P. 1
ISI MBTI (Autosaved)

ISI MBTI (Autosaved)

4.0

|Views: 421|Likes:
Published by Novia Nur Fadhila
makalah ini berisi tentang Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). MBTI adalah instrumen yang telah dirancang untuk mengetahui tipe kepribadian sesorang, MBTI adalah kuesioner laporan diri yang dirancang untuk mengukur tipe kepribadian non-psikopatologis sebagaimana didalilkan dalam teori psikodinamik tipe Jung. MBTI dikembangkan oleh Katherine Briggs dan Isabel Briggs Myers, dan telah lama diadopsi para periset psikologi untuk memetakakan tipe kepribadian seseorang diberbagai bidang.
makalah ini berisi tentang Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). MBTI adalah instrumen yang telah dirancang untuk mengetahui tipe kepribadian sesorang, MBTI adalah kuesioner laporan diri yang dirancang untuk mengukur tipe kepribadian non-psikopatologis sebagaimana didalilkan dalam teori psikodinamik tipe Jung. MBTI dikembangkan oleh Katherine Briggs dan Isabel Briggs Myers, dan telah lama diadopsi para periset psikologi untuk memetakakan tipe kepribadian seseorang diberbagai bidang.

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Novia Nur Fadhila on Apr 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $49.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

12/19/2014

$49.99

USD

pdf

text

original

MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011

BAB I PENDAHULUAN
A. Pengantar Teori

Kepribadian adalah salah satu syarat mutlak bagi manusia untuk memancarkan eksistensinya di dunia, terutama dalam mensyukuri anugrah Allah sebagai makhluk social, baik secara internal (social terhadap dirinya sendiri) maupun secara eksternal (social bagi orang lain). Oleh karena itu dalam memahami tipe kepribadian diri sendiri ataupun orang lain, diperlukan sebuah instrumen yang dapat membantu memahami tipe-tipe kepribadian. Salah satu diantara instrumen-instrumen yang dirancang oleh periset psikologi di dunia adalah Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah instrumen yang telah dirancang untuk mengetahui tipe kepribadian sesorang, MBTI adalah kuesioner laporan diri yang dirancang untuk mengukur tipe kepribadian non-psikopatologis sebagaimana didalilkan dalam teori psikodinamik tipe Jung (Myers & McCaulley, 1985, dalam Boyle, 1995). MBTI dikembangkan oleh Katherine Briggs dan Isabel Briggs Myers, dan telah lama diadopsi para periset psikologi untuk memetakakan tipe kepribadian seseorang diberbagai bidang. MBTI juga sudah sangat populer dan telah digunakan secara luas selama 30 tahun terakhir (Carlyn, 1977 dalam Boyle, 1995). Di area perusahaan, bank, dan institusi lainnya, MBTI bukanlah suatu hal asing lagi, karena MBTI dimanfaatkan sebagai alat rekrutmen pegawai. Terkait kita sebagai calon konselor sekolah, tentunya kita juga membutuhkan MBTI ini guna memahami kepribadian peserta didik. Sehingga dapat memudahkan kita dalam mengarahkan peserta didik dalam bidang pribadi, belajar, social dan karirnya. Khususnya di bidang karir MBTI bisa digunakan sebagai panduan untuk memilih jurusan kuliah sampai dengan profesi yang cocok dengan kepribadian peserta didik. Selain itu harapanya adalah peserta didik mampu beradaptasi dengan tuntutan yang berkembang di eranya nanti.

NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 1

BAB II PEMBAHASAN
A. Biografi Penemu Teori

Gambar. 1 Isabel Briggs Myers lahir pada tanggal 18 Oktober 1897 dan wafat pada usia 83 tahun, tanggal 5 Mei 1980. Isabel menempuh pendidikan dengan home schooling oleh ibunya kemudian melanjutkan studinya dan memperoleh gelar sarjana dalam ilmu politik dari Swarthmore College dan tidak ada afiliasi akademik. Ibunya bernama Katherine Cook Briggs (1875 – 1968). Ayahnya bernama Lyman J. Briggs, beliau adalah seorang fisikawan penelitian dan menjadi Direktur Biro Standar di Washington. Pada tahun 1918 Isabel menikah dengan Clarence Myers, Clarences adalah seorang pengacara. Katharine Briggs membaca buku Carl G. Jung, Psychologycal Type dan direkomendasikan untuk Isabel Myers, ibu dan anak kemudian merumuskan MBTI bersama-sama. Kemudian dalam kehidupan, Myers berkolaborasi dengan Maria Mc Caulley untuk melakukan uji penelitian dan dari MBTI. Myers menulis sebuah novel misteri memenangkan hadiah, Pembunuhan Namun untuk Ayo, pada tahun 1929, dengan menggunakan ide tipologi. Pada tahun 1934 Katharine menerbitkan sebuah novel kedua, Berikan Aku Kematian ( Frederick A. Stokes Co, New York), sebuah misteri pembunuhan yang berkisah catatan dari bunuh diri seharusnya putrinya, di mana ia mengaku strain darah Negro, menyarankan dia

MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011

untuk melupakan dia pernah berpikir tentang pernikahan, dan meminta maaf atas penghinaan ia telah membawa pada dirinya. Dialog dalam buku berkenaan dengan “kemustahilan” dari perkawinan antar-ras . Dari waktu dia masih seorang gadis, visi Katharine Briggs adalah untuk memahami perkembangan manusia dan untuk menemukan kunci yang akan memungkinkan setiap individu untuk mencapai potensi optimalnya.

B. Latar Belakang Teori

MBTI lahir berdasarkan pemikiran C.G Jung (1921-1971) mengenai persepsi, judgment dan sikap yang digunakan oleh setiap tipe yang berbeda dari individu. Persepsi adalah kemampuan psikologis individu untuk sadar pada halhal, orang-orang dan ide-ide. Judgment melibatkan berbagai cara untuk menyimpulkan apa yang telah dipersepsikan individu tersebut. Kalau orang berbeda satu sama lain ketika mempersepsikan sesuatu juga ketika melakukan judgment, maka perbedaan ini juga mempengaruhi minat, ketrampilan, nilai-nilai serta reaksi mereka. MBTI dibuat untuk mempelajari tipe kepribadian berdasarkan teori Jung. MBTI adalah kuesioner yang dikembangkan oleh Myers dan Briggs untuk melihat apakah bisa untuk menunjukkan tipe Jung sehingga teori Jung dapat diuji dan, jika divalidasi, dihukum penggunaan praktis. Penilaian Karir adalah motivasi untuk menciptakan MBTI (McCaulley & Martin, 1995). Myers melihat banyak orang di Perang Dunia II mencoba untuk menjadi patriotik tetapi membenci perang pekerjaan yang mereka lakukan. Dia berharap gagasan Jung dapat digunakan untuk memberikan kesesuaian yang lebih baik antara kepribadian dan bekerja. Myers dan Briggs adalah dua perempuan yang sangat berbakat, Isabel Briggs Myers dan ibunya, Katharine Cook Briggs. Briggs pertama kali menemukan buku Jung dan mempelajarinya dengan hati-hati karena cocok dengan pekerjaan yang telah ia lakukan pada dirinya sendiri untuk mengidentifikasi perbedaan individu. Baik ibu dan anak belajar Jung bekerja baris
NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 3

Dalam 20 tahun berikutnya. ETS mengumpulkan data mahasiswa perguruan tinggi dan. 1992). menerbitkan MBTI sebagai instrumen penelitian (Myers). 1 tahun sebelum kematiannya. Pada tahun 1968. 1990. Inti Teori . 1993. Untuk lebih lanjut mengadakan penelitian dan aplikasi dari MBTI. Sebuah manual direvisi muncul tahun 1985 (Myers & McCaulley). 1992. Lawrence. Grant di Auburn dan beberapa orang lainnya menemukan MBTI dan disertasi mulai muncul. Pada tahun 1957. 1995). Pada tahun 1979. pada tahun 1962. Myers menyelesaikan karya utamanya yang populer. Consulting Psychological Press menjadi penerbit dan pada tahun 1976. 1980) dan melihat pembentukan Association for Psychological Type (APT). 1989. Center for Applications of Psychological Type (CAPT) dibentuk oleh Myers dan McCaulley di Gainesville. Kroeger dengan Thuesen.Briggs Type Indicator menunjukkan lebih dari 4. baru-baru ini muncul (Hirsh & Kummerow. Provost. Pada saat itu. Juga pada tahun 1975. 1995). yang peduli dengan pekerjaan hidup. C. sebuah organisasi keanggotaan untuk orang yang tertarik dalam pekerjaannya. Pada tahun 1975. Florida. 1993. Dua puluh tahun jenis menonton meyakinkan mereka dari validitas model Jung (McCaulley & Martin. bukan lagi suatu instrumen penelitian tetapi siap untuk aplikasi.000 entri. 1995). karyanya mendatangkan perhatian Educational Testing Service (ETS) melalui salah satu sekolah medis. Sejumlah buku populer. Sekarang MBTI adalah salah satu tes kepribadian yang paling banyak digunakan dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa di seluruh dunia. Tieger & Barron-Tieger. 1992. bibliografi CAPT telah 337 entri (McCaulley & Martin. Pada tahun 1995 Januari. Bibliografi CAPT untuk Myers. Quenk.demi baris. Gifts Differing (Myers dengan Myers. Minat terhadap MBTI meningkat pesat. MBTI tercatat dalam katalog CPP. 1989. bibliografi ETS berisi 81 referensi (McCaulley & Martin. untuk pertama kali.

Seperti es krim dan coklat panas. MBTI Step I ini yang paling terkenal dan paling sering digunakan di antara tipe MBTI yang lainnya. jadi totalnya 20 komponen. MBTI Step II. 1. Ekstrovert artinya tipe pribadi yang suka dunia luar.com. Empat Dimensi Utama MBTI MBTI bersandar pada empat dimensi utama yang saling berlawanan (dikotomis). beraktifitas dengan orang lain. bermacam-macam keefektifan dimana individu menggunakan tipe mereka (http://www. NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 5 . mungkin kita mau dua-duanya tetapi cenderung lebih menyukai salah satunya.MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 Ada tiga versi yang berbeda mengenai MBTI. serta berfokus pada dunia luar dan action oriented. hanya saja kita lebih cenderung / nyaman pada salah satu arah tertentu. Extrovert (E) vs Introvert (I) Dimensi EI melihat orientasi energi kita ke dalam atau ke luar. menyenangi interaksi sosial. Ketiga versi itu adalah MBTI Step I. mereka secara umum mengarah ke MBTI Step I. Mereka suka bergaul. Bagaimana memusatkan perhatian Bagaimana menerima informasi dari luar Bagaimana menarik kesimpulan dan keputusan Bagaimana pola hidup (EXTROVERT-INTROVERT) (SENSING-INTUION) (THINKING-FEELING) (JUDGING-PERCEIVING) a. Walaupun berlawanan sebetulnya kita memiliki semuanya. MBTI Step II mengidentifikasi masing masing 5 komponen dari 4 dikotomi dasar. Berikut empat skala kecenderungan MBTI. MBTI Step III. Maka seperti itu pula dalam skala kecenderungan MBTI (Mudrika. Skor menyediakan informasi mengenai individualitas di dalam setiap 16 tipe kepribadian. 2011). Masing-masing ada sisi positifnya tapi ada pula sisi negatifnya.scribd. Step III menilai tipe perkembangan. Step I membahas mengenai 16 kepribadian yang berbeda secara kualitatif. Mereka bagus dalam hal berurusan dengan orang dan hal operasional. ketika orang-orang mengatakan MBTI./doc/5404993/MBTI-FIX ).

menulis dan tidak begitu suka bergaul dengan banyak orang. Mereka berorientasi pada hubungan dan subjektif. ide. c. Mereka menggunakan pedoman pengalaman dan data konkrit serta memilih cara-cara yang sudah terbukti. Sementara feeling adalah mereka yang melibatkan perasaan. Sensing (S) vs Intuition (N) Dimensi SN melihat bagaimana individu memproses data. b. Mereka berpedoman imajinasi. praktis. dan visi jangka panjang. Mereka bagus dalam penyusunan konsep. Bagus dalam menjaga keharmonisan dan memelihara hubungan. empati serta nilai-nilai yang diyakini ketika hendak mengambil keputusan.Sebaliknya. Thinking adalah mereka yang selalu menggunakan logika dan kekuatan analisa untuk mengambil keputusan. Mereka akomodatif tapi sering terkesan memihak. dan berfokus pada masa depan (apa yang mungkin dicapai di masa mendatang). Mereka mampu bekerja sendiri. penuh inspirasi dan ide unik. tipe introvert adalah mereka yang suka dunia dalam (diri sendiri). Bagus dalam melakukan analisa dan menjaga prosedur/standar. pemikir abstrak. konseptual serta melihat berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. Mereka senang menyendiri. Mereka cenderung berorientasi pada tugas dan objektif. . membaca. Mereka fokus pada masa kini (apa yang bisa diperbaiki sekarang). penuh konsentrasi dan focus. Mereka empatik dan menginginkan harmoni. Thinking (T) vs Feeling (F) Dimensi ketiga melihat bagaimana orang mengambil keputusan. Mereka bagus dalam perencanaan teknis dan detail aplikatif. merenung. Terkesan kaku dan keras kepala. memilih cara unik. Mereka menerapkan prinsip dengan konsisten. Mereka inovatif. Mereka bagus dalam pengolahan data secara internal dan pekerjaan back office. Sensing memproses data dengan cara bersandar pada fakta yang konkrit. realistis dan melihat data apa adanya. Sementara tipe intuition memproses data dengan melihat pola dan hubungan.

Judging di sini bukan berarti judgemental (menghakimi). dan perencanaan step by step. Mereka tidak suka hal-hal mendadak dan di luar perencanaan. dan bertindak secara acak untuk melihat beragam peluang yang muncul. ada 4 dikotomi mengenai aspek-aspek yang mempengaruhi perilaku seseorang. atau dari dalam diri (introvert/I). apakah dengan menilai (judging/J) atau dengan memahami (perceiving/P). Bagaimana orientasi kehidupan seseorang. Mereka bagus dalam penjadwalan. d. Bagaimana seseorang membuat keputusan. Judging diartikan sebagai tipe orang yang selalu bertumpu pada rencana yang sistematis. Judging (J) vs Perceiving (P) Dimensi terakhir melihat derajat fleksibilitas seseorang. Bagaimana/dari mana seseorang memperoleh energi. Mereka ingin merencanakan pekerjaan dan mengikuti rencana itu. Perubahan mendadak tidak masalah dan ketidakpastian membuat mereka bergairah. Sementara tipe perceiving adalah mereka yang bersikap fleksibel. Bagaimana seseorang mendapatkan informasi. apakah dari luar diri (extravert/E). spontan. serta senantiasa berpikir dan bertindak teratur (tidak melompat-lompat). b. 2. Bagus dalam menghadapi perubahan dan situasi mendadak. maka akan terbentuk 16 Tipe Kepribadian MBTI: Extrovert (E) Introvert (I) ENFJ ENFP ENTJ ENTP NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 7 . c. diantaranya: a. apakah melalui panca indra (sensing/S) atau imajinasi (intuiting/N). apakah berdasarkan pemikiran (thinking/T) atau perasaan (feeling/F). Dalam MBTI. adaptif.MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 d. penetapan struktur. 16 Tipe Kepribadian MBTI Berdasarkan 4 dimensi utama MBTI.

Sensing (S) Thinking (T) Judging (J) Intuition (I) Feeling (F) Perceiving (P) ESTJ ISTJ INTJ ESTP ISTP INTP ESFJ ISFJ INFJ ESFP ISFP INFP Gambar. Mereka akan menjadi orang tua yang baik. 2) Pada umumnya peduli pada apa kata orang atau apa yang orang lain inginkan dan cenderung melakukan sesuatu dengan memperhatikan perasaan orang lain. guru. Mereka cocok sebagai ahli terapi. populer. peka. loyal. Responsif . sensitive. (2011) menambahkan bahwa tipe ENFJ memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1) Kreatif. fun. simpatik. eksekutif perusahaan dan sales (Boeree. ramah. 3) Pandai bergaul. 2 Myers-Briggs Type Indicator a. meyakinkan. imajinatif. Meraka cenderung melebihlebihkan kawannya. ENFJ (Extroverted feeling with intuiting): perasaan ekstrovert lewat intuisi. Kemudian Almaqassary. Tipe orang ini adalah suka bicara. 2009). tapi cenderung membiarkan diri mereka dimanfaatkan orang lain.

politisi dan actor (Boeree. Tipe orang ini suka hal-hal baru dan kejutan. Saran Profesi: Konsultan. fun. inovatif. disiplin. Menghadapi kritik dan konflik. 2) Jangan mengukur harga diri Anda dari perlakuan orang lain. senang bersosialisasi & membawa suasana positif. enerjik. 2009). Dan saran pengembangannya adalah: 1) Jangan mengorbankan diri hanya untuk menyenangkan orang lain. tegas dan konsisten NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 9 . Kemudian Almaqassary (2011) menambahkan bahwa tipe ENFP memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1) Ramah. 3) Mampu beradaptasi dengan beragam situasi dan perubahan. 4) Pandai berkomunikasi. Penulis. Mereka sangat dikuasai perasaan dan ekspresi. Mereka sangat peka dengan perubahan tubuh dan punya kesadaran diri yang baik.MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 pada kritik dan pujian. Psikolog. antusias. mereka cocok jadi sales. optimis. 2) Imaginatif. Saran Pengembangan: 1) Belajarlah untuk fokus. Motivator Pasangan/Partner Alami: INFP atau ISFP b. Jangan mudah kecewa jika mereka tidak seperti yang Anda inginkan. hangat. HRD. Konselor. semangat tinggi. ENFP (Extroverted intuiting with feeling): pengintuisian ekstrovert lewat perasaan. 5) Butuh apresiasi dan penerimaan. kreatif. Marketing. 4) Menyukai variasi dan tantangan baru. penuh ide. Entertainer. Pengajar. Event Coordinator. 5) Mudah membaca perasaan dan kebutuhan orang lain. 4) Jangan terlalu bersikap keras terhadap diri sendiri. 3) Belajarlah untuk tegas dan mengambil keputusan.

Motivator. Mereka menyenangi organisasi dan struktur tertata. Jangan mudah marah. MC. disiplin. . 4) Belajarlah untuk menghargai dan mengapresiasi orang lain. ENTJ (Extroverted Thinking with feeling ): berfikir ekstrovert dengan intuisi. 4) Berbakat pemimpin. 2009). Saran Profesi: Konselor. 2) Ungkapkan perasaan Anda. Presenter.2) Belajarlah untuk menghadapi konflik dan kritik. Kemudian Almaqassary (2011) menambahkan bahwa tipe ENTJ memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1) Tangguh. 3) Belajarlah mengelola emosi Anda. Belajarlah untuk mengelola keuangan sedikit demi sedikit. mampu menggerakkan orang. Tipe ini sangat cocok untuk eksekutif perusahaan dan administrator (Boeree. Pengajar. komunikasi baik. Entertainer. 4) Jangan terlalu boros. 2) Cenderung menutupi perasaan dan menyembunyikan kelemahan. Seniman. dan sangat menghargai komitmen. 3) Pikirkan kebutuhan diri sendiri. Psikolog. Tidak perlu perfeksionis dan selalu kompetitif dengan semua orang. Menyatakan perasaan bukanlah kelemahan. Saran Pengembangan: 1) Belajarlah untuk relaks. Reporter. Jangan melupakannya karena terlalu peduli pada kebutuhan orang lain. Tipe ini adalah orang yang suka di rumah dan berkumpul bersama keluarga. 3) Berkarisma. Hospitality Pasangan/Partner Alami: INTJ atau INFJ c.

baik dalam banyak hal. 5) Punya keinginan kuat untuk mengembangkan diri. 2) Belajarlah untuk disiplin dan konsisten. Mereka juga cenderung ingin mengedepankan diri (Boeree. Pemimpin Organisasi. Cenderung untuk melakukan hal baru yang menarik hati setelah melakukan sesuatu yang lain. Kemudian Almaqassary (2011) menambahkan bahwa tipe ENTP memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1) Gesit. khususnya secara ekonomi. 3) Fleksibel. Mereka cocok menjadi analisis dan entertainer. 2) Banyak bicara dan punya kemampuan debat yang baik. 6) Jangan hanya melihat benar dan salah saja. Sebagai pasangan mereka sedikit tidak menyenangkan. Bidang Finansial Pasangan/Partner Alami: INTP atau ISTP d. inovatif. 2009). cerdik. Tipe ini adalah orang yang hidup dan bersemangat. Lihat sisi positifnya. Bisa berargumentasi untuk senang-senang saja tanpa merasa bersalah. tidak cuek dan tidak pula rapi.MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 5) Jangan terlalu arogan dan menganggap remeh orang lain. Jangan ingin menang sendiri. NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 11 . Hakim. ENTP (Extroverted intuiting with thinking ): Pengintuisian ekstrovert dengan berfikir. Konsultan. 3) Hindari perdebatan tidak penting. 4) Kurang konsisten. Pengacara. Saran Profesi: Entrepreneur. Business analyst. logis. kreatif. Saran Pengembangan: 1) Cobalah untuk win-win solution. Punya banyak cara untuk memecahkan masalah dan tantangan.

Konsultan. 3) Mintalah pertimbangan orang lain dalam mengambil keputusan. 5) Teliti dan rajin merawat apa yang ia miliki. Seimbangkan cara pandang Anda agar tidak terlalu optimis dan mengambil resiko yang tidak realistis. Ilmuwan. dilahirkan untuk bekerjasama. Saran Pengembangan: 1) Jangan mengorbankan diri hanya untuk menyenangkan orang lain. Mereka cenderung tergantung. 4) Santai. 4) Terima tanggungjawab hidup dan belajarlah untuk lebih dewasa. Jangan mengasihani diri sendiri.4) Belajarlah untuk sedikit waspada. 2) Membutuhkan keseimbangan dan baik dalam menciptakan harmoni. 2) Jangan mengukur harga diri Anda dari perlakuan. 5) Belajarlah untuk memberi perhatian pada perasaan orang lain. sederhana. .Marketing. terutama pada orangtua dan kemudian pada keluarga. Kemudian Almaqassary (2011) menambahkan bahwa tipe ESFJ memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1) Hangat. Tipe ini adalah orang yang menyukai harmoni. Kerja dengan baik dalam situasi yang mendukung dan memujinya. Aktor. Programmer. easy going. penghargaan dan pujian orang lain. 3) Selalu melakukan sesuatu yang manis bagi orang lain. Belajarlah untuk lebih tegas. Mereka bisa tegas untuk mengatakan ya atau tidak. Saran Profesi: Pengacara. 2009). tidak berfikir panjang. Fotografer Pasangan/Partner Alami: INFJ atau INTJ e. suportif dan anggota kelompok yang aktif. Psikolog. ESFJ (Extroverted feeling with sensing): perasaan ektrovert dengan mengindra. Mereka mengabdikan hati dan hidupnya untuk orang lain (Boeree. banyak bicara. populer.

Belajarlah untuk fokus dan tidak mudah berubah-ubah terutama untuk hal yang penting. Pasangan/Partner Alami: ISFP atau INFP f. menghibur. Guru. ESFP (Extroverted sensing with feeling): mengindera extrovert dengan perasaan. murah hati. 3) Punya interpersonal skill yang baik. Bidang anak-anak. sangat sosial. tindakan cepat dan ketrampilan praktis.MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 5) Hadapi kritik dan konflik. 2) Optimis. NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 13 . mudah simpatik dan mengenali perasaan orang lain. tidak semua orang bisa menyenangkan Anda. Kemudian Almaqassary (2011) menambahkan bahwa tipe ESFP memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1) Outgoing. hangat. easygoing. ramah.orang ini bersifat impulsive. mudah berteman. Hospitality. ceria. fun. Saran Profesi: Perencana Keuangan. 2009). 5) Sangat baik dalam keadaan yang membutuhkan common sense. mereka tidak tahan denga kecemasan. & menyenangkan. Mereka tidak akan pernah menyenangi hal-hal yang akademis. Begitu pula sebaliknya. terutama sains (Boeree. Saran Pengembangan: 1) Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Menghindari konflik dan menjaga keharmonisan suatu hubungan. Administratif. Mereka cocok sebagai sosok yang tampil ke depan karena sangat menyenangi public relation dan sangat senang dengan telepon. suka menjadi perhatian. 2) Jangan menyenangkan semua orang. Konselor. jangan lari. antusias. 4) Mengetahui apa yang terjadi di sekelilingnya dan ikut serta dalam kegiatan tersebut. bersahabat. Perawat.

4) Konservatif dan cenderung kaku.3) Belajarlah menghadapi kritik dan konflik. Saran Profesi: Entertainer. tapi dapat menyesuaikan diri jika diperlukan. Bidang Hospitality Pasangan/Partner Alami: ISTJ atau ISFJ g. 4) Anda punya kecenderungan meterialistis. 2009). Designer. 3) Disiplin. on time dan pekerja keras. Kemudian Almaqassary (2011) menambahkan bahwa tipe ESTJ memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1) Praktis. 3) Cobalah untuk introspeksi diri dan meluangkan waktu sejenak untuk . Bidang Anak-anak. dengan dorongan alamiah untuk bisnis dan mekanistis. berpegang pada fakta. ESTJ (Extroverted thinking with sensing): berfikir ekstrovert dengan mengindra. Marketing. Konselor. Saran Pengembangan: 1) Kurangi keinginan untuk mengontrol dan memaksa orang lain. orangtua yang baik dan pekerja yang loyal. membumi. Seniman. 6) Senang mengorganisir sesuatu. Mereka adalah pasangan yang bertanggungjawab. Bisa menjadi administrator yang baik jika mereka ingat untuk memperhatikan perasaan dan perspektif orang lain. Tour Guide. Jangan lari. 2) Sangat sistematis. 5) Tidak tertarik pada subject yang tidak berguna baginya. Hati-hati. tidak semua hal bisa diukur dengan materi ataupun uang. Mereka bersifat realistis. procedural dan terencana. realistis. 2) Belajarlah untuk mengontrol emosi dan amarah Anda. rapid an menyenangi tradisi yang berlaku (Boeree.

Tidak khawatir. Mampu menghadapi masalah. Sales. Tidak suka penjelasan terlalu panjang. 4) Cenderung untuk menyukai sesuatu yang mekanistis. Pengacara. pada umumnya konservatif tentang nilai-nilai. tapi mereka lemah pada soal komitmen. Auditor.MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 merenung. 2009). Akuntan. punya interpersonal skill yang baik. Antusias. ESTP (Extroverted sensing with thinking): mengindra ekstrovert dengan berfikir. Cepat. 3) Baik dalam pemecahan masalah langsung di tempat. Tipe ini adalah orang yang berorientasi pada tindakan. Saran Pengembangan: 1) Belajarlah memahami perasaan dan pemikiran orang lain terutama saat NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 15 . Hakim. kadang sembrono – seperti Jmes Bond. Cekatan. Guru. Manajer. Saran Profesi: Militer. orang ini sangat menyenangkan dan hangat. ceplas-ceplos. 5) Mudah beradaptasi. Fun dan penuh variasi. System Analyst Pasangan/Partner Alami: ISTP atau INTP h. Paling baik dalam hal-hal nyata yang dapat dilakukan. Aktif. Sebagai pasangan. 2) Komunikator. Kemudian Almaqassary (2011) menambahkan bahwa tipe ESTP memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1) Spontan. 4) Belajarlah untuk lebih sabar dan low profile 5) Belajarlah untuk memahami orang lain. Enerjik. berkarisma. Mereka dapat menjadi pengusaha atau artis yang baik (Boeree. konflik dan kritik. Sigap. asertif. kadang canggih. kegiatan bersama dan olahraga. to the point. toleran. Polisi. menikmati apapun yang terjadi.

sensitif & berkomitmen terhadap sebuah hubungan. perfeksionis. Sales. . 4) Cobalah detailnya. Mereka bisa menjadi pasangan yang baik dan secara fisik sangat menyenangkan. pengabdi masyarakat. memegang teguh prinsip. 3) Sesekali luangkan waktu untuk merenung dan merencanakan masa depan Anda. Pialang Saham. Saran Profesi: Marketing. originalitas dan keinginan kuat untuk melakukan apa saja yang diperlukan termasuk memberikan yg terbaik dalam pekerjaan. tidak semua hal bisa dicapai dengan cepat. suka merenung dan inspiring. 2) Belajarlah untuk sabar. Mereka suka menyendiri dan mudah tersinggung. Tipe ini adalah pelajar dan pekerja serius yang benar-benar ingin punya andil. empati. 4) Visioner. Mereka dianggap mampu memahami aspek kejiwaan orang lain. menikmati proses. 2) Sukses karena ketekunan. Kemudian Mudrika. (2011) menambahkan bahwa seseorang dengan tipe INFJ berciri-ciri sebagai berikut: 1) Perhatian. dan mentri yang baik (Boeree. kreatif. Mereka dapat menjadi terapis. 3) Idealis. penuh ide. Polisi. INFJ (Introverted intuiting with feeling): pengintuisian introvert dengan perasaan. 5) Biasanya diikuti dan dihormati karena kejelasan visi serta dedikasi pada hal-hal baik. Technical Support Pasangan/Partner Alami: ISFJ atau ISTJ untuk mencatat pengamatan-pengamatan Anda termasuk i. Entrepreneur.bicara dengan mereka. 2009).

MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 Saran Pengembangan: 1) Seimbangkan cara pandang Anda. Jika baik maka kritik itu bisa membangun NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 17 . Child Care. Jangan hanya melihat sisi negatif & resiko. Seniman. arsitektur. Pekerja Sosial. Kita akan menemukan mereka berkiprah di bidang psikologi. Pasangan/Partner Alami: ESFP atau ESTP j. Dokter. Konselor. Kemudian Mudrika. 2) Penuh dengan antusiasme dan kesetiaan. jangan mudah marah dan menyalahkan orang lain atau situasi. mempercayai dan mengoptimalkan orang lain. Designer. 5) Berpikir win-win solution. Mereka ini adalah orang-orang idealis. Psikolog. 2) Bersabarlah. 4) Cenderung idealis dan perfeksionis. tapi dengan cara yang santai. lihatlah sisi positif dan peluangnya. 3) Peduli pada banyak hal. Fotografer. 3) Rileks dan jangan terus menerus berfikir atau menyelesaikan tanggungjawab. INFP (Introverted feeling with intuiting): perasaan introvert dengan intuisi. Saran Pengembangan: 1) Belajarlah menghadapi kritik. dan mampumenahan diri. 2009). Namun. tapi biasanya hanya untuk orang dekat. Saran Profesi: Pengajar. (2011) menambahkan bahwa seseorang dengan tipe INFP berciri-ciri sebagai berikut: 1) Sangat perhatian dan peka dengan perasaan orang lain. sangat dingin. mau mengorbankan dirinya. Mereka lebih mementingkan keluarga. Cenderung mengambil terlalu banyak dan menyelesaikan sebagian. tapi tidak dalam bisnis (Boeree. agama.

2009).Anda. Saran Profesi: Penulis. INTJ (Introverted intuiting with thinking): pengintuisian introvert dengan berfikir. Tapi tidak jarang pula diantara mereka yang cenderung jadi orang picik (Boeree. 2) Mandiri dan percaya diri. Anda juga punya tanggungjawab untuk berbuat baik pada diri sendiri. Konselor. Tipe ini adalah yang paling independen disbanding tipe-tipe yang lain. Psikolog. Bertindak baik itu berbeda dengan bertindak benar. Kegagalan adalah hal biasa mengalaminya. punya perencanaan praktis. Kemudian Mudrika. mudah difahami & dipraktekkan. namun jika tidak abaikan saja. 3) Jangan terlalu menyalahkan diri dan bersikap terlalu keras pada diri sendiri. Sastrawan. Jangan selalu berperasaan dan menyenangkan orang dengan tindakan baik. Jangan ragu pula untuk bertanya dan minta saran. 4) Jangan terlalu baik pada orang lain tapi melupakan diri sendiri. Pengajar. & biasanya memiliki ide-ide original serta dorongan kuat untuk mencapainya. Bidang Hospitality Pasangan/Partner Alami: ENFJ atau ESFJ dan semua orang pernah k. 2) Belajarlah untuk bersikap tegas. Mereka menyenangi logika dan gagasan baru serta mau terjun ke dalam penelitian ilmiah. (2011) menambahkan bahwa seseorang dengan tipe INTJ berciri-ciri sebagai berikut: 1) Visioner. Seniman. Rohaniawan. . 3) Punya kemampuan analisa yang bagus serta menyederhanakan sesuatu yang rumit dan abstrak menjadi sesuatu yang praktis.

menentukan (determinatif) dan kadang keras kepala. Menikmati hal-hal teoritis dan ilmiah. 4) Belajarlah untuk berempati. mengunjungi banyak tempat. 2) Diam dan menahan diri. Lebih suka bekerja sendiri. 6) Kritik & konflik tidak menjadi masalah berarti. NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 19 . & memperluas wawasan. banyak membaca. 5) Punya keinginan untuk berkembang serta selalu ingin lebih maju dari orang lain. eksplorasi hal baru. Teknisi. Hakim. mereka cocok jadi filosof atau ilmuan teoritis. Pengajar. Pengacara. tapi tidak tepat jadi penulis atau sales (Boeree. Saran Profesi: Peneliti. banyak bergaul. System Analyst. Programmers. kritis. menyenangi logika dan matematika. Mereka cenderung sangat hemat dengan bahsa yang dipakai. INTP (Introverted thinking with intuiting ): berfikir introvert dengan intuisi. Business Analyst. banyak belajar. Pasangan/Partner Alami: ENFP atau ENTP l. Saran Pengembangan: 1) Belajarlah mengungkapkan emosi & perasaan Anda. (2011) menambahkan bahwa seseorang dengan tipe INTP berciri-ciri sebagai berikut: 1) Sangat menghargai intelektualitas dan pengetahuan.MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 4) Skeptis. Profesor. selalu berfikir masak-masak dan pemaaf serta sangat mencintai buku. 2) Cobalah untuk lebih terbuka pada dunia luar. Posisi Strategis dalam organisasi. Ilmuwan. Senang memecahkan masalah dengan logika dan analisa. Dokter. memberi perhatian dan lebih peka terhadap orang lain. Kemudian Mudrika. Orang ini dapat dipercaya. 3) Hindari perdebatan tidak penting. 2009). Research & Development. logis. Insinyur.

Saran Pengembangan: 1) Belajarlah membangun hubungan dengan orang lain. 5) Cenderung memiliki minat yang jelas. 2009). Programmer. Jika menemukan sesuatu yang menarik minatnya. sekretaris. Membutuhkan karir dimana minatnya bisa berkembang dan bermanfaat. System Analyst. stabil namun sensitif. 2) Serius. Ahli komputer. Saran Profesi: Ilmuwan. Penulis Buku Teknis. merencanakan dan mewujudkannya. teliti dan akurat. perhatian pada perasaan & kebutuhan orang lain. Belajar berempati. 3) Cobalah menemukan satu ide. Ahli Forensik. 4) Tidak suka memimpin dan bisa menjadi pengikut yang tidak banyak menuntut. pustakawan. Kemudian Mudrika. mendengar aktif. Jangan terlalu banyak berfikir. Fotografer. kooperatif. guru. ia akan sangat serius dan antusias menekuninya. tenang. 2) Relaks. setia. Mereka tidak menyenangi waktu luang dan akan berusaha mencari-cari masalah kalau tidak ada yang akan dikerjakan. Mereka cocok jadi perawat. skeptis. Teknisi Pasangan/Partner Alami: ENTJ atau ESTJ m. hati-hati. Pengacara. 3) Ramah. Nikmati hidup Anda tanpa harus bertanya mengapa dan bagaimana. .3) Cenderung kritis. Orang ini senang melayani dan pekerja keras. manajer menengah dan ibu rumah tangga (Boeree. pendengar yang baik. mudah curiga dan pesimis. memberi perhatian dan bertukar pendapat. Jangan terlalu sering berganti-ganti ide tetapi tidak satupun yang terwujud. ISFJ (Introverted sensing with feeling): pengindraan introvert dengan perasaan. (2011) menambahkan bahwa seseorang dengan tipe ISFJ berciri-ciri sebagai berikut: 1) Penuh pertimbangan. Jaksa.

Ada banyak hal menyenangkan yang mungkin belum pernah Anda coba. Dunia Perhotelan. fleksibel. & lebih semangat.MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 4) Punya kemampuan mengorganisasi. sangat bertanggungjawab & bisa diandalkan. tidak menonjolkan diri. Mereka ini orang yang pemalu dan cepat lelah. pematung. (2011) menambahkan bahwa seseorang dengan tipe ISFP berciri-ciri sebagai berikut: 1) Berpikiran simpel & praktis. NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 21 . detail. Child Care. 3) Jangan terjebak zona nyaman dan rutinitas. 4) Seringkali santai menyelesaikan sesuatu. tidak memaksakan pendapat atau nilai-nilainya pada orang lain. Konselor. teliti. 3) Biasanya tidak mau memimpin tetapi menjadi pengikut dan pelaksana yang setia. ISFP (Introverted feeling with sensing). Kemudian Mudrika. sensitif. Administratif. tidak suka bicara tapi senang pekaerjaan fisik. perasaan introvert dengan mengindra. Interior Designer. rendah hati pada kemampuannya. 2) Menghindari konflik. ramah. karena sangat menikmati apa yang terjadi saat ini. 2) Belajarlah mengatakan ”tidak”. Designer. Perawat. 2009). Back Office Manager. lebih antusias. Mereka cocok jadi pelukis. composer dan penari – seni secara umum – dan mereka mencintai alam. Saran Profesi: Architect. Cobalah hal baru. Jangan menyenangkan semua orang atau Anda dianggap plin plan. Pasangan/Partner Alami: ESFP atau ESTP n. Saran Pengembangan: 1) Lihat lebih dalam. Penjaga Toko / Perpustakaan. Mereka tidak peduli dengan komitmen (Boeree.

akuntan. stabil & damai. tekun. Aktor. Psikolog. ISTJ (Introverted sensing with thinking): perasaan introvert dengan berfikir. standar & prosedur dengan teguh. Guru. obyektif. 2) Senang pada fakta. dapat diandalkan & bertanggung jawab. 2) Cobalah untuk mulai memikirkan dampak jangka panjang dari keputusankeputusan kecil di hari ini. Saran Pengembangan: 1) Jangan takut pada penolakan dan konflik. logis. Mereka cocok jadi praktisi di bank. 3) Task oriented. 4) Pendengar yang baik.5) Menunjukkan perhatian lebih banyak melalui tindakan dibandingkan katakata. Designer. Saran Profesi: Seniman. 3) Asah dan kembangkan sisi kreatifitas dan seni dalam diri Anda sebagai modal bagus dalam diri Anda. Konselor. teratur. hanya mau berbagi dengan orang dekat. 5) Memegang aturan. (2011) menambahkan bahwa seseorang dengan tipe ISTJ berciri-ciri sebagai berikut: 1) Serius. pebisnis dan sebagainya (Boeree. Mereka adalah tulang punggung kekuatan. Anda tidak perlu menyenangkan semua orang. pengawas perpustakaan dan rumah sakit. tenang. 2009). Saran Pengembangan: . auditor. setia. Pekerja Sosial. Mereak sering berusaha mengubah pasanagan atau orang lain. Kemudian Mudrika. praktis & realistis. 4) Cobalah untuk lebih terbuka dan mengekspresikan perasaan Anda. analisis pajak. menepati janji. Bidang Hospitality Pasangan/Partner Alami: ESFJ atau ENFJ o.

pendiam. Pengacara. dan senjata.MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 1) Belajarlah memahami perasaan & kebutuhan orang lain. Polisi. 2009). dingin. Dokter. ISTP (Introverted thinking with sensing): berfikir introvert dengan mengindra. Mereka menyenangi perkakas. mampu mengesampingkan perasaan. rasional. hati-hati. Mereka tidak senang berkomunikasi dan kerap didiagnosis sebagai orang yang hiperaktif. 3) Lihatlah lebih banyak sisi positif pada orang lain atau hal lainnya. cenderung kaku. kritis. 4) Terbukalah terhadap perubahan. Orang ini menyenangi tindakan. Hakim. obyektif. Saran Profesi: Bidang Manajemen. 2) Kurangi keinginan untuk mengontrol orang lain atau memerintah mereka untuk menegakkan aturan. Mereka akan sangat impulsif dan berbahaya kalau dihentikan. 3) Mampu menghadapi perubahan mendadak dengan cepat dan tenang. (2011) menambahkan bahwa seseorang dengan tipe ISTP berciri-ciri sebagai berikut: 1) Tenang. dan biasanya cocok menjadi ahli teknik. Kemudian Mudrika. Programmer atau yang berhubungan dengan IT. Pemimpin Militer Pasangan/Partner Alami: ESFP atau ESTP p. penuh pertimbangan. NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 23 . 2) Logis. tidak memiliki rasa takut and selalu ingin gembira. Biasanya orang ini tidak terlalu pintar di sekolah (Boeree. System Analys. Akuntan (Staf Keuangan). Intelijen. alat-alat.

2) Belajarlah untuk mengenali perasaan Anda dan mengekspresikannya. 6) Problem solver yang baik terutama untuk masalah teknis & keadaan mendadak. Kelebihan dan Kelemahan MBTI 1. Insinyur. Mekanik. Saran Pengembangan: 1) Observasilah kehidupan sosial. Atlit. senang. c. Pilot. Entrepreneur Pasangan/Partner Alami: ESTJ atau ENTJ D. tegas dan mampu menghadapi perbedaan maupun kritik. 5) Jangan menyimpan informasi yang harusnya dibagi dan belajarlah mempercayakan tanggungjawab pada orang lain. Ahli Komputer. System Analyst. keluar dari zona nyaman. Dapat memperkaya pemahaman perbedaan individual diantara tiap tipe. 3) Jadilah orang yang lebih terbuka. dan berdiskusi dengan orang lain. Ahli Forensik. 5) Mampu menganalisa. termotivasi & terapkan pada hubungan Anda. mengorganisir. eksplorasi ide baru. Teknisi. cinta. menyediakan konteks untuk memahami kompleksitas individual. apa yang membuat orang marah. b. Teori komprehensif. 4) Jangan mencari-cari kesalahan orang hanya untuk menyelesaikan masalahnya. Saran Profesi: Polisi.4) Percaya diri. & mendelegasikan. Programmer. Kelebihan a. . Klien mengenali tipe-tipe yang ada secara nyata dan tipologi sebagai suatu cara yang berguna untuk mendeskripsikan diri mereka dan yang lain.

seperti pada teori f.MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 d. d. Hanya melihat aspek kepribadian seseorang tanpa melihat kemampuan yang dimiliki. Kekurangan a. Banyaknya aspek yang diuji sehingga klien merasa bingung karena perbedan hanya sedikit e. Dasar nonnormatif preferensi. Hasil dari MBTI tidak bersifat menilai sehingga tidak ada yang baik dan buruk. Kesederhanaan pertanyan memunculkan pemikiran bahwa tipologi itu sendiri simpel dan statis dari pada kompleks and dinamis. 16 tipe kepribadian tidak diukur secara langsung. f. Dapat digunakan di berbagai bidang. mengarah kepada ketidaktepatn interpretasi c. tipe dan aspek-aspek mengidentifikasikan dan menegaskan perbedaan individual secara normal. e. Pertanyaan yang simpel cukup mengungkap perilaku yang tampak untuk mengidentifikasi konstruk kompleks yang berkaitan. pengetahuan asumsi teoritikal berkaitan denga bagaimana 4 skala mempengaruhi secara dinamis dibtuhkan untuk mengidentifikasi tipe-tipe NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 25 . Teori dan instrument hemat g. klien dan konselor /profesional mengatribusi kualitas trait ke tipepreferensi. Pemahaman terhadap teori memerluksn administer dan mengiterpretasikan instrumen b. 2. tidak ada yang benar / salah h.

h. hanya berorientasi pada hasil dari tes MBTI. sehingga banyak peneliti meneliti kevaliditasan MBTI. (Higgs. MBTI kurang memperhatikan keunikan individu (Anastasi & Urbina. 2001) i. 1997) .g. Hasil dari tes MBTI bersifat statis. MBTI lebih focus pada pemahaman diri dari pada kevaliditasan instrument.

Terkait manfaat MBTI untuk guru BK/ Konselor adalah sebagai panduan dalam memberikan layanan bimbingan karir pada peserta didik dalam memilih jurusan kuliah sampai profesi yang sesuai dengan kepribadiannya. kurang/lebih baik. memilih karir yang sesuai agar tercapainya kepuasan dan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. untuk penyelesaian konflik. sehingga tidak ada benar/salah.MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 BAB III PENUTUP A. MBTI memang telah banyak diteliti oleh para periset psikologi di dunia dan sudah banyak digunakan di perusahaan. dapat membangun sebuah tim yang solid. MBTI berguna untuk membantu individu dalam menentukan hidupnya. bank. lembaga. tingkat kedewasaan. memperbaiki komunikasi yang kurang baik dengan orang lain dan sebagainya. daya belajar. MBTI mengukur preferensi. Namun demikian. emosi. Dan MBTI bukan harga mati masih NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 27 . menghargai perbedaan individu. abnormalitas. Kritikan MBTI adalah salah satu dari sekian banyak instrument untuk mengetahui dan memahami kepribadian seseorang atau kelompok.dll untuk perekrutan pegawai. dan intelegensi. instansi. Sehingga dapat mengurangi kesalahan dalam memilih jurusan/ pilihan karir dan gagal dalam menghadapi dunia karirnya. Tujuan MBTI adalah tidak hanya untuk mengungkap kepribadian tetapi juga untuk memahami diri sendiri. trauma. memahami orang lain. MBTI merupakan tes yang mengungkap kepribadian karenanya MBTI tidak mengungkap/mengukur: gangguan kejiwaan. MBTI adalah instrument buatan manusia yang juga memiliki kekurangan disamping kelebihannya. pengembangan diri. penyakit.

Judging (J) vs Perceiving (P) Setiap individu memiliki keempat dimensi tersebut. Kesimpulan MBTI bersandar pada empat dimensi utama yang saling berlawanan (dikotomis). B. Tiap-tiap individu pasti memiliki satu dimensi yang superior yang diandalkan dan berkembang di dalam diri individu tersebut. Extrovert (E) vs Introvert (I) 2. maksudnya kerahasiaan harus terjaga dan tidak disalahgunakan. yaitu: 1. hal ini terbukti dari beberapa jurnal dan buku Anatasi. Setiap individu memiliki keunikan masingmasing sehingga kita harus menghargai setiap keunikan yang ada pada setiap diri individu. Thinking (T) vs Feeling (F) 4. yang membedakan adalah pada proporsi. dan dapat berkembang lebih baik lagi. 16 tipe tersebut adalah: Extrovert (E) Introvert (I) ENFJ ENFP ENTJ ENTP . Sensing (S) vs Intuition (N) 3. MBTI masih sulit menentukan kevaliditasan. sehingga diharapkan dalam MBTI tidak bisa berdiri sendiri. perlu teori lain yang mendukung kesempurnaannya. Dari empat dimensi utama tersebut lahirlah 16 tipe kepribadian yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katherine Cook Briggs. banyak periset mengadakan riset tentang kevaliditasan tes MBTI.dapat dikembangkan agar penilaian tidak hanya dilihat dari aspek kepribadian saja. Dengan adanya MBTI harapannya seseorang bisa menjadi lebih baik pribadi dan perkembangannya. Hasil tes MBTI harus disikapi dengan baik.

dari 16 tipe MBTI. individu memiliki potensi untuk keensmbelasnya.MAKALAH MBTI-BK KARIR 2011 Sensing (S) Thinking (T) Judging (J) Intuition (I) Feeling (F) Perceiving (P) ESTJ ISTJ INTJ ESTP ISTP INTP ESFJ ISFJ INFJ ESFP ISFP INFP Sama halnya dengan 4 dimensi utama. mengarahkan kehidupannya kea rah yang lebih baik demi tercapainya kebahagiaan dan kepuasan hidup. hanya proporsinya saja yang berbeda. NOVIA NUR FADHILA_09001024_BK UADPage 29 . Dengan adanya tes MBTI ini seorang individu dapat memahami dirinya dan orang lain. manakah yang lebih menonjol dan atau terhalangi.

Myers Briggs Type Indicator. 219-239. S. No. e-book. (2009). & Caved. R. Boyle. (2010). Encyclopedia of Counseling. Mudrika. G.wordpress. Los Angeles: Sage. (2011. MBTI FIX. H.com/2011/02/18/membaca-kepribadianmenggunakan-tes-mbti-myer-briggs-type-indicator/ Mudrika.. vol 3. A.com. Personality Theories. 2. Dipetik Juni http://www. Journal of Humanities and Social Sciences Bond University . dari http://nafismudrika. & Martin.DAFTAR PUSTAKA Almaqassary. Anastasi. F. Career Assessment and Myers-Briggs Type Indicator. G.thn. A.html Alwisol. Journal of Career Asessment . (1997). C. (t. 2011. .. C. 4. 441-445. & Urbina. Membaca Kepribadian Menggunakan Tes MBTI (Myer Briggs Type Indicator). No. April). J. A.). McCaulley. 2011. vol 16. Februari 18). (2008). Tes MBTI (Myers Briggs Type Indicator). dari http://www.. Boeree. (1995). R. N. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Prenhallindo. Incremental Validity of The Myers-Briggs Type Indicator in Predicting Academic Major Selection of Undecided University Students./doc/5404993/MBTI-FIX 06. Dipetik Juni 01. N. Myers-Briggs Type Indicator (MBTI): Some Psychometric Limitations. (2011). (2008).co. 001-008.scribd. Leong. (2011.cc/2011/04/tes-mbtimyers-briggs-type-indicator. K. (1995). Journal of Career Assessment . M. Tes Psikologi. Yogyakarta: Prismasophie. Donny. Dipetik Mei 30. dari Kelly.psychologymania. 2011. Malang: UMM Press.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->