P. 1
RPP Penjas Sepak Bola

RPP Penjas Sepak Bola

|Views: 396|Likes:
bola bakar
bola bakar

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Sartika Dwi Hardiyanti on Apr 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2014

pdf

text

original

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran (PENJASKES) Kelas/Semester Materi : MI PANCANA KAB.

GOWA : Pendidikan Jasmani, dan Olahraga dan Kesehatan

: III / II : Sepak Bola Anak

Standar Kompetensi : Menahan dan Menendang Bola Sambil Bergerak Kompetensi Dasar :

1. Menendang dan menahan bola 2. Menyundul dan melemparkan bola ke sasaran diam dan bergerak Indikator :

1. Siswa dapat mengetahui cara menendang dan menahan bola dengan baik dan benar 2. Siswa dapat melakukan gerakan menyundul dan melemparkan bola ke sasaran diam dan bergerak. Kegiatan Pembelajaran  AWAL  Salam  Berdoa  Absen  Apresepsi  INTI  Guru memimpin gerakan-gerakan pemanasan,  Guru menyuruh siswa saling berpasangan setiap pasang mendapatkan sebuah bola, jarak keduanya disesuaikan dengan kemampuan anak.  Seorang anak menendang bola, sedang anak yang lain menahan bola menggunakan kakinya. Gerakan ini dilakukan secara bergantian sambil bergerak ke kiri dan ke kanan.  Latihan ke dua adalah seorang anak bertindak sebagai pelempar bola, sedangkan anak yang lain berusaha menyundulnyya dengan kepala.  Menyundul bola dilakukan dengan diam di tempat atau sambil bergerak. Menyusul bola sambl bergerak dapat dilakukan dengan berjalan atau berlari-lari pelan. :

 PENUTUP  Guru mengulang kembali gerakan-gerakan tadi dengan cepat di ikuti dengan siswa-siswi  Setelah murid terlihat telah lancar, murid di minta istirahat, sambil melakukan gerakan-gerakan bebas. Penilaian :

 Sekitar 90% anak aktif melakukan gerakan menendang dan menyundul bola  Beberapa anak nampak mempunyai bakat dalam bidang sepak bola

Makassar, 25 Maret 2013 Yang mengetahui : Kepala Sekolah MI Pancana Kab. Gowa Guru Matpel PENJASKES

Hj. Darniati

Nirsan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran (PENJASKES) Kelas/Semester Materi : MIM G SYUHADA : Pendidikan Jasmani, dan Olahraga dan Kesehatan

: III / 1 : Kebersihan

Standar Kompetensi : Menjaga kebersihan pakaian Kompetensi Dasar :

1. Mem bedakan pakaian bersih dan kotor 2. Cara berpakaian yang bersih dan sehat Indikator :

1. Siswa dapat membedakan ciri-ciri antara pakaian kotor dan pakaian bersih 2. Siswa mengetahui bagaimana cara berpakaian yang bersih dan sehat Kegiatan Pembelajaran  AWAL  Salam  Berdoa  Absen  Apresepsi  INTI  Guru menjelaskan apa yang dimaksud pakaian bersih, sambil menanyakan apakah pakaian yang sedang diapakai anak-anak pakaian yang bersih.  Guru menjelaskan bagaimana cara membedakan pakaian yang bersih dan pakaian yang kotor. - Jika pakaian yang bersih adalah : Tidak berbau Tidak ada bercak-cak noda kotoran Beroda di tempat yang bersih Pakaian ditempatkan di tempat yang bersih Jika pakaian yang kotor adalah : Berbau kurang sedap :

Adanya noda-noda kotoran Berada di tempat yang tidak bersih  Guru menjelaskan bagaimana berpakaian yang bersih dan sehat - Memakai pakaian yang telah dicuci. - Segera mengganti pakaian jka keluar keringat yang banyak. - Menyetrika pakaian agar kumannya mati dan pakaian nampak rapi. - Memakai pakaian sendiri, tidak bertukar dengan orang lain.

 PENUTUP  Guru mengulang kembali gerakan-gerakan tadi dengan cepat di ikuti dengan siswa-siswi  Setelah murid terlihat telah lancar, murid di minta istirahat, sambil melakukan gerakan-gerakan bebas. Penilaian :

 Megecek pakaian dan kerapian siswa dalam berpakaian pada hari itu.  Menyarankan agar pakaian yang digunakan untuk selalu bersih dan rapi.

Makassar, 25 Maret 2013 Yang mengetahui : Kepala Sekolah MIM 6 SYUHADA Guru Kelas III

Almanar S.Pd

Susanti Daud

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->