tekanan Barometer: alat pengukur tekanan absolut udara Manometer: alat pengukur perbedaan tekanan Bourdon tube gage: alat pengukur tekanan secara mekanik.2. tidak diperlukan menentukan tekanan gauge atau absolute.01325 bar a (1 atm) – tekanan udara luar atmosfer pada permukaan laut dengan temperatur 25 OC. dapat mengukur tekanan gage maupun absolut (umumnya gage) Barometer Manometer Bourdon Tube Gage Gambar Alat Ukur Tekanan Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan 5 . 1. Ketika menentukan beda tekanan.PT.2. asalkan kedua tekanan diukur dengan acuan yang sama. 1.2.4 Satuan SI dan Inggris (I-P) untuk Tekanan Satuan untuk tekanan adalah : • • SI: p = F/A → (kg.3 Beda tekanan (differential pressure) Ini adalah beda antara dua tekanan. PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BESARAN THERMODINAMIKA Walaupun tekanan udara luar tergantung pada cuaca dan ketinggian. umumnya dianggap 1.

Dan Energi (Heat. Satuan SI untuk panas. Pemindahan energi karena thermal contact. Berat jenis disebut juga densiti relatif suatu bahan. untuk satuan Inggris m3 untuk SI dan ft3. Kerja. dimana: ρ m V vg = densiti = masa = volume = volume jenis kg/m3. kebalikan dari densiti. kerja dan energi adalah joule.3 Densiti Dan Volume Jenis (density and specific volume) Densiti ρ suatu bahan didefinisikan sebagai massa bahan m per satu satuan volume V. Kadang-kadang digunakan temperatur 20 OC atau 25 OC dan jika menggunakan acuan ini disebut acuan temperatur tekanan normal (NTP). Densiti bahan tersebut ρs Berat jenis suatu bahan = Densiti air murni ρw Densiti air murni pada NTP dianggap 1000 kg/m3. untuk SI dan lbm. yaitu karena ada perbedaan temperatur disebut panas (heat). Volume jenis vg adalah volume per satuan masa. untuk satuan Inggris Satuan lain yang digunakan adalah berat jenis (specific gravity). 1. Kondisi acuan ini ditetapkan dengan tekanan udara luar dan temperatur 0 OC. untuk SI dan lbm/ft3. untuk satuan Inggris m3/kg untuk SI dan ft3/lbm. PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BESARAN THERMODINAMIKA 1.PT. ditetapkan sebagai 1 Nm (1 joule = 1 Newtonmeter). Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan 6 . untuk satuan Inggris kg. Pemindahan energi dengan cara gerak mekanik disebut kerja (work).4 Panas. work and energy) Energi diartikan sebagai kemampuan melakukan kerja. yaitu perbandingan densiti bahan tersebut ρs dengan densiti air murni ρw pada temperatur dan tekanan standar (STP). maka berat jenis adalah tanpa dimensi ukuran dan satuan. Karena berat jenis adalah perbandingan dua densiti.

Energi dalam berhubungan dengan gerak. Pengkonversiannya dapat dilakukan dengan program konversi satuan. Energi total pada suatu sistem terdiri dari : 1. interaksi dan ikatan molekul dalam bahan. Energi Kinetik. Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan 7 . Energi Dalam 2. Berapa kerja yang dilakukan? Kerja yang dilakukan w = p x dV = 1 N/m2 x 1 m3 = 1 Nm = 1 joule = 1 J Penelitian yang dilakukan oleh JP Joule menunjukkan adanya kesetaraan antara energi mekanik (kerja/work) dengan panas (heat). Sedangkan satuan Inggrisnya adalah BTU (British Thermal Unit). tidak peduli apakah energi diberikan sebagai panas q atau kerja w. Energi Potensial dan 3. Temperatur bahan berhubungan langsung dengan energi dalam ug (internal energy). Satuan SI untuk daya adalah Watt atau Joule per detik (1 J/s). Kerja w = tekanan p x perubahan voluma dV Contoh: Suatu tekanan yang diberikan p = 1 Pa. telah merubah voluma sebesar dV = 1 m3. Energi luar (external energy) suatu bahan berhubungan dengan kecepatan (energi kinetik) dan lokasinya (energi potensial). Ditemukan bahwa jumlah energi yang sama dibutuhkan untuk menghasilkan kenaikan temperatur yang sama pada masa air tertentu. PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BESARAN THERMODINAMIKA Jumlah kerja mekanik yang dilakukan dapat ditentukan dengan persamaan turunan dari mekanika Newtonian: Kerja w = gaya F x jarak tempuh s Dapat juga dijelaskan sebagai hasil kali dari tekanan yang diberikan dengan perubahan voluma. jumlah panas untuk menaikkan temperatur 1 lb air murni sebesar 1 OF atau terkadang digunakan kalori (calorie).PT. jumlah panas untuk menaikkan temperatur 1 g air murni sebesar 1 OC.

Energi dalam suatu fluida ditentukan oleh volume tetap. Istilah ini diberikan untuk energi total suatu fluida (seperti air atau uap) sesuai tekanan dan temperatur pada waktu dan kondisi tertentu. dan gas) untuk menaikan temperaturnya..2 Kapasitas panas jenis (specific heat capacity) Kapasitas panas adalah banyaknya kalor yang diserap oleh materi (cair. biasanya digunakan ukuran kilojoule kJ (1 kJ – 1000 J).PT.4. padat. 1. Kapasitas panas volume tetap cv adalah suatu ukuran perubahan energi dalam pada temperatur tertentu dengan cp ≈ cv. dan satuan ukurannya biasanya adalah kJ/kg. sehingga volumenya hanyalah fungsi Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan 8 . Untuk benda padat dan cair: temperatur dan volume jenis. Gambaran Entalpi Satuan dasar ukurannya adalah joule (J). PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BESARAN THERMODINAMIKA 1.1 Entalpi jenis (Specific Enthalpy) Entalpi (H) adalah jumlah energi internal dan kerja yang dilakukan oleh tekanan tersedia.4. Entalpi jenis (h) adalah suatu ukuran energi total dari satu satuan massa. Entalpi suatu fluida ditentukan oleh temperatur dan tekanannya. Kapasitas panas tekanan tetap cp. adalah suatu ukuran perubahan entalpi pada temperatur tertentu. Karena ukuran satu joule terlalu kecil. Penyederhanaan ini didasarkan pada sifat benda padat dan cair yang tak dapat dimampatkan (incompressible).

K (kJ/kg.OC (1 kkal/kg.20 OC) = 419 kJ Jika kemudian air tersebut didinginkan kembali ke temperatur awalnya 20 OC. Jumlah energi panas yang diperlukan untuk menaikkan temperatur suatu substansi dapat ditentukan dengan persamaan berikut: Q = m. yaitu 4.OC pada rentang temperatur rendah.19 kJ/kg.K (kJ/kg. Pada tekanan udara luar. Semakin besar tingkat ketidak-teraturan.19 kJ/kg.∆T dimana: Q = jumlah energi panas (kJ) m = masa substansi (kg) cp = kapasitas panas jenis substansi (kJ/kg. Contoh Air sebanyak 2 liter dinaikkan temperaturnya dari 20 OC ke 70 OC. Satuan Si entropi adalah kJ/kg. maka air itu akan melepas panas sebesar 419 kJ tersebut ke pendingin. 1. kenaikan temperaturnya adalah sebanding lurus dengan jumlah panas yang tersedia. Kapasitas panas jenis air 4.OC x (70 OC . Hal ini menyatakan secara tdk langsung bahwa untuk fluida incompressible. berat jenis air adalah 1000 kg/m3 (1 kg/ltr). sehingga air dan uap dianggap sebagai pembawa panas yang baik. semakin tinggi entropi.OC). Satuan kapasitas panas jenis dalam SI adalah kJ/kg. Oleh karena itu : Q = 2 kg x 4.4. S Entropi.OC).3 Entropi.PT. cp.OC). Air memiliki kapasitas panas jenis yang besar dibanding cairan lain. entalpi dan kapasitas panasnya hanyalah fungsi temperatur. PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BESARAN THERMODINAMIKA temperatur. S adalah ukuran tingkat ketidak-teraturan dalam suatu sistem. Panas jenis menyatakan jumlah panas yang dibutuhkan untuk menaikkan temperatur 1 kg benda sebesar 1 OC. dan dapat dianggap sebagai kemampuan benda untuk menyerap panas.19 kJ/kg.OC) ∆T = kenaikan temperatur substansi (OC) Persamaan ini menunjukkan bahwa untuk masa substansi tertentu. Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan 9 . dengan anggapan kapasitas panas jenisnya tetap selama perubahan temperatur.

atau dari cair menjadi gas. dimana perubahan entropi adalah sama perubahan panasnya dibagi dengan temperatur mutlak (absolute) rata-ratanya. dan entropinya pada fasa cair akan lebih besar dari pada fasa padat. susunan molekul menjadi lebih tidak teratur. karena akan bergerak lebih bebas. Gambaran Entropi dari Suatu Materi Satu sifat proses spontan atau alami adalah bahwa proses akan terus berlangsung menuju keseimbangan. Perubahan entropi suatu sistem disebabkan oleh perubahan kandungan panasnya. PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BESARAN THERMODINAMIKA Dalam benda padat. simbol untuk entropi dan entalpi ditulis dengan huruf kecil. Hal ini dapat dilihat pada hukum kedua termodinamika yang menyatakan bahwa energi panas tidak dapat mengalir dari temperatur rendah ke temperatur yang lebih tinggi. entropinya pada fasa gas akan lebih besar dari pada fasa cair. Perubahan entalpi (∆H) Perubahan entropi (∆S) = Temperatur mutlak rata-rata (∆T) Ketika melakukan hitungan satuan masa. Ketika benda berubah dari padat menjadi cair. sebagai berikut: Perubahan entalpi jenis (∆h) Perubahan entropi jenis (∆s) = Temperatur mutlak rata-rata (∆T) Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan 10 .PT. molekul benda tersusun dengan struktur yang teratur. sesuai persamaan berikut. Untuk setiap benda.

Karena hal ini adalah perubahan entropi jenis air.258 kJ/kg (dari tabel uap) Entalpi jenis evaporasi hfg air pada 100 OC (373 K) = 0 kJ/kg (dari tabel uap) Perubahan entalpi jenis (∆h) Perubahan pada entropi jenis (∆sfg) = Temperatur mutlak rata-rata (∆T) Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan 11 . Contoh: Suatu proses menaikkan temperatur 1 kg air dari 0 hingga 100 OC (dari 273 K ke 373 K) ada kondisi udara luar. simbol s menjadi sf Perubahan entalpi jenis (∆h) Perubahan entropi jenis (∆sf) = Temperatur mutlak rata-rata (∆T) Contoh Suatu proses mengubah 1 kg air temperatur 100 OC (373 K) menjadi uap jenuh 100 OC (373 K) pada kondisi udara luar.PT. perhatikan contoh berikut. Karena ini merupakan perubahan keadaan. Entalpi jenis pada 0 OC (hf) = 0 kJ/kg (dari tabel uap) O Entalpi jenis pada 100 C (hf) = 419 kJ/kg (dari tabel uap) Hitunglah perubahan entropi jenisnya. simbol s menjadi sfg. Hitung perubahan entropi jenis evaporasi. PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BESARAN THERMODINAMIKA Untuk memahami lebih rinci. Entalpi jenis evaporasi hfg uap pada 100 OC (373 K) = 2.

675) kJ/kg ∆h = 102 kJ/kg Temperatur mutlak rata-rata ∆T = (373 + 423)/2 = 398 K Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan 12 . Sehingga: Perubahan entropi jenis (∆sg) = ∆sf + ∆sfg ∆sg = (1.054) kJ/kg.351 kJ/kg.777 kJ/kg (dari tabel uap) Perubahan entalpi jenis (∆h) = (2.777 – 2. Entalpi total jenis uap jenuh hg bertekanan udara luar dan bertemperatur 100 OC (373 K) adalah: hg = 2.K Contoh Suatu proses pemanasan lanjut 1 kg uap jenuh bertekanan udara luar menjadi 150 OC (423 K).PT.675 kJ/kg (dari tabel uap) Entalpi total jenis uap jenuh hg bertekanan udara luar dan bertemperatur 150 OC (423 K) adalah: hg = 2.297 + 6.K (dari contoh diatas) = 7. tentuken perubahan entropinya. dengan simbol g menyebabkan perubahan entropi totalnya sg. PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BESARAN THERMODINAMIKA Sehingga: Perubahan total entropi jenis dari air 0OC menjadi uap jenuh 100OC adalah jumlah perubahan entropi jenis air dan perubahan entropi jenis untuk uap.

607 kJ/kg. entropi air pada 0 OC untuk praktisnya dapat dianggap 0.K = 0.K = 7.PT. PLN (PERSERO) PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BESARAN THERMODINAMIKA Perubahan entropi jenis ∆s = ∆h /∆T = (102/398) kJ/kg. sehingga hasil akhir yang diperoleh sangat mendekati entropi jenis pada tabel uap.256) kJ/kg. Berbagi dan Menyebarkan Ilmu Pengetahuan Serta Nilai-Nilai Perusahaan 13 .01 OC.351 + 0.K Karena entropi air jenuh diukur dari acuan 0. Perubahan total entropi jenis pada contoh ini didasarkan pada temperatur awal 0 O C.256 kJ/kg.K Perubahan total entropi jenis ∆s = ∆sg + entropi tambahan karena pemanasan lanjut ∆s ∆s = (7.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->