P. 1
Tutorial Powerpoint ICT Kerucut

Tutorial Powerpoint ICT Kerucut

|Views: 1,023|Likes:
Published by Pdl Frgl
Tutorial Powerpoint ICT Kerucut
Tutorial Powerpoint ICT Kerucut

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Pdl Frgl on Apr 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2014

pdf

text

original

MAKALAH MEDIA ICT

POWERPOINT 2007 ”KERUCUT”

DISUSUN OLEH :

NAMA NIM

: PUTRI DWI LESTARI : 06111408013

FAKULTAS/PRODI : KIP / PENDIDIKAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN : 2012/2013

UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG

Pada mata kuliah Media Pembelajaran ICT ini, kami membuat media pembelajaran dengan menggunakan powerpoint 2007 dengan materi yang tidak jauh berbeda dengan yang lainnya namun dengan design yang sangat berbeda. Berikut penjelasan atau tata cara mengenai pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan powerpoint 2007:

1. Langkah pertama untuk membuat suatu media pembelajaran yang menggunakan program POWERPOINT 2007, anda harus membuka program seperti pada gambar, lalu klik.

2. Pada slide pertama, kita bisa membuat nama, nim, fakultas, jurusan, nama universitas, dll sebagai identitas pembuat media pembelajaran powerpoint 2007 ini.

3. Slide kedua, buatlah judul slide “BANGUN RUANG” sebagai awal pembelajaran, kita bisa gunakan untuk apersepsi kepada siswa dalam menyebutkan macam-macam bangun ruang yang termasuk dalam bangun ruang sisi lengkung yang akan dipelajari.

4. Pada bagian “KERUCUT” kita masukkan hyperlink untuk mempermudah dalam penggunaan media ini. Pertama, blok tulisan kerucut, lalu pilih menu insert, kemudian klik hyperlink, pilihlah slide yang diinginkan sehingga ketika kita klik kerucut akan muncul slide yang dimaksud, seperti contoh gambar dibawah ini :

Atau jika kita ingin menambahkan halaman lainnya, kita pilih Existing File or Web Page, lalu pilih file yang anda inginkan.

5. Slide ketiga, buatlah sebuah tampilan menu sebagai tampilan awal sebuah pembelajaran. Buatlah menu-menu tersebut menggunakan Shapes agar menu tersebut terlihat lebih menarik. Selanjutnya masing – masing menu tersebut kita masukkan hyperlink seperti pada slide sebelumnya, pilih file yang anda inginkan sesuai petunjuk pada menu, seperti contoh di bawah ini :

Pada menu Home masukkan hyperlink pada slide 4 yaitu SK, KD, dan Indikator. Pada menu Materi masukkan hyperlink pada slide 6 yaitu tentang materi KERUCUT. Pada menu SoalSoal Latihan masukkan hyperlink pada slide 15 yaitu soal-soal latihan.

6. Slide 4 dan 5, buatlah Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Tujuan Pembelajaran. Pada slide 5, terdapat shape “BACK” yang dimasukkan hyperlink pada slide 3 yaitu slide menu, untuk mempermudah dalam pembelajaran, seperti contoh gambar dibawah ini :

7. Slide 6 merupakan slide materi yang akan dipelajari oleh siswa, sehingga usahakan agar dibuat lebih menarik dengan memberikan contoh gambar – gambar yang ada di lingkungan sekitar. Untuk memasukkan gambar pada slide, kita pilih menu insert, lalu klik picture, kemudian pilih gambar pada file yang anda inginkan. Agar lebih menarik, tambahkan custom animation pada gambar-gambar yang anda pilih.

8. Slide 7 masukkan beberapa gambar, lalu susunlah terlebih dahulu, kemudian gunakan custom animation untuk membuat gambar-gambar tersebut seolah – olah bergerak. Pilihlah

“effect” yang anda inginkan secara berurutan. Untuk mempermudah, gambar-gambar tersebut bisa anda cari di google.

9. Pada slide 8 sama seperti slide sebelumnya, yaitu dengan menggunakan custom animation, kita bisa memilih “effect” yang kita inginkan. Namun perlu diingat, untuk menggunakan cutom animation ini, susunlah gambar-gambar tersebut secara berurutan dan terartur. Sehingga gambar – gambar tersebut bergerak secara berurutan dan teratur.

10. Slide 9 dan 10 ini merupakan lanjutan dari slide 8, kita hanya memasukkan gambar dan menuliskan rumus-rumus. Agar terlihat lebih menarik, anda bisa menggunakan custom animation seperti slide – slide sebelumnya. Gambar-gambar yang didapat, bisa anda buat di auto shape, paint, dan program untuk menggambar lainnya, namun untuk mempermudah, anda bisa dapatkan gambar-gambar di google.

11. Slide 11 berisi tentang contoh soal. Untuk mempermudah dalam proses pembelajaran agar lebih efektif dan efisien, pisahkan bagian soal dan bagian jawabannya. Pada bagian jawaban, anda bisa menggunakan custom animation dan menambahkan “effect”.

12. Slide 12 hanya memasukkan gambar animasi saja, caranya seperti slide – slide sebelumnya. Gambar animasi tersebut bisa dicari di google. (http://yos3prens.files.wordpress.com/2013/01/volume-kerucut.gif?w=640)

13. Slide 13 sama seperti slide sebelumnya, memasukkan beberapa gambar lalu gunakan custom animation dan pilihlah “effect” yang anda inginkan secara berurutan.

14. Slide 14 sama halnya dengan slide 11. Pada slide 14 tambahkan shape BACK, lalu masukkan hyperlink seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk lebih jelasnya lihat contoh seperti dibawah ini :

Shape BACK masukkan hyperlink pada slide 3 yaitu slide menu utama.

15. Slide 15 merupakan slide soal-soal latihan. Pada slide ini terdapat shape SELESAI yang dimasukkan hyperlink ke slide 16, yaitu slide terakhir atau slide penutup seperti dibawah ini :

16. Terakhir, tambahkan background pada slide anda agar lebih menarik. Untuk menambahkan background, klik kanan pilih Format Background, lalu ikuti petunjuk yang ada. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh gambar dibawah ini :

Kesimpulan : Hasil dari pembuatan media pembelajaran ini akan sangat membantu dalam proses pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Siswa akan lebih mudah mengerti, yaitu dengan guru menggunakan contoh atau gambar yang ada di lingkungan sekitarnya yang sering dijumpai. Sehingga dengan menggunakan media pembelajaran ini juga akan mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan. Dalam pembuatan media pembelajaran ini telah mengalami beberapa kali revisi berdasarkan saran – saran yang diberikan oleh teman – teman dan dosen. Seperti kesalahan pada letak gambar animasi ( pada slide 12 dan 13, gambar animasi pada slide 12 berada pada slide 13, begitu juga sebaliknya). Kesulitan dalam pembuatan media pembelajaran ini hampir tidak ada karena sumber – sumber materi yang mudah didapat, namun pada penggunaan custom animation agak mempersulit dalam pembuatan media pembelajaran ini. Saran : Usahakan setiap slide mempunyai gambar atau warna background yang sama, font tulisan yang cukup jelas, dan dalam pemilihan warna. Selanjutnya anda bisa membuat media pembelajaran powerpoint 2007 ini lebih menarik lagi dan dengan materi yang berbeda. Selamat mencoba 

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->