P. 1
Pengelasan

Pengelasan

|Views: 50|Likes:
Published by Aqbar Adji
Materi pengelasan
Materi pengelasan

More info:

Published by: Aqbar Adji on Apr 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/11/2013

pdf

text

original

Tugas Menggambar Teknik

Industrial Engineering 2012
Aji Akbar [D22112276]

tekanan dan sambungan kontinu. Jelaskan hal – hal yang mempengaruhi kekuatan las! a. Cara-cara penyambungan harus sesuai dengan sifat benda padat dan tujuan dari penyambungannya. Benda yang dilas tersebut harus dapat cair atau lebur oleh panas b.1. logam pengisi. c. 2. Dari definisi tersebut terdapat 4 kata kunci untuk menjelaskan definisi pengelasan yaitumencairkan sebagian logam. 3. Bahwa antara benda-benda padat yang disambungkan tersebut terdapat kesesuaian sifat lasnya sehingga tidak melemahkan atau meninggalkan sambungan tersebut. Apa yang anda ketahui tentang LAS / Pengelasan ? Beri contoh gambar symbol las! Pengelasan (WELDING) adalah salah satu teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam tambahan dan menghasilkan sambungan yang kontinu. Apa yang anda keteahui tentang perpipaan? Dari sekian jenis pembuatan pipa secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu: 1) Jenis pipa tanpa sambungan (pembuatan pipa tanpa sambungan pengelasan) 2) Jenis pipa dengan sambungan (pembuatan pipa dengan pengelasan) Bahan-bahan pipa adalah struktur bahan baru pipa tersebut yg dapat dibagi secara umum sebagai berikut: 1) Carbon steel 1 .

Jelaskan macam – macam sambungan pipa! Berikan gambar minimal 2! Sambungan perpipaan dapat dikelompokkan sebagai berikut : 1) Sambungan dengan menggunakan ulir 2 . Komponen perpipaan yg dimaksud disini meliputi : 1) Pipes (pipa-pipa) 2) Flanges ( flens-flens) 3) Fittings (sambungan) 4) Valves (katup-katup) 5) Boltings (baut-baut) 6) Gasket 7) Specials items Pemilihan bahan perpipaan haruslah disesuaikan dengan pembuatan teknik perpipaan dan hal ini dapat dilihat pada ASTM serta ANSI dalam pembagian sebagai berikut: 1) Perpipaan untuk pembangkit tenaga 2) Perpipaan untuk industri bahan migas 3) Perpipaan untuk penyulingan minyak mentah 4) Perpipaan untuk pengangkutan minyak 5) Perpipaan untuk proses pendinginan 6) Perpipaan untuk tenaga nuklir 7) Perpipaan untuk distribusi dan transmisi gas 4.2) Carbon Moly 3) Galvanees 4) Ferro Nikel 5) Stainless Steel 6) PVC (Paralon)Chrom Moly Sedang bahan-bahan pipa secara khusus dapat dikelompokkan sebagai berikut : 1) Vibre GlassAluminium (Aluminium) 2) Wrought Iron (besi tanpa tempa) 3) Cooper (Tembaga) 4) Red Brass (kuningan merah) 5) Nickel cooper = Monel ( timah tembaga) 6) Nickel chrom iron = inconel (besi timah chrom) Komponen perpipaan harus dibuat berdasarkan spesifikasi standar yg terdaftar dalam simbol dan kode yg telah dibuat atau dipilih sebelumnya.

com/rubrik-utama/tematik/802-mengenal-aneka-jenis-pipa.bintanghome.html http://opik7th.com/2010/03/apa-itu-pengelasan.com/2010/06/1.html http://www.html 3 .blogspot.com/2009/10/23/pipa/ http://adityabeyubay359.blogspot.2) Sambungan dengan menggunakan pengelasan Sumber http://portal-locomotiva.wordpress.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->