PROSEDUR

PEMBAYARAN GAJI/UPAH, TUNJANGAN & PAJAK MP-P-HR-005
Dibuat Oleh Diperiksa Oleh Disetujui Oleh

Kosasih HR Supervisor

Dodi Hilman HR Manager

dr. Thomas Tabalujan, Msc President Director

Dokumen ini milik PT. Kartika Bina Medikatama. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT. Kartika Bina Medikatama

Kartika Bina Medikatama .PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. Kartika Bina Medikatama. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 2 dari 18 Sejarah Perubahan No. Revisi Tanggal Uraian Perubahan Halaman DAFTAR ISI Halaman Dokumen ini milik PT. TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT.

Kartika Bina Medikatama . REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 3 dari 18 HALAMAN JUDUL SEJARAH PERUBAHAN DAFTAR ISI TUJUAN RUANG LINGKUP REFERENSI PENANGGUNG JAWAB DETAIL PROSEDUR FORMULIR YANG DIGUNAKAN 1 2 3 4 4 4 4 4 11 1. TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO. TUJUAN Prosedur ini dibuat untuk menjelaskan prosedur pembayaran gaji/upah. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT. Kartika Bina Medikatama.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. tunjangan dan semua jenis pembayaran hak Karyawan sehingga menjadi Dokumen ini milik PT.

a. REFERENSI 3. OHSAS 18001 : 2007.1. d. a.3. lembur. 5.2. b.2. Dokumen ini milik PT. Kartika Bina Medikatama .3. Undang Undang Ketenagakerjaan & Kepmenaker yang berlaku. Tunjangan Hari Raya. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 4 dari 18 pedoman dalam pelaksanaan dan juga sebagai alat untuk pengendali pelaksanaan yang akurat dan tepat waktu. Data kehadiran Karyawan yang berkerja di lokasi/site diperoleh melalui timesheet yang direkap oleh Medical Site Dept. dari daftar Karyawan pelanggan parkir gedung. Dibuatkan daftar potongan gaji karyawan yaitu. 3. dan b. lain-lain jika ada. Bonus yang berlaku di PT. Pada setiap tanggal 20 dilakukan pengumpulan data kehadiran (absensi). DETAIL PROSEDUR 5. RUANG LINGKUP Prosedur ini mencakup semua jenis pembayaran kompensasi dan benefit kepada Karyawan termasuk gaji/upah. Kartika Bina Medikatama.5. Kartika Bina Medikatama. Menjelang tanggal 20. 4.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. Persyaratan ISO 9001 : 2008. HR Manager. Peraturan Perusahaan PT Kartika Bina Medikatama. Kartika Bina Medikatama. Data kehadiran Karyawan di kantor Menara Kuningan dan Klinik Kartika Chandra yaitu dengan mengunduh (download) data kehadiran dari mesin pencatat kehadiran (finger print) atau dari daftar absensi. pinjaman Karyawan dari buku daftar pinjaman Karyawan. TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO. 3. tunjangan – tunjangan.1. termasuk jika ada perubahan gaji dan/atau tunjangan pada Karyawan.1. Manual QHS PT. 3. Kemudian dilakukan pembaruan jika ada perubahan data Karyawan. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT. dilakukan review data dan daftar gaji Karyawan (payroll) bulan sebelumnya. 5.4.2.1. uang makan. potongan uang transport berdasarkan data ketidakhadiran kerja. 3. 5. 2. parkir. PENANGGUNG JAWAB 4.1. c. HR Supervisor. 5. Pembayaran Gaji & Tunjangan pada Akhir Bulan. penggantian biaya pengobatan. 3.1.1. 4.

Setelah perhitungan dipastikan sudah benar. TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO. Pada tanggl 26 daftar transfer gaji serta permintaan transfer gaji diserahkan ke Bank (Bank Mandiri) untuk dilakukan transfer gaji pada tanggal 27. c. 5.8.1.1. siapkan dokumen dokumen.1.10. Pembayaran Tunjangan Lokasi setiap tanggal 15 khusus untuk karyawan MP yang bertugas di lokasi BP Tangguh. 5. 5. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT. Bagian payroll segera menyiapkan dan mencetak slip gaji dari program payroll untuk kemudian diserahkan ke masing-masing karyawan.6.7.1. 5. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 5 dari 18 5. Memberitahukan secara lisan atau email ke Bagian Keuangan total gaji dan tunjangan yang akan dibayarkan pada bulan yang bersangkutan sehingga Bagian Keuangan dapat menyiapkan dananya. Kartika Bina Medikatama. Data-data tersebut diatas di-input ke program payroll untuk dilakukan perhitungan (lihat Instruksi Kerja Proses Perhitungan Gaji di Program Payroll). Kartika Bina Medikatama .5. Surat ke Bank Mandiri tentang perintah pembayaran (contoh terlampir). diteruskan ke Finance Manager untuk diketahui dan ke Direktur Utama untuk mendapat persetujuan pembayaran.9.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. Dokumen ini milik PT.2.1. 5. 5. Untuk Karyawan yang berada di site. Hasil perhitungan tersebut dicetak (print) untuk dilakukan pengecekan. Tanggal 28 gaji sudah diterima oleh seluruh Karyawan.1. Jika tanggal 27 jatuh pada hari Sabtu. a. Perhitungan pajak. Pada tanggal 24 atau 25 hasil perhitungan gaji serta data-data dan dokumen pendukung diserahkan ke HR Manager untuk diperiksa.1. Setelah disetujui dibuatkan Daftar Transfer Gaji. maka seluruh proses dilakukan sehari lebih awal. b.4. nama bank dan nomor rekening serta jumlah yang akan ditransfer. Formulir permintaan uang ke Bagian Keuangan sejumlah gaji yang akan dibayar.2. 5. yaitu nama Karyawan/penerima gaji.1. Pembayaran Tunjangan dan Upah Tengah Bulan 5. 5. atau paling lambat pada akhir bulan. slip gaji disampaikan melalui email ke alamat email masing – masing Karyawan.1.11.

Sebelum tanggal 15 Bagian Payroll mencaritahu nama nama karyawan MP BP Tangguh yang turun/kembali dari lokasi (from site) antara tanggal 1 – 15.2. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT. kerja pengganti sementara 5.6.4.2. TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO.1.2. 1 – 15 menggunakan MS Excel (secara manual) sesuai dengan jumlah tunjangan lokasi (28 hari kerja atau on duty di lokasi). a. 5.2.1. Dokumen ini milik PT.2. Kartika Bina Medikatama .2.2.3. 5. 5. 5. Pada tanggal 12 atau 13 hasil perhitungan Tunjangan Lokasi serta data-data dan dokumen pendukung diserahkan ke HR Manager untuk diperiksa.1. Permintaan uang ke Bagian Keuangan sejumlah Tunjangan Lokasi yang akan dibayar.5.1. Pembayaran honorarium tenaga (replacer) di Klinik Kartika Chandra.1. diteruskan ke Finance Manager untuk diketahui dan ke Direktur Utama untuk mendapat persetujuan pembayaran Tunjangan Lokasih karyawan MP BP-Tangguh. yaitu berdasarkan timesheet atau schedule yang dibuat dan diterima dari Medical Admin. Perhitungan pajak.2. c.1.1. MP BP Tangguh. 5. b. siapkan dokumen. nomor rekening dan jumlah pembayaran) berikut cek/giro untuk kemudian bank melakukan transfer ke rekening masing-masing Karyawan pada hari yang sama.2. Surat untuk Bank Mandiri tentang perintah pembayaran (contoh terlampir). Dibuatkan perhitungan pembayaran Tunjangan Lokasi masing-masing karyawan yang turun (from site) antara tgl. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 6 dari 18 5. Bagian payroll segera menyiapkan dan mencetak slip Tunjangan Lokasi dari program payroll untuk kemudian diserahkan ke masing-masing karyawan yang disampaikan melalui email masing – masing Karyawan. Pada tanggal 15 pagi Bagian Keuangan menyerahkan ke bank (Bank Mandiri) daftar pembayaran Tunjangan Lokasi Karyawan (daftar nama. Setelah perhitungan dipastikan sudah benar.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. Kartika Bina Medikatama.

5. Kemudian dilakukan perhitungan upah lembur secara manual menggunakan aplikasi MS Excel. Setiap awal bulan Bagian Payroll mengumpulkan data jam kerja lembur Karyawan melalui atasan masing-masing karyawan berupa surat perintah lembur atau timesheet lembur yang sudah mendapat persetujuan serta ditandatangani oleh pemberi perintah lembur/ atasan dan Kepala Bagian/ Dept. Daftar tersebut dicek untuk memastikan bahwa daftar hadir tersebut sudah mendapat persetujuan dan tanda tangan dari Clinic Manager.2. TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO.2. 5. Dibuatkan perhitungan untuk mengetahui besarnya honorarium berdasarkan jumlah hari dikali honor per hari sesuai dengan tarif honorarium replacer per posisi yang berlaku. Data jam lembur karyawan tersebut dicocokan dengan data kehadiran Karyawan dari alat pencatat kehadiran (finger print). Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT.3. 5.3.1. Persetujuan cukup oleh Finance Manager karena jumlah pembayaran honorarium masih dalam batas wewenang Finance Manager.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH.3.2.3. Hasil perhitungan honorarium serta data-data dan dokumen pendukung diserahkan ke HR Manager untuk diperiksa. Setiap hari Senin Bagian Payroll menerima daftar hadir tenaga pengganti sementara/replacer yang bertugas di Klinik Kartika Chandra.2. 5.4. Head untuk periode pelaksanaan lembur pada bulan sebelumnya.3. Perhitungan upah lembur Dokumen ini milik PT.1. Kartika Bina Medikatama. 5.2.2. Bagian payroll segera menyiapkan dan mencetak slip pembayaran honorarium untuk kemudian diserahkan ke masing-masing penerima honor.3.2. 5. diteruskan ke Finance Manager untuk mendapat persetujuan pembayaran honorarium. 5. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 7 dari 18 5. 5.2. Kartika Bina Medikatama . beserta cek/giro atau tunai untuk kemudian bank menstransfer ke rekening masing-masing penerima honor.6. Pembayaran Upah Lembur 5.2.2. Pada setiap pertengahan dan akhir bulan Bagian Keuangan menyampaikan ke bank instruksi pembayaran melalui transfer dengan lampiran Daftar Penerima Honorarium.2.2.2.2. 5.

Surat perintah lembur/timesheet lembur. b.5.3. Dokumen ini milik PT.4. c. Kartika Bina Medikatama . Pembayaran Klaim Biaya Pengobatan/ Kesehatan 5.6. Prosedur Klaim Oleh Karyawan Dijelaskan dan dapat dilihat pada Prosedur Fasilitas Pemeliharaan dan Perawatan Kesehatan.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH.3. 5. Pada setiap pertengahan atau akhir bulan Bagian Keuangan menyampaikan ke bank instruksi pembayaran melalui transfer dengan lampiran Daftar Karyawan Penerima Lembur termasuk nomor rekening dan jumlah. Setelah dilakukan pengecekan dan dipastikan perhitungan sudah benar. berkas perhitungan dan pembayaran lembur diserahkan ke HR Manager diperiksa dan diketahui. dilampirkan dengan. Kartika Bina Medikatama. Rekapitulasi hasil perhitungan upah lembur masing-masing karyawan.4. TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT. c.4.4. 5. Formulir permintaan uang. b.1. Bagian payroll segera menyiapkan dan mencetak slip pembayaran lembur untuk kemudian diserahkan ke masing-masing Karyawan.3. 5. 5. diteruskan ke Finance Manager untuk diketahui dan disetujui jika jumlah keseluruhan upah lembur yang akan dibayarkan masih dalam abates wewenang Finance Manager. HRD melengkapi form klaim pengobatan dan diserahkan ke Medical Claim Adjuster. HRD Memeriksa bukti-bukti form klaim pengobatan batas kadaluarsa dukumen-dokumen pengobatan (batas kadaluarsa adalah 60 hari). 5. Medical Claim Adjuster melakukan pengecekan dan review atas kesesuaian dokumen klaim (item yang tidak sesuai dicoret/dikurangi). Prosedur Pembayaran Klaim Pengobatan a.2. Berkas yang diserahkan meliputi. a. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 8 dari 18 berdasarkan jam lembur dilakukan sesuai ketentuan perhitungan upah lembur dari Pemerintah (Kepmenakertrans RI) yang berlaku. beserta cek/giro atau tunai untuk kemudian bank menstransfer ke rekening masing-masing penerima honor.

HRD mengisi dan mengajukan permohon permintaan uang kemudian diserahkan ke Bagian Keuangan. Kematian dan Hari Tua). Uang makan Karyawan di kantor Pusat (Menara Kuningan) dan Kartika Chandra) dibayar mingguan sesuai daftar hadir.1.5. Medical Claim Adjuster menyerahkan kembali dokumendokumen yang sudah dicek dan di review ke HRD e. Kartika Bina Medikatama. Mengajukan formulir permohonan permintaan uang berdasarkan jumlah perhitungan rincian iuran Jamsostek ke Bagian Keuangan untuk dilakukan pembayaran.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. 5.5. f.3.5. 5. HRD melakukan pemeriksaan saldo plafon kesehatan dan dilakukan proses pencatatan dan pemotongan plafond.5. 5. Pembayaran Uang Makan Harian Karyawan 5. Dokumen ini milik PT. sebelum tanggal 15. TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO.6.4.5. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 9 dari 18 d. g.Formulir perubahan kenaikan upah (form Jamsostek 2s pendukung) 5.1.Formulir tenaga kerja keluar (form Jamsostek 1b) .5. Proses pembayaran dilakukan oleh Bagian Keuangan dengan ditransfer ke rekening PT Jamsostek. 5. 5.Formulir pendaftaran tenaga kerja (form Jamsostek a1) . Kemudian dilakukan perhitungan jumlah iuran Jamsostek berdasarkan data-data isian formulir Jamsostek tersebut. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT.6.5.2.Formulir rincian iuran Jamsostek (form Jamsostek 2a) . Kartika Bina Medikatama . Atas hasil review dan update data tersebut. Proses pembayaran dilakukan oleh Bagian Keuangan dan uang penggantian pengobatan ditransfer ke rekening karyawan. serta perubahan gaji. Bagian Penggajian membuat laporan perubahan data kepersertaan Jamsostek dengan mengisi fomulir-formulir Jamsostek sebagai berikut : . 5.Formulir perubahan penurunan upah (form Jamsostek 2a pendukung) . Jamsostek (Jaminan Kecelakaan Kerja. Setiap awal bulan Bagian Penggajian melakukan review dan update data karyawan yang masuk atau keluar.

Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT. menyetorkan serta melaporkan jumlah pembayaran Pajak PPh21 masing-masing karyawan tersebut ke Kantor Pajak.6.4. Pembayaran dan Pelaporan Pajak Penghasilan (Pph Pasal 21) 5. mengajukan permohonan permintaan uang ke Bagian Keuangan dengan lampiran nama Karyawan penerima Uang Makan dan jumlah untuk masing – masing. Bagian Keuangan menyiapkan uang makan sesuai permintaan.2.7.7. Setiap awal tahun / bulan Januari.1.3.7. kemudian dibuatkan daftar pembayaran uang makan masing-masing Karyawan. 5. Untuk Karyawan di klinik KC.4.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. Kartika Bina Medikatama . melakukan perhitungan pembayaran uang makan bagi Karyawan untuk periode 1 minggu sebelumnya dengan cara : a. menerima daftar pembayaran uang makan masingmasing karyawan yang sudah direkap dan disiapkan oleh Medical Admin klinik Kartika Chandra. 5. HR Dept.6.2.6. Rekap data tersebut diserahkan ke Accounting untuk dilakukan perhitungan ulang atas PPh21 setiap karyawan. uang makan dikirim melalui petugas Kurir ke Kasir di KC dan kemudian Kasir sebelum jam 12 mengumumkan bahwa Karyawan sudah dapat mengambil uang makan.5. 5. Untuk Karyawan yang bertugas di klinik Kartika Chandra.7. 5.6. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 10 dari 18 5. Kartika Bina Medikatama. dan sebelum jam 12 mengumumkan kepada Karyawan bahwa uang makan sudah bisa diambil. HR Dept. Data perhitungan untuk Manara Kuningan adalah berdasarkan data absensi yang diunduh (download) dari mesin finger print untuk periode absensi 1 minggu sebelumnya. 5.7. 5. b. Setiap akhir bulan (selesai pembayaran gaji) Bagian Penggajian menyerahkan rekap pembayaran gaji karyawan dan potongan pajak penghasilan (Pph 21) masing-masing Karyawan ke Bagian Accounting/Pajak. Bagian Penggajian merekap data penghasilan serta potongan pajak PPh21 masing – masing Karyawan dalam satu tahun sebelumnya. Bagian Accounting akan mencatat. TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO. 5. Setiap hari Senin pagi HR Dept. Akan diketahui Dokumen ini milik PT. membuat SSP (Surat Setoran Pajak).3.

FM-HR-005-04 : formulir potongan uang transport 6. Bagian Accounting menyetorkan serta melaporkan jumlah pembayaran Pajak PPh21 tahunan masingmasing karyawan tersebut ke Kantor Pajak.1. Pada awal tahun.12.7. FM-HR-005-05 : formulir potongan pinjaman karyawan 6.10. FM-HR-005-11 : formulir perhitungan lembur 6.11.8. Pada awal tahun. FM-HR-005-12 : formulir klaim pengobatan 6. FM-HR-005-01 : time Sheet 6.7. FM-HR-005-03 : formulir perhitungan gaji bulanan karyawan site 6. Kartika Bina Medikatama.9. FM-HR-005-10 : timesheet lembur 6.3. FM-HR-005-13 : formulir/kartu penggunaan fasilitas kesehatan 6.5. Karyawan yang kurang potong/kurang bayar atau lebih potong/ lebih bayar pajak.2. 5.13.5.6.7. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT. Bagian Accounting/Pajak melengakpi formulir 1721 – A1 sebagai bukti potong pajak PPh21 tahunan untuk masing-masing karyawan. Bagian Acounting/ Pajak akan menyampaikan ke HR Dept/ Penggajian hasil perhitungan ulanga atas Pph 21.7.4.9.7. FORMULIR YANG DIGUNAKAN 6.14. FM-HR-005-08 : formulir perhitungan pembayaran tunjangan lokasi 6. 5. Kartika Bina Medikatama .6.8. FM-FC-001-01 : formulir Permintaan Uang Dokumen ini milik PT. FM-HR-005-07 : formulir potongan pajak PPh21 6. 6. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 11 dari 18 5. TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO. FM-HR-005-06 : formulir potongan parkir karyawan 6.7. 5. Formulir 1721 – A1 tersebut diserahkan ke HRD sebelum akhir Maret untuk didistribusikan ke masing-masing karyawan yang akan digunakan sebagai dasar pengisian SPT Tahunan orang pribadi untuk dilaporkan ke Kantor Pajak paling lambat 31 Maret.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH.7. Kelebihan dan kekurangan akan ditindaklanjuti oleh Bagian Penggajian kepada masing – masing Karyawan. 5. FM-HR-005-02 : formulir perhitungan gaji bulanan karyawan back office 6.15. FM-HR-005-09 : formulir pembayaran replacer / honorarium 6. FM-HR-005-14 : formulir perhitungan uang makan karyawan 6.

Kartika Bina Medikatama. Kartika Bina Medikatama . TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 12 dari 18 Dokumen ini milik PT. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT.

Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 13 dari 18 Dokumen ini milik PT. TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO. Kartika Bina Medikatama . Kartika Bina Medikatama.

TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. Kartika Bina Medikatama . Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT. Kartika Bina Medikatama. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 14 dari 18 Dokumen ini milik PT.

Kartika Bina Medikatama.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 15 dari 18 Dokumen ini milik PT. Kartika Bina Medikatama .

TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. Kartika Bina Medikatama. Kartika Bina Medikatama . Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 16 dari 18 Dokumen ini milik PT.

TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT. Kartika Bina Medikatama. REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 17 dari 18 Dokumen ini milik PT. Kartika Bina Medikatama .PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH.

REVISI 0 TANGGAL TERBIT 2 Mei 2011 HALAMAN 18 dari 18 Dokumen ini milik PT. Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruhnya tanpa izin dari Management Representative PT.PROSEDUR PEMBAYARAN GAJI/UPAH. Kartika Bina Medikatama . TUNJANGAN & PAJAK NOMOR DOKUMEN MP-P-HR-05 NO. Kartika Bina Medikatama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful