P. 1
Cuplikan Novel

Cuplikan Novel

|Views: 7|Likes:
Published by Dzaki Pamuji
sdfsda
sdfsda

More info:

Published by: Dzaki Pamuji on Apr 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2014

pdf

text

original

Cuplikan Novel : Ayah, Mengapa aku berbeda (dari buku Love n'Life Chocolatos edisi novel Chapter Moon

)
Bab : KELAHIRANKU

Saat aku terlahir di dunia ini, ayahku pernah bercerita kalau ia mendengar suara tangisku yang begitu kencang. Suster dan dokter yang ikut membantu proses kelahiranku begitu bingung karena tidak bisa membuatku terdiam. Mungkin, aku tidak pernah mengerti mengapa aku terus menangis dan tidak bisa dihentikan oleh siapapun selain saat suster kemudian meminta ayahku yang sedang berada diruang tunggu untuk melihatku.

Saat ayah menyentuh jari pertamanya pada wajahku yang lahir prematur, ia menangis dan aku yang awalnya menangis kencang terdiam. Ia langsung mengangkat tubuhku yang disambut sukacita oleh suster-suster yang sejak tadi pusing karena suara tangisku. Ayah mengendongku dengan lembut sambil berkata, “ Mulai saat ini hanya kamulah yang paling berharga dalam hidup ayah..”

Ya, aku adalah anak yang paling berharga baginya. Kelahiranku adalah sebuah dua sisi yang cukup membuat ayah begitu tertekan. Ibu mengalami pendarahan hebat dan hanya ada sedikit pilihan baginya. Aku yang mati atau ibu yang harus merelakan nyawanya. Tapi ibu memilih untuk melahirkanku kebanding harus mengarborsi bayi yang ada di kandungannya selama 7 bulan. Ia melupakan semua saran dokter demi aku. Sang janin kecil yang terus membuat nyawanya terancam. Suster kemudian bertanya kepada ayah ketika melihatku mulai terdiam.

“ Anak ini ingin diberikan nama apa pak?” Tanya suster itu pada ayah. “ Angel.. berikan nama dia Angel..” kata ayah. Angel, nama yang ayah berikan kepadaku untuk mengenang ibu yang juga bernama Angel. Mereka memiliki rahasia mengapa aku diberikan nama itu dan aku hanya akan tau disaat usiaku nanti besar. Setelah aku tenang, ayah kembali memberikan aku kepada suster yang langsung memberikan aku perawatan intensif.

ayah memandangku. Ayah yang bingung. Ia memberikan aku banyak mainan boneka dan aku sangat suka bermain dengan bonekaboneka yang ayah bawakan setiap ia pulang kerja. Mereka berdua bergantian menjagaku.” . Ayah melakukannya berulang-ulang hingga ia berhenti dan menarik nafas panjang. Bersama kedua malaikat itu. nenek dengan siaga menjagaku begitu sebaliknya bila nenek sedang beristirahat. aku pun tumbuh dengan berjalannya waktu. Nenek dengan tekun melatihnya. bila ayah harus bekerja. Ia mengajarinya banyak hal dengan teliti. aku harus dirawat untuk waktu yang cukup lama hingga aku bisa keluar dari rumah sakit. bagaimana kalau kita coba bawa ke dokter..” “ Baiklah bu. Ia kemudian mendekatiku. harusnya ia akan terkejut. Aku akan mandi setelah ibu kita pergi. kemudian meminta ibunya untuk membantu aku. “ Ibu juga merasa ada yang tidak beres. aku merasa Angel tidak bisa mendengar apa yang aku lakukan. Sampai akhirnya ketika usiaku menginjak 3 tahun. “ Ibu. Sambil menepuk keduanya dengan kencang tepat di belakang kepalaku. Ayah belajar bagaimana untuk menganti popokku. “ Angel . Bila ia bisa mendengar.Karena aku lahir prematur.” Nenek meletakan bubur di mangkok tangannya diatas meja.tapi ia diam saja. Mungkin mereka bisa menemukan jawabannya.. Ayah mulai merasa aneh dengan sikapku yang selalu tidak peduli terhadap panggilannya. Ayah belajar banyak untuk menjadi seorang ibu bagiku.. Sedangkan nenek sedang membuatku aku bubur untuk makan malamku. Nenek melihat tingkah ayah dan bertanya. lalu membelakangi tubuhku. bahkan ia tidak bisa merespon tepukan tangan tepat di belakangnya. ayah akan menjagaku dengan sungguh-sungguh agar tidak menangis dan menganggu istirahat nenek. Disaat aku bermain boneka.” teriak ayah padaku yang sedang asyik bermain boneka sapi kartun lucu. bagaimana untuk membuatku mandi dengan benar lalu membuat susu yang baik bagiku. ia mengunakan dua tangannya diatas kepalaku. “ Sedang apa kamu Martin?” nama ayahku... Nenekku yang berasal dari Kota kemudian datang dan ikut bersama-sama dengan ayah untuk merawatku.

Bila sejak dini kita mendidik dan mengajarinya. saat ini sudah banyak pendidikan dan orang yang hidup dengan kondisi yang sama dengan anak bapak tapi bisa memiliki masa depan yang baik. Setelah aku menikmati semangkok bubur dan merasa kenyang aku tertidur dan ketika terbangun.Sesungguhnya perasaan cemas aku tidak bisa merespon dan mendengar apapun yang ayah perintahkan sudah sejak lama ayah simpan. kasihan anak itu. tunarungu adalah salah satu yang bisa terjadi pada setiap anak-anak yang terlahir secara prematur.” “ Tunarungu. Bu. anak bapak yang lahir secara prematur memiliki banyak hal yang bisa terjadi. saya memiliki seorang kenalan yang sudah berpengalaman untuk mendidik dan bagaimana caranya menjadi orang tua tunarungu.” . Ia keluar dari ruangan dokter dan aku bersama nenek langsung mendekatinya. mungkin ia akan membantu bapak dalam masalah ini. Tin?” “ Angel positif tunarungu. Tapi ia mencoba berpikir positif hingga akhirnya hari ini ia benar-benar harus mencoba mencari tau apa yang terjadi padaku. kelak anak itu akan tumbuh seperti anak-anak normal lainnya. “ Bagaimana Dok. Dokter perempuan itu tersenyum padaku lalu aku langsung diajak oleh nenekku untuk jalan-jalan disekitar ruangan rumah sakit. aku sudah ada di rumah sakit dengan dokter yang sedang memeriksa telingaku dengan sentel kecil berwarna putih yang cukup aneh bagiku.. apa yang harus saya lakukan untuk memberitahunya. ia tidak menyadari keadaanya. Nenek bertanya kepada ayah yang tampak murung. Ayah berbicara dengan dokter Intan yang adalah spesialis telinga.” Ayah terdiam. “ Bapak tidak perlu bersedih ataupun panik. “ Bagaimana hasilnya. bagaimana bisa?” “ Melihat catatan kelahiran dan kesehatannya.” Dengan wajah sedih ayah menerima tawaran dokter itu pada kenalannya. mengapa dia tidak bisa merespon panggilan dan perintah?” “ Dengan sangat menyesal saya harus mengatakan kalau anak bapak adalah seorang tunarungu... dengan kondisi Angel.” “ Tapi keadaan ini sangat membuat saya sedih. Bagaimana caranya ia tau apa yang harus saya jelaskan sedangkan dia sendiri tidak bisa mendengar dan bahkan mengerti apa yang saya katakan..” “ Begini saja.

================================================ Cuplikan Novel ini diambil dari buku Love n’ Life Chocolatos : Ayah .000/2 buku diatas Ongkos kirim gratis untuk daerah JABODETABEK.Chocolatos@gmail. hanya dialah orang yang bisa menghibur dan menguatkan hati ayah untuk terus bersemangat membesarkanku. Harga kedua buku total khusus utk pembelian online ini adalah Rp 50. kamu juga dapat memesannya dan buku akan dikirimkan ke rumahmu. Mengapa Aku berbeda ? Edisi Novel Chapter Moon=230 halaman. Mengapa Aku berbeda ? Edisi Novel Chapter Moon. Tebal buku Love n’Life Chocolatos : 20 kumpulan cerpen=410 halaman dan Love n’Life Chocolatos : Ayah . Mengapa Aku berbeda ? Edisi Novel Chapter Moon. Bagi yg berminat untuk memesan buku. (by Agnes Davonar) Jika kamu ingin membeli 2 buku Love n’ Life Chocolatos. silahkan email ke Lovelife. Pengiriman hampir ke seluruh Indonesia yg masih terjangkau JNE . Disaat seperti ini.com.Nenek ingin menangis ketika mendengarkan kalimat itu keluar dari mulut ayah tapi ia tidak ingin membuat ayah lebih bersedih. Buku ini adalah buku novel mengenai kisah Angel sang gadis tunarungu dimasa ia kecil (Chapter Moon) Baca lanjutannya di Buku Love n' life Chocolatos Love n’ Life Chocolatos : Ayah .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->