DI SUSUN OLEH NAMA KELAS NO : Aliyah Hana Safitri : X2 :4

SMA NEGERI 1 GRABG

Daftar isi
Kata pengantar…………………………………………………………………………………………………………………………01 ) Pengertian atletik ……………………………………………………………………………………………………………………..............( 02 ) Penjelasan lari pendek……………………………………………………………………………………………………………..( 03 ) Penjelasan lari marathon………………………………………………………………………………………………………… ( 04 ) Penjelasan lari jauh…………………………………………………………………………………………………………………..( 05 ) Penjelasan lari menengah…………………………………………………………………………………………………………( 06 ) Pengertian lempar cakram……………………………………………………………………………………………………….( 07 ) Penejelasan tolak peluru………………………………………………………………………………………………………… ( 08 ) Penejelasan Tolak Martil………………………………………………………………………………………………………..( 09) Pengertian Lompat Jauh…………………………………………………………………………………………………………. ( 10 ) Pengertian Lompat tinggi……………………………………………………………………………………………………….. ( 11 ) Pengertian lompat jangkit……………………………………………………………………………………………………….( 12Daftar pustaka………………………………………………………………………………………………………………………….(1

Kata pengantar
Segala puji kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas materi pendidikan olahraga . matan yang kami laksanakan dapat tercatat dengan rapi dan dapat kita pelajari kembali pada kesempatan yang lain untuk kepentingan proses belajar kita terutama dalam bidang kota dan permukiman. Bersama ini kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya tugas ini, terutama . Semoga segala yang telah kita kerjakan merupakan bimbingan yang lurus dari Yang Maha Kuasa. Dalam penyusunan tugas ini tentu jauh dari sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan dan penyempurnaan tugas ini dan untuk pelajaran bagi kita semua dalam pembuatan tugas-tugas yang lain di masa mendatang. Semoga dengan adanya tugas ini kita dapat belajar bersama demi kemajuan kita dan kemajuan ilmu pengetahuan.

sepakbola. tenis. Arti selengkapnya adalah “panca lomba” atau perlombaan yang terdiri dari lima nomor.PENGERTIAN ATLETIK Istilah “atletik” berasal dari kata Yunani “athlon” yang berarti berlomba atau bertanding. senam dan lain-lain. Kalau kita mengatakan perlombaan atletik. yang dalam bahasa Inggris digunakan istilah “track and field”. lompat. termasuk renang. Istilah “athletic” dalam bahasa Inggris dan “atletik” dalam bahasa jerman mempunyai pengertian yang luas meliputi berbagai cabang olahraga yang bersifat perlombaan atau pertandingan. Kita dapat menjumpai pada kata “penthalton” yang terdiri dari kata “pentha” berarti lima atau panca dan kata “athlon” berarti lomba. dan lempar. . pengertiannya adalah meliputi perlombaan jalan cepat. bola basket. Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti perlombaan yang dilakukan di lintasan (track) dan di lapangan (field). lari.

Start melayang (flying start) 3. yaitu semua perlombaan lari dimana semua peserta berlari dengan kecepatan penuh yang menempuh jarak 100 m. “Bersedia”.(02) Lari pendek Pengertian Lari Jarak Pendek lari jarak pendek atau sprint. kita mengenal 3 cara melakukan start atau tolakan yaitu : 1. . kunci pertama yang harus dikuasai oleh pelari cepat / sprint adalah start atau pertolakan. cara melakukan start yang baik harus benar-benar diperhatikan dan dipelajari serta dilatih secermat mungkin. Pada umumnya. Start jongkok (crouching start) Sesuai dengan aba-aba yang diberikan. Oleh sebab itu. 200 m dan 400 m. Start berdiri (standing start0 2. Keterlambatan atau ketidaktelitian pada waktu melakukan start sangat merugikan seorang pelari cepat atau sprinter. urutan gerakan dan sikap dalam start jongkok (berlutut0 dibagi menjadi tiga tahapan yaitu sikap start setelah aba-aba. sikap start setelah aba-aba “Siap” dan sikap start setelah aba-aba “Ya” atau terdengar bunyi letusan pistol.

H e ro d o t u s y a n g m e r u p a k a n s e j a r a w a n Yunani sumber utama untuk Perang YunaniP e r s i a . Menyebutkan Pheidippides sebagai utusan yang berlari dari Athena ke Sparta untuk m e m i nt a ba n t u a n .(03) Lari marathon A. mundur dan ke samping. Marathon adalahl a r i j a r a k j a u h d e n g a n j a r a k y a n g ditentukan.d) Suara gaduh atau tanpa suara.Definisi Marathon Marathon merupakan salah satu cabang olahraga atletik. seorang utusan Yunani. yang terjadi pada tahun 490 SM.La l u b a g a i m a na d e n ga n a s a l m u l a d a r i m a ra t h o n ? M a ra t h o n b e r a s a l d a ri legenda Pheidippides. Legenda menyatakan bahwa ia dikirimd a ri m e d a n p e ra n g d a ri Ma ra t h o n ke A t h e na u n t u k m e n gu m u m ka n b a h w a b a n gs a Persia telah dikalahkan pada Pertempuran Marathon.195 km untuk marathon.c) Cepat dan lambat. d a n ke m u d i a n be rl a ri k e m ba l i .Teori Teknik Gerakan Marathon Gerak dasar lari dapat dilakukan dengan:a) Maju.e) Mendaki atau menurun.g) . b) Pada lintasan lurus atau lintasan berkelok-kelok.A d a p e rd e ba t a n t e nt a n g ke a ku r a t a n s e ja ra h d a ri m a ra t h o n .f) Menaiki tangga (tribune) atau menuruni tangga. yakni 21. B.100 km untuk s e t e n g a h marathon dan 42. y a ng be rja ra k l e bi h d a ri 2 4 0 kilometer (150 mil) sekali jalan.

lutut dan pinggul diluruskan penuh selama tahap mendorong.Kaki ayun : Kaki ditekuk selama masa .l) Di hutan. d a n harmonisasi gerakan lengan dan tungkai. Sedangkan gerakan kaki mulai tahap menumpu kemudian mendorong (kaki tolak) sedangkan kaki ayun melakukan gerak pemulihan dangerak ayunan. Tujuan dari jalan danlari adalah menempuh suatu jarak tertentu(tanpa rintangan atau melewati rintangan)secepat mungkin.k) Menggunakan lapangan rumput. lurus ke depan.Kaki tumpu : Mendaratlah pada telapak kaki bagian depan. S e d a n g k a n aspek lain yang perlu diperhatikan pada saat berlari adalahkecondongan badan (disesuaikan dengan jenis /type lari).m) Dll. Langkah kaki terdiri daritahap menumpu dan tahap melayang.Pada gambar di bawah ini diperlihatkan rangkaian gerak lari dan gerak langkah pada saat menumpu dan mendorong. lintasan atau lapangan.Lari termasuk pada katagori keterampilan gerak siklis. p e n g a t u r a n n a p a s . berpasangan atau berkelompok.h) Bersama anak-anak lain alau melawan anak-anak lain. Matakaki. Gerakan Lari Gerak dominan yang utama dari gerak lari adalah gerakan langkah kaki dan ayunanl e n g a n . Sedangkan yang paling menentukan kecepatanlari seseorang adalah panjang langkah x kekerapan langkah.i) Menggunakan alat bantu atau tanpa alat bantu. j) Melewati rintangan. kebun atau jalan.Sendirian.

pemulihan. . Sudut sikutsekitar 90 derajat. ke depan setinggi bahu.Gerakan lengan : Ayunkan lengan ke depan dan ke belakang. Lutut angkat ke depan atas pada tahap mengayun. ke belakang lewat panggul.

ke atas. 5000m. mendorongkan d a d a a t a u m e n d o r o n g salah satu bahu ke depan. LARI JAUH Lari jarak jauh atau yang sering disebut dengan marathon olah raga ini dilakukan dalam lintasan yang berjarak 3000m. 10. .Finish: Teknik finish yaitu berlari terus. sedangkan marathon dan juga cross-country.000m.

sedangkan untuk jarak 1500m mengunakan start berdiri . Start yang digunakan untuk lari jarak menengah adalah start jongkok . Makin jauh jarak lari yang ditempuh makin rendah lutut diangkat dan langkah juga semakin makin kecil. Ayunan lengan dan gerakan kaki dilakuakan seringan-ringannya. (05) LARI MENENGAH Larijarak menengah menempuh jarak antara 800m dan 1500 m .harus dilakukan diluar stadion kecuali star dan finis.ketahanan fisik dan mental merupakan keharusan bagi pelari jarak jauh. .

Hal yang perlu dilakukan untuk lari jarak menengah adalah menyusuaikan antara kecepatan dan kekuata / stamina dari masing . Hal yang perlu diperhatikan saat lari jarak menengah adalah : Badan harus selalu rileks dan santai Lengan diayun tetapi tidak terlalu tinggi seperti lari jarak pendek Badan harus condong kedepan sekitar 15 dari garis vertical Panjang langkah tetap dan lebar tekanan pada ayunan paha kedepan Panjang langkah harus sesuai dengan panjang tungkai Angkat lutut cukup tinggi Teknik yang harus dipelajari Lari jarak menengah : Posisi kepala dan badan tidak terlalu condong Sikap badan harus kaya sikap orang berlari Sudut lengan sekitar antara 100-110 derajat Pendaratan pada tumit dan menolak pada ujung kaki ( 06) LEMPAR CAKRAM .masing pemain .

Bahwa pada suatu ketika Odysseus terdampar .manusia telah menyadari akan manfaat ketahanan berjalan jauh. hal ini dapat kita ketahui dari buku karangan Homerus yang berjudul “Odyssy” pada zaman purba. kurang tahan berjalan. Mereka melakukan gerakan jalan. Didalam usaha ini mereka sangat tergantung dari efiiensi jasmaninya. . Mereka yang kurang terampil. tetapi perlombaan atletik termasuk lempar cakram yang pernah dilakukan dalam cacatan sejarah baru terjadi pada zaman purba sekitar 1000 tahun sebelum masehi.lempar cakram adalah salah satu nomor atletik. Bahkan dapat dikatakan sejak adanya manusia. gerak-gerakan itu dikenal. Jadi sejak zaman prasejarah. ketangkasan melompat dan melempar. lari. lompat dan lempar yang telah dikenal oleh bangsa primitif pada zaman prasejarah. Dalam buku Odyssy tersebut menceritakan bahwa gerak gerakan dasar dari atletik adalah jalan. Meskipun gerakan dasar atletik ini telah dikenal sejak adanya manusia. lompat dan lempar semata-mata untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. kecepatan lari. Dalam buku ini juga Homeros menceritakan pertualangan Odysseus. Hal ini dapat diketahui dari buku pujangga Yunani yang ditulis oleh Homeros. lari. kurang tangkas melompat atau melempar akan mati karena kelaparan atau menjadi mangsa binatang buas bahkan mungki menjadi korban bencana alam. Bangsa Belanda menyebutnya “Atletik is a moerder der sporten” yang artinya atletik adalah induk dari semua cabang olahraga. kurang cepat lari. Sehingga ada sementara orang yang menganggap atletik adalah cabang olahraga yang tertua.

tinju. maka permintaan raja terpaksa dipenuhi. Namun demikian atletik termasuk lempar cakram ini tidak dikenal secara luas. dan lempar cakram yang merupakan nomor atletik yang kita kenal sampai sekarang ini. Dalam acara itu diadakan serangkaian perlombaan. 1979 : 24). Dari kutipan buku ini yakin bahwa bangsa Yunani purba telah mengenal atletik. kemudian masuk gelanggang mengambil cakram yang terberat dan dengan gaya termanis melempar cakram itu.cakram melucur dan jatuh jauh dari jarak yang dicapai atlet-atlet dari Phaeacia (Sunaryo Basuki. Setelah rangkaian ini selesai.pemudapemuda Phaeacia yang mempertujukan kemahirannya dalam lomba lari cepat. lompat. Sejarah Lempar Cakram di Indonesia Berbicara masalah lempar cakram di Indonesia. raja Aleinaus minta agar Odysseus menberikan demotrasi lempar cakram. gulat. B. Odysseus bangkit minta ijin kepada baginda. disini terlihat adanya nomor lari. Semula Odysseus menolaknya dengan halus. . rajanya bernama Alcinaus.disebuah kepulauan yang kemudian ternyata bernama Phaeacia. Karena lempar cakram adalah nomor atau bagian dari atletik. Jadi di Indonesia atletik termasuk lempar cakram dikenal lewat bangsa Belanda yang setengah abad lamanya menjajah Negeri Indonesia. tetapi baginda mendesaknya dengan alasan agar pumuda Phaeacia dapat menyaksikan bagaimana cara melempar cakram yang sempurna. Setelah Odysseus dibawa menghadap baginda maka diadakan penyambutan yang meriah. dan lempar cakram. Tanpa melepaskan pakaian perangnya yang terbuat dari logam itu. lompat. kita tidaik bisa pisahkan dengan sejarah atletik.

Hal ini dapat dilihat dipagi hari semua pelajar dan pegawai diwajibkan melakukan senam.engan terhadap prestasi lempar cakram (07) Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik. Dari penjelasan sejarah atletik diatas. dalam usaha memenangkan perang (Drs. Panjang lengan 2. Berat peluru:  TOLAK PELURU Untuk senior putra = 7. maka dalam bab ini penulis akan menguraikan hal-hal sebagai berikut : 1. Pengaruh panjang l. 1998 : 3). Lempar cakram 3. Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin. Selain itu diberikan pelajaran beladiri dan atletik termasuk lempar cakram.257 kg .Kemudian pada zaman pendudukan Jepang mulai awal tahun 1942-1945 kegiatan keolahragawan mengalami perkembangan. 1979 : 37). Aip Syrifuddin. Kemudian setelah Indonesia merdeka perkembangan olahraga termasuk lempar cakram semakin meluas bahkan setiap orang diberikan kesempatan untuk melakukan latihan-latihan atletik termasuk lempar cakram (Drs. Sunaryo Basuki. Tetapi semua aktivitas jasmani yang dilakukan oleh seluruh bangsa Indonesia itu hanya untuk kepentingan orang-orang Jepang sendiri.

sedikit serong ke samping kanan. Peluru diletakkan pada telapak tangan bagian atas 2. dan jari telunjuk dipergunakan untuk menekan dan memegang peluru bagian belakang. dan badan agak condong ke samping kanan. Jari-jari tangan direnggangkan atau dibuka. Perhatikan gambar peragaan di bawah ini! B. jari manis. kaki kanan dibengkokkan ke depan. Teknik Sikap Badan pada Waktu akan Menolak Terdapat 2 teknik sikap badan pada waktu akan menolak. kaki kiri lurus ke depan. Tangan dari lengan yang lain membantu menjaga keseimbangan. Pada waktu memegang dan meletakkan peluru pada bahu. yaitu: a. sedikit serong ke depan. yaitu: 1. 3. berada di depan sedikit .   Untuk senior putri = 4 kg Untuk yunior putra = 5 kg Untuk yunior putri = 3 kg Tolak Peluru (Shot Put) Teknik-teknik yang perlu dipelajari dalam tolak peluru antara lain: A. kedua kaki dibuka lebar (kangkang). kemudian letakkan pada bahu dan menmpel (melekat) di leher. jari tengah. usahakan agar seluruh badan dan tangan dalam keadaan lemas (rileks). Sedangkan jari kelingking dan ibu jari dipergunakan untuk memegang atau menahan peluru bagian samping agar tidak jatuh atau tergelincir. berat badan berada pada kaki kanan. 4. Tangan kanan memegang peluru pada bahu (pundak). tangan kiri dibengkokkan. Teknik Memegang Peluru Cara memegang peluru. Siku diangkat ke samping. Gaya ortodok (menyamping) Berdiri tegak menyamping kea rah tolakan. Setelah peluru tersebut dipegang dengan baik.

agak serong ke atas lemas. c. Perhatikan gambar peragaan di bawah ini! b. Gaya O’Brien (membelakangi) Hal yang membedakan antara gaya ortodoks dan gaya O’Brien adalah sikap awal. Badan condong ke samping kiri depan. sikap badan menyamping arah tolakan mulai dari sikap permulaan sampai dengan bergerak ke depan untuk menolakkan peluru. b. secepatnya kaki belakang diturunkan atau mendarat menempati tempat kaki depan/kaki tumpu dengan lutut agak dibengkokkan. Cara Mengambil Awalan (Ancang-Ancang) a. Perhatikan gambar peragaan di bawah ini! b. C. . Tangan kiri berfungsi untuk membantu dan menjaga keseimbangan. Pada gaya ortodoks sikap badan menyamping. Teknik Setelah Gerakan Akhir Menolak Teknik setelah gerakan akhir menolak. dagu diangkat. karena orang yang pertama kali mempergunakan dan sekaligus memperkenalkan gaya tersebut bernama Parry O’Brien. sedangkan pada gaya O’Brien membelakangi arah tolakan. Gaya tolak peluru denagn membelakangi itu disebut juga gaya O’Brien. Cara menyamping (ortodoks) Bila menggunakan gaya ortodoks. sikap badan membelakangi arah tolakan mulai dari sikap permulaan sampai dengan bergerak ke depan untuk menolakkan peluru. Selanjutnya kaki tumpu diangkat ke belakang lururs dan lemas untuk membantu menjaga keseimbangan. Pandangan diarahkan kea rah sasaran (tolakan). yaitu: a. Setelah peluru lepas dari tangan. Gaya tersebut dipergunakan pada saat penyelenggaraan Olimpiade Helsinky pada tahun 1952. Perhatikan gambar peragaan di bawah ini! D. Cara membelakangi lawan (O’Brien) Bila menggunakan gaya O’Brien.

Tangan kanan dibengkokkan berada di depan sedikit agak ke bawah badan. b. d. Teknik melontar yang .pandangan ke arah jatuhnya peluru. Gerakan kaki terlalu ke samping kiri. e. F. Sikap posisi awal tidak seimbang. Pelihara kaki selalu rendah dan bertahan kuat-kuat. c. Usahakan lengan kiri dalam posisi tertutup. Hal-Hal yang Harus Dihindari dalam Tolak Peluru Awalan Membelakangi Hal-hal yang harus dihindari sebagai berikut: a. kaki kanan melakukan gerakan lompatan. d. tangan atau lengan kiri lemas lurus ke belakang untuk membantu menjaga keseimbangan. Perhatikan gambar peragaan di bawah ini! E. Tidak menarik kaki kanan cukup jauh ke bawah badan. e. Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Tolak Peluru Awalan Membelakangi Hal-hal yang harus diperhatikan sebagai berikut: a. Mendarat dengan kaki kanan menghadap ke belakang. Putarlah kaki kanan ke dalam selama meluncur. Terlalu cepat menggerakkan badan. Usahakan pinggang kiri dan bahu menghadap ke belakang jauh. b. d. Lakukan gerakan kaki kiri mendorong ke belakang c. Teknik modern untuk melontar martil masih dalam penelitian intensif. TOLAK MARTIL Nomor lontar martil berbeda dengan nomor lempar yang lain dari sisi alat dan teknik yang digunakan oleh pelontar untuk memperbesar jarak lontaran.

Siku menekuk saat martil mendekati posisi 75°. Posisi awal untuk lontar martil adalah pelontar memegang pegangan martil dengan tangan kiri. Bahu pelontar berputar sekitar 15° ke kanan. Selain itu. clan Al Shoterman selama bertahun-tahun. tangan kanan menutupi jari-jari tangan kiri (gambar 13. dengan lengan lurus. dan kaki. pemegang rekor dunia saat ini. Ibu jari mengarah ke dahi. Gerakan ini menjadi tanda untuk memulai gerakan pertama (gambar. Jud Logan. Putaran awal dengan posisi tubuh yang benar pada awal putaran merupakan langkah awal untuk mendapatkan kecepatan lontaran yang maksimal. Putaran awal berakhir saat badan terulur 90° ketika kedua kaki menempel di tanah. bergerak dari kanan ke kiri terjadi juga perpindahan berat. seorang pelatih nasional Amerika Serikat.7a). 13. batang tubuh.saya gunakan telah dikembangkan dari hasil pengamatan pada pemegang rekor dunia yang sebelumnya. Alur martil adalah digerakkan ke kiri dan kemudian ke atas. Tidak seperti pada lempar cakram ataupun tolak peluru. Gerakan martil berbentuk elips sempurna. Gerakan ini berlanjut hingga dua sampai tiga putaran awal. dan Yuriy Sedych. Pelontar mengarahkan pandangan ke arah martil sepanjang waktu ini. Saat kedua tangan. juga saya kembangkan dari hasil pengalaman pribadi clan juga hasil dari lawatan bermacammacam klinik Stewart Togher. Martil harus selalu dalam kedaan bergerak cepat.6).7b). Lontar martil memaksimalkan untuk tetap berada di diameter lingkaran karena kaki kiri selalu menapak di tanah. kaki kiri pada lontar martil berada pada posisi 0°. Kaki dibuka dengan jarak sekitar 45 sampai 80 cm . Gerakannya meliputi lengan. di luar bahu kanan. Pergelangan kaki kiri dikendorkan dan tumit menempel di tanah. Kaki kanan . Di titik ini martil diambil clan diarahkan (gambar 13.

Posisi kaki juga bisa sejajar. lutut kiri dan kaki kiri berada dalam satu arah (gambar 13. pastikan bahwa kaki kanan berada tepat di belakang kaki kiri. Untuk melakukannya. dengan lengan lurus dengan tanah dan lutut menekuk kira-kira 15°. Posisi ini dinamakan fase dukungan ganda dan awal dari fase dukungan tunggal. menjaga jarak. Ini adalah posisi ideal.8). 2. Kesuksesan saat melontar martil ditentukan dari gerakan tubuh pelontar yang tepat saat melontar martil di jalurnya.13. mengurangi kecepatan. Pelontar memiliki dua tujuan saat menggunakan fase dukungan tunggal (single-support phase). kecepatan putaran panggul harus melebihi kecepatan putaran bahu dan martil. serta kaki kanan melakukan putaran (13. Posisi martil pada 90° setinggi bahu. Posisi ini dinamakan overturning (putaran keluar/ terbalik) (gambar 13. Martil.7c). Martil bergerak cepat di posisi 90° naik ke atas (gambar . yaitu: 1. lutut kanan. Patokan hitungan putaran adalah gerakan kaki . Posisi yang paling buruk adalah ketika kaki kanan berada di depan kaki kiri. dinamakan underturning (putaran ke dalam). kaki kanan dimajukan ke arah jalur lontaran.7e). kepala. Dari arah pandang 90°. tangan.sejajar dengan kaki kiri dan pusat tekanan berada di kaki kanan. Saat tahapan dukungan tunggal.7d). Gerakan melengkung ini terns dilakukan hingga sampai pada posisi melontar. tangan. Kaki kanan tidak pernah melebihi bidang kiri. Di sinilah fase kedua dimulai dan martil. Kaki kiri menyentuh tanah dan beri tekanan pada bagian samping kaki hingga mencapai pusat kaki.

Banyak pelatih yang mengatakan bahwa putaran keempat dapat meningkatkan kecepatan (09) . sudut lontaran akan meningkat saat jumlah jarak tiap-tiap putaran menurun. Anda mungkin bertanya. hanya lutut membentuk posisi 90°. Dalam setiap putaran.kanan. Titik tertinggi dari martil adalah posisi 180°. awali dengan putaran jari kaki. jumlah putaran bisa tiga atau empat kali. Pendapat sebaliknya adalah saat pelontar menggunakan tiga putaran. Gerakan terakhir tidak berbeda dengan putaran-putaran sebelumnya. apa keunggulan melakukan putaran empat kali dibandingkan dengan putaran sebanyak tiga kali? Jawabannya adalah putaran jari kaki yang benar untuk menurunkan kecepatan putaran pelontar martil lebih mudah untuk dilaksanakan. Saat melakukan putaran keempat. langkah awalnya harus cepat serta teknik dan ritmenya harus benar.

Drs. keseimbangan dan lain-lain. Oleh karena itu teknik lompat jauh sering disebut juga gaya lompat jauh. Perlu diketahui bahwa yang menyebabkan adanya perbedaan adanya perbedaan dari ketiga gaya tersebut sebenarnya hanya terdapat pada sat badan melayang di udara saja.Secara umum.LOMPAT JAUH Lompat Jauh . Namun. gerakan melompat dapat dikelompokan menjadi 2 bagian yaitu lompat jauh dan lompat tinggi. dan gaya jalan di udara (walking in the air). dalam penelitian ini akan dibahas mengenai lompat jauh. Jadi mengenai awalan. gaya menggantung (hang style). dari satu tempat ke tempat lainnya. Mengenai unsur-unsur yang berpengaruh terhadap kemampuan seseorang dalam melakukan lompat jauh meliputi daya ledak. jauh adalah sebagai berikut : 1. Lompat jauh merupakan salah satu aktivitas pengembangan akan kemampuan daya gerak yang dilakukan. Kedua jenis Lompatan ini dilakukan dengan menggunakan satu kaki tolakan. kelincahan. Harus dapat membangkitkan daya momentum yang sebesar- . Gaya-gaya lompat jauh mengatur sikap badan sewaktu melayang di udara. kekuatan. Eddy Suparman menjelaskan bahwa unsur pokok dalam lompat besarnya. tumpuan dan cara melakukan pendaratan dari ketiga gaya tersebut pada prinsipnya sama. Dalam lompat jauh terdapat tiga macam gaya yaitu : Lompat Jauh gaya Jongkok (tuck).

Eddy Suparman. (1995 : 44) hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan awalan adalah : 1. Menurut (Drs. Harus dapat menggunakan titik berat badan seefisien badan mungkin. Eddy Suparman. 3. yang dilakukan adalah untuk usaha mendapatkan kecepatan setinggi-tingginya sebelum melakukan awalan mendapatkan kecepatan horizontal setinggi-tingginya yang diubah menjadi kecepatan vertikal saat melakukan tolakan (Drs. Awalan Awalan adalah suatu gerakan dalam lompat jauh dilakukan dengan tolakan. Harus dapat memindahkan momentum gaya horizontal dan vertical. lari Dapat secepat-cepatnya juga dikatakan. 1999). a. Harus dapat mempersatukan gaya tersebut dengan tenaga pada saat melakukan tolakan. 4. Jarak awalan tergantung dari kemampuan masing-masing atlet bagi pelompat dalam jerak pendek sudah mampu mencapai kecepatan maksimal (full speed) maka jarak awalan cukup dekat / pendek saja (sekitar 30-35 meter atau kurang dari ini).2. Sedangkan bagi atlet lain yang jarak . Tolakan (Tumpuan). Teknik Lompat Jauh injauan secara teknik pada lompat jauh meliputi empat masalah yaitu : Cara melakukan awalan. Melayang di udara dan Pendaratan.

maka jarak awalan harus lebih jauh lagi (sekitar 30-45 meter atau lebih jauh dari itu). Bagi pemulasudah barang tentu jarak awalan lebih pendek dari ancar-ancar tersebut. Si pelompat mencoba beberapa kali melakukan lari secepat-cepatnya dari permulaan tempat berdiri ke papan tolakan ke tempat permulaan akan melakukan awalan.Kecepatan ini harus dipertahankan sampai menjelang bertumpu / menolak. Setelah tepat baru diukur walaupun sudah menetapkan ukuran untuk mengambil awalan dengan . 3. Setelah tepat baru diukur. 3.relatif jauh baru mencapai kecepatan maksimal. Cara mengambil awalan dalam Lompat Jauh antara lain dilakukan dengan jalan sebagai berikut: 1. Posisi saat berdiri pada titik awalan kaki dapat sejajar atau salah satu kaki ke depan. Pada 3-4 langkah terakhir ini perhatian dan tenaga yang dicurahkan untuk melakukan tumpuan pada papan / balok tumpu. 2. Setelah mencapai kecepatan maksimal. kemudian cepat (sprint). Si pelompat mencoba beberapa kali melakukan lari secepat-cepatnya dari permulaan tempat berdiri ke papan tolakan dari papan tolakan ke tempat permulaan akan melakukan awalan. 2. maka kira-kira 3-4 langkah terakhir bertumpu (take off) gerakan lari dilepas begitu saja tanpa mengurangi kecepatan yang telah dicapai sebelumnya. Cara pengambilan awalan mulai pelan. Si pelompat mencoba beberapa kali melakukan lari secepat-cepatnya dari permulaan tempat berdiri (tempat/tanda pada waktu akan melakukan awalan) ke papan tolakan sampai tempat pada papan tolakan diukur jaraknya. Hal ini tergantung dari kebiasaan masing-masing atlet. 4.

Tepatnya tahun 1880. Panjang mistar 3.Cara melakukan:Si pelompat mengambil awalan dari tengah. sebagai berikut: 1. jatuhnya badan diatas matras. Bila . .Pengertian Lompat Tinggi Lompat tinggi merupakan salah satu cabang olahraga yang melakukan gerakan lompatan untuk mencapai lompatan yang setinggi-tingginya.tepat.Dalam lompat Tinggi ada beberapa gaya yang dilakukan. Untuk menjaga kemungkinan-kemungkinan terjadi kegagalan melakukan tolakan. C. yaitu : a) Awalan. d) Mendarat.5 meter.15 m. gerakan berlari menuju mistar b) Tolakan.Gaya Gunting (Scissors) Gaya gunting bisa dikatakan Gaya Sweney.Tahapan pada lompat tinggi Semua gaya lompatan dapat dibedakan menjadi 4 tahap. biasanya si pelompat membuat dua buah tanda yaitu tanda I dan II. Diganti karena kurang ekonomis. B. (10) LOMPAT TINGGI A. . Tinggi tiang mistar min 2. gaya dan kedudukan badan ketika berada di udara dan di atas mistar. sebab pada waktu sebelumnya (yang lalu) masih digunakan gaya jongkok. . selanjutnya tahun 1896 sweny mengubahnya dari gaya jongkok menjadi gaya gunting. Ukuran lapangan sama dengan lompat jauh. . gerakan kaki menumpu pada lantai untuk menaikkan badan c) Melayang.

dengan langkah untuk awalan tersebut kira – kira 7-9 langkah. mendarat dengan kaki kiri. Waktu di udara badan berputar ke kanan.Tolakan. jadi kepala nunduk.Gaya Guling sisi (Western Roll) Pada gaya ini sama dengan gaya gunting. tidak dari tengah tapi dari samping. Yakni.Awalan. maka ayunan kaki kiri/ kanan kedepan.Gaya Fosbury Flop Cara melakukanya: . badan menghadap kembali ke tempat awalan tadi. Untuk tolakan kaki hampir sama dengan lompat tinggi yang lainya. .pelompat pada saat akan melompat. 2. Pantat usahakan lebih tinggi dari kepala. maka tolakan harus dilakukan disebelah kiri mistar. 7. Setelah kaki ayun itu melewati mistar cepat badan dibalikkan.Gaya Guling (Straddle) Pelompat mengambil awalan dari samping antara 3. 5. . tumpuan pakai kaki kiri (bila ayunan kaki kanan). Bila kaki tolakan menggunakan kaki kanan. harus kuat dengan bantuan ayunan kedua tangan untuk membantu mengangkat seluruh badan. Pada waktu mendarat atau jatuh yang pertama kali kena adalah kaki kanan dan tangan kanan bila tumpuan menggunakan kaki kiri. . 4. 3. Menumpu pada kaki kiri atau kanan. . Pada waktu . harus dilakukan dengan cepat dan menikung/ agak melingkar. hingga sikap badan diatas mistar telungkap. 9 langkah Tergantung ketinggian yang penting saat mengambil awalan langkahnya ganjil. maka ia mendarat (jatuh) dengan kaki lagi. lalu bergulingnya yaitu menyusur punggung tangan dan berakhir pada bahu. yaitu tumpuan kaki kiri jatuh kaki kiri lagi dan bila kaki kanan jatuhnyapun kaki kanan hanya beda awalan.

Peraturan asas lompat tinggi Peserta mestilah melonjak dengan sebelah kaki Peserta boleh mula melompat di mana-mana ketinggian permulaan yang disukainya Sesuatu lompatan akan dikira batal jika peserta menyentuh palang dan tidak melompat. Doronglah bahu dan lengan keatas pada saat take off. lari awalan dengan kecepatan yang terkontol. Lengkungan punggung di atas mistar.menolak kaki bersamaan dengan kedua tangan keatas disamping kepala. maka badan melompat keatas membuat putaran 180 derajat dan dilakukan bersama-sama. Hindari kecondongan tubuh kebelakang terlalu banyak. . dan prtama kali yang mendarat punggung dan bagian belakang kepala. dan dagu agak ditarik ke dekat dada dan punggung berada diatas mistar dengan busur melintang. sikap badan diatas mistar terlentang dengan kedua kaki tergantung lemas. mendarat pada karet busa dengan ukuran (5 x 5 meter dengan tinggi 60 cm lebih) dan diatasnya ditutup dengan matras sekitar 10 – 20 cm. Angkat kemudian luruskan kaki segera sesudah membuat lengkungan. Capailah gerakan yang cepat pada saat bertolak dan mendekati mistar. D. Yang diutamakan dalam melakuakan Lompatan ialah. .Cara mendarat. Usahakan mengangkat yang sempurna dengan putaran kedalam dari lutut kaki ayun (bebas). . Menjatuhkan palang semasa membuat lompatan atau menyentuh kawasan mendarat apabila tidak berjaya melompat Peserta yang gagal melompat melintasi palang sebanyak tiga kali bertutrut-turut (tanpa di ambil kira di aras mana kegagalan itu berlaku) akan terkeluar daripada pertandinga Seseorang peserta berhak meneruskan lompatan .Sikap badan diatas mistar.

(walaupun semua peserta lain gagal) sehingga dia tidak dapat menuruskannya lagi mengikut peraturan Ketinggian lompatan di ukur secara menegak dari aras tanah hingga bahagian tengah disebelah atas padang. (11) LOMPAT JANGKIT Pengertian Lompat Jangkit Pengertian lompat jangkit adalah lompat yang menggunakan .

kecepatan atau tenaga pelompat. pengertian lompat jangkit diatas hanya sebagian kecil yang dapat dijelaskan. dan lompat yang semakin tinggi yaitu datar. o pelompat tidak banyak kehilangan horizontal o pada setiap tolakan. lengan kiri dan kanan mengayun kearah yang sama o badan bagian atas sedikit membungkuk ke depan 3. Hal ini karena . hal ini karena lompat jangkit terdiri dari tiga lompatan jangkit. Pengertian lompat jangkit seperti ini karena Lompat jangkit atau sering disebut juga lompat tiga. lengan kiri dan kanan mengayun kearah yang berlawanan. Ciri-ciri pelompat datar o loncatan pertama datar dengan tidak terlalu mengerahkan tenaga. tinggi. Selain itu power atau stamina dalam lompat jangkit lebih banyak diperlukan daripada dalam lompat jauh. Ciri-ciri pelompat terjal o sudut tolak pada tolakan pertama sekitar 150 o pada tolakan untuk langkah. Ada tiga tipe dalam lompat jangkit. yaitu pelompat datar. Ciri-ciri pelompat alamiah o urutan jingkat. langkah (step). tetapi poinpoin diatas sudah mewakili dari pengertian lompat jangkit itu sendiri.lompatan tiga kali yaitu jingkat (hop).. Tipe lompatan mana yang akan dipilih dari ketiga tipe lompatan tersebut tergantung pada tipe mana yang lebih baik. 2. dan pelompat alamiah. namun bagi pemula sebaiknya menggunakan tipe lompat datar. langkah. lompat (jump) atau jingkat – lompat – lompat. langkah dan lompat. dan seterusnya lebih tinggi o gerakan lompatan ini agak mirip pelompat datar. ciri-cirinya antara lain : 1. terjal.

Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Jakarta: Dikti. Jakarta : Depdiknas. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Kelas V. Depdiknas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Badan Penelitian Dosen LPTK dan Guru Sekolah Menengah. Dirpom Tk dan SD. (2005). BNSP. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. . Research). Jakarta: Dirjen Manajemen Dikdasmen. Manajemen Penelitian. sedangkan dalam lompat jangkit pelompat melakukan tiga kali tolakan untuk memperoleh jarak yang sejauh-jauhnya. (2007). S. (12) DAFTAR PUSTAKA Arikunto. (2004).dalam lompat jauh pelompat hanya melakukan satu kali tolakan untuk memperoleh jarak sejauh-jauhnya. Pedoman Penilaian Hasil Belajar. BNSP. (2007). Depdiknas. (2003). sehingga dengan demikian dalam lompat jangkit pelompat harus mempunyai stamina dan power yang lebih banyak agar pelompat mampu melakukan tiga kali tolakan secara berturut-turut dengan maksimal. Depdiknas. Depdikbud. (1999).

Jakarta: Erlangga Rahmat. Ruseffendi. Jakarta: Erlangga Suryabrata. et al. (1992). Jakarta: Depdikbud Sinaga. Bandung: Jica UPI (13) . Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas IV. S. M. et al. Perencanaan Pengajaran. Belajar Matematika dengan Orientasi Penemuan dan Pemecahan Masalah. Common Textbook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. (2006). (2003). Jakarta: Rineka Cipta. Hollands Roy. E. Metodologi Penelitian Jakarta : PT. Bandung: Sarana Pancakarya. Suherman. (2002). Kamus Matematika Departement of Mathematics Dundee Colloge of Education. (1983). Pendidikan Matematika 3. Raja Grafindo Persada. (2006). et al (2001).Haryanto.