MENENTUKAN LOKASI USAHA Salah satu keputusan yang sangat penting dalam memulai usaha dagang adalah memilih

lokasi yang tepat dan strategis sebagai tempat usaha. Karena lokasi ikut berperan menentukan tingkat kesuksesan usaha tersebut. Biasanya, orang melakukan studi (riset) pasar sebelum memulai usahanya. Riset ini salah satunya mengetahui secara demografis potensi usaha dan informasi yang berhubungan dengan lokasi tempat belanja masyarakat. Tidak ada salahnya jika merinci gambaran dan potensi lokasi yang direncanakan. Berikut beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi: 1.KEPADATAN PENDUDUK Kepadatan penduduk menjadi salah satu indikator besarnya potensi pasar usaha yang dijalankan, meskipun hal ini belum menjadi ukuran final. Apakah bisa dijadikan sebagai tempat belanja masyarakat sekitarnya?

2.PENGHASILAN Jika kepadatan penduduk tidak linear dengan daya beli masyarakatnya, maka berarti lokasi itu tidak tepat sebagai tempat usaha yang akan dijalankan. Karena itu, perlu dicermati bagaimana penghasilan penduduk diarea trade’nya. Apakah lingkungan dekat menyukai jika mereka ditawarkan produk dari usaha yang akan dijalankan?

3.JUMLAH USAHA Adakalanya, lokasi yang dipilih merupakan pusat shopping atau sentra perdagangan. Apakah banyaknya usaha berpengaruh kepada lokasi? Apakah type bisnis diarea itu menggunakan produk atau service yang ditawarkan?

4.TEMPAT Ada beberapa type tempat yang bisa dipilih untuk usaha yang akan dijalankan. Seperti shopping mall, sentra usaha, perumahan, pinggir jalan dsb…. Perlu juga dipertanyakan, apa usaha yang sukses berada dilokasi tersebut dan titik lokasi mana yang paling cocok untuk usaha yang akan dijalankan.

5.JUMLAH TRAFFIC

Usia penduduk yang menjadi target pasar. 8. rumah sakit. Apakah area sekitar lokasi cukup bersih.Jumlah penduduk.AKSES Lokasi yang jarak tempuhnya sangat jauh menjadi kontra produktif bagi konsumennya. bisa jadi lokasi itu menjadi tidak strategis. perlu dukungan pihak-pihak terkait tentang usaha yang akan dijalankan! Perlu juga diperhatikan: 1. per-jam atau per-harinya? Apakah orang yang berlalu lalang akan dapat melihat tanda bisnis dan apakah lokasinya mudah diakses? 6. aman dan terkendali? Apakah lingkungan juga cukup baik dan menerima keberadaan usaha tersebut? Selanjutnya.Berapa banyak kendaraan yang melintas dilokasi itu per-menit. Perlu juga dipertanyakan. 10. sebaiknya jangan dipaksakan. perkantoran atau kampus/sekolahan. 4. Bisa juga lokasinya di terminal.Income setiap keluarga.APPEARANCE Semua orang pasti ingin usahanya terlihat berwibawa dan lingkungan disekeliling lokasi tidak mengganggu usaha tersebut. 2.KOMPETISI Perlu dipertimbangkan tingkat kompetisi usaha yang akan dijalankan.Jumlah keluarga.PUSAT KERAMAIAN Jika lokasi berada dipusat keramaian dan tempat yang dipenuhi orang berlalu lalang biasanya harga sewa lebih mahal. apakah zona lokasi cukup pantas untuk usaha yang akan dijalankan? 9. . Lokasi sebaiknya culup dekat dan mudah diakses. 7.ZONA Jika lokasi yang dipilih tidak cocok dengan usaha yang akan dijalankan. Jika disekitar lokasi tersebut sudah jenuh dengan usaha yang menawarkan produk sejenis. 3.

9.Kriteria tambahan: 1. 4.Prosentase penduduk yang menjadi target. 3.Kompetisi diarea sekitar lokasi. 6.Jumlah rumah tangga dengan income yang lebih besar.Prosentase penduduk berdasarkan perkerjaan.Jumlah pria dan wanitanya. 2.Prosentase penduduk berdasarkan pendidikan.Kepadatan penduduk. http://riderantimabox. 7.Income keluarga yang medium.com/2012/12/01/menentukan-lokasi-usaha/ . 5.Prosentase populasi berdasarkan incom yang masuk kategori konsumen potensial. 10.wordpress. 8.Rata-rata income keluarga.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful