MAKALAH

KEWIRAUSAHAAN

Disusun Oleh : Ketua Anggota : Bambang Narasoma : 1. Asep Sudharta 2. Dede Darmawan 3. Tedi Afiyudin 4. Yudi Agustira

MADRASAH ALIYAH NEGERI BAYAH
KABUPATEN LEBAK PROPINSI BANTEN
TAHUN 2007-2008

tidak terperikan oleh ungkapan. tercipta-Nya semua makhluk dengan kuasa-Nya. Februari 2008 Penyusun . tidak terikat waktu. dan umat manempuh jalannya. Akhirnya penulis hanya bisa mengucapkan terima kasih. Akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah yang sifatnya tidak terbatasi oleh lingkungan. semoga amal dan perbuatan kami menjadi amal ibadah dan mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT Amiin. karena dengan kuasa-nya berserta ridho-Nya jualah makalah ini dapat terselesaikan shalawat beriring saam semoga selalu tercurahkan kepada baginda Nabi akhir zaman yang sebagai pelita umat dan penunjuk jalan yang membawa kepada dua daerah kebahagiaan yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat. Bayah. ditenangkan-Nya bumi dengan gunung – gunung-Nya.

........................................ E................. B.................................................................... Latar Belakang Masalah.......DAFTAR ISI Hal JILID........................... Bidang Usaha..................... Pengertian Kewirausahaan..... A......................... KATA PENGANTAR............ Tujuan........................................... Perumusan Masalah........ Saran – Saran ............................................... Beberapa Syarat Menjadi Wirausaha................................................................. A.................................................................... Kesimpulan................................................... BAB II PEMBAHASAN........................................................................................................................................ DAFTAR ISI......................................................................................................... B.... Kualifikasi Wirausaha................................................................................... D.......... BAB III PENUTUP........................................................... C.............................................................................................. C............................ BAB I PENDAHULUAN.................... A............................................................... B......... Syarat Menjadi Wirausaha...................................................................................................................................................................................................... i ii iii 1 1 1 2 3 3 4 4 5 6 8 8 9 DAFTAR PUSTAKA DAFTAR RIWAYAT HIDUP LAMPIRAN – LAMPIRAN .........

Sejalan dengan banyaknya produk luarnegri yang masuk kenegara kita. Dengan sukses karena hal tersebut jarang skali kepikiran oleh kita semua. untuk mencapai mutu dan kualitas yang baik. dan inti dari permasalahan ini adalah kewirausahaan. Latar Belakang Masalah Judul yang diberikan dalam penyusunan makalah ini adalah kewirausahaan. sehingga tidak heran lagi banyak pengusaha yang gulung tikar di tengah jalan (bangkrut). Sehingga lapangan kerjapun menipis dan pengangguran merajalela.BAB I PENDAHULUAN A. karena banyak sekali orang yang bergelut di dunia ini. Sehingga diakui/diminati konsumen dalam negeri. Untuk bersaing menciptakan prudak dengan kualitas yang tinggi. . pertanyaan atau kesulitan tertentu. Namun bagaimana kita mengtasi hal tersebut ? maka disinilah kita harus mempelajari cara kiat agar kita bisa berhasil dan menjadi usahawan yang unggul. diketahui dan ditegaskan adanya persoalan. Di jaman Era Globalisasi ini kita dituntut untuk bisa bersaing dengan negara-negara maju. Perumusan Masalah Dalam perumusan masalah diuraikan bahwa di dalam suatu fenomena didasari. Untuk kewirausahaan sangatlah tidak mudah. baik formal maupun informal. andal. yang memiliki nilai material banyak dan sedikit. dan tangguh disegala bidang. Faktor inilah yang mendasari banyaknya bidang usaha. bahkan seluruh dunia. sehingga produk dalam negeri sendiri disepelekan. yang dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Ekonomi. Maka dari itu kita harus berusaha untuk menciptakan mutu produksi di negara kita. B.

Tujuan Penulisan Untuk melatih kemampuan siswa dalam menyusun karya ilmiah dan berfikiran sistemtaik.Atas itulah muka yang menjadi permaslahan dalam masalah ini diantaranya adalah sebagai berikut : 1. 3. Apa kewirausahaan itu ? Apa syarat untuk kewirausahaan itu ? Apa sajakah bidang usaha kegiatan wirausaha dan bagaimana mangkualifikasi wirausahawan yang tangguh. ungul dan andal ? C. IPS Madrasah Aliah Negri Bayah. 2. sehingga memiliki sikap dan kemampuan (life skil) yang baik. . Selain itu untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Ekonomi kelas XII.

dan menerima imbalan dalam bentuk laba dari nilai pasar yang dihasilkan. seperti izin usaha. bahan baku. jumlah modal. A. wirausaha yang terjun disektor informasi sangat banyak. biro penjualan. a. dan ekspedisi. Bidang usaha informal Bidang usaha informal adalah sutu sektor perekonomian masyarakat yang obzetnya tidak besar dan umumnya tidak memiliki izin. termasuk modal. Ciri perekonomian disktor formal adalah sebagai berikut : • • • • • Usaha memiliki izin Usaha membutuhkan modal relatif besar Adanya keharusan membayar pajak Secara umum keuntungan yang diperoleh besar Pemukuan dilakukan secara teratur karena transksinya banyak dan perlu dianalisa. dan susunan pengurus. usaha angkutan.BAB II PEMBAHASAN Kewirausahaan adalah keberanian seseorang mengambil resiko dengan menyatukan berbagai fungsi produksi. Ciri-ciri informal sebagai berikut : • Tidak memerluksn modal besar . tenaga kerja. proposal kegiatan. industri. dan salon kecantikan. Di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Berbagai kegiatan wirausaha sektor formal adalah kontraktor. Contoh pedagang kaki lima. Bidang Usaha Formal Usaha formal adalah usaha yang membutuhkan sayarat-syarat tertentu agar dpat melakukan kegiatan usaha. b. tukang tambal ban.

Mamiliki rasa percaya diri dan sikap mandiri yang tinggi untuk berusaha mendapat penghasilan dan keuntungan. jujur. tetapi cukuplues dalam menangninya. Rasa percaya diri dan sikap mandiri merupakan sutu aspek yang dapat membuat sesorang menjadi handal. serta mencoba cara kerja yang lebih tepat dan efisien 4. Mencapai kegiatan usaha dan perusahaannya secara lugas dan tangguh. Ciri dan kemampuan wirausaha yang handal sebagai berikut : 1. sikap. hemat. Mau dan mampu berkerja keras dan tekun untuk menghasilkan barang dan jasa. Menghadapi hidup dan menangani usaha dengan terencana. silap. dan mengelola perusahaan yang resikonya tidak besar dan kegiatannya masih sederhana. dan kemampuan kewirausahaan yang sanagat baik untuk . dan kemampuan yang cukup baikuntuk dapat memulai. Mau dan mau mencari serta mengakap peluang usaha yangmenguntungkan dan melakukan hal-hal yang perlu untuk memanfaatkannya 3. Kualifikasi Wirausaha Yang Tangguah Wirausaha tangguh adalah wirausaha yang mempunyai semangat. prilaku. prilaku. dan disiplin 5. memiliki. 2.• • • • • Kebanyakan tidak memiliki modal usaha Peralatan-peralatan yang diajukan masih sederhana Tidak membayar pajak Barang-barang yang dihasilakan relatif murah Administrasi atau pembukuannya sangat sederhana B. Kualifikasi Wirausaha Yang Andal Wirausah yang andal adalah wirausaha yang mempunyai semangat. C.

dan kemampuan kewirausahaan yang sangat baik untuk dapat mendirikan. c. memiliki dan menangani perusahaan yang resikonya cukup besar dan kegiatan usahanya cukup kompleks. Kualfikasi Wirausaha Yang Unggul Wirausaha yang unggul adalah wirausaha yang mempunyai semangat.dapat mendirikan.termasuk menanggung resiko yang agak besar dalam mengatasi masalah. Berfikir dan bertindak secara bijak dan adaptif terhadap perubahan dalam mencari peluang. . Selalu berusaha meningkatkan keunggulan serta citra perusahaan melalui inovasi dalam berbagai bidang. d. Antisifatif terhadap perubahan dan akomodatif terhadap lingkungan Kreatif mencari dan menciptakan peluang pasar serta meningkatkan produktifitas dan efesiensi e. b. Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan perusahaan (dan pengusahanya) serta meningkatkan kemampuan pengendalian dan sistem interen. Selalu berupaya mencapai dan menghasilkan karya bukti yang lebih baik untuk langganan. terutama dengan pembinaan motifasi dan semangat kerja serta pemupukan modal D. Berani mengambil resiko dan mampu menghadapinya dengan penuh perhitungan b. tenaga kerja. bangsa dan negara. Selalu berusaha untuk mendapat keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan pelanggan c. memiliki dan menangani perusahaan yang resikonya cukup besar serta kegiatannya cukup kompleks. Ciri-cirinya sebagai berikut : a. Ciri-cirinya sebagai berikut : a. pemilik. sikap. pemasok. d. masyarakat. Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketanguhan perusahaan. prilaku.

. d. Perhitunga bisa dilakukan dengan melihat berbagai aspek sosial. produk barang. dia juga harus bisa menghitung secara matang kemungkinan berhasil atau gagal dari setiap dari usaha yang dirintisnya. seorang dituntut untuk bisa mengambil keputusan secara tepat e. Modal yang ahrus dimiliki bisa dalam pengertian ekonomi atau psikologi b. Mampu melakuakan perhitungan secara matang setelah seseorang bisa menangkap peluang. Sebagai wirausaha harus berani menanggung resiko yang memungkinkan harus diterima. ekonomi. Mampu menangkap peluang seorang wirausahawan harus mampu dan amu menangkap setiap peluang atau kesempatan yang bisa mendatangkan keuntungan baik secara ekonomi maupun sosial c. Untuk meminimalkan resiko. maka diapun harus bisa menangkap peluang itu secepat mungkin. dan tekhnik. Seorang wirausaha dituntut memiliki kemampuan mengatur waktu secara tepat. f. dituntut pula untuk bisa bekerjasama dengan pihak lain g. seorang wirausaha harus bertekad untuk selalu meningkatakan pengetahuannya terutama menyangkut usaha yang ditekuninya. Pengetahuan yang harus selalu bertambah adalah pengetahuan yang menyangkut kualitas produk. harga pasar dan sebagainya h. Apabila peluangnya datang dalam sekali waktu.seorang wirausaha selain dituntut bisa berkerja secara mandiri.E. Mamiliki modal untuk menjalankan berbagai idenya. seorang wirausaha harus membekali diri dengan modal yang memada. Dan keinginan untuk belajar. seorang wirausaha harus senantiasa melihat usaha sebagai suatu proses dan buakan tujuan akhir. Tidak pernah merasa puas. Mau dan mampu bekerjasama. Berani mengambil resiko. Perlunya manajemen waktu. Beberapa Syarat Menjadi Wirausaha a.

Berapapun keuntungan yang diperolehnya tidak akan membuatnyaberhentidan puas begitu saja .

unggul dan handal adalah :  Berfikir dan bertidak sesara bijak dan adaptif terhadap perubahan dalam mencari peluang  Memiliki rasa percaya diri dan sikap mandiri diri yang tinggi untuk berusaha . Kesimpulan 1.BAB III PENUTUP Sehubungan dengan pembahasan makalah yang berjudul “Kewirausahaan” maka penulis dapat menyimpulkan dan menyarankan sebagai berikut : A. dan menerima imbalan dalam bentuk laba dan niali pasar yang dihasilkannya 2. tenaga kerja. termasuk modal. Syarat untuk menjadi wirausahawan anatara lain :      3. Kewirausahaan adalah keberanian seseorang mengambil resiko dengan menyatukan berbagai fungsi produksi. Memiliki modal Mampu menangkap peluang Berani mengambil resiko Mampu melakukan perhitungan secara matang Perlunya manajemen waktu Bidang usaha kegiatan wirausaha antara lain :   Usaha formal Usaha informal Serta mengkualifikasi wirausaha yang tangguh. bahan baku.

kita harus mencari orang yangkompeten dibidangnya. Dalam sekala yang formal. sehingga permasalahannya berjalan dengan baik an lancar b. tenaga kerja. dan produksi. kita terlebih dahulu harus membuat program. baik untung maupun rugi . Dalam berwirausaha. maka penulis menyampaikan saran-saran sebagai berikut : a. Untuk tujuan didunia usaha. dan lancar c. sehingga usaha bisa ditangani dengan baik. SARAN-SARAN Berdasarkan pda kelemahan-kelemahan yang penulis temukan. modal. muali dari modal. dan dapsat mengambil resiko. kita harus memiliki kemampuan atau keberanian. Selalu berusaha meningkatakan keunggulan dan citra perusahaan melalui inovasi dalam berbagai bidang B.

DAFTAR PUSTAKA Hutabarat. dkk . Jakarta. Pelajaran Ekonomi 3 SMU. 2000. 1989. Erlangga. Pelajaran Ekonomi SMU Kelas 3 . Darwin. Jakarta Yudhistira Bangun. PPLTK Ditjen Dikti Depdikbup . 1997. Tim Ekonomi. Delia. Jakarta. Manajemen Perusahaan.