P. 1
Tujuh Penemuan 15 Tahun Terakhir

Tujuh Penemuan 15 Tahun Terakhir

|Views: 38|Likes:
Published by Anang Dianto

More info:

Published by: Anang Dianto on Apr 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2013

pdf

text

original

TUJUH PENEMUAN 15 TAHUN TERAKHIR

UNTUK MEMENUHI TUGAS FILSAFAT ILMU DAN METODOLOGI PENELITIAN

Disusun oleh : ANANG DIANTO 09/285335/TK/35742

PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN JURUSAN TEKNIK MESIN DAN INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA 2013

 Manfaat : Kompor ini diciptakan untuk mengoven tembakau para petani di NTB yang selama ini menggunakan bahan bakar minyak.  Hal yang bisa dikembangkan : Dengan memodifikasi komposisi dengan cara yang sangat sederhana. ataupun sebaliknya. Penemuan ini memanfaatkan material-material yang ada di dalam tanah untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik. bahan termoelektrik ini mampu mengatasi tingkat polusi dunia dan pemanasan global. dan lainnya untuk diubah menjadi tenaga listrik yang lebih berguna. mesin berat. Uji coba dilakukan selama setahun sehingga bisa menghasilkan kalori cukup tinggi dengan titik didih mencapai 800 derajat celcius. mesin pabrik. jika menggunakan kompor biasa dibutuhkan 2. pencemaran industri dan lain-lain. kompor tersebut tidak . menurutnya kompor itu bisa menghasilkan kalori 800 derajat celcius. Lalu. Sementara dengan kompor yang diciptakan hanya membutuhkan paling banyak satu drum bahan bakar. mencapai satu tahun. Kompor oven dengan bahan bakar air.  Sejarah Penemuan : Pada tahun 2012 lalu Donald Morelli seorang profesor teknik kimia sekaligus ilmu material dari Michigan University bersama timnya mempublikasikan penemuan barunya.  Manfaat : Tentu dengan kemampuan mengubah panas seperti itu. karena sebagian besar panas Bumi ini dihasilkan oleh mesin-mesin kendaraan bermotor.1.5 liter air. Dia menyebutkan. sehingga kompor tersebut cukup menguntungkan kalau digunakan untuk oven tembakau Virginia.  Cara kerja dan aplikasinya : Dengan satu liter minyak dan 1. di mana bertugas untuk mengambil panas dari panas yang dihasilkan mesin mobil. Dengan kata lain. yaitu dengan memanfaatkan limbah-limbah panas seperti polusi . 2.  Cara kerja dan Aplikasinya : Bahan ini dapat disebut sebagai terobosan termoelektrik. mesin pabrik.5 drum bahan bakar minyak tanah atau solar untuk mengoven tembakau dalam waktu empat hari. Penemuan kompor berbahan bakar air itu membutuhkan waktu cukup lama.  Sejarah penemuan : Kompor oven dengan bahan bakar air ini ditemukan oleh Mandra Rama Dwi Surya yang berasal dari NTB. mereka sudah dapat menghasilkan material termoelektrik yang efesien. dan sebagainya. Tetahedrites material tanah penghasil listrik. Ke depan jika bahan ini dapat dikembangkan secara efektif maka sangat membantu sekali dalam pengurangan resiko global warming. bahan termoelektrik adalah bahan yang dapat langsung mengubah perbedaan suhu dengan tegangan listrik.

Dalam penelitiannya yang dipublikasikan dalam Jurnal American Chemical Society bagian Energi dan Bahan Bakar (Energy and Fuel) edisi 20 Juli 2005. suatu jumlah yang cukup banyak. karena banyak permintaan dari petani tembakau Virginia di Pulau Lombok. dan 60% dari jumlah itu diproduksi dari bahan minyak bumi.  Cara Kerja dan aplikasinya : Ketika polietilena dipanaskan akan terbentuk suatu senyawa hidrokarbon cair.  Hal yang bisa dikembangkan : Setelah mendapatkan hak paten. California. Senyawa ini mempunyai bentuk mirip lilin (wax). minyak pelumas yang saat ini beredar di pasaran berasal dari pengolahan minyak bumi. sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Amerika Serikat dan University of Kentucky.  Manfaat : Asil dari pengolahan limbah plastik melalui proses penguraian adalah minyak pelumas mesin atau yang lebih dikenal dengan nama oli atau oli mesin. kompor serbaguna berbahan bakar air akan segera diproduksi massal. NTB. Banyaknya plastik yang terurai adalah sekitar 60%. seorang ilmuwan senior dan konsultan peneliti di Chevron. Jika dari jumlah tersebut dapat diolah kembali maka akan diperoleh sebesar 69 juta minyak bumi yang dapat . sekitar 129 juta ton plastik setiap tahunnya diproduksi. Sekadar informasi. Richmond. Miller memanaskan polietilena menggunakan metode pirolisis. Pengubahan hidrokarbon cair hasil pirolisis limbah plastik menjadi minyak pelumas menggunakan metode hidroisomerisasi. karena titik didihnya cukup tinggi dan kalorinya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Struktur kimia yang dimiliki senyawa hidrokarbon cair mirip lilin ini memungkinkannya untuk diolah menjadi minyak pelumas berkualitas tinggi. 3. tetapi juga keperluan lain..hanya dapat digunakan untuk oven tembakau. Pelumas dari botol plastik bekas  Sejarah penemuan : Penelitian dalam mengubah limbah plastik menjadi minyak pelumas telah terbukti berhasil dari penelitian yang dilakukan oleh Stephen J. Ph. untuk mengoven tembakau. Bersama rekan – rekannya di Pusat penelitian Chevron Energy Technology Company. Dari beberapa kali uji coba kompor tersebut bisa mendidihkan aluminium. lalu menyelidiki zat hasil pemanasan tersebut. seperti pengering gabah dan oven kopra. Di masa depan mungkin kompor ini dapat dimodifikasi untuk keperluan-keperluan yang lebih kecil seperti kompor rumah tangga di tengah isu kompor gas yang tidak aman dan naik harganya. Miller. Sifat kimia senyawa hidrokarbon cair dari hasil pemanasan limbah plastik mirip dengan senyawa hidrokarbon yang terkandung dalam minyak mentah sehingga dapat diolah menjadi minyak pelumas.D. Saat ini.

Eric Jacqmain. Belum lama ini seorang remaja asal AS berhasil membuat sebuah senjata Death Ray dalam skala yang lebih kecil. Waktu mengubah kotoran sapi menjadi bahan batu bata selama tiga minggu. selain itu untuk menghemat biaya. melainkan . 5. Jepang sendiri telah menerapkan undang-undang pengolahan sampah sejak 1997 dan khususnya bagi sampah plastik sejak tahun 2000. Selain itu pula. ilmuwan besar AS yang sempat menjadi asisten Thomas Alva Edison. Namun. AS 2009. dapat mengurangi penggunaan tanah sebagai media utama batu bata yang bisa menyebabkan erosi dan merusak lingkungan. Batu bata yang ditemukan Syammahfuz Chazali mahasiswa Fakultas Pertanian.  Hal yang bisa dekembangkan : Minyak pelumas buatan ini diharapkan dapat digunakan untuk kendaraan bermotor dengan kualitas yang sama dengan minyak bumi hasil penyulingan minyak mentah. belum ada yang benar-benar menemukan prototipe Death Ray besutan Tesla. berhasil membuat sebuah alat yang ia namakan ‘Solar Death Ray 5800′. California. tidak menutup kemungkinan kotoran sapi ini dijadikan sebgai material untuk alatalat atau bahan yang lai baik di bidang teknik sipil maupun teknik material.  Cara kerja dan aplikasi : Ia memang memiliki konsep yang agak berbeda dengan Death Ray besutan Tesla.  Cara kerja dan aplikasi : Batu bata ini 90 persen dari kotoran sapi. Senjata Solar Death Ray  Sejarah penemuan : Dulu. sekaligus ekonomis. yang diklaim mampu menghancurkan obyek musuh dari jarak yang sangat jauh. Kuat karena di dalam kotoran sapi terdapat serat-serat serta ringan karena kotoran sapi masa jenisnya lebih kecil dari tanah. dapat menghemat 30% biaya. Namun yang lebih istimewa dari batu bata ini adalah dia sangat kuat dan ringan. Batu Bata dan Keramik dari Kotoran Sapi  Sejarah Penemuan : Batu Bata ini mendapat Juara 1 tingkat International dalam Global Social Competition Venture yang diadakan oleh Universitas Berkley. Nikola Tesla. karena temuan Jacqmain tidak menggunakan elektromagnet.  Manfaat : Manfaat batu bata dari kotoran sapi ini adalah untuk menghasilkan kualitas batu bata yang lebih bagus. hingga Tesla meninggal. ramah lingkungan. sempat mengajukan konsep senjata Death Ray yang sangat mematikan. tanpa bekas. Sisanya dari tanah. Selebihnya diolah seperti batu bata pada umumnya.dimanfaatkan. UGM ini 90 persen dari kotoran sapi. Dari batu bata biasa.  Hal yang bisa dikembangkan : Jika kotoran sapi dapat dijadikan sebagai batu bata yang kuat dan ringan. 4. pemuda 19 tahun asal Indiana AS.

Klik pelatuk dan alat directional mike (lihat gambar bawah) akan merekam apa yang mereka ucapkan dan directional speaker akan mengembalikan ucapan mereka ke arahnya dalam rentang waktu cuma 0. Selain itu alat ini juga bisa dijadikan energi alternatif dan bahkan bisa dijadikan sebagai senjata dalam dunia kemiliteran.2 detik.  Hal yang bisa dikembangkan : Jika ini dikembangkan maka manfaatnya bisa digunakan dalam industri baja. aluminium. politikus. . 6.  Hal yang bisa dikembangkan : Mungkin alat ini bisa dikembangkan lagi agar bisa bekerja otomatis. Selain itu konsep senjata ini juga dapat digunakan dalam bidang energi alternatif. Alat ini diciptakan karena banyak kasus seseorang sering kesal karena seseorang terlalu berisik di bioskop atau perpustakaan. Alat ini juga amat cocok untuk digunakan oleh petugas perpus. melubangi beton. Senjata Unik Agar Orang Lain Diam  Sejarah penemuan : Penemu alat ini adalah dua orang ilmuwan berasal dari Jepang yaitu Kazutaka Kurihara dan Koji Tsukada. Dan ternyata hal itu sudah cukup untuk membuat siapapun target menjadi kebingungan dan menghentikan omongannya. jika alat ini bekerja otomatis dan dipasang di ruang kelas atau perpustakaan atau tempat ibadah bisa membuat tenang suasana. panas yang bisa dihasilkan oleh alat itu adalah 5000 kali dari panas matahari di permukaan bumi. Jacqmain mengklaim.  Manfaat : Manfaat alat ini sangat banyak.  Manfaat : Jika temuan ini ditindaklanjuti maka manfaatnya sangat besar sekali terutama dalam industri metalurgi. Solar Death Ray terbuat dari antena parabola berbahan fiberglass.  Cara kerja dan aplikasi : Cukup arahkan 'moncong' senjata tersebut ke arah mulut target dengan bantuan sinar laser. yang memiliki 5800 potongan cermin kecil yang mampu merefleksikan sinar matahari ke satu titik fokus yang sama. dosen. Secara otomatis senjata khusus ini dapat membuat mereka malas bicara lagi untuk sesaat. untuk membuat orang berbicara tidak pada tempatnya dan mengganggu. dan para suami/istri yang memiliki pasangan sedikit comel. dengan panas yang sangat besar sekali seperti itu tentu dapat dikembangkan energi alternatif tenaga surya yang lebih efektif dari yang ada selama ini.memanfaatkan kekuatan panas matahari. Kita tunggu saja kapan alat ini bakal hadir di pajangan toko terdekat. alat itu mampu melelehkan baja. dan membakar segala benda yang diletakkan di titik fokusnya. karena bisa meleburkan baja dengan mudah. mahasiswa. Untuk melelehkan material-material yang sangat keras ini bisa menjadi solusi. guru. Hasilnya.

7. Jepang. yang artinya jaring-jaring itu lebih cocok dan tidak meninggalkan ruang kosong.  Hal yang bisa dikembangkan : Sesuatu yang bisa dikembangkan dari jaring laba-laba ini sebenarnya banyak sekali. Osaki. yang telah menggeluti jaring laba-laba selama 35 tahun. . sedangkan manfaat lainnya adalah bahan dari jaring laba-laba ini lebih kuat. sebelumnya pernah mengatakan bahan itu bisa digunakan dalam operasi medis atau untuk bahan pakaian antipeluru. seorang pengajar di bidang kimia polimer pada Nara Medical University. atau dalam bidang medis serta menjadi alternatif bahan pengganti di bidang yang lain. Dalam proses untuk menenun senar-senar itu Osaki menemukan bahwa senar yang dibentuknya berubah dari bentuk selinder menjadi poligon. Ada pun kekuatan dan daya tahan dari jaring laba-laba bukan penemuan baru serta daya tahannya telah terbukti mumpuni karena bisa bertahan dari sengatan sinar ultraviolet.  Cara penggunaan dan aplikasi : Tehnik yang kami kembangkan tidak meninggalkan ruang di antara filamen. Hasilnya senar lebih kuat dan ini bisa digunakan di banyak aplikasi dalam keseharian kita. Senar Biola dari Jaring Laba-laba  Sejarah penemuan : Shigeyoshi Osaki. ia merangkai ribuan serat jaring laba-laba untuk membuat senar yang cocok untuk biola itu. dia antaranya bisa digunakan sebagai bahan pakaian antipeluru.  Manfaat : Manfaat senar biola dari jaring laba-laba ini tentunya dari segi ekonomi lebih hemat karena bahannya mudah didapat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->