Tugas#2

By RIZKY PUTRI PRATIWI email: rizkyputripratiwi@rocketmail.com

KOMUNITAS BLOGGER UNIVERSITAS SRIWIJAYA

NIM 09110303001

FILE PDF --> userfiles/Tugas#2.pdf

MODEL REFERENSI OSI DAN DATA LINK CONTROL

ABSTRAK

Model referensi OSI (Open System Interconnection) menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software aplikasi di sebuah komputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer lain.

mentransfer. Application Merupakan lapisan aplikasi yang menyediakan layanan end-to-end dalam konektivitas antar individu dalam menggunakan data network. agar komunikasi dapat efektif banyak hal tentang pengendalian dan managemen pertukaran yang harus diperhatikan.Pembahasan kita kali ini mengenai pengiriman sinyal melewati sebuah saluran transmisi. kompresi data dan enkripsi. Session Lapisan sesi menyediakan layanan untuk mengatur dialog dan mengelola pertukaran data dari lapisan presentasi.[1] Bertugas dalam pembentukan dan pengkodean data. dan mengumpulkan kembali data untuk akhir komunikasi.[3] 5. dan recovery (perbaikan data/back up). pengelompokan. Data link control ini bekerja di lapisan ke dua pada model referensi OSI. Transport Lapisan transport mendefinisikan layanan segmen. Connection Control. Flow Control. Encapsulation. Addressing. Presentation Lapisan ini memberikan representasi umum dari data yang ditransfer antar layanan aplikasi layer. Error Control. TCP/IP. Segmentation.[3] 4. layer OSI 7. Layer &ndash. Multiplexing.[3] 6.[1] . Kata Kunci : Layer OSI.[1] Selain itu.[1] Berupa aplikasi yang mengakses lingkungan OSI. Ordered Delivery. Reassemble. lapisan sesi juga bertugas mengendalikan dialog antar aplikasi.

fungsional dan prosedur untuk mengaktifkan.Kualitas layanan yang diutamakan[3] 3.Konversi frame ke pola 1 dan 0 (bit)[4] Tentang Segmentation Membagi blog yang lebih besar menjadi lebih kecil.Membuat data . Data Link Menjelaskan metode untuk pertukaran frame data antar perangkat melalui media umum. Lapisan yang lebih tinggi dapat diasumsikan sebagai transmisi tanpa kesalahan.[1] Berupa pengaktifan.Procedural[3] Protokol lapisan ini menggambarkan cara mekanik.Tanpa kehilangan . Solusi dari masalah tersebut data yang akan di kirimkan melalui suatu jaringan akan di pecah-pecah menjadi bagian-bagian kecil pemecahan ini disebut segmentasi. Atau penambahan informasi kontrol terhadap data.[3] 2.[1] Jelaskan setiap fungsi diatas dan berikan contohnya Tentang Encapsulation Merupakan proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi jenis data lainnya. Physical Antarmuka fisik antar peralatan: .Masukkan segment dalam paket atau datagram .Masukkan data dalam segment . gambar. pemeliharaan. disebut segmentasi atau fragmention dalam TCP/IP. listrik. Terjadi ketika sebuah protokol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protokol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data ke format data yang dipahami oleh protokol tersebut.Tanpa duplikat .Tanpa kesalahan Dalam urutan/secara bertahap . maupun video melalui jaringan dan pada saat proses pengiriman data itu rusak makan seluruh data akan di kirim ulang. tukar menukar potonganpotongan data melalui jaringan antar perangkat yang teridentifikasi.[3] 1.Masukkan paket dalam frame .Karakteristik lapisan ini yaitu: . pemutusan hubungan yang berjalan dengan baik. Blok Pada segmentasi. Network Berfungsi untuk mengalirkan informasi.Menukarkan data antar end-system .Mechanical . data akan di kirim ke tujuan bisa melalui jalur yang berbeda-beda sehingga bila ada satu data yang rusak maka yang di kirim ulang hanya data yang rusak tersebut.[2] Lima langkah konversi untuk enkapsulasi data: . pendekteksian dan pegendalian kesalahan. mempertahankan dan menonaktifkan koneksi fisik untuk transmisi data bit ke ke ataupun dari perangkat network.Electrical Functional .[5] .[1] Lapisan yang lebih tinggi tidak perlu mengetahui tentang teknologi yang digunakan. Bila kita akan mengirim suatu file.

Transfer data .[9] . Proses ini terjadi pada penerima informasi.[13] Tentang Flow Control Flow control adalah suatu teknik untuk menjamin bahwa sebuah stasiun pengirim tidak membanjiri stasiun penerima dengan data.Hubungan terbentuk . Stasiun penerima secara khas akan menyediakan .Pemutusan koneksi .[9] Tentang Connection Control Membangun hubungan komunikasi antara transmitter dan receiver termasuk dalam pengiriman data dan mengakhiri hubungan tranmisi. diupayakan agar PDU bertahan.Tentang Reassemble Reassembly adalah proses penggabungan lagi paket-paket tersebut menjadi satu paket lengkap.Dapat menginterupsi hubungan dan dapat memperbaiki kembali Nomor urut digunakan untuk : o Pengiriman berurut / ordered delivery o Pengendalian / kontrol aliran o Pengendalian / kontrol kesalahan[3] Tentang Ordered Delivery Ordered Delivery (Pengiriman Sesuai Order).

Ack/Nak : Provide sender some feedback about other end . yaitu: . biasanya menggunakan teknik CRC (Cyclic Redundancy Check) . Pada proses ARQ dilakukan beberapa langkah diantaranya: .Error detection . dia harus mengerjakan beberapa poses sebelum dia dapat membersihkan buffer dan mempersiapkan penerimaan data berikutnya. proses ini dilakukan secara otomatis dan dikenal sebagai Automatic Repeat Request (ARQ). Alamat IP digunakan oleh UNIX.Acknowledgment Retransmission after timeout . Ketika data diterima. ketika error terdeteksi. dalam urutan yang tepat ke lapisan jaringan.Go back and ARQ .Automatic Repeat Request (ARQ). Mekanisme Error control meliputi: . dan Alamat Media Access Control (MAC) (alamat fisik). Beberapa model pengalamatan.[11] . antara lain Nama Komputer (NetBIOS Name) digunakan pleh Microsoft. [12] Pengalamatan (addressing) juga didefinisikan sebagai pemberian alamat yang digunakan sebagai identitas unit pengirim (source address) dan unit penerima (destination address) dan bersifat unik.Error detection.suatu buffer data dengan panjang tertentu.Selective report ARQ[6] Tentang Addressing Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. pengirim meminta mengirim ulang frame yang terjadi kesalahan.[6] Tentang Error Control Tujuan dilakukan pengontrolan terhadap error adalah untuk menyampaikan frame-frame tanpa error.Time-out: for the case when entire packet or ack is lost . Teknik yang umum digunakan untuk error control berbasis pada dua fungsi.Negative Acknowledgment Macam-macam error control: Stop and wait ARQ .Sequence numbers: to distinguish retransmissions from originals Untuk menghindari terjadinya error atau memperbaiki jika terjadi error yang dilakukan adalah melakukan perngiriman message secara berulang.

sehingga memungkinkan terjadinya transmisi sinyal yang banyak melalui media tunggal. statistical time-division multiplexing (STDM)[7] Macam-macam protokol TCP/IP dan fungsinya: l Fungsi Fragmentasi dan Reassembly adalah membagi informasi menjadi beberapa paket data saat mengirim dan saat menerimaakan membangun lagi jadi paket berita yang lengkap. membawa sejumlah hubungan pada satu kabel serat optik dan menggabungkan jalur ISDN untuk memperoleh bandwidth[3] Keuntungannya : &middot. l Fungsi Error Control adalah mendeteksi adanya kesalahan pada saat pengiriman data.Tentang Multiplexing Multiplexing merupakan rangkaian yang memiliki banyak input tetapi hanya 1 output dan dengan menggunakan sinyal-sinyal kendali. kode-kode koreksi dan lain-lain. l Fungsi Encapsulation adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan alamat. memanfaatkan sumberdaya seefisien mungkin &middot.nya memerlukan penyaluran data dari beberapa terminal ke titik yang sama 3 teknik multiplexing : &middot. . Memetakan hubungan pada satu tingkat dari satu hubungan ke hubungan lain. Karakteristik permintaan komunikasi pada umum. hanya satu line transmisi yang dibutuhkan &middot. (penggabungan 2 sinyal atau lebih untuk disalurkan ke dalam 1 saluran komunikasi). time-division multiplexing (TDM) &middot. l Fungsi Connection Control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver. l Fungsi Flow Control adalah mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver. host hanya butuh satu port I/O untuk n terminal &middot. menghemat biaya penggunaan saluran komunikasi &middot. kita dapat mengatur penyaluran input tertentu kepada outputnya.[7] Mendukung banyak hubungan pada satu mesin. Menggunakan kapasitas saluran semaximum mungkin &middot. frequency-division multiplexing (FDM) &middot.

EncapsulationFungsi dari encapsulation adalah melengkapi informasi yang dikirimkan dengan address. l Internetwork.[10] Protokol TCP/IP ini tersusun atas 4 (empat) layer yaitu: l Application adalah sebuah aplikasi yang mengirimkan data ke transport layer. email programs dan web browsers. Network Interface adalah abstraksi yang memudahkan komunikasi antara Multitude Arsitektur Network. Misalnya FTP. bertanggung jawab untuk komunikasi antara aplikasi yang mengatur aluran informasi dan mungkin menyediakan pemeriksaan error. Sedangkan fungsi protokol secara detail dapat dijelaskan berikut: 1. 2. . kode-kode koreksi dan lain-lain. l &middot.l Fungsi Transmission Service adalah memberi pelayanan komunikasi data (prioritas. l Transport. bertanggung jawab untuk komunikasi antara mesin. Networks Interface adalah level yang paling bawah dari susunan TCP/IP. keamanan dan perlindungan data).Fragmentasi dan reassemblyFungsi dari fragmentasi dan reassembly adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi menjadi paket informasi yang lengkap.[10] Fungsi ProtokolSecara umum fungsi dari protokol adalah untuk menghubungkan sisi pengirim dan sisi penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan benar. Merupakan device driver yang memungkinkan datagaram IP dikirim ke atau dari pisikal network.

Connection controlFungsi dari connection control adalah membangun hubungan (connection) komunikasidari sisi pengirim dan sisi penerima. hendaknya memperhatikan bagaimana menentukan interface yang tepat yang akan ditempatkan di antara dua layer yang bersangkutan. isi dan fungsi setiap layer berbeda-beda.id%2Fdata%2FKD%2520WS%2520 02. nama.ac.l1=en&amp.html?cid=0600000000&amp.3.ei=v RET-b2KsrTrQevmtywDw&amp. jumlah. Hal ini mengandung arti supaya jaringan yang dibuat nantinya tidak menjadi rumit.mercubuana. Daftar Pustaka http://exp1.ppt&amp. Akan tetapi tujuan dari setiap layer ini adalah memberi layanan ke layer yang ada di atasnya.ved=0CCwQF jAC&amp.cna.chapter=2[1] http://id.Transmission serviceFungsi dari transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.url=http%3A%2F%2Fjournal.unsri.Flow controlBerfungsi sebagai pengatur perjalanan datadari sisi pengirim ke sisi penerima.source=web &amp. 5.id/url?sa=t&amp.l2= none&amp.Susunan ProtokolProtokol jaringan disusun oleh dalam bentuk lapisan-lapisan (layer).id/theme/cheetah.co. baik itu dalam proses pengirimanmaupun pada waktu data itu diterima.Susunan dari layer menunjukkan tahapan dalam melakukan komunikasi.ilkom.cd=3&amp.q=kontrol%20koneksi&amp.Error controlDalam pengiriman data tak lepas dari kesalahan.Pada saat merencanakan sebuah jaringan. Interface menentukan layanan layer yang di bawah kepada layer yang di atasnya. dimana dalam membangun hubungan ini jugatermasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhiri hubungan.usg=AFQjCNHHF- . Fungsi dari error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan. Antara setiap layer yang berdekatan terdapat sebuah interface. 4.rct=j&amp. Di dalamlayer ini.org/wiki/Enkapsulasi_(komputer) [2] http://www.ac.google.wikipedia. 6.

org/wiki/Alamat_IP [12] http://file.ac.id/materi/jarkom/multiplexing.wordpress.wikipedia.Nq0fdmhAQBsFz2Gp2JIImWgA&amp.ugm.sig2=s3ON gcfv3OARHwWZBGuNOg [6] http://www.google.ac.q=multiplexing&amp.unsri.wordpress.com/2010/07/30/protocol-proses-enkapsulasi/ [4] http://corenova.id%2 Ftahir%2FBAHAN-KULI AH%2FKOMDAT%2Fbimbingan-khusus%2FMAKALAHjaringan-komputer.ved=0CDEQFjAD&amp.com/2010/07/01/protokol/ [9] http://fonega.ei=gm9FT8OuCM XXrQf1o821Dw&amp.doc&amp.pdf [13] .com/2010/10/24/proses-pengiriman-data-di-internet/ [5] http://www.rct=j&amp.url=http%3A%2F%2F www.usg=AFQjCNF0Ibg42IqxANG1VOWRgeY8obxNpA&amp.blogdetik.sig2=gD0tLJrJwZdtJSrkBB3Lfg [3] http://dat36.upi.com/2010/10/addressing-pengalamatan.usg=AFQjCNH0fir4AjcBMLJcWb6Zz15ZIC7bSw&amp.source=web&amp.sqi=2&amp.sig2=jkix3smdG Kr8rCsnZB4qdQ[7] http://deris.ac.id/url?sa=t&amp.url=http%3A%2F%2Funhas.id%2F~warsun%2Ftelkom%2Fpresentasi%2Fkom_radio%2Fkel%25202%2F MULTIPLEXING.id/url?sa=t&amp.blogdetik. ppt&amp.cd=4&amp.rct=j&amp.co.ei=N3NFT_zfC4nQrQfmMXLDw&amp.co.pdf [8] http://nurichsan.ved=0CEAQFjAD&amp.google.blogspot.q=yang%20dimaksud%20dengan%20kont rol%20koneksi&amp._ILMU_KOMPUTER/JAJANG/Gado2/protoko l.com/?p=356 [10] http://farisnya. source=web&amp.c d=4&amp.te.html [11] http://id.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful