P. 1
Proposal Ta

Proposal Ta

|Views: 11|Likes:
Published by Novi Krismanto

More info:

Published by: Novi Krismanto on Apr 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2014

pdf

text

original

PROPOSAL PENGGERAK GORDEN DAN SAKLAR LAMPU OTOMATIS DENGAN SENSOR LDR MENGGUNAKAN AVR ATMEGA8535

OLEH : ANDI DWI HARSONO ( 09506131022 )

PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

dapat diidentifikasikan beberapa masalah. Identifikasi Masalah Dari uraian latar belakang masalah diatas. Sering kali seseorang melupakan suatu pekerjaan kecil karena keterbatasan waktu. C.2013 A. Dengan adanya permasalahan-permasalahan. Latar Belakang Masalah Otomatisasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan ini. penulis membuat penggerak gorden dan saklar lampu otomatis untuk mengurangi dampak negatif yang bias saja terjadi. seperti mematikan la pu dan membuka maupun menutup gorden pintu. karena bias merusak komponen. bias mengakibatkan lembabnya udara dalam ruangan karena tidak adanya cahaya cukup yang masuk dalam ruangan. apalagi kemajuan zaman menuntut pekerjaan manusia yang efektif dan efisien. Padahal udara lembab sangat berbahaya jika berhubungan dengan alat-alat elektronik misalnya kamera. Kemudian apabila lupa membuka maupun menutup gorden ssecara tepat waktu. Apabila dihitung lebih detail apabila lupa mematikan lampu termaasuk pemborosan dalam penggunaan listrik. yaitu: . Sselain itu akan menambah biaya dalam pembayaran listrik itu sendiri. Mungkin pekerjaan diatas sangatlah sepele tetapi bias berdampak cukup fatal. apalagi ketersediaan listrik di negeri ini xangatlah terbatas. JUDUL “ Penggerak Gorden dan Saklar Lampu Otomatis dengan Sensor LDR menggunakan AVR ATmega 8535 “ B.

oleh lampu.Konsep Rancangan Setelah penulis melakukan eksperimen ditemukan sensor yang menurut penulis paling tepat untuk digunakan sebagai penentu waktu eksekusi program dengan memanfaatkan LDR dan juda menggunakan switch. Rancangan pemasangan sensor ini. LDR selalu ditempatkan pada bagian rumah yang selalu terkena cahaya disepanjang waktu. Blok Diagram Penggerak Gorden dan Saklar Lampu Otomatis dengan Sensor LDR menggunakan AVR ATmega 8535 Pada rancangan ini digunakan sebuah sensor LDR untuk mendeteksi adanya cahaya matahari. kali ini penulis memasang LDR pada atap rumah. Untuk output gerak oleh gerakan gorden menutup dan membuka. sedangkan switch digunakan untuk saklar lampu secara manual. Berikut ini adalah rancangan blok diagram penggerak gorden dan saklar lampu otomatis : SENSOR LDR AVR ATMEGA 8535 Driver Motor DC Motor DC SWITCH Driver Lampu lampu Gambar 1. dan nyala maupun mati lampu. Sedang output nyala ataupun mati lampu. Keluara dari site mini berupa gerak. . Kemudian masuk ke avr melalui port input yang selanjutnya diproses. dan juga switch yang ditujukan untuk lampu. sehingga lampu dapat dihidupkan ataupun dimatikan secara manual maupun otomatis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->