P. 1
SISTEM DATABASE.ppt

SISTEM DATABASE.ppt

|Views: 11|Likes:
Published by Ranti Dwi Novita

More info:

Published by: Ranti Dwi Novita on Apr 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2014

pdf

text

original

SISTEM DATABASE

 DEFINISI SISTEM DATABASE

 KOMPONEN DASAR
 DATA PADA SISTEM DATABASE  KEUNTUNGAN SISTEM DATABASE  KERUGIAN SISTEM DATABASE
Materi 2 Soal

DEFINISI SISTEM DATABASE
 DATABASE

 SISTEM DATABASE

dengan menggunakan komputer. .DATABASE Suatu susunan/kumpulan data operasional lengkap dari suatu organisasi/perusahaan yang diorganisir/dikelola dan simpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu. sehingga mampu menyediakan informasi yang optimal diperlukan pemakainya.

dengan tujuan untuk menyimpan atau merekam serta memelihara data operasional lengkap sebuah organisasi/perusahaan.SISTEM DATABASE adalah suatu system penyusunan dan pengelolaan record-record dengan menggunakan komputer. sehingga mampu menyediakan informasi yang optimal yang diperlukan pemakai untuk kepentingan proses pengambilan keputusan. .

KOMPONEN DASAR DATABASE  DATA  HARDWARE  SOFTWARE  USER .

DATA  INTEGRATED  SHARED .

.INTEGRATED Database merupakan kumpulan dari berbagai macam file dari aplikasi-aplikasi yang berbeda yang disusun dengan cara menghilangkan bagianbagian yang rangkap (redundant).

SHARED Masing-masing bagian dari database dapat diakses oleh pemakai dalam waktu yang bersamaan. untuk aplikasi yang berbeda. .

HARDWARE Terdiri dari semua peralatan perangkat keras komputer yang digunakan untuk pengelolaan system database berupa : MEDIA PENYIMPANAN INPUT & OUTPUT KOMUNIKASI DATA .

SOFTWARE Berfungsi sebagai perantara (interface) antara pemakai dengan data phisik pada database. dapat berupa : -DBMS -Program aplikasi lainnya .

USER  DBA (DATABASE ADMINISTRATOR)  PROGRAMER  END USER .

DBA (Database Administrator)  Orang yang bertugas mengelola system database secara keseluruhan .

PROGRAMER  Orang yang bertugas membuat program aplikasi yang bisa digunakan untuk mengakses database dengan menggunakan bahasa pemrograman .

END USER  Orang yang menggunakan database dengan menggunakan query language. atau program aplikasi lainnya .

DATA PADA DATABASE  DATA OPERASIONAL  DATA INPUT  DATA OUTPUT .

DATA OPERASIONAL  Adalah data sebuah organisasi/perusahaan yang tersimpan di dalam sistem database .

DATA INPUT  Adalah data dari luar sistem database yang dimasukkan ke dalam sistem dengan menggunakan peralatan input yang dapat merubah data operasional .

DATA OUTPUT  Adalah laporan melalui peralatan output sebagai hasil dari sistem database yang mengakses data operasional .

KEUNTUNGAN SISTEM DATABASE  Terpeliharanya keselarasan data  Mudah dalam pengamanan & batasan  Penerapan standarisasi  Data bisa dipakai secara bersama sama  Minimalisasi data rangkap .

KERUGIAN SISTEM DATABASE  Recovery & backup sulit  Rumit & kompleks  Mahal dalam penerapannya  Kerusakan mempengaruhi departemen terkait .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->