A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 1. Fungsi rangka tubuh sebagai berikut, kecuali …. a.

tempat melekatnya otot-otot b. tempat pembentukan sel-sel darah c. penyokong dan penopang tubuh d. alat gerak aktif D 2. Rangka aksial terdiri atas …. a. tengkorak dan tulang belakang. A b. telapak kaki, telapak tangan, dan pinggul c. tulang lengan, tulang kaki, dan bahu d. tulang bahu, tulang pinggul, dan tulang belakang Untuk menjawab pertanyaan nomor 4 hingga 8, perhatikan gambar berikut.

4. Bagian tulang yang berfungsi melindungi organ dalam ditunjukkan pada gambar oleh nomor …. a. 1 dan 2 b. 5 dan 6 c. 7 dan 8 d. 1 dan 8 D 5. Hubungan antartulang pada gambar, antara tulang nomor 5 dan 6 merupakan hubungan …. a. sendi engsel b. sendi peluru B c. sendi putar

Sutura d. Tulang pipih terdapat pada gambar dan ditunjukkan oleh nomor …. atropi dan fleksi b.. artikulasi b.d. 1 C d. Retak tulang di akibatkan oleh kecelakaan disebut . 3 dan 9 8. a. amfiartrosis C d. tonus dan tetanus e. peluru d. Hubungan antara dua tulang yang gerakannya sangat terbatas disebut …. 2 b. Jari Anda dapat digerakkan karena pada ruas-ruas jari terdapat sendi …. Gomfosis 11. a. kaku e. a. a. a. pelana c. sendi pelana 6. a. 3 c. sinartrosis 10. 2 dan 10 b. 4 dan 5 d.. Fisura c. fraktura b. engsel E 12. depresor dan elevator d. putar b. 6 dan 7 B c.. 7 9. diartrosis c. hipertropi dan supinasi . atropi dan hipertropi c. Gerak antagonis yang terjadi ketika Anda menggerakkan lengan ke atas dan ke bawah adalah …. Tulang yang termasuk tulang anggota gerak bawah ditunjukkan oleh nomor ….

artritis eksudatif c. memendeknya ukuran otot akibat zona Z menjadi lebih panjang dan zona H menjadi lebih pendek yang prosesnya memerlukan energi dari pemecahan ATP . Dalam sel-sel otot. L→ M→ K→O→ N d. di samping ATP terdapat molekul khas yang dapat memanfaatkan energi yang dibebaskan oleh ATP untuk kontraksi otot. memanjangnya ukuran otot akibat geseran miofibril yang memerlukan energi dari metabolismeaerobik glukosa c. artritis gout e. Gangguan pada persendian karena adanya timbunan asam urat disebut …. asam nukleat 14. a. a.13. yaitu …. Keterangan berikut menunjukkan hal-hal yang terjadi pada mekanisme kontraksi otot. bergesernya filamen-filamen yang lebih tebal ke filamen yang lebih tipis dan diperlukan energi dari pemecahan asam piruvat e. adenosin difosfat e. mengendurnya ukuran otot akibat geseran miofibril yang memerlukan ion kalsium dan fosfat anorganik d. Mekanisme yang terjadi dalam kontraksi otot adalah …. aktomiosin C d. O→L→K→N→M b. fraktura b. artritis sikka d. a. a. L→ K→M→O→ N E 16. adenosin trifosfat c. K : asetilkolin N : aktomiosin L : rangsang O : energi dari ATP M : aktin + miosin Urutan mekanisme yang benar adalah …. M→O→ N→K→ L e. asetil kolin b. K→L→M→O→N c. osteoartritis 15. memanjangnya ukuran otot akibat geseran molekul aktin dan miosin yang memerlukan energi dari pemecahan ATP b.

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! 1. produksi asetilkolin menurun c. Berikan contoh teknologi yang dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan yang berhubungan dengan sistem gerak! 5. Kelainan bentuk tulang yang menyebabkan bentuk tulang belakang membengkok ke samping disebut …. urat e. tendon d. produksi cairan sinovial meningkat e. a. asam laktat D e. Otot yang melekat pada tulang sebagai tumpuan ketika otot berkontraksi disebut …. Dokter memberitahukan bahwa bekas luka . rakhitis b. Penyebab kelelahan pada otot adalah penumpukan …. seorang bapak. terjadi penimbunan osteoblas pada daerah yang terkilir 20. Bagian persendian yang terkilir akan membengkok. Keduanya mengalami patah tulang paha. a. insersio c. yang mengalami kecelakaan sepeda motor saat pulang kerja. Ibu Ari menengok tetangganya. asam lemak c. anaknya yang berumur 6 tahun ikut menjadi korban.17. karena …. origo b. Ada berapa jenis hubungan antartulang? Jelaskan! 2. a. asam lemak tak jenuh ganda 18. Bersama Bapak tersebut. selaput sendi robek sebagai akibat bergesernya tulang persendian C d. Bagaimanakah sifat dari kerja otot? 3. a. protein d. lordosis c. skoliosis d. glukosa b. produksi cairan sinovial berkurang b. Jelaskan tiga kelainan dan gangguan yang dapat mengganggu sistem gerak! 4. kifosis B. tetanus 19. artritis e.

Hubungan pada sinartrosis sangat rapat sehingga tidak memungkinkan pergeseran atau pergerakan.a 9.c 11. Pada amfiartrosis pergerakannya terbatas. 3. Dapatkah Anda jelaskan mengapa hal ini dapat terjadi? Kunci Jawaban I. si anak akan sembuh total.b 5.c 15. 5. Sementara itu. osteoporosis.e 17. pergerakan pada diartrosis cukup leluasa.b 7.si Bapak terkadang akan terasa nyeri. dan diartrosis. mikrosefalus. meskipun lukanya sudah sembuh. terkilir. penimbunan zat kapur masih sedikit sehingga memudahkan penggantian sel-sel tulang . amfiartrosis.Hal ini karena pembentukan tulang pada ayah sudah matang sehingga pembentukan tulang baru akibat patah tulang lebih sulit. Sementara itu.Tedapat 3 jenis hubungan antartulang. fraktura.Pilihan ganda 1.Kelainan dan gangguan yang dapat terjadi pada sistem gerak. yaitu sinartrosis.Esai 1.e 13.c II.e 3.d 19. antara lain rakhitis. Adapun pada anak. dan artritis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful