SISTEM DATABASE

 DEFINISI SISTEM DATABASE

 KOMPONEN DASAR
 DATA PADA SISTEM DATABASE  KEUNTUNGAN SISTEM DATABASE  KERUGIAN SISTEM DATABASE
Materi 2 Soal

DEFINISI SISTEM DATABASE
 DATABASE

 SISTEM DATABASE

dengan menggunakan komputer. sehingga mampu menyediakan informasi yang optimal diperlukan pemakainya. .DATABASE Suatu susunan/kumpulan data operasional lengkap dari suatu organisasi/perusahaan yang diorganisir/dikelola dan simpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu.

sehingga mampu menyediakan informasi yang optimal yang diperlukan pemakai untuk kepentingan proses pengambilan keputusan.SISTEM DATABASE adalah suatu system penyusunan dan pengelolaan record-record dengan menggunakan komputer. . dengan tujuan untuk menyimpan atau merekam serta memelihara data operasional lengkap sebuah organisasi/perusahaan.

KOMPONEN DASAR DATABASE  DATA  HARDWARE  SOFTWARE  USER .

DATA  INTEGRATED  SHARED .

.INTEGRATED Database merupakan kumpulan dari berbagai macam file dari aplikasi-aplikasi yang berbeda yang disusun dengan cara menghilangkan bagianbagian yang rangkap (redundant).

SHARED Masing-masing bagian dari database dapat diakses oleh pemakai dalam waktu yang bersamaan. untuk aplikasi yang berbeda. .

HARDWARE Terdiri dari semua peralatan perangkat keras komputer yang digunakan untuk pengelolaan system database berupa : MEDIA PENYIMPANAN INPUT & OUTPUT KOMUNIKASI DATA .

SOFTWARE Berfungsi sebagai perantara (interface) antara pemakai dengan data phisik pada database. dapat berupa : -DBMS -Program aplikasi lainnya .

USER  DBA (DATABASE ADMINISTRATOR)  PROGRAMER  END USER .

DBA (Database Administrator)  Orang yang bertugas mengelola system database secara keseluruhan .

PROGRAMER  Orang yang bertugas membuat program aplikasi yang bisa digunakan untuk mengakses database dengan menggunakan bahasa pemrograman .

END USER  Orang yang menggunakan database dengan menggunakan query language. atau program aplikasi lainnya .

DATA PADA DATABASE  DATA OPERASIONAL  DATA INPUT  DATA OUTPUT .

DATA OPERASIONAL  Adalah data sebuah organisasi/perusahaan yang tersimpan di dalam sistem database .

DATA INPUT  Adalah data dari luar sistem database yang dimasukkan ke dalam sistem dengan menggunakan peralatan input yang dapat merubah data operasional .

DATA OUTPUT  Adalah laporan melalui peralatan output sebagai hasil dari sistem database yang mengakses data operasional .

KEUNTUNGAN SISTEM DATABASE  Terpeliharanya keselarasan data  Mudah dalam pengamanan & batasan  Penerapan standarisasi  Data bisa dipakai secara bersama sama  Minimalisasi data rangkap .

KERUGIAN SISTEM DATABASE  Recovery & backup sulit  Rumit & kompleks  Mahal dalam penerapannya  Kerusakan mempengaruhi departemen terkait .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful