SAMBUTAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA Pada Puncak Acara Hari Cuci Tangan Sedunia Tanggal, 15 Oktober 2010

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita senantiasa bersyukur atas nikmat sehat yang telah dilimpahkanNya sehingga pada hari ini kita bangsa Indonesia berikut dengan lebih dari 70 negara di seluruh dunia dapat merayakan “Hari Cuci Tangan Sedunia” yang kedua sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kesehatan diri dan keluarga untuk mencapai derajat kesehatan yang lebih baik. Seiring hal tersebut, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2008 menyerukan perlunya peningkatan praktek Higiene dan Sanitasi di seluruh dunia. Untuk itu sejak tahun 2008, ”Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia” (HCTPS) ditetapkan pelaksanaannya secara global pada tanggal 15 Oktober yang diperingati setiap tahun. Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) yang ketiga tahun 2010 mengusung tema global ”More Than Just a Day (Lebih Dari Sekedar Satu Hari)”, Indonesia memilih sub tema: Cuci Tangan Pakai Sabun, Perilaku Sederhana Berdampak Luar Biasa. Tema Peringatan HCTPS yang ketiga tahun ini mengedepankan pentingnya melibatkan anak-anak pada kelompok usia sekolah. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan perilaku sehat yang telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran penyakit-penyakit menular seperti diare, ISPA, Flu Burung serta penyakit kulit lainnya. Dengan merebaknya virus H5N1 pada pertengahan tahun 2005 di Indonesia, maka penting untuk menyampaikan pesan CTPS sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut lebih luas. Masyarakat maupun tenaga profesional yang melakukan aktivitas di sekitar peternakan termasuk masyarakat yang dipasar dan wilayah perbatasan laut, darat dan udara dan pintu masuk seperti bandara dan pos perbatasan merupakan kelompok yang memiliki risiko tinggi untuk terjangkit H5N1 sehingga perlu menjadi fokus penyampaian pesan CTPS.

Demikian hal-hal yang dapat saya sampaikan dan dengan mengucapkan ”Bismillahirrahmanirrahim” saya meluncurkan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun yang ketiga di Indonesia. Pola hidup bersih dan sehat akan tertanam kuat di diri pribadi anak-anak dan anggota keluarga lainnya. apalagi hanya oleh Kementerian Kesehatan. Oleh karenanya.Penyediaan sarana CTPS yang disertai dengan kampanye perilaku higienis lainnya di masyarakat. .Anak-anakku serta hadirin sekalian. stasiun. Bersama kita akan berjuang menyelamatkan hidup anak-anak atau adik-adik kita dan terhindar dari berbagai penyakit menular. Saya menyadari bahwa tujuan pembangunan kesehatan tidak akan dapat dicapai hanya dengan upaya oleh sektor kesehatan saja. tempat wisata. dan tempat umum seperti bandara. marilah dengan semangat kemitraan kita selenggarakan pembangunan kesehatan. pelabuhan. Sejalan dengan hal tersebut di atas.Menyelenggarakan kegiatan lanjutan dalam rangka sosialisasi dan kampanye CTPS melalui berbagai kegiatan nyata di masyarakat . organisasi kemasyarakatan. dan pasar.Menyelenggarakan HCTPS secara serentak pada tanggal 15 Oktober setiap tahun . Hadirin sekalian. dalam kesempatan yang baik ini saya mengharapkan kepada semua pihak di lingkungan pemerintah secara lintas sektor. Oleh karena itu ajaklah teman-teman dan masyarakat di sekitar kita untuk ikut membiasakan perilaku cuci tangan pakai sabun yang sederhana dan dapat dilakukan dengan singkat di rumah sendiri. organisasi profesi dan badan-badan internasional terkait dan para mitra. terminal. di sekolah dan tempat-tempat umum lainnya. sekolah. untuk mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan. Saya merasa sangat bangga akan semangat kuat kalian untuk hadir di tempat ini memperjuangkan pentingnya perilaku cuci tangan pakai sabun ini bagi masyarakat Indonesia. maka diharapkan peran semua pemangku kepentingan terkait untuk antara lain: . Membiasakan diri untuk melakukan cuci tangan pakai sabun berarti mengajarkan anak-anak dan seluruh keluarga hidup sehat sejak dini. Cuci tangan pakai sabun dapat dengan mudah dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. sekaligus menjadikannya sebagai perilaku hidup yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. legislatif.

Terima kasih dan mari bersama menciptakan masyarakat yang mandiri untuk hidup bersih dan sehat. Menteri Kesehatan dr.Semoga Tuhan yang Maha Esa melindungi dan merestui langkah kita untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. Ayo Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun! Wassalammu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh.PH . MPH. ENDANG RAHAYU SEDYANINGSIH.Dr.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful