STRUMA

Nopa elpriana  Novita chanddra C.U  Paulina letex  Rosiana ety  Selviani naiaki  Trio sigit P  Valentina suci P

KASUS…
Ny H usia 30 tahun dirawat di RS dengan Dx medis struma derajat II. Dari hasil pengkajian didapatkan data : klien tinggal di daerah pegunungan,mengeluh nyeri saat menelan, sesak nafas, telapak tangan sering berkeringat, terdapat exophthalmus, belum ada kardiomegali, tidak malu dengan keadaannya. TD 100/70 mmHg, nadi 110 x/menit, RR 21 x/menit, suhu 37,4 derajat C, hasil laboratorium sebelum operasi T3 dan T4 menurun, TSH meningkat, pemeriksaan kepadatan tulang masih dalam batas normal. Klien mendapat terapi propanolol 3x5mg. Sebelum operasi klien merasa cemas akan kehilangan suaranya jika di operasi. saat ini klien selesai lobectomy hari ke 3,terpasang drain dengan isi 2cc, kondisi luka kering, tidak berbau, terdapat 3 jahitan.

KATA-KATA SULIT Exophthalmus:protrusio mata yang abnormal  TSH: merupakan salah satu kelenjar hipofisis anterior yang mempunyai efek spesifik terhadap kelenjar tiroid  Lobectomy:eksisi lobus seperti pada hati.otak dan paru  .

ANATOMI DAN FISIOLOGI TIROID .

triiodotironin (T3). yang normalnya memiliki berat 15 sampai 20 gram. Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar terbesar. dan kalsitonin. . yaitu tiroksin (T4). Tiroid mengsekresikan tiga macam hormon.

. dihubungkan oleh isthmus (jembatan) yang terletak di depan trachea tepat di bawah cartilago cricoidea.LANJUTAN…. yaitu lobus piramida.  Secara anatomi. Kadang juga terdapat lobus tambahan yang membentang ke atas (ventral tubuh). tiroid merupakan kelenjar endokrin (tidak mempunyai ductus) dan bilobular (kanan dan kiri).

yang terbentuk pada usia kelahiran 4 minggu. Kelenjar tiroid akan mencapai kematangan pada akhir bulan ke-3. sisa kelenjar tiroid ini juga masih sering ditemukan di pangkal lidah (ductus thyroglossus/lingua thyroid) dan pada bagian leher yang lain. yang berada ventral di bawah cabang farings I. Pada minggu ke-7. Namun pada kelainan klinis. Tonjolan pertama disebut pharyngeal pouch. tahap pembentukan kelenjar tiroid adalah: Kelenjar tiroid mulanya merupakan dua buah tonjolan dari dinding depan bagian tengah farings.     Secara embriologi. . dan 7. dan ductus thyroglossus akan menghilang. yaitu antara arcus brachialis 1 dan 2. 6. Posisi akhir kelenjar tiroid terletak di depan vertebra cervicalis 5. tonjolan dari foramen caecum akan menuju pharyngeal pouch melalui saluran yang disebut ductus thyroglossus. Tonjolan kedua pada foramen ceacum.

MEKANISME UMPAN BALIK HORMON DARI KELENJAR TIROID .

maupun berupa denyut jantung. bernafas. pemeliharaan tonus otot. dan pengaturan suhu tubuh. sekresi hormon. .METABOLISME BASAL  Metabolisme basal adalah banyaknya energi yang dipakai untuk aktifitas jaringan tubuh sewaktu istirahat jasmani dan rohani. sekresi enzim. Energi tersebut dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi vital tubuh berupa metabolisme makanan.

Metabolisme basal juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti suhu. Metabolisme basal ditentukan dalam keadaan individu istirahat fisik dan mental yang sempurna.LANJUTAN….  . ukuran dan komposisi tubuh.  Metabolisme basal dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu jenis kelamin. faktor pertumbuhan. usia. kelembaban. dan keadaan emosi atau stres.

. Demikian pula. orang dengan berat badan yang besar dan proporsi lemak yang sedikit mempunyai Metabolisme basal yang lebih besar dibanding dengan orang yang mempunyai berat badan kecil dan proporsi lemak sedikit. Orang dengan berat badan yang besar dan proporsi lemak yang sedikit mempunyai Metabolisme basal lebih besar dibanding dengan orang yang mempunyai berat badan yang besar tapi proporsi lemak yang besar.LANJUTAN….

Hal ini terjadi karena sekresi hormon epinefrin yang meningkat. Umur juga mempengaruhi metabolisme basal dimana umur yang lebih muda mempunyai metabolisme basal lebih besar dibanding yang lebih tua. . demikian pula tonus otot meningkat. Rasa gelisah dan ketegangan. misalnya saat bertanding menghasilkan metabolisme basal 5% sampai 10% lebih besar.Metabolisme basal seorang laki-laki lebih tinggi dibanding dengan wanita.

BIOSINTESIS DAN METABOLISME HORMONHORMON TIROID Biosintesis hormone tyroid merupakan suatu urutan langkah” proses yang diatur oleh enzim” tertentu. Langkah” tersebut adalah:  Penangkapan yodida  Oksidasi yodida menjadi yodium  Organifikasi yodium menjadi monoyodotirosin dan diyodotirosin  Proses penggabungan precursor yang teryodinasi  Penyimpanan hormone  Pelepasan Hormon .

jaringan dan organ).  Berdsarkan fungsi dari hormon tersebut dapat di simpulkan apibila tergangunya pengesekresinya T3 dan T4 maka metabolisme dalam tubuh akan tergangu  . fungsi dari T3 danT4 yang dihasilkan hormon Tyroid adalah mengatur proses metabolisme dalam tubuh ( sel.PENGARUH HORMON TIROID TERHADAP METABOLISME Hormon Tyroid menghasilkan T3 dan T4.

.STRUMA Definisi  Struma adalah pembesaran kelenjar tyroid. struma timbul akibat defisiensi yodium terutama pada daerah pegunungan.

kacang.kedelai.stroberi)  autoimunoglobulin .ETIOLOGI Struma noduler non toxic (SNNT)  produksi hormon tiroi tidak cukup  dishormonogenesis  endemik/kurang yodium  konsumsi garam menurun Struma noduler toxic (SNT)  sering terjadi pada lansia  hipertiroidisme  penghambatan sintesa hormon oleh hoitrogen (kol.

T4.TANDA DAN GEJALA SNNT  masa dileher  disfagia  peningkatan TSH  T3.T4 calsitonin menurun SNT  peningkatan metabolisme  suhu dan nadi meningkat  dissters nafas hebat  rasa takut  T3.calsitonin meningkat .

Bahan yang mengandung iodium diserap usus. Senyawa yang terbentuk dalam molekul diyodotironin membentuk tiroksin (T4) dan molekul yoditironin (T3). iodium dioksida menjadi bentuk yang aktif yang distimuler oleh Tiroid Stimulating Hormon kemudian disatukan menjadi molekul tiroksin yang terjadi pada fase sel koloid. . Dalam kelenjar.PATOFISOOLOGI Iodium merupakan semua bahan utama yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan hormon tyroid. masuk ke dalam sirkulasi darah dan ditangkap paling banyak oleh kelenjar tyroid.

LANJUTAN Tiroksin (T4) menunjukkan pengaturan umpan balik negatif dari sekresi Tiroid Stimulating Hormon dan bekerja langsung pada tirotropihypofisis. sedang tyrodotironin (T3) merupakan hormon metabolik tidak aktif. pelepasan dan metabolisme tyroid sekaligus menghambat sintesis tiroksin (T4) dan melalui rangsangan umpan balik negatif meningkatkan pelepasan TSH oleh kelenjar hypofisis. . Keadaan ini menyebabkan pembesaran kelenjar tyroid. Beberapa obat dan keadaan dapat mempengaruhi sintesis.

tidak terlihat  Deragat 1b : teraba terlihat pada posisi leher ekstensi penuh  Derajat II : terlihat pada posisi leher normal  Derajat III : kelenjar gondok sangat besar  .KLASIFIKASI STRUMA Derajat 0 : Tidak teraba (normal)  Derajat 1a : kelenjar gondok teraba.

Normal :15-40% dalam 24 jam bila :uptake >normal disebut hot area uptake <normal disebut cold area (pada neoplasma)  USG Membedakan kristik atau solid (neoplasma)  .PEMERIKSAAN PENUNJANG scanning thyroid memakai uptake j131 yang didisbrusikan ke tiroid untuk menentukan fungsi tiroid.

LANJUTAN radiologi thorax  fungsi tiroid BMR : (0. tiroglobulin dan calcitonin  .74 x TN) – 72% PBI : normal 4-8mg% Serum kolesterol : normal 150-300mg% Free tiroksi index : T3 / T4 Hitung kadar T4. TSHS.75 x N) + (0.

dalam hal pola makan dan memasyarakatkan pemakaian garam beriodium.PENATALAKSAAN MEDIS STRUMA Dengan pemberian kapsul minyak beriodium terutama bagi penduduk di daerah endemik sedang dan berat.  .  -Edukasi Program ini bertujuan merubah prilaku masyarakat.

2 cc – 0.LANJUTAN Penyuntikan lipidol Sasaran penyuntikan lipidol adalah penduduk yang tinggal di daerah endemik diberi suntikan 40 % tiga tahun sekali dengan dosis untuk orang dewasa dan anak di atas enam tahun 1 cc. indikasi keganasan yang pasti akan dicurigai. kosmetik. sedang kurang dari enam tahun diberi 0. terjadi gangguan misalnya : penekanan pada organ sekitarnya.  .8 cc  Tindakan operasi Pada struma nodosa non toksik yang besar dapat dilakukan tindakan operasi bila pengobatan tidak berhasil. indikasi.

 .FARMAKOLOGI STRUMA obat jenis asetaminopen  Pemberian beta-bloker  Propanolol secara intravena Dosis yang diberikan adalah 1mg/menit sampai beberapa mg hingga efek yang diinginkantercapai atau 2-4mg/4jam secara intravena atau 60-80mg/4jam secara oral atau melalui (NGT).

 Laruton lugol¶s 10 tetes/8jam secara oral.LANJUTAN Pemberian tionamide seperti methimazole 30mg/6jam atau PTU 200mg/4jam secara oral atau NGT untuk memblok sintesishormon.  glucocorticoid 100mg/8jam secara intravena  .

GIZI ikan laut  telur asin  seafood  sayuran hijau  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful