Sejarah Keyboard

Keyboard merupakan alat input standar yang sangat esensial pada sebuah PC. Tahukah Anda kapan keyboard atau papan ketik pertama kali ditemukan? Jawabannya adalah pada tahun 1864 yang kemudian dipatenkan oleh Christopher Latham Sholes pada 1868. Keyboard yang kita kenal sekarang ini memiliki nama resmi Qwerty yang di ambil dari enam huruf pertama pada "home row". Home row sendiri merupakan istilah untuk deretan alfabet kedua (posisinya di tengah) keyboard. Dideretan inilah seharusnya user atau juru ketik menempatkan jari-jarinya jika sedang tidak mengetik. Lalu, kenapa tombol-tombol alfabet pada keyboard ditempatkan secara acak? Alasannya adalah untuk memperlambat pengetikan. Kenapa? Pada awalnya mesin ketik dibuat senyaman mungkin untuk penggunanya, tetapi akibatnya, para pengguna malah dapat mengetik dengan kecepatan tinggi. Hal ini membuat pengait- pengait karakter pada mesin ketik menjadi sering tersangkut. Setelah beberapa bulan mencari cara untuk mengatasi sering menyangkutnya pengait tersebut, Sholes mengacak posisi alfabet pada mesin ketik seperti sekarang ini. Dan setelah teknologi mesin ketik berkembang ke mesin ketik elektrik sampai ke komputer, urutan alfabet yang acak tersebut tetap digunakan. Untuk komputer, keyboard pertama kali digunakan pada tahun 1964. Sebuah perangkat yangdibuat oleh MIT, Bell Laboratories, dan General Electric yang disebut Mulitics berhasil menggabungkan video display terminal (monitor CRT saat ini-Red) dengan mesin ketik elektrik. Layout Qwerty temuan Christopher Latham Sholes tetap digunakan, meski pada keyboard saat ini, sejumlah function keys sudah diimplementasikan. ini adalah contoh prodikey yang di buat oleh creative.

dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).org/wiki/Jaringan_komputer . Switch.[1] Desain ini disebut dengan sistem client-server. dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.wikipedia. Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.[1] Tujuan dari jaringan komputer adalah[1] agar dapat mencapai tujuannya. dan dapat mengakses informasi(peramban web).[1] Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).[2] http://id. CPU).Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputerkomputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer. pesan instan). kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data. Router.[1] Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan. berkomunikasi (surel. Bridge.[2]: Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya. maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub.

com/2012/11/jaringan-komputer-pengertian-macam-dan.Sistem jaringan komputer adalahgabungan atau kumpulan dari beberapa komputer yang dapat diakses secara bersama – sama (seperti floopy disk.Pengertian Jaringan Komputer . printer. CD-ROM. dan sebagainya). http://www. dan data yang dikirimkan tersebut merupakan hasil atau akan diproses oleh suatu sistem komputer. dan dapat berhubungan dengan komputer induksistem lainnya yang letaknya berjauhan. Adapun komunikasi data dapat diartikan pengiriman data secara elektronik dari satu tempat ke tempat lain melalui suatu media komunikasi.html .sarjanaku.

setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service).Wide Area Network (WAN) .Personal Area Network (PAN) . instant messaging. CPU.id/jaringan-a-internet/171-pengertian-jaringan-komputer- . Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer: http://usi. Tujuan dari jaringan komputer adalah:  Membagi fungsi sumber daya seperti berbagi pemakaian printer. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. HUB. Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). harddisk  Komunikasi: contohnya surat elektronik.Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya seperti: kabel. router.unair. RAM. dll yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.ac. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Agar dapat mencapai tujuan yang sama. dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. chatting  Akses informasi: contohnya web browsing. switch.Campus Area Network (CAN) .Metropolitant Area Network (MAN) . Adapun klasifikasi jaringan komputer berdasarkan skala antara lain : .feb. Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server.Local Area Network (LAN) .Global Area Network (GAN) Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful