18 Membangun Karir Dan Membuat Resume (Lamaran)

Membangun karir dan Membuat Resume

Memahami Dunia Kerja yang Dinamis Saat ini Jika Anda banyak menghabiskan waktu di dunia kerja, Anda mengetahui hiruk-pikuknya saat ini. Selain itu, kejadian sosial, poitik, dan keuangan mengubah kondisi kerja dari tahun ke tahun. Akan tetapi, Anda dapat mempertimbangkan beberapa kekuatan yang mungkin memengaruhi Anda dalam menembus bursa kerja dan mencapai keberhasilan karier di tahuntahun mendatang:  Stabilitas Dalam dunia kerja saat ini, karier Anda dipengaruhi oleh globalisasi, merger dan akuisisi, mentalitas jangka pendek yang didorong oleh tuntutan pemegang saham, pergolakan etika, dan upaya tanpa perasaan untuk mengusahakan biaya yang lebih rendah.  Bekerja di satu perusahaan Para karyawan cenderung tidak terlalu berminat untuk menetap pada satu karier selamanya., sekalipun mereka memiliki peluang untuk itu.   Pertumbuhan bisnis kecil Bisnis kecil terus menjadi mesin utama dari penciptaan pekerjaan di Amerika Serikat. Peningkatan jumlah kontraktor lepas Bagi banyak orang, sifat pekerjaan itu berubah-ubah. Sejalan dengan upaya perusahaan untuk bersikap fleksibel, banyak karyawan memilih untuk bersolo karier dan membuka usaha sebagai kontraktor lepas.  Perubahan pandangan tentang kutu loncat Dengan adanya semua perubahan ini, kutu loncat tidak mempunyai konotasi negative seperti dulu. Meskipun begitu, Anda tetap perlu berhati-hati saat berpindah ke setiap peluang baru yang menjanjikan lebih banyak uang dan gengsi.

Bagaimana Pemberi Kerja Memandang Bursa Kerja Saat Ini Dari sudut pandang pemberi kerja, proses pekerjaan selalu merupakan pertanyaan seputar keseimbangan. Ketika pengangguran rendah, keseimbangan kekuatan beralih pada karyawan, dan pemberi kerja harus bersaing untuk menarik dan memertahankan karyawan paling berbakat. Sebaliknya, ketika pengangguran tinggi, kekuatan beralih kembali pada pemberi kerja, yang sekarang menjadi sangat selektif dan tidak terlalu bermurah hati.

Beradaptasi dengan Bursa Kerja Saat Ini
Bab 17 – Komunikasi Bisnis

Perusahaan menginginkan pemain tim dengan catatan kerja yang kuat, pemimpin yang cakap, serta karyawan dengan beragam ketrampilan dan berbagai macam pengalaman kerja. Selain itu, kebanyakan pemberi kerja mengharapkan para lulusan universitas untuk lebih peka terhadap perbedaan antarbudaya dan memiliki pemahaman yang baik tentang urusan internasional. Beradaptasi dengan dunia kerja merupakan proses seumur hidup untuk mencari kesesuaian terbaik antara apa yang ingin Anda lakukan dan kesediaan pemberi kerja membayar Anda. Sebagai contoh, jika uang lebih penting bagi Anda daripada apapun, Anda pasti akan mengejar pekerjaan yang menjanjikan pembayaran tinggi; hanya perlu disadari bahwa kebanyakan pekerjaan ini menuntut pengalaman bertahun0tahun dan banyak pekerjaan ini memicu stress yang tinggi, mengharuskan adanya banyak perjalanan, atau memunyai banyak kekurangan lain yang harus Anda pertimbangkan.

Apa yang ingin Anda Lakukan? Identifikasikan terlebih dulu apa yang ingin Anda lakukan, kemudian perhatikan apakah Anda dapat menemukan posisi yang memuaskan pada tingkat pribadi, dan memenuhi kebutuhan keuangan.  Apa yang ingin Anda lakukan setiap hari? Lakukan penelitian lowongan pekerjaan yang menarik Anda. Cari tahu apa yang benarbenar dilakukan orang setiap hari.   Bagaimana Anda ingin bekerja? Apakah kompensasi khusus yang Anda harapkan? Apakah yang Anda harapkan untuk Anda terima pada tahun pertama? Apakah tujuan pendapatan tertinggi Anda?  Dapatkah Anda menetapkan beberapa tujuan karier umum? Pertimbangkan pada posisi mana Anda memulai, kea rah mana Anda menuju, dan posisi tertinggi apa yang ingin Anda capai.    Berapa ukuran perusahaan yang Anda pilih? Fasilitas apa yang Anda inginkan? Lokasi apakah yang Anda sukai?

Apakah anda suka bekerja di kota, di pinggiran kota, di kota kecil, di daerah industry, atau di tempat modern? Di dalam negri atau luar negri? Anda hanya perlu mematangkan impian Anda dan kemudian mengejarnya.

Apa yang harus anda tawarkan??
Bab 17 – Komunikasi Bisnis

ata kemampuan Anda. karakteristik. perhatikan persiapan pendidikan. Apakah apa yang Anda pelajari dari pekerjaan sukarela atau proyek perkuliahan bermanfaat bagi pekerjaan Anda? Amati pekerjaan pribadi Anda. Portfolio merupakan smber yang sangat baik untuk menulis resume. pekerjaan lepas waktu. dalam pekerjaan. Mengorganisasi pendekatan proses penerimaan karyawan Proses penerimaan karyawan dapat manghabiskan banyak waktu Anda dapat dimanfaatkan dengan mencari tahu dimana ada peluang kerja. Jika tidak. minat. pertimbangkanlah pekerjaan temporer. bukti-bukti yang nyata dari profesionalisme. dan menunjukkan pada para pemberi kerja.Anda mungkin telah memiliki gagasan yang baik tentang apa ang dapat Anda tawarkan pada pemberi kerja. dan karakteristik Anda. industri apa ang kuat. dan kegiatan ekstrakulikuler Anda. baik disekolah.  Ambillah penugasan sementara Ketika Anda mencari pekerjaan tetap. berkonsultasilah pada kantor penempatan kerja universitas. Pekerjaan temporer ini tidak hanya membantu Anda mendapatkan pengalaman kerja dan mendapat nama-nama orang yang bisa dihubungi yang relevan. maupun ditempat lain. Bab 17 – Komunikasi Bisnis . Pikirkan dengan seksama tentang ketrampilan khusus yang dituntut oleh pencapaian ini dari Anda.pandai bicara? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang merupakan kualitas Anda yang paling penting. Banyak kampus mengelola berbagai tes untuk membantu Anda megidentifikasi minat. Selanjutnya. Bagaimana Anda membuat Diri Sendiri lebih Berharga? Hal-hal yang dapat dilakukan sebelum lulus kuliah atau sembari Anda mencari pekerjaan:  Simpanlah portfolio pekerjaan Kumpulkan segala hal yang menunjukkan kemampuan Anda. pengalaman kerja.bakat. tetapi juga memberi Anda referensi penting dan item untuk portfolio Anda. dibagian mana dari negara yang sedang berkembang pesat. dan kategori kerja khusus apa yang menawarkan prospek masa depan terbaik. Apakah Anda agresif. beberapa pencarian gagasan dapat membantu Anda mengindentifikasi ketrampilan. masa magang. seorang pemimpin yang terlahir? Atau apakah Anda lebih suka menjadi pengikut? Apakah Anda ramah. Dan jika mengalami kesulitan untuk memahami minat.  Teruslah memerbaiki dan memerbarui ketrampilan Bergabunglah dengan jaringan kerja kolega dan kawan profesional yang dapat membantu Anda memertahankan pekerjaan dan industri. dan ciri kepribadian.

isu. Berusahalah untuk tidak terlalu terjebak dalam fakta harian dalam bisnis.Tetap mengikuti berita bisnis dan keuangan Dengan tersedianya semua informasi bisnis saat ini di beberapa surat kabar. Bersiaplah untuk merespons dengan cepat ketika Anda melihat posisi kerja online. Pencari kerja baru kadang salah paham mengenai jaringan kerja karena tidak mengetahui hal tersebut. dan meminta mereka mencarikan pekerjaan. tentu saja sangat mudah untuk tersesat dalam detail. produk.  Berilah tanggapan pada lowongan kerja Anda dapat langsung menanggapi penempatan kerja tanpa melewati para perekrut. beberapa lowongan baru dibanjiri oleh ratusan resume dalam hitungan jam. melakukan pelanggaran etika. Anda akan sering mendapatkan informasi tentang organisasi dalam hal misi. Anda dapat menggunakan web untuk mencari dan menanggapi lowongan kerja:  Pelajari organisasinya Kebanyakan perusahaan. tempatkan resume yang disesuaikan (yang sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh posisi tertentu). laporan tahunan. Bab 17 – Komunikasi Bisnis . brosur deksriptif.sebelum memelajari perusahaan khusus yang kelihatannya menarik Meneliti Perusahaan khusus Selain untuk mendapatkan informasi yang mendetail tentang calon pemberi kerja. bersiaplah untuk merespons dengan cepat dan murah melalui e-mail. Carilah lowongan kerja Surat kabar merupakan sumber informasi yang terpopuler untuk lowongan kerja. Mulailah dengan memeriksa topik ”gambaran besar”-tren. bahkan perusahaan kecil sekalipun. Anda juga dapat mengirimkan e-mail kepada organisasi dan meminta laporan tahunan. Tetapi. Membuka Jaringan Kerja (Networking) Membuka jaringan kerja merupakan proses membuat hubungan informal dengan lingkungan yang luas dari kontak bisnis yang saling menguntungkan. dan tunjangan  karyawan. Membuka jaringan kerja bukanlah masalah mendekati orang-orang yang tidak dikenal dalam acara social. setidaknya menawarkan informasi dasar tentang keberadaan mereka di situs web mereka. dan kirimkan secara langsung surat pengantar kepada para eksekutif yang melakukan perekrutan. tetapi semakin banyak pemberi kerja yang membuka hubungan online. dan karier. membuka jaringan kerja justru melibatkan berbagai nformasi antara orang-orang yang mungkin dapat saling membantu pada beberapa hal dimasa mendatang. atau buletin perusahaan. menyerahkan resume. tantangan seluruh industri.

Anda mungkin belum mempunyai kontak yang berpengaruhi tetapi karena aktif mencari banyak industri dan tren dalam pencarian kerja sendiri. Anda dapat melakukannya mulai dari buku alamat sederhana sehingga spreadsheet atau salah satu dari beberapa program manajemen kntak yang kini tersedia. Jangan menghindari untuk bertindak sukarela. Jutaan pelaku bisnis menjadi sukarelawan organisasi social. Mengorganisasikan Informasi: Pilihlah model organisasional yang menyorot kekuatan dan menurunkan kekurangan Anda. Menganalis situasi : Organisasikan ulang bahwa tujuan resume Anda adalah untuk melakukan wawancara bukan mendapatkan pekerjaan. Atau Anda mungkin hanya dapat menghubungkan satu orang dengan orang lain yang dapat membantu. Menulis : Bab 17 – Komunikasi Bisnis . dan berbicara dengan karyawan kunci. blog. Mencari Penasehat Karier Anda dapt menemukan bimbingan konseling kerja online. 2.Mmebuka jaringan kerja dapat memakan waktu. Pastikan Anda mencatat semua kontak dan minat mereka. dan beroperasi dengan cara-cara yang tidak dapat diperkirakan. Menyiapkan Resume 3 Langkah proses menulis : Merencanakan : 1. Anda memiliki informasi berharga yang dapat dibagikan. Anda dapat membaca situs berita. Menyeleksi Media yang Tepat : Mulai dengan resume kertas tradisional dan kembangkan versi teks sederhana sesuai keperluan. dan sumber lain atau menghubungi departemen personalia. sebuah sumber kontak jaringan yang penting. Untuk menjadi anggota jaringan kerja yang bernilai. Anda harus membantu orang lain dalam beberapa cara. Semakin banyak membuka jaringan semakin tinggi nilai jaringan itu bagi Anda. Mengunjungi pameran perdagangan yang melayani suatu industri yang menarik. 3. Anda dapt memulai pengujian pada Anda sendiri. Mengumpulkan Informasi : Teliti Industri dan perusahaan yang ditargetkan sehingga Anda mengetahui apa yang mereka cari pada karyawan baru. 4. masyarakat dan keagaman.

3. Merevisi Pesan : Evaluasi isi dan tinjau ulang keterbacaan. Membuat Pesan: Tulislah dengan jelas dan ringkas dengan menggunakan bahasa yang aktif dan kuat yang tepat untuk industri dan perusahaan yang target Anda. 5. pengalaman kerja dan kualifikasi pekerjaan seseorang. Tempatkan diri Anda diposisi penerima sehingga Anda akan menyesuaikan resume Anda untuk memuaskan kebutuhan penerima. Mendistribusikan Pesan : Kirimkan resume anda dengan mengikuti interuksi dari setiap pemberi kerja. Semua yang dapat dilakukan resume adalah mengantarkan Anda kepintu gerbang. kejelasan dan ketepatannya 2. Mengumpulkan Informasi yang berkaitan Harusnya mengetahu sedikit banyak tentang organisasi yang akan Anda lamar tetapi diharuskan juga untuk mempelajari apa yang Anda pelajari tentang individu yang akan membaca resume Anda. Jadi resume bukan untuk memberitahukan segala sesuatu tentang Anda tetapi membangun minat. Memproduksi Pesan : Gunakan elemen desain yang efektif dan tataletak yang sesuai untuk tampilan yang profesional dan bersih. Terjemahkan sejarah Anda dalam perlengkapan suatu pemberian kerja. Resume Anda barangkali menciptakan kesan kurang dari 45 detik 4. Terlalu banyak informasi dalam resume susungguhnya akan mematikan selera pembaca untuk mengetahui lebih bnayak. Jika belum mempunyai log atau jurnl pencapaian pad akrier akademis dan pada pekerjaan ynag pernah Anda jalani Bab 17 – Komunikasi Bisnis . Fakta tentang resume adalah sebagai berikut : 1. 2. Mengoreksi Pesan : Tinjau ulang untuk kesalahan pada tata letak ejaan karena dapat menghilangkan kesempatan wawancara Anda 4. 2. Beradaptasi dengan Penerima : Rencanakan kata-kata dengan hati-hati sehingga Anda dapat mengangkap mata perekrut dalam beberapa detik. Menyelesaikan : 1. Siapkan sendiri resume Anda.1. 3. Menganalisis Tujuan dan Penerima Resume merupakan ringkasan terstruktur dan tertulis dari pendidikan. Tujuannya adalah membangkitkan minat pemberi kerja dan menghasilkan wawancara.

high motivation. penghargaan akademis atau beasiswa.sejauh ini. good communication skill. Kumpulkan semua sejarah pribadi yang berhubungan dan terpikirkan oleh Anda termasuk semua tanggal dan tugas yang pernah Anda tangani. I am ready to work hard and smart. so I would like to join with your company as a Database Analyst. Hopefully. Contoh CV. you could consider my application and I am looking forward to hearing from you. Anda perlu meneliti diri sendiri. Devina Natalia Bab 17 – Komunikasi Bisnis . February 17th. sertifikat keterampilan. Jakarta. and integrity. high loyalty. I am seeing your fast growing organization and I heard that your company has a good reputation. / Mrs. I have an excellent health. Yours faithfully. 2010 Attention to: HR Departement PT BCA. creative. computer skill. Tbk Dear Mr. Himpun semua ptotongan pengalaman pendidikan.

Prambanan II no.25 : devina2012@yahoo.com Bab 17 – Komunikasi Bisnis .7 blok C35 Perum Sarua Permai Ciputat 15414 Phone Numbers : 085693230347 021-7416825 Citizen ID No.CURRICULUM VITAE PERSONAL DATA Name Date of Birth Religion Sex Marital Status Address : Devina Natalia Setiawan : December. GPA Email : 3674066012860002 : 3. 20th 1986 : Christian Protestant : Female : Single : Jl.

Ciputat ABILITIES Computer Able to operate Microsoft Office. Network Teamwork Personal Communication Language Flexible working with all kinds of people and finish group task on time Excellent interaction and a good listener Able to speak and write in English WORK EXPERIENCE 2008 March 2008 – Januari 2010 Instructor of using the database application for selling activities (part time) Computer Instructor & Center Coordinator in DIGIKIDZ. Kebon Jeruk.2008: 2001 – 2004: 1998 – 2001: 1992 – 1998: Bina Nusantara University. Macromedia.Computer Learning Center Bab 17 – Komunikasi Bisnis .FORMAL EDUCATION 2004 . Information Technology) SMU Mater Dei. Jakarta (Computer Science Faculty. Bumi Serpong Damai SD. Adobe Photoshop. Pamulang SMP Santa Ursula 2. SQL Server. VB. Pelangi.

Daftar pengalaman diurutkan dari posisi yang paling baru. 7. 5. 3. 6. Misal menggunakan sebuah CD-Rom yang berisi klip video tentang diri sendiri saat melamar sebagai staf penjualan. 6. Sibawah setiap daftar dicantumkan uraian tanggung jawab Bab 17 – Komunikasi Bisnis . 2.Memilih media yang terbaik Saat ini media untuk menyampaikan sebuah resume tidak hanya secarik kertas tetapi sudah berkembang sesuai dengan kebutuhannya. Bekerja jangka panjang untuk satu perusahaan Uraikanlah setiap posisi yang dipegang untuk memperlihatkan “mobilitas internal” dan tanggung jawab yang meningkat.seperti menjadi sukarelawan. Sering berganti pekerjaan Usahakan untuk mengelompokkannya dibawah satu judul. 4. Mengorganisasikan resume di seputar kekuatan anda Resume yang paling efektif adalah resume yang dapat memenuhi tujuh kualitas yang dicari pemberi kerja: 1. 3. langsung setelah nama dan alamat. atau cari cara yang tidak kentara untuk menyampaikannya. Akan tetapi menyiapkan resume dalam kertas tetap dibutuhkan karena tidak setiap pemberi kerja bersedia disibukkan dengan media elektronik ketika mereka hanya ingin mengetahui profil dasar anda. 5. Resume kronologis Bagian pengalaman kerja mendominasi dan ditempatkan ditempat yang mencolok. Pemecatan karena alas an Jujur dan perlihatkan bahwa anda adalah karyawan yang mampu bekerja keras dan tanggapi dengan bukti. Kualifikasi terlalu tinggi Sederhanakan resume dengan memfokuskan pada pengalaman dan keterampilan yang berkaitan dengan posisi. Tidak berpengalaman Menawarkan insentif perekrutan seperti bersedia untuk bekerja makam dan akhir pekan. 4. Berpikir dengan sudut pandang hasil Mengetahui cara menuntaskan sesuatu Matang Memperlihatkan tanda-tanda kemajuan karier dan perkembangan professional Memiliki standar keunggulan pribadi Fleksibel dan berkemauan untuk mencoba hal baru Berkomunikasi secara efektif Masalah umum dan saran untuk mengatasinya: 1. Kekosongan pada sejarah kerja Menyebutkan pengalaman dan pendidikan yang berkaitan selama kekosongan kerja tersebut. 2. Untuk memfokuskan perhatian pada poin terkuat terapkan pendekatan organisasional yang sesuai: 1.

bertanya apakah Anda merasa nyaman untuk berbagi potongan informasi tertentu dengan tatap muka. Namun tidak umum digunakan dan memiliki kelemahan: . para pemberi kerja dapat mengetahui apa yang dapat anda lakukan untuk mereka. pemalsuan informasi yang Anda lakukan ini akan terbongkar selama masa kerja ketika Anda tidak dapat bekerja sesuai dengan resume yang Anda buat. 2.Bisa berulang jika harus menyusun pencapaian dan keterampilan Menulis resume Sebelum mengikuti tiga langkah menulis resume anda harus mengingat empat hal: 1. Perlakukan resume dengan penghargaan yang selayaknya Beri cukup banyak waktu Belajarlah dari model yang baik Jangan menjadi frustasi karena berkonflik dengan saran yang anda baca tentang resume. jika sesuatu tidak benar. atau memiliki sedikit pengalaman yang berkaitan. dan berikan ruang terbesar pada posisi yang paling baru. Resume fungsional Menekankan keterampilan dan kemampuan. Pola ini berguna bagi orang-orang yang baru memasuki bursa kerja.Dapat mengurangi penekanan setiap kurangnya kemajuan karier atau masa pengangguran yang panjang. 4. mencari-cari alasan. Memberikan informasi yang salah atau palsu akan merugikan diri Anda yang dapat mengakibatkan Anda tidak diterima.Menyoroti perkembangan dan kemajuan karir . Resume gabungan Memasukkan fitur terbaik dari 2 pendekatan diatas. jangan sebutkan Bab 17 – Komunikasi Bisnis .Menyoroti keberlangsungan dan stabilitas pekerjaan 2. 5. Ada dua tes sederhana untuk memertahankan standar tinggi kejujuran dalam resume yang Anda buat. atau membuatnya terdengar lebih baik daripada kenyataan). Kedua.dan pencapaian. Resume merupakan informasi yang mewakili Anda dalam proses pencarian kerja yang digunakan oleh pemberi kerja untuk mengenal Anda. jangan memasukkannya (seperti mencoba merasionalkannya. Membuat Resume yang Jujur 6.Pemberi kerja sudah terbiasa dengan pendekatan ini dan dapat mencari informasi dengan mudah .Tanpa harus membaca seluruh deskripsi kerja.Cenderung lebih panjang . 8. Keunggulan: . mengidentifikasi pemberi kerja dan pengalaman akademis bagian paling bawah. Buatlah bahwa resume itu benar adanya tanpa memberikan informasi yang salah atau tidak benar. Jika Anda lulus dalam penyaringan informasi yang curang ini. 3. Jika tidak. tentukan dahulu poin-poin penting yang ingin ditulis. Dalam membuat resume.ingin mengarahkan kembali karier mereka. 7. . 3. Pertama. Keunggulan: .Dapat menekankan pengalaman kerja terdahulu .

Tulislah resume dengan membuat kualitas unik Anda terlihat dengan cepat oleh pembaca. Buatlah pernyataan singkat yang menjelaskan bagaimana gelar atau sertifikat yang Anda punya berhubungan dengan tuntutan di negara. Perlu untuk menerjemahkan keterampilan dan pengalaman menjadi istilah organisasi perekrut. 13. selain menjadi sebuah dokumen yang sangat faktual. satu-satunya konsep terpenting yang harus selalu diingat ketika menulis adalah menerjemahkan pencapaian masa lalu menjadi potensi masa depan. Resume yang baik bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan untuk berbagai situasi dan pemberi kerja. Anda dapat menggabungkan pengalaman menjadi pesan langsung yang menyampaikan apa yang dapat Anda lakukan untuk calon pemberi kerja. Anda akan berhasil memfokuskan pada kekuatan yang dibutuhkan oleh para calon pemberi kerja. Dengan mengetahui diri sendiri dan penerima.dalam resume Anda. Demikian pula dengan pencapaian pendidikan di negara lain yang tidak sejajar dengan definisi standar sekolah menengah ataupun universitas. memberikan para pembaca gambaran yang jelas tentang Anda adalah karyawan yang seperti apa. 9. Menyusun Resume Tujuan menyusun resume yaitu untuk menyatakan informasi dan menghemat waktu pembaca. Resume. Mengadaptasi Resume dengan Penerima 11. Sangat diperbolehkan untuk memiliki beberapa resume. Tes ini membantu memastikan resume faktual yang mewakili siapa Anda dan mengarahkan Anda pada pekerjaan yang tepat bagi Anda. dan apakah hasilnya? Apapun format yang Anda gunakan atau apapun informasi yang Anda masukkan. Bab 17 – Komunikasi Bisnis . Pikirkan juga tentang citra atau tema yang ingin Anda proyeksikan atau tampilkan kepada pemberi kerja. harus tetap menceritakan tentang Anda. atau bagaimana gelar sarjana negara A berhubungan dengan tuntutan di negara lain. 10. masingmasing disesuaikan dengan berbagai jenis posisi atau perusahaan yang berbeda. 14. Menyusun resume yang efektif yaitu:  Menggunakan frase yang singkat dan segar dengan menggunakan kata kerja dan kata benda yang kuat. Buatlah resume dari sudut pandang pemberi kerja. Tanyakan pada diri Anda sendiri : Apa kualifikasi kunci yang dicari pemberi kerja ini? Kualifikasi mana yang merupakan kekuatan terbesar Anda? Kualitas apa yang akan memisahkan Anda dari para kandidat lain di mata calon pemberi kerja? Apakah tiga atau empat pencapaian terbesar Anda. 12.

lengkap. serta gelar atau sertifikat yang telah diperoleh. Tetapi akan lebih baik jika IPK disertakan dalam resume karena akan mempengaruhi penilaian para pemberi kerja. buatlah kuat. URL halaman web pribadi (jika ada). Selain itu. akurat. Untuk mengawali tujuan karier atau ringkasan kualifikasi. Jika disertakan dalam resume. Bab 17 – Komunikasi Bisnis . harus diberi skala. alamat e-mail.  Menggunakan pernyataan aktif yang memperlihatkan hasil. Caranya: mulailah dari yang terbaru. alamat (alamat permanen maupun sementara). menyusun nama dan lokasi setiap fakultas. Bagian pendidikan juga mencakup pelatihan di luar kampus yang disponsori oleh perusahaan atau pemerintah. dan jelas terpampang di halaman. Jika tidak disertakan dalam resume.  Tujuan karier atau ringkasan kualifikasi Tujuan karier atau ringkasan kualifikasi merupakan satu-satunya bagian yang dibaca lengkap oleh pemberi kerja. dan meyakinkan. Masukkan setiap seminar atau pelatihan yang relevan yang pernah diikuti. hindari pernyataan yang membanggakan diri sendiri. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tidak harus disertakan dalam resume. yaitu segera membangun ketertarikan dengan mempelajari situasi dan kualitas yang dicari pemberi kerja. singkat. nomor telepon. Pastikan segala sesuatu judul resume terorganisasi dengan baik. masa pendidikan (dalam bulan dan tahun). Biasanya bagian pendidikan tidak terlalu ditekankan dalam resume apabila telah mempunyai pengalaman kerja sebelumnya. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun resume antara lain:  Nama dan informasi kontak Nama dan informasi kontak yang dapat dihubungi merupakan judul resume yang paling penting dan perlu diketahui oleh pemberi kerja. Oleh karena itu. ketrampilan dan kemampuan khusus yang dikembangkan. Jika pengalaman kerja merupakan kualifikasi terkuat. serta sertifikat atau dokumen lain yang pernah diterima. bidang mayor dan minor studi. harus dipersiapkan selama proses wawancara.  Pendidikan Pendidikan merupakan salah satu poin penjulan terkuat sehingga pikirkan dengan saksama bagaimana cara menyampaikannya dengan baik. Menghindari penggunaan kata “saya” karena akan terdengar melibatkan diri dan berulang ketika membuat garis besar semua ketrampilan dan pencapaian. taruhlah bagian pendidikan di penghujung resume dan berikan sedikit rincian. Unsur-unsur lain yang berhubungan dengan judul resume adalah nama.

Susunlah daftar proyek yang menuntut kepemimpinan. atau pencapaian kerja. Sebelum atau sesudah setiap daftar pekerjaan. MELENGKAPI RESUME Merevisi Resume Hindari kesalahan umum yang akan membuat resume tersingkir dari pertimbangan. Data Pribadi Data pribadi merupakan sumber kebingungan umum lain dari resume. Sediakan sebagian besar ruang untuk pekerjaan yang berhubungan dengan posisi sasaran. relevan. kecuali jika dengan memasukkannya pemberi kerja menjadi semakin memahami mangapa Anda merupakan kandidat terbaik bagi pekerjaan. bagian pengalaman kerja harus berfokus pada keseluruhan tema. Jika perlu. Catatlah setiap penghargaan yang Anda terima. dan Pencapaian Seperti bagian pendidikan. masukkan nama dan lokasi pemberi kerja. meskipun tidak berkaitan dengan tujuan karier saat ini. Dalam setiap daftar. tetapi pastikan bahwa semua itu berkaitan dengan pekerjaan yang Anda cari. Kegiatan dan Pencapaian Resume Anda harus menguraikan setiap kegiatan sukarela yang memperlihatkan kemampuan. dan kerja sama. Susunlah daftar keterampilan yang Anda pelajari selama kegiatan ini. fungsi. uraikan dengan singkat apa organisasi tersebut. seperti penguasaan Anda terhadap bahasa lain atau pengalaman perjalanan Anda. Anda juga dapat memasukkan informasi yang menguraikan aspek lain dari latar belakang Anda yang berhubungan dengan tujuan karier.   Terlalu panjang Resume tidak ringkas. Kebanyakan pakar menyarankan Anda untuk melompati minat pribadi. Keterampilan. Susunlah daftar pekerjaan dengan urutan kronologi terbalik dan masukkan setiap posisi kerja paruh waktu atau masa magang. kerja tim. Sejajarkan pengalaman masa lalu dengan masa depan pemberi kerja sasaran.Pengalaman Kerja. Jangan melewatkan setiap pencapaian pribadi yang menunjukkan keterampilan atau kualitas pribadi. organisasi. sebutkan jabatan fungsional Anda. dan jelaskan bagaimana keterampilan ini berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar. dan langsung pada masalah. Jangan mencoba untuk membuat peran Anda terlihat lebih penting dengan mengangkat-angkat jabatan. Bab 17 – Komunikasi Bisnis . Terlalu pendek atau kurang lengkap Resume tidak memberikan cukup informasi untuk mengevaluasi pelamar dengan layak.

dan untuk mencapainya tidak sulit. resume perlu terlihat tajam dan membangkitkan minat perekrut pada beberapa baris pertama. menggunakan banyak kata untuk menguraikan konsep sederhana. struktur.  Amatir Resume berisi informasi yang keliru atau disajikan dengan canggung.  Terlalu rapi Resume jelas ditulis oleh orang lain dan bukan pelamar sendiri. yang menunjukan bahwa pelamar tidak terlalu memahami dunia bisnis atau industri tertentu. Jika resume tidak menonjol – atau menonjol secara negatif – kemungkinannya adalah perekrut tidak akan melihatnya cukup lama untuk menilai kualifikasi anda.   Dibuat dengan buruk Hasil cetak tidak jelas dan sulit dibaca atau kertas murahan dan tidak pantas.  Tipu muslihat Kata.  Banyak kata Penjabaran bertele-tele. Sulit dibaca Resume tidak memiliki cukup spasi kosong dan perangkat lain. kini tidak lagi. atau materi yang digunakan di resume berjarak terlalu jauh dari yang biasanya sehingga membuat resume tidak efektif. Desain yang baik menampilkan kesederhanaan. Membuat Resume Dalam waktu kurang dari satu menit untuk menciptakan kesan yang baik. yang menimbulkan pertanyaan apakah kualifikasi yang disebutkan dilebih-lebihkan. aturan. membuat resume merupakan masalah sederhana. Kesalahan eja dan tatabahasa di seluruh resume Dokumen berisi kesalahan ejaan dan tatabahasa yang menunjukkan bahwa kandidat tidak memiliki keterampilan verbal yang sangat penting dalam pekerjaan. banyak ruang kosong. Desain yang baik merupakan keharusan. Hanya sampai dengan beberapa tahun lalu. dekorasi.  Membual Nada yang terlalu percaya diri membuat pembaca curiga apakah evaluasi diri pelamar benar-benar realistis. seperti lekukan paragraph dan huruf tebal untuk memudahkan pembaca. Tergantung dari perusahaan yang anda lamar. anda tentu ingin membuat resume dalam enam bentuk : Bab 17 – Komunikasi Bisnis . dan jenis huruf yang langsung seperti Times New Roman atau Arial (kebanyakan jenis huruf di komputer anda tidak sesuai untuk resume).

Terdapat beberapa tips dalam menggunakan cara ini:    Hindari jenis kertas putih yang kuat dan biasa yang digunakan untuk memfotokopi atau mencetak (kertas ini akan membuat resume terlihat murah) Hindari kertas pradesain dengan tepian dan latar belakang (kertas ini akan membuat resume terlihat penuh tipu muslihat) Pilihlah kertas yang didesain khusus untuk resume dan dokumen penting lain (kertas jenis inilebih mahal. Arsip PDF Ini langkah pilihan. tetapi arsip PDF dari resume tradisional anda memberikan format yang sederhana dan aman untuk dilampirkan di pesan e-mail. Resume cetak Tradisional Format resume tradisional sederhana. tetapi merupakan investasi yang berharga) Bab 17 – Komunikasi Bisnis . di halaman yang disediakan oleh perguruan tinggi. 2. Resume cetak yang dapat di-scan Siapkan versi cetak dari resume anda yang tidak diformat. anda dapat menempatkan resume di situs web sendiri. 3. 5. atau beberapa dari banyak situs lowongan kerja yang saat ini tersedia. versi cetak harus disampaikan langsung atau lewat pos. 6. maka anda dapat di-scan secara elektronik. tetapi anggun untuk menciptakan kesan terbaik bagi pemberi kerja. sehingga perekrut dapat menyimpan informasi anda di database mereka. Membuat PDF membutuhkan perangkat lunak Adobe Acrobat. Mencetak Resume Tradisional Resume kertas tradisional ini masih memiliki tempat di dunia pencarian kerja elektronik. Umumnya. 4. Format HTML Dengan membuat versi HTML. Arsip Microsoft Word Simpanlah arsip Microsoft Word dari resume tradisional anda sehingga anda dapat meng-upload-nya di situs web tertentu. Arsip teks sederhana (plain-text) elektronik Buatlah arsip teks sederhana (plain-text) elektronik ntuk digunakan ketika meng-upload informasi resume anda ke bentuk web atau menyisipkannya di pesan e-mail. tetapi PDF dapat menjadi item membantu yang dimiliki kalau-kalau seorang perekrut meminta anda untuk mengirimkan resume melalui e-mail.1.

Resume yang dapat di-scan berisi informasi yang sama dengan resume tradisional. Gunakan jenis huruf sans serif yang bersih dan umum seperti Optima atau Arial. Sistem ini kemudian menampilkan daftar calon yang memungkinkan.3r?00!#” dan bukan ”Walter Jones” ketika anda menggunakan jenis huruf tertentu) . Kedua. tanda persen (%). Jangan menggunakan beberapa kolom (perangkat lunak OCR hanya membaca satu baris di selurug halaman) 4. Pertama. bahkan database tercanggih sekalipun tidak dapat melakukan pencarian dengan nuansa dan intuisi perekrut manusia yang berpengalaman. bukan pada upaya artistik pada desain resume. mereka menelusuri database untuk mencari kandidat paling menarik. Ketika merekrut. tetapi dibuat dengan format bersahabat dengan OCR: 1.Mencetak Resume yang dapat di-scan Beberapa akhir tahun ini. Tempatkan setiap nomor telepon dan alamat e-mail di barisnya sendiri. atau simbol titik (gunakan tanda pisah – bukan huruf kecil ”o” – untuk menggantikan simbol titik). nama anda akan masuk sebagai ”W{$. software Optical Character Recognition (OCR) secara teknis tidak ”membaca” apapun (perangkat itu hanya melihat bentuk yang sesuai dengan profil karakter yang tersimpan). huruf. karakter bahasa asing. Cetak di kertas putih polis (noda dan pewarnaan latar belakang lain dapat membingungkan perangkat lunak OCR). Pastikan bahwa karakter itu tidak bersinggungan satu sama lain (apakah angka. masing-masing dengan skor persentase yang menunjukkan seberapa dekat resume merefleksikan tuntutan perekrut. Ketiga. dan ukurannya antara 10 dan 14 poin. 6. para manajer ingin mewawancarai kandidat untuk lowongan kerja.. Kumpulkan daftar kata kunci dengan seksama. 5. atau simbol – termasuk garis miring [/] ) 3. sebagai contoh. perusahaan men-scan secara optis resume yang masuk ke dalam database. Munculnya sistem ini berdampak penting terhadap resume. Bab 17 – Komunikasi Bisnis . Komputer hanya berminat pada informasi yang sesuai dengan parameter pencarian. Jangan menggunakan ampersand (&). menggunakan kata kunci yang sesuai untuk posisi khusus. 2. Jalan keluar untuk itu adalah dua hal ini: 1. Gunakan jenis huruf sederhana dan desain yang disederhanakan 2.

online systems. exchange rates. annual sales of $15 million Audit financial transactions with suppliers in 12 Latin American countries Created a computerized model to adjust for fluctuations in currency exchange rates Negotiated joint-venture agreements with suppliers in Mexico and Colombia Implemented electronic funds transfer for vendor disbursements. international finance. Virginia 22046 Home: (703) 987-0086 Rcortez@silvernet. Excel. Monsanto Agricultural Chemicals (Mexico City. March 1999 to present Prepare accounting reports for wholesale giftware importer. October 1995 to March 1999 Handled budgeting. willing to travel. billing. Visual Basic. Mexico). OBJECTIVE Accounting management position requiring a knowledge of international finance. billing. team player. financial audit. MBA. improving cash flow and eliminating payables clerk position Staff Accountant. budgets.com Office: (703) 549-6624 KEYWORDS Financial executive. EXPERIENCE Staff Accountant/Financial Analyst. accounting management. Access. credit processing. accounting reports. financial analyst. computerized accounting model. and credit-processing functions for the Mexico Coty branch Audited travel/entertainment expenses for Monsanto’s 30-member Latin American sales force Assisted in launching an online computer system to cutomate accounting Bab 17 – Komunikasi Bisnis . fluent Spansih. fluent German. Inter-American Imports (Alexandria-Virginia). jointventure agreements.Contoh Resume yang dapat di-scan: Roberto Cortez 5678 Crosswoods Drive Falls Church.

Tetapi lebih cepat. Accounting. 1993 to 1995 Bachelor of Business Administration. Texas). seringkali mereka ingin menerimanya dalam format teks sederhana. mudah dan tidak terlalu mudah salah disbanding proses scanning. anda dapat memasukan URL yang Bab 17 – Komunikasi Bisnis . termausk mengirimnya sebagai pesan email yang terformat seluruhnya dan menempatkannya dihalaman pribadi pemberi kerja mungkin tidak akan mencoba mencari Anda melalui serch Engine. Selain itu jika para pemberi kerja atau kontak jaringan kerja meminta anda mengirimkan resume melalui emai. George Mason University (Fairfax. 1990 to 1993 INTERCULTURAL AND TECHNICAL SKILLS Fluent in Spanish and German Traveled extensively in Latin America Excel. Membuat versi HTML dari resume Anda mungkin dapat menenemukan beberapa fungsi untuk versi HTML dari resume .EDUCATION Master of Business Administration with emphasis in international business. Access. tanpa symbol. tanpa pilihan jenis huruf. banyak pemberi kerja menolak untuk membuka lampiran email. Membuat Word File Resume Tradisional Seorang pemberi kerja memperbolehkan Anda untuk langsung mengupload arsip Microsoft word metode pentransferan informasi ini melindungi desain dan tata letak resume cetak tradisional dan menyelamatkan anda dari kesulitan membuat versi teks sederhana sebelum menyerahkan arsip word kepada siapapun pastikan system Anda bebas virus menginfeksi PC calon pemberi kerja bukan caa baik untuk menciptakan kesan pertama. University of Texas (Austin. Versi teks sederhana (plain – tekt) mudah dibuat dengan word processor. tapi karena meratanya virus computer akhir – akhir ini. Visual Basic Membuat arsip teks sederhanan (plain – text) dan Resume Untuk memasukkan informasi Anda ke dalam database dengan cara umum adalah dengan memasukkan versi plain – tekt dalam bentuk online tujuannya sama dengan resume yang dapat di scan . tetapi jika mengirimkan e-mailpada seorang calon pemberi kerja. ALngkah verifikasinya sangat penting yaitu buka file tekks dengan basic text editor (secara notepad dari Microsoft). HTML. Virginia).

anda mengirimkan kedua versi standar yang dapat di – scan. berikut ini adalah beberapa kiat penyampaian yang umum : Mengeposkan resume tradisional dan resume yang dapat di-scan. jadi verifikasikan informasi ini untuk memastikan bahwa resume berakhir dengan format yang tepat dan di saluran yang benar.menghubungkan kembali dengan situs anda. pikirkan kata kunci yang menarik agar hyperlink anda ingin mengetahui anada lebih lagitentang anda. anda dapat meniympan resume sebagai halaman web dalam word. jelaskan bahwa untuk Kenyamanan pemberi kerja. karena saat ini pemerkerjaan semakin fleksibelanda juga perlu resume terkini untuk melamar ke keanggotaan organisasi propesi dan untuk melamar untuk promosi jabatan. sekalipun tidak memiliki pengalaman HTML. jangan menggangu calon pemberi kerja dari pencapaian hyperlink anda juga selain versi HTML dari resume. Biasanya para pemberi kerja mendaftar preferensi mereka di situs web. MENDISTRIBUSIKAN RESUME Apa yang anda lakukan untuk mendistribusikan resume bergantung pada jumlah pemberi kerja yang anda targetkan dan preferensi mereka dalam menerima resume. Keluarkan uang ekstra untuk mengirimkan dokumen ini didalam amplop rata ukuran 9 x 12. yang member anda kemasan karton yang kuat dan pengiriman yang lebih cepat hanya dengan menambah beberapa dolar. Resume harus diperiksa dengan cermat dengan cara scan. tetapi anda mendapat gagasan kasar seperti apa resume anda nantinya setelah mengalamiproses scanning. suara atau video klip untuk mendukung resume. Akan tetapi. Misalnya dengan mengguanakan OCR yaitu scanner murah tetapi tidak seakurat system komersial. Selain itu sering meng update resume anda dapa melihat bagai mana kemajuan resume anda. Pada surat pengantar. atau lebih baik lagi. Anda dapat membuka hubungan karya tulis. Ketika mendesain resume. lakukan update terus menerus. Bab 17 – Komunikasi Bisnis . Pertimbangkan untuk mengirimkan kedua format itu pada setiap pemberi kerja. MENGKOREKSI RESUME Resume tidak boleh “cukup baik” atau “hamper sempurna” resume harus sempurna. Di luar itu semua. Setelah resume selesai. gunakan Kilat Khusus. Resume harus sangat singkat sehingga resume harus sempurna periksalah resume dengan sebaik baiknya. Jadi koreksi seluruhnya dan mintalah beberapa orang untuk memeriksanya. masukan versi plain text kedalam halaman web sehingga para calon pemberi kerja dapat mendownload kedalam database perusahaan mereka. Perhatikan dengan baik pengemasannya.

pastikan untuk memasukkan lembar pengantar faks standar. Jika anda mengetahui bahwa pemberi kerja lebih menyukai resume yang dikirimkan dengan faks. Setiap kali anda melakukannya . Sebaliknya. Mengirim melalui e – mail. beberapa Bab 17 – Komunikasi Bisnis .Mengirim dengan faks resume tradisional dan resume yang dapat di – scan. Memasang resume pada layanan indeks atau situs lowongan kerja. Beberapa situs memerbolehkan anda untuk mengambil arsip dari harddisk dan meng – upload sebagai mana aslinya : situs lainnya menginstruksikan untuk mengopi dan menempelkan ( cut and paste ) blok teks sederhana ke bidang tertentu dalam bentuk online. CareerBuilderd.com. kemudian di ituti dengan resume. dan bukan mengetik ulang informasi : Anda sudah mengoreksi materi ini. Jika anda mengetahui nomor referensi atau nomor iklan lowongan kerja. jadi pastikan untuk membaca instruksi dengan teliti. seperti yang di urus oleh masyarakat professional di bidang yang anda minati. Jika ingin meletakan resume di situs web. pastikan untuk mengopi dan menempelkan. Akan tetapi sebelun anda meng – upload resume di situs apapun. Jangan lupa untuk memeriksa juga situs khusus. dan Yahoo Hotjobs dengan cepat telah menjadi kekuatan utama dalam perekrutan. Pastikan anda menjelajahi semua pilihan online. sisipkan tek sederhana pada isi pesan e – mail atau hanya memasukan hyperlink di e – mail yang menghubungka kembali pada resume halaman web anda ( atau melakukan keduanya ). Memasang resume di situs web. Menyerahkan resume secara online. masukan di subjek e – mail anda. Kecuali jika seseorang secara khusus meminta dokumen Word sebagai lampiran. Situs web seperti monster. anda perlu mencari cara untuk menyediakan URL untuk calon pemberi kerja : kebanyakan perekrut tidak akan membuang waktu mereka dengan menggunakan search engine untuk menemukan situs anda. Aturlah mesin faks pada mode “ fine “ untuk membantu memastikan hasil print berkualitas tinggi di pihak penerima. Rincian penyerahan resume secara online berbeda – beda dari satu situs ke situs lain. jangan mengirimnya . beserta surat pengantar.mungkin tidak akan di buka. pelajari perlindungan kerahasiaannya. dan tentu tidak ingin membuat kesalahan baru ketika mencocokan kembali.com.

MENYELESAIKAN RESUME Revisi resume hingga resume tersebut jelas. Sesuaikan resume dengan penerima untuk menyoroti kualifikasi yang di cari oleh para pemberi kerja. Buatlah resume dalam semua format yang mungkin anda perlukan : resume cetak tradisional. Distribusikan resume dengan menggunakan alat yang disukai setiap pemberi kerja. fungsional. batasi dengan saksama jumlah informasipribadi yang anda berikan secara online. dan mendesak. Dalam kasus apapun. Jangan menaruh nomor Social Security. C. MENULIS RESUME Buatlah resume dengan jujur. serta kegiatan dan pencapaian pribadi. MENULIS RESUME EFEKTIF A. Bab 17 – Komunikasi Bisnis . prestasi kerja atau sekolah.  B. Gunakan bahasa yang kuat untuk menyampaikan nama dan informasi kontak anda. Pilihlah media terbaik dengan menulusuri situs web dan preferensi dari setiap pemberi kerja. Koreksi resume untuk memasikan sama sekali tidak ada kesalahan huruf. pengalaman kerja. arsip Microsoft Word atau format HTML. arsip teks sederhana yang dapat di scan. atau nomor SIM secara online. memilih struktur kronologis. nomor Kartu Mahasiswa. atau gabungan ( berhati – hatilah dalam menggunakan struktur fungsional ). seperti membiarkan pemberi kerja mencari kualifikasi anda tanpa melihat informasi kontak pribadi atau mencegah pemberi kerja saat ini melihat resume anda.situs memerbolahkan anda untuk menetapkan tingkat kerahasiaan. Kumpulkan informasi yang berhubungan tentang perusahaan sasaran. MERENCANAKAN RESUME   Analisis tujuan dan penerima dengan saksama untuk memastikan bahwa pesan anda memenuhi kebutuhan pemberi kerja. ringkas. Organisasikan resume di seputar kekuatan anda. tujuan karier atau ringkasan kualifikasi. pendidikan. keterampilan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful