P. 1
Virus

Virus

|Views: 227|Likes:
Published by dinariftinan

More info:

Published by: dinariftinan on Apr 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2015

pdf

text

original

V irus makluk hidup atau bukan

Virus dikatakan sebagai bentuk peralihan dari benda mati ke makhluk hidup, karena dari satu sisi virus dapat dikristalkan sepdrti benda mati, dan di sisi lain memiliki asam nukleat sepperti yg dimiliki makhluk hidup.

Selain itu virus hanya dapat berkembang biak dalam tubuh inangnya, sedankan diluar tubuh inangnya virus tidak dapat melakukan aktivitas apapun seperti halnya benda mati. Kesimpulannya virus bisa dikatakan sebagai makhluk hidup jika berada dalam tubuh inangnya, dan dikatakan benda mati jika berada diluar tubuh inangnya..

virus tidak termasuk makhluk hidup maupun benda mati. itu karena tidak semua ciri makhluk hidup dimiliki oleh virus. Sebagai makhluk hidup, virus memiliki RNA/DNA, virus dapat berkembang biak (sekalipun harus menggunakan inang). tapi sebagai benda mati, virus belum diketahui membutuhkan makanan atau tidak, virus dapat dikristalkan (padahal makhluk hidup akan mengalami kerusakan jika dikristalkan), dan ukurannya terlampau kecil.

Virus virion
a. Virus Virus adalah parasit obligat intraseluler yang berarti bahwa mereka tidak dapat mereplikasi atau mengekspresikan gen mereka tanpa bantuan hidup sel . b. Virion Partikel lengkap virus disebut virion. Terdiri dari asam nukleat + mantel protein, yang mungkin dikelilingi oleh amplop. Virion berfungsi sebagai alat transportasi gen, sedangkan komponen selubung dan kapsid bertanggung jawab dalam mekanisme penginfeksian sel inang. Seperti virus bentuk heliks, kapsid sebagian jenis virus sferik dapat diselubungi lapisan lipid, namun biasanya protein kapsid sendiri langsung terlibat dalam penginfeksian sel. Virus partikel (dikenal sebagai virion) terdiri dari dua atau tiga bagian: materi genetik yang terbuat dari baik DNA atau RNA, molekul panjang yang membawa informasi genetik; mantel protein yang melindungi gen ini, dan dalam beberapa kasus amplop lipid yang mengelilingi protein mantel ketika mereka berada di luar sel.

udara .tenggorokan .darah.virus hanya dapat hidup dalam sel hidup karena fakta membuktikan bahwa virus tidak mampu hidup diluar tubuh makhluk hidup lebih dari 4 menit.pakaian . ada juga melalui ludah. diantaranya : .transfusi darah .dan kotoran unggas seperti virus flu burung. Sistem ini bekerja selama 24 jam dengan beribu-ribu cara yang berbeda dan berguna untuk mempertahankan diri dari serangan bakteri. virus. ketika virus berada diluar tubuh m.air liur bisa lewat udara seperti virus influenza virus golongan orthomyxovirus. dalam beberapa jam saja tubuh akan diserang oleh berbagai jenis bakteri. maka virus akan berubah mentuk mjd kristal jika virus ini tdk segera menemukan inang/makhluk hidup yang siap ditempati dan jika virus berada diluar tubuh makhluk hidup akan membua virus itu mati. mikroba dan parasit. Jika sistem ini tidak berfungsi (seperti pada orang yang telah meniggal). yang kita kenal dengan sistem kekebalan tubuh. Hanya butuh beberapa . Virus hanya memiliki RNA/DNA saja. karena virus membutuhkan RNA dan DNA dari makhluk hidup untuk bereplikasi. parasit dan toksin atau racun bagi tubuh. Virus harus hidup di dalam tubuh makhluk hidup untuk bertahan hidup dan bereproduksi .hidup.air .kontak tangan . sedangkan dalam proses replikasi virus membutuhkan RNA dan DNA untuk itu virus masuk ke dalam tubuh manusia dan mengambil RNA/ DNA yang dibutuhkan oleh virus. Virus dapt masuk k dlm manusia virus dapat masuk kedalam tubuh manusia dg berbagai macam cara. Bagaimana cara tubuh mempertahankan diri dari virus? Dalam tubuh kita terdapat mekanisme perlindungan yang sangat mengagumkan. sehingga virus dapat bereplikasi. mikroba.mulut .minuman .makanan .

Sistem kekebalan tubuhlah yang bekerja secara menakjubkan untuk mencegah terjadinya penguraian tersebut. . Waktu tanam tepat 2. jadi kalau flu terus flu lagi. Menanam varietas tahan 4. Pengendalian penyakit tungro upaya pengedalian harus dilakukan secara terpadu yang meliputi : 1. Memusnahkan (eradikasi) tanaman terserang 5. Penggunaan pestisida Dan tahukah juga Anda bahwa antibiotik tidak membantu melawan virus? Ya. Tubuh dapat membuat anti body. Meminum antibiotik ketika anak Anda tidak memerlukannya dapat meningkatkan resiko terkena infeksi di masa yang akan datang yang mana infeksi ini justru tidak mempan dilawan dengan antibiotik. berarti virus berbeda.minggu untuk menguraikan seluruh tubuh kita hingga yang tersisa hanya kerangka saja. meminum antibiotik ketika Anda atau anak Anda terserang virus bisa lebih banyak dampak buruknya daripada baiknya. maka tubuh mampu membunuh virus tersebut. karena itu biasanya kalau kita sudah kena penyakit virus maka apabila tubuh kita terserang virus itu lagi. Pemupukan N yang tepat 6. tapi kalau infuenza terdiri 190 virus berbeda. Tanam serempak 3. Malahan. makanya kalau udah kena cacar ga akan kena cacar lagi. benar lho.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->