P. 1
Tumor Intra Abdomen Pada Anak

Tumor Intra Abdomen Pada Anak

|Views: 634|Likes:
Published by Ramadhan Akmal

More info:

Published by: Ramadhan Akmal on Apr 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2014

pdf

text

original

Oleh : Sylvia Wulandari

 Sampai

saat ini penyebab tumor pada anak masih belum jelas benar. Tapi diyakini karena interaksi dari berbagai faktor (multifaktorial). satu yang diduga menjadi penyebab adalah adanya penyimpangan pertumbuhan sel akibat cacat gen.

 Salah

 Anak

belum mendapat paparan cukup lama, sehingga faktor genetik juga sangat berperan

 Tumor intra abdomen adalah pertumbuhan suatu jaringan dengan multiplikasi sel-sel yang tidak terkontrol dan progresif yang bermanifestasi di abdomen. dan gejala lain tergantung dari tempat asal nya tumor tersebut timbul .  Tumor ditandai dengan adanya suatu massa padat yang tidak nyeri.

500 kasus kanker baru tiap tahun pada kelompok umur ini  Keganasan . Insidensi tahunan tumor pada anak kurang dari 15 tahun diperkirakan 14 : 100.000 populasi untuk tahun 1986-1987. tetap merupakan penyebab utama kematian dari penyakit antara umur 1 dan 15 tahun karena ada kira-kira 6.

Perbedaan sifat sel tumor tergantung dari besarnya penyimpangan dalam bentuk dan fungsi autonominya. Genetik. hipersensivitas  Beberapa . Penyebab terjadinya tumor adalah karena terjadinya pembelahan sel yang abnormal.Faktor gaya hidup. Infeksi. faktor dapat menyebabkan terjadinya tumor antara lain : Karsinogen. Parasit. trauma. Hormon.

   Tumor Wilm Hepatoblastoma Neuroblastoma .

.

wilms merupakan tumor ganas ginjal yang terbanyak pada bayi dan anak  Tumor . Tumor Wilms adalah tumor ganas embrional ginjal yang berasal dari metanefros.

Lokasi tumor biasanya unilateral. iklim dan lingkungan. Insiden penyakit ini hampir sama di setiap negara. bisa juga bilateral (sekitar 5%)  Perbandingan . karena tidak ada perbedaan ras. insiden laki-laki dan perempuan hampir sama. lebih sering di sebelah kiri. yaitu diperkirakan 8 per 1 juta anak di bawah umur 15 tahun.

 Infeksi saluran kencing.  Nyeri perut yang bersifat kolik .  Penurunan berat badan. Hematuri.  Malaise dan anoreksia.  Demam.  Hipertensi  Anemia.

3. tumor Wilms berdasarkan : Gejala klinik Pemeriksaan radiologik (IVP dan USG). laboratorium LDH Dipastikan dengan pemeriksaan histopatologik jaringan tumor . Diagnosis 1. 2.

kemoterapi 3. operasi (pembedahan). 2.Modalitas pengobatan tumor Wilms terdiri dari : 1. radioterapi  .

gambaran histopatologik. yaitu ukuran tumor.Faktor yang menentukan prognosis. umur penderita dan stadium atau tingkat penyebaran tumor. .

.

 Adalah tumor hati pada anak yang dapat bersifat jinak maupun ganas (kanker). dan bisa primer atau merupakan metastase dari organ lain. .

 Tumor hati primer jarang pada anak. terdapat lebih kurang 3% dari seluruh tumor pada anak. 50-60% dari tumor hati pada anak merupakan keganasan dan lebih dari 65% diantaranya adalah hepatoblastoma.  Kira-kira .

penurunan berat badan Muntah Ikterus Demam Gatal-gatal pada kulit Anemia Nyeri punggung akibat penekanan tumor Dapat juga terjadi krisis akut abdominal disertai pecahnya tumor dan hemoperitonium (biasanya pada karsinoma hepatoseluler) .          Masa abdomen yang besar. atau pembesaran perut Nyeri perut kanan Nafsu makan menurun.

 Anamnesis  Pemeriksaan  Pemeriksaan Fisik Penunjang .

   Pembedahan Kemoterapi Radioterapi .

 Diagnosis . yang cepat dan tepat serta terapi yang progresif penting untuk mendapatkan prognosis yang terbaik bagi penderita. Prognosis tumor hati ganas bervariasi pada masing-masing penderita.

.

90% terdiagnosis sebelum 5 tahun  Umur . meliputi 8-10 % dari seluruh kanker masa kanak-kanak. dan merupakan neoplasma bayi yang terdiagnosis paling sering. Neuroblastoma adalah tumor padat ekstrakranial pada anak yang paling sering. median pada waktu diagnosis adalah 2 tahun.

 Kelompok . atau 500-600 kasus baru tiap tahun di amerika Serikat. Insiden tahunan 8. Insidensi lebih tinggi pada laki-laki dan pada kulit putih.7 per juta anak. mikroskopik neuroblas biasanya ditemukan di kelenjar adrenal janin dan sekitar 1 dari 200 neonatus pada waktu autopsy.

Gejala lainnya yang mungkin ditemukan : kulitnya pucat. seperti hilang nafsu makan. di sekeliling mata tampak lingkaran hitam. diare. Gejala awal biasanya tidak spesifik. rasa lelah. gerakan mata yang tak terkendali dan rewel   . Gejalanya biasanya berhubungan dengan asal dan penyebaran tumor. rasa tidak enak badan (malaise). kelelahan menahun. dan nyeri tulang.

 Anamnesis Fisik Penunjang  Pemeriksaan  Pemeriksaan .

   Pembedahan Kemoterapi Radioterapi .

 Prognosis tergantung kepada usia anak. ukuran tumor dan luasnya penyebaran tumor. prognosisnya sangat baik  Pada . anak yang berumur kurang dari 1 tahun dan tumornya kecil serta belum menyebar.

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->