Delivery of Education

STANDAR ISI
Komponen 1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan Indikator
1.1.1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP. 1.1.2. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. 1.1.3. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.

1.2.

Madrasah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik

1.2.1. Madrasah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. 1.2.2. Madrasah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Version 01.01.2011

1

Delivery of Education

1. 1.1.

ISI Kurikulum sudah sesuai dan relevan

1.1.1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP. Bukti-Bukti Fisik
   SK Tim Pengembang Kurukulum. Analisis konten KTSP dokumen 1 dan 2

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Madrasah kami memiliki Tim Pengembang Kurikulum. 2. Dalam penyusunan kurikulum kami melibatkan Kepala Madrasah, Pendidik, Komite Madrasah, Ahli Pendidikan/Ahli Materi, dan Kantor Kementerian Agama kabupaten. 3. Kurikulum madrasah kami memuat 5 kelompok mata pelajaran. 4. Madrasah kami sudah mengembangkan kurikulum berdasarkan 7 prinsip pengembangan kurikululum. 5. Madrasah kami sudah melaksanakan kurikulum berdasarkan 7 prinsip pelaksanaan kurikulum. 6. Kurikulum madrasah kami sudah disosialisasikan kepada semua pemangku kepentingan madrasah, termasuk disosialisasikan pada siswa . 7. Kurikulum sudah disosialisasikan setiap tahun kepada wali murid. 1-7 Diisi Jujur Sesuai Madrasah Tahapan Pengembangan

Tahap ke-4

Tahap ke-3

Tahap ke-2

Tahap ke-1
Kurikulum madrasah kami belum sepenuhnya mengikuti panduan yang disusun BSNP.

Kurikulum madrasah kami disusun Kurikulum madrasah kami disusun Kurikulum madrasah kami disusun dan dikembangkansesuai dengan dan dikembangkan sesuai dengan mengikuti panduan yang disusun panduan BSNP dan menjadi rujukan panduan BSNP. BSNP namun masih memerlukan bagi pengembangan kurikulum pengembangan. madrasah lainnya yang memiliki karakteristik yang sama.

Rekomendasi:

1. Madrasah perlu mempertahankan dan meningkatkan pengembangan dan pelaksanaan kurikulum yang telah ada. 2. Madrasah belum mensosialisasikan setiap tahun kepada wali murid.

Version 01.01.2011

2

Delivery of Education
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan

1.1.2. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. Bukti-Bukti Fisik  Dokumen KTSP  Silabus mulok pendididkan karakter  RPP Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

1. Kurikulum madrasah kami memuat 9 mata pelajaran dan 4 muatan Lokal. yaitu Bahasa Daerah, Bahasa Inggris,,TIK, dan BTA. 2. Materi muatan lokal disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, kebutuhan peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran, akan tetapi masih ada muatan lokal yang belum ada silabusnya. 3. Pembelajaran kelas 1-3 dengan pendekatan tematik, dan kelas -6 dengan pendekatan mata pelajaran.
Tahapan Pengembangan √

Tahap ke-4
Kurikulum madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran yang terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran serta menjadi rujukan kab/kota dalam pengembangan kurikulum lokal.

Tahap ke-3

Tahap ke-2
Kurikulum madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran.

Tahap ke-1
Kurikulum madrasah kami disusun belum mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.

Kurikulum madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran dalam silabus setiap mata pelajaran.

Rekomendasi: 1. Madrasah perlu mereview matapelajaran muatan lokal setiap tahunnya sesuai dengan kebutuhan dengan melibatkan warga madrasah 2. Madrasah Perlu segera menyusun silabus muatan lokal tertentu yang kurang (TIK)

Version 01.01.2011

3

Bukti-Bukti Fisik KTSP Silabus Silabus Mulok RPP.3. 2. - Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Kurikulum kami memuat 9 mata pelajaran.01.Jumlah jam pembelajaran perminggu Kelas 1 dan 2 adalah 36 jam. Version 01.Delivery of Education 1. Struktur kurikulum madrasah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan. Progam Remidi/Pengayaan  Buku pelaksanaan remidi / Pengayaan  Daftar hadir      Tahap ke-4 Struktur kurikulum madrasah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan yang sistematis untuk setiap peserta didik. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu Jumlah minggu efektif dalam 1 tahun : 34 minggu Alokasi waktu tiap jam pembelajaran adalah 35 menit. Kurikulum sudah sesuai dan relevan 1. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu.1.2011 4 . sedangkan program remedial dan pengayaan kadang kala dilaksanakan. 4. Pembelajaran pada kelas rendah menggunakan pendekatan tematik/ guru kelas untuk jenis mata pelajaran dan guru mapel untuk materi agama. namun belum semua guru melaksanakan. Dimohon agar semua guru madrasah dapat melaksanakan program remidi dan pengayaan. dan kelas 6 sebanyak 43 jam pembelajaran. 3. serta program remedial dan pengayaan belum pernah dilaksanakan. 1. kelas 3 adalah 39 jam . Rekomendasi: 1. . kelas 4 sampai 5 42 jam. Madrasah kami melaksanakan program remidi bagi siswa yang belum tuntas dan pengayaan bagi siswa yang sudah tuntas. dan pengayaan bagi siswa. Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Struktur kurikulum madrasah kami kurang mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya. mauatan lokal dan kelas tinggi (kelas 4. rencana program remedial.1. 5 dan 6). di mana PAI terinci menjadi 5 mapel. 5. Tahap ke-1 Struktur kurikulum madrasah kami tidak mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya.

Rekomendasi: 1. Madrasah memberikan layanan konseling bagi semua peserta didik. Madrasah memberikan/melaksanakan layanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial. Madrasah kami masih sangat terbatas Madrasah kami belum mampu dalam memberikan layanan memberikan layanan bimbingan dan bimbingan dan konseling yang konseling bagi peserta didik. 3. baik yang terprogram dengan jelas maupun berdasarkan kasus per kasus sesuai kebutuhan peserta didik.2.2011 5 .01. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Madrasah kami menyediakan layanan dan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi setiap peserta didik.Delivery of Education 1. Pemerintah ( Kementerian Agama) perlu mengusahakan adanya guru BK PNS. Bukti-Bukti Fisik  Buku pelaksanaan BK  Buku tindak lanjut Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Karena belum tersedia guru BK.2. Madrasah menindak lanjuti hasil bimbingan dan konseling. dan pengembangan karir peserta didik yang dilaksanakan oleh staf ahli dan guru kelas secara bersama. Version 01. Madrasah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. belajar. 4. Madrasah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik 1. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Madrasah kami memberikan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan serta menawarkan pelayanan konseling dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.1. 2. Madrasah Perlu meningkatkan pelaksanaan Program layanan bimbingan konseling secara tersetruktur 2. Madrasah sudah menyusun program layanan konseling bagi peserta didik.

Daftar Hadir Kegiatan EK Peralatan EK. Madrasah sudah membuat laporan kegiatan ekstra kurikuler akan tetapi kurang lengkap.kurikulernya. Madrasah mengadakan kegiatan ekstra kurikuler berupa: olah raga. STQ. Madrasah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik 1.Delivery of Education 1. Madrasah mengadakan kegiatan ekstra kurikuler didasarkan pada bakat dan minat peserta didik. pramuka melalui wadah UPBM. Seni Tari.rebana . Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Buku kegiatan ekstra kurikuler. Version 01. dan memberikan bimbingan siswa untuk memilih kegiatan ekstra berdasarkan bakat dan minat siswa . Madrasah sudah menyusun program kegiatan ekstra kurikuler untuk peserta didik. Madrasah menentukan jenis kegiatan ekstra berdasarkan kebutuhan siswa. √ Tahap ke-4 Tahap ke-2 Tahap ke-1 mampu ekstra- Madrasah kami menyediakan berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yang disesuaika n dengan minat setiap peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstra.2. 5. Guru pembina kegiatan ekstra diharapkan melakukan penilaian dan melaporkan hasil kegiatan ekstra tiap siswa guna mengetahui perkembangan bakat siswa dan dijadikan pertimbangan perolehan prestasi di akhir semester/ akhir tahun. Madrasah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. 2.2011 6 . Tahapan Pengembangan Tahap ke-3 Madrasah kami sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik. Rekomendasi: 1.2. 6.01. Madrasah kami menyediakan Madrasah kami belum kegiatan ekstra-kurikuler tetapibelum memberikan kegiatan mengakomodir semua kebutuhan kurikuler bagi peserta didik. 3. 4. pengembangan pribadi peserta didik.2. Madrasah belum membuat penilaian kegiatan ekstra kurikuler secara terprogram. 1. Bukti-Bukti Fisik Dokumen Program Ekstra Kur.

Pengembangan Silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok.5. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar 2. dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah.3. pelaksanaan. dan penilaian hasil pembelajaran. motivasi belajar. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan 2.2011 7 .2. 2. gaya belajar.2. 2.2. 2. kecepatan belajar. Sumber belajar dapat digunakan secara tepat diperoleh dengan mudah dan 2.Delivery of Education STANDAR PROSES Komponen 2. bakat. buku referensi. latar belakang budaya. dan penutup. RPP memperhatikan perbedaan gender. Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif. Standar Kompetensi Lulusan (SKL).4. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode 2. buku pengayaan.2.2.1. kemampuan awal. Indikator Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI).3. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan. Version 01. buku referensi. buku pengayaan.1.1. emosional. inspiratif. tahap intelektual. menantang dan memotivasi peserta didik 2. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. Siswa dapat mengakses buku panduan.1. kemampuan sosial. 2. dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik. minat. 2.1.2. dan lingkungan peserta didik. dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan. menyenangkan. 2.1. Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi. 2.5. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Madrasah dan Pengawas.4. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik 2.1. yang interaktif.1. serta mendapatkan konfirmasi. kebutuhan khusus. inspiratif.01.2. Guru menggunakan buku panduan. 2.5. inti. nilai-nilai. potensi.4.3. kreatif. norma. menyenangkan. dan panduan KTSP.2.

Madrasah agar mendokumentasikan dokumen silabus setiap tahun pelajaran. mempertimbangkan situasi dan kondisi madrasah. dan panduan KTSP. dan panduan KTSP. untuk setiap mata pelajaran termasuk muatan lokal mencapai 80%  Tahap ke-4 √ Tahapan Pengembangan Tahap ke-3 Tahap ke-2 Sebagian silabus kami telah sesuai dengan SI. Guru agar mengembangkan Silabus berdasarkan kondisi kelas dan peserta didik pada setiap tahun pembelajaran. 22 dan 23 tahun 2006 ttg SI & SKL  Permenag No. dan panduan KTSP. Silabus di madrasah 5. 2. SKL. Silabus di madrasah 4.1. sesuai dengan Strandar Kompetensi Lulusan.Delivery of Education 2. Silabus kami telah sesuai dengan SI. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI). dan panduan KTSP. memuat semua komponen silabus. Standar Kompetensi Lulusan (SKL).1. sesuai dengan Panduan Kurikulum. Rekomendasi: 1. Version 01.2011 8 .1. 2 tahun 2008 ttg SI / SKL PAI & B. Silabus kami telah sesuai dengan SI.01. Arab  Analisis SK/ KD  KTSP dokumen 1 dan 2  Silabus  RPP Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Tahap ke-1 Silabus kami belum sesuai dengan SI. 2. dan panduan KTSP serta telah SKL. PROSES Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar 2. Silabus di madrasah 3. Bukti-Bukti Fisik  Permendiknas No. Silabus di madrasah kami kami kami kami kami sesuai dengan Strandar Isi. SKL. SKL. Silabus di madrasah 2.

Delivery of Education 2. 2.1. Tahap ke-1 Silabus kami belum dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok. Hasil review silabus agar di dokumentasikan oleh guru maupun madrasah.2. Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Silabus kami telah dikaji dikembangkan secara teratur guru secara mandiri berdampak pada peningkatan peserta didik. Bukti-Bukti Fisik  Notulen pengembangan silabus  Review KTSP  Silabus Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. 75% guru menyusun silabus untuk semua mata pelajaran yang diampu.01. Diharapkan kepada guru yang belum menyusun silabus agar menyusun silabus sesuai dengan mata pelajaran yang diampu pada tahun pelajaran berjalan. 3.1. Silabus di madrasah kami sebagian disusun sendiri oleh masing-masing guru dan sebagaian melalui KKG. Version 01. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar 2. Silabus direview setiap tahun dua kali.2011 9 . 2. dan oleh yang mutu √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Sebagian silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok. Pengembangan Silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok. Rekomendasi: 1.

Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 RPP disusun oleh setiap guru untuk Sebagian guru menyusun RPP sendiri Guru tidak menyusun RPP sendiri. Setiap guru harus menyusun RPP untuk semua KD pada mapel yang diampu Perlunya review RPP setiap tahun oleh semua guru Kepala Madrasah harus aktif melakuakan supervisi terhadap dokumen program pembelajaran guru (Silabus dan RPP) Kepala Madrasah perlu memberi reward kepada guru yang memiliki dokumen program pembelajaran lengkap dan memberikan bimbingan kepada guru yang kurang lengkap dokumen pembelajarannya Version 01. 4. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik 2.2.Delivery of Education 2.01. 3.2011 10 . 75% guru mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk semua mata pelajaran yang diampu. Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dan direview secara berkala untuk memastikan dampaknya pada peningkatan hasil belajar peserta didik.2. setiap kompetensi dasar berdasarkan untuk setiap kompetensi dasar prinsip-prinsip perencanaan berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran. 2. Rekomendasi: 1. 4. Sebagian guru telah mereview RPP setiap tahun. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun untuk minimal satu kali pertemuan dan maksimal beberapa kali pertemuan berdasarkan KD. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. Semua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai silabus 2.1. Bukti-Bukti Fisik  Dokumen KTSP  SILABUS  RPP Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. 3. 5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. perencanaan pembelajaran.

dan lingkungan peserta didik. motivasi belajar. Tahap ke-1 RPP tidak memperhatikan perbedaan individual peserta didik. norma. minat. bakat. RPP memperhatikan perbedaan gender. Rekomendasi: 1. Tahap intelektual. nilai-nilai. emosional. kemampuan awal. norma. RPP memperhatikan perbedaan gender. Elaborasi dan Konfirmasi). emosional. motivasi belajar. Tahap intelektual. kebutuhan khusus. nilai-nilai. kegiatan inti. kemampuan awal. bakat. latar belakang budaya. kecepatan belajar. dan lingkungan peserta didik. kemampuan awal. kebutuhan khusus. dan lingkungan peserta didik serta direview oleh para ahli. potensi. emosional. norma. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 RPP memperhatikan perbedaan gender.01. minat. kemampuan awal. kegiatan pendahuluan (apersepsi). latar belakang budaya. motivasi belajar.2. Diharapkan langkah-langkah pembelajaran dalam RPP disusun dengan berbasis EEK (Eksplorasi. 2. gaya belajar.2011 11 . nilai-nilai. kemampuan sosial. Version 01. bakat. Bukti-Bukti Fisik  Dokumen RPP  RPP Guru Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. gaya belajar. kecepatan belajar.Delivery of Education 2. kecepatan belajar. kebutuhan khusus. latar belakang budaya. kemampuan sosial. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik 2. kemampuan sosial. Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP memuat. dan penutup dengan variatif metode dan masih banyak yang belum berbasis EEK Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 RPP memperhatikan perbedaan gender. gaya belajar. potensi. tahap intelektual. latar belakang budaya. kecepatan belajar. minat.2.2. potensi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat mengakomodir perbedaan peserta didik. kebutuhan khusus.

buku pengayaan. dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah.01. serta dapat mengakses buku madrasah elektronik (BSE) dan materi lain dari e-library madrasah. dan beberapa buku teksyang tersedia di perpustakaan madrasah selama pelajaran berlangsung. Siswa dapat mengakses buku panduan. Madrasah kami menyediakan beberapa buku dan sumber belajar lainnya dengan mudah untuk dipinjam dan dibawa pulang bukuk selama satu tahun pelajran untuk buku teks wajib dan dalam kurun waktu satu minggu dan dapat diperpanjang untuk buku bacaan perpus lainnya 3. dan sebagian mapel PAI) serta buku penunjang dan sumber belajar lainnya untuk semua mapel umum dan PAI). 2. Bukti-Bukti Fisik  Data inventaris buku  Daftar sirkulasi buku di perpustakaan  Sudut baca Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.2011 12 . Madrasah perlu menyediakan buku penunjang mulok.3.Delivery of Education 2. Madrasah kami menyediakan Buku Madrasah Elektronik (BSE) yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa. serta dapat mengakses buku madrasah elektronik (BSE). buku referensi. Madrasah Perlu melengkapi buku teks PAI dan Mulok.1. Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat 2. Version 01.3. Tahap ke-2 Tahap ke-1 Siswa madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dibeli sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan madrasah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar madrasah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang. 2. Madrasah kami menyediakan buku teks (dengan rasio 1 : 1 untk mapel umum. Siswa madrasah kami menggunakan Siswa madrasah kami hanya sumber belajar yang dimiliki sendiri menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri. sedangkan untuk bahan ajar mulok belum tersedia lengkap. Rekomendasi: 1. Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Siswa madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dibeli sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan madrasah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar madrasah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang.

Delivery of Education 2. Madrasah kami menentukan buku teks melalui rapat kepala madrasah dan pendidik 2.3. 3. Guru-guru kami menggunakan buku panduan. 2.2. Buku teks baru cukup digunakan untuk satu siswa satu buku ditambah pegangan guru untuk semua mata pelajaran.3. Semua guru menggunakan buku-buku dalam perpustakaan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Guru kelas 1-3 dan guru mapel IPA sudah menggunakan laboratorium mini IPA sebagai sumber dan alat dalam proses pembelajaran namun belum maksimal. 5. 4. buku pengayaan. Tahap ke-1 Guru-guru kami sepenuhnya hanya bergantung pada buku-buku pelajaran saja dalam melakukan proses pembelajaran. 4. Madrasah perlu mengadakan Laboratorim Mini sebagai sumber KBM Version 01. Bukti-Bukti Fisik  Data inventaris buku Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. buku referensi. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Guru-guru kami sudah menggunakan sumber belajar lainnya selain buku pelajaran. buku referensi. Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat 2. Sebagian guru telah memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran.2011 13 . 3. dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik. buku pengayaan. Guru perlu memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Guru menggunakan buku panduan. Rekomendasi: 1. Guru perlu memanfaatkan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan berdasarkan karakteristik mapel.  Daftar sirkulasi buku di perpustakaan  Daftar peminjaman buku Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Guru-guru kami menggunakan berbagai jenis sumber dan media pembelajaran di madrasah serta memanfaatkan tempat belajar lain di luar madrasah dengan melibatkan siswa. Madrasah perlu mengadakan pelatiahan penggunaan media dan pemanfaatan sumber belajar. dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik. namun hanya pada mata pelajaran tertentu.01.

inspiratif. Diharapkan semua guru melaksanakan pembelajaran yang interaktif. Semua guru menggunakan multi metode yang sesuai dengan karakter topik / tema materi sehingga terjadi proses pembelajan yang interaktif. kreatif. dan penutup. menyenangkan. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif.4. Semua guru melaksanakan proses pembelajaran melalui 3 tahapan. menyenangkan.2011 14 . menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya.01. inspiratif. inti. Diharapkan semua guru dapat melaksanakan pembelajaran yang PAIKEM GEMBROT. inspiratif. Version 01. inspiratif. menyenangkan. Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yang interaktif.Delivery of Education 2. 2. dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan. Bukti-Bukti Fisik  Catatan hasil observasi KBM  RPP Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. inspiratif. Rekomendasi: 1. Sebagian guru-guru kami sudah Guru-guru kami belum konsisten konsisten melaksanakan kegiatan melaksanakan kegiatan pembelajaran pembelajaran yang interaktif. menantang dan memotivasi peserta didik 2. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif. menantang. sesuai dengan RPP yang disusunnya.4. menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP. Semua guru yang sudah membuat RPP melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disiapkan / disusun. dan memotivasi peserta didik. 3. menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya. dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya serta dijadikan acuan bagi guru-guru di madrasah lainnya. menyenangkan. inspiratif. inspiratif.1. 2.

Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Guru-guru kami memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi. kreatif. 3. Semua peserta didik memperoleh kesempatan untuk melakukan elaborasi dalam proses pembelajaran. serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran tetapi juga di luar proses pembelajaran. 2. Tahap ke-2 Guru-guru kami belum sepenuhnya konsisten memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi.4.Delivery of Education 2. Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi. Guru-guru kami tidak hanya memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi. serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran. Bukti-Bukti Fisik  RPP  Catatan hasil observasi KBM  Pendapat siswa Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Semua peserta didik memperoleh konfirmsasi dalam proses pembelajaran. serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran. Guru perlu meningkatkan kesempatan peserta didik untuk melakukan eksplorasi. Rekomendasi: 1.2011 15 . serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran. serta mendapatkan konfirmasi.01. elaborasi dan konfirmasi dalam setiap kegiatan pembelajaran. Sebagian peserta didik memperoleh kesempatan untuk melakukan eksplorasi dalam proses pembelajaran. menyenangkan. menantang dan memotivasi peserta didik 2. Version 01. inspiratif.2. Tahap ke-1 Guru-guru kami belum memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif.4.

2. dan penilaian hasil pembelajaran termasuk program tindak lanjut.2011 16 . pelaksanaan. 1. Kepala Madrasah melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran secara menyeluruh yang meliputi perencanaan pembelajaran. dan penilaian hasil pembelajaran. 5. pelaksanaan pembelajaran.Delivery of Education 2. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan 2. 2. Kepala Madrasah perlu melaporkan supervisi dan Evaluasi kepada Bidang Mapenda . Kepala Madrasah menyusun program supervisi dan evaluasi proses pembelajaran.01. dan penilaian hasil pembelajaran. Kepala madrasah perlu meningkatkan pelaksanaan program supervisi secara kontinu dan terpadu.5. Kepala Madrasah melaksanakan tindak lanjut hasil supervisi dan evaluasi proses pembelajaran. dan hasil pembelajaran. pelaksanaan. 3. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Proses pembelajaran di madrasah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan. Kepala Madrasah sesekali melaksanakan supervisi kepada semua pendidik . pelaksanaan.1. dan penilaian hasil pembelajaran. Bukti-Bukti Fisik      Buku proram Supervisi Buku Pelaksanaan supervise Buku tindak lanjut Buku pembinaan Hasil supervisi Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. pelaksanaan. Rekomendasi : √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Proses pembelajaran di madrasah kami tidak disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan. Version 01. Kepala Madrasah melaporkan hasil supervisi dan evaluasi kepada bidang mapenda Kementerian Agama kabupaten melalui PPAI secara berkala. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan.5. Proses pembelajaran di madrasah Proses pembelajaran di madrasah kami disupervisi dan dievaluasi mulai kami disupervisi dan dievaluasi hanya dari tahap perencanaan. 4. pada tahapan tertentu saja.

Supervisi dan evaluasi proses Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara pembelajaran hanya dilakukan oleh berkala oleh kepala madrasah dan pengawas. 2. 5.5. Version 01. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Madrasah. pengawas tetapi tidak ditindaklanjuti. Kepala Madrasah melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran setiap bulan akan tetapi tidak berjalan terus menerus.Delivery of Education 2. 2. Kepala Madrasah melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran secara terus menerus / berkelanjutan akan tetapi tidak berjalan terus menerus. Bukti-Bukti Fisik  Buku proram Supervisi  Buku Pelaksanaan supervisi  Buku tindak lanjut  Buku pembinaan  Hasil supervisi  Buku kunjungan kelas  Buku tamu  DP3 Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Pengawas Madrasah sesekali melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran. Pengawas perlu meningkatkan pelaksanaan program evaluasi dan supervisi proses pembelajaran kepada semua guru. 6. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan 2.01.2. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Madrasah dan Pengawas. teman sejawat dan Pengawas serta melibatkan peserta didik. Pengawas Madrasah melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran kepada beberapa guru. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Madrasah dan Pengawas. Kepala Madrasah melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran kepada semua guru akan tetapi tidak berjalan terus menerus. Kepala madrasah perlu meningkatkan pelaksanaan program evaluasi dan supervisi proses pembelajaran kepada semua guru. 3. Pengawas Madrasah melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran secara berkala. 4. Rekomendasi: 1.5.2011 17 .

Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi. 3. 3. 3.2. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan Indikator 3.3.2. dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima. Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik. 3.2011 18 EDM MIN Jungpasir .1. Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama.2.2. Version 01.1.2. Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.Delivery of Education STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Komponen 3.2.1.1.1. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat 3.3.01.1. Sekolah mengembangkan keterampilan hidup. 3. budaya.

Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL. Tahap ke-3 √ Tahap ke-2 Tahap ke-1 Peserta didik memperlihatkan Peserta didik memperlihatkan Hasil belajar peserta didik masih di kemajuan yang lebih baik dalam prestasi belajar yang lebih baik. bawah SKL. mencapai target yang ditetapkan namun tidak konsisten. 3. Version 01.1. dan IPA) Peserta ujian (siswa kelas enam) memiliki rata-rata nilai ujian madrasah 8.Delivery of Education 3. Indonesia.1. dalam SKL.2011 19 EDM MIN Jungpasir .1.93 (pada mata pelajaran B. Madrasah kami perlu memberikan motivasi dan bimbingan yang lebih intensif kepada semua peserta didik agar dapat memperlihatkan kemajuan yang lebih baik melebihi standar kompetensi kelulusan.01. Rekomendasi: 1. dan memiliki harapan yang tinggi dalam berprestasi.01 Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik melebihi standar kompetensi kelulusan. Matematika. percaya diri. Bukti-Bukti Fisik Nilai minimal batas kelulusan Rekapitulasi Hasil Nilai UN Rekapitulasi Nilai UM/UAMBN Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Peserta ujian ( siswa kelas enam) memiliki rata-rata nilai ujian nasional 7. KOMPETENSI LULUSAN Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan 3.

01. B.7 melampaui standar nasional pada mata pelajaran tertentu (PAI. Version 01. IPA. Rekomendasi: 1. Peserta didik kami mengembangkan Peserta didik kami mampu menjadi keterampilan berpikir logis. pembelajar yang mandiri.Delivery of Education 3. Madrasah bersama guru perlu mengembangkan ketrampilan berpikir logis. kritis. kritis dan mengembangkan kreatifitas semua peserta didik. PKn. B. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Sebagian peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri. dan analititis serta mengembangkan kreatifitas mereka. Tahap ke-1 Peserta didik kami belum mampu menjadi pembelajar yang mandiri. Matematika.1.1.2. Bukti-Bukti Fisik Nilai Raport KKM Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Siswa memiliki rata-rata nilai (raport) 7. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan 3. Indonesia. Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri. Arab. SBK dan Bahasa Inggris).2011 20 EDM MIN Jungpasir .

Delivery of Education 3.01. mengekspresikan diri dalam mengungkapkan pendapat mereka dengan jelas dan santun. tinggi. Version 01. Rekomendasi: Madrasah kami perlu memberikan motivasi belajar kepada semua peserta didik agar memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan mampu mengekspresikan kemampuannya. yang tinggi. Pencapaian prestasi non akademik peserta didik mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. serta mampu tinggi.3.1. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan 3. Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.1.2011 21 EDM MIN Jungpasir . Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Dokumen daftari nilai Catatan Hasil ulangan Catatan Hasil tugas Catatan prestasi lomba Pencapaian prestasi akademik peserta didik mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Peserta didik kami memiliki motivasi Peserta didik kami memiliki motivasi Sebagian peserta didik kami memiliki Peserta didik belum memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang belajar dan rasa percaya diri yang motivasi belajar dan rasa percaya diri belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.

di rumah. kerja keras.Delivery of Education 3. Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik. kerja keras. serta memahami tentang disiplin.2011 22 EDM MIN Jungpasir . akan tetapi mereka belum terlalu memahami tentang disiplin.1. 75 % peserta didik menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka secara konsisten - Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan di sekolah dan di tengah masyarakat luas. kejujuran. Mereka memiliki kemampuan secara pribadi dan sosial dan melakukan berbagai jenis kegiatan untuk keberhasilan pribadi dalam ruang lingkup yang lebih luas. etika dan nilai agama peserta didik baik di madrasah.2. Version 01. Bukti-Bukti Fisik Daftar hadir peserta didik Foto kegiatan peserta didik Catatan kepribadian anak Catatan buku kasus Catatan buku pemantauan kegiatan pengamalan agama Catatan buku BK Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik - 95 % peserta didik berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. toleransi. dan perhatian kepada orang lain. maupun di masyarakat melalui kegiatan keteladanan dan pembiasaan. dan perhatian kepada orang lain. toleransi.2.01. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di sekolah dan di tengah masyarakat luas. Rekomendasi: Seluruh komponen Madrasah (Kepala. Peserta didik kami menunjukkan Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di sekolah dan di sikap yang baik di sekolah. Karyawan. kejujuran. tengah masyarakat luas. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat 3. dan Orang tua) bersama masyarakat perlu meningkatkan peran aktifnya dalam pengamalan nilai-nilai moral. Guru.

2. Komputer Daftar hadir UPBM - Potensi dan minat sebagian besar peserta didik telah berkembang melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan PBM dan kegiatan ketrampilan. 2. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat 3.2. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Potensi dan minat peserta didik kami telah berkembang secara penuh melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan serta memiliki kesempatan untuk mengembangkan rasa estetika selain keterampilan. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Sekolah kami menawarkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler tetapi belum sesuai dengan minat peserta didik. Sekolah mengembangkan keterampilan hidup. Sekolah kami menyediakan beragam kegiatan dan program keterampilan hidup sebagai bekal kehidupan di tengah-tengah masyarakat.2011 23 EDM MIN Jungpasir . Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Dokumen KTSP Program Ekstra Kurikuler Catatan kegiatan UPBM Ruang Lab. Rekomendasi: 1. Version 01.2.Delivery of Education 3. Peserta didik perlu diberi motivasi akan pentingnya bekal ketrampilan hidup untuk masa depan mereka. Tahap ke-1 Sekolah kami hanya menyediakan program pembelajaran yang terbatas dan belum bisa mengembangkan keterampilan lain yang dapat menjamin pencapaian potensi mereka secara penuh. Madrasah kami perlu mengembangkan potensi dan minat peserta didik secara penuh melalui UPBM dan ketrampilan hidup (life skill) sesuai tuntutan masyarakat.01.

PAI Buku Pemantauan Kegiatan Pengamalan Agama Kultur Islami di Madrasah - Madrasah menyediakan sarana ibadah Madrasah membudayakan perilaku yang berkarakter.2. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Peserta didik kami memiliki pengetahuan yang memadai mengenai agama mereka dan sudah mulai berusaha menerapkan dalam kehidupan sehari hari. Rekomendasi: Madrasah kami perlu meningkatkan upaya terus menerus akan pentingnya pemahaman dan penerapan ajaran agama dan nilai-nilai budaya peserta didik secara lebih konsisten.3.Delivery of Education 3. berbudaya dan islami Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Peserta didik memahami dan menerapkan ajaran agama dan nilainilai budaya dalam kehidupan mereka sehari-hari secara konsisten baik di sekolah maupun di tengahtengah masyarakat.01.2011 24 EDM MIN Jungpasir . Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama. Peserta didik kami memahami ajaran agama dan nilai-nilai budaya serta mampu menerapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. budaya. Version 01.2. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat 3. dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima. Tahap ke-1 Peserta didik kami memiliki pengetahuan agama yang terbatas dan belum mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Lab.

Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar. 4.1. Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai Version 01. Kualifikasi pendidik memenuhi standar 4.01. 4.2011 25 EDM MIN Jungpasir . Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai Indikator 4.3.1.2.2. Kompetensi pendidik memenuhi standar 4.3. 4.2.3.1.1.1.2. Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standar 4. Jumlah pendidik memenuhi standar.2. Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standar 4.2.Delivery of Education STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Komponen 4.1.

1. Jumlah guru di madrasah kami sudah memenuhi standar yaitu 22 guru 2. Madrasah kami mempunyai 1 orang kepala madrasah Guru 1.01. e n Rekomendasi: s i tenaga pendidik yang sudah ada . termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.Delivery of Education 4. Tenaga honorer diharapkan dapat diangkat menjadi PNS atau dinaikkan honor tetapnya. Version 01.1. syarat minimal yang ditentukan e kualitas tinggi bagi semua peserta t didik.2011 P e d a g o g 26 EDM MIN Jungpasir . PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 4. Pemerintah diharapkan memperhatikan kesejahteraan 2. Jumlah pendidik memenuhi standar. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Ijazah SK Kepala Madrasah Sertifikat Guru Data stastik organisasi Papan data kepegawaian Ijazah Sertifikat Guru Data stastik organisasi Beban mengajar guru Papan data kepegawain √ Kepala Madrasah 1. 12 guru kelas dan 10 guru mapel 3. 4.1. Masih ada pendidik yang tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diampu Tahapan Pengembangan Tahap ke-4  K ke-3 Tahap Tahap ke-2 Tahap ke-1 o Jumlah pendidik di sekolah kami Jumlah pendidik di sekolah kami Jumlah pendidik di sekolah kami Jumlah pendidik di sekolah kami m sangat memadai untuk memberikan sudah memadai sesuai dengan sudah memadai sesuai dengan syarat belum memadai sesuai dengan p layanan pembelajaran dengan standar yang ditetapkan minimal yang ditentukan.1.

4. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki tenaga kependidikan dengan jumlah yang sangat memadai untuk memberikan layanan pendidikan dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik. termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. perpus dan laborat dirangkap oleh guru. 3.01. sedangkan satpam dirangkap oleh penjaga dan tukang kebun. perpustakaan . termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Kepada para petugas agar meningkatkan kompetensinya dalam rangka peningkatan pelaksanaan tupoksi 3. Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 4. Tenaga administrasi (OP) 1 orang Tenaga pengelolah perpustakaan 1 orang Penjaga sekolah 1 orang Masih belum mempunyai tenag kependidikan khusus dibidang administrasi. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Tenaga kependidikan yang ada di madrasah kami : Data Statistik organissi Jumlah dan kualifikasi staf SK pembagian tugas guru dan staf Laporan Bulanan 1.Delivery of Education 4.1. √ Tahap ke-2  Tahap ke-1 Jumlah tenaga kependidikan di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Jumlah tenaga kependidikan di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Rekomendasi: 1.2011 27 EDM MIN Jungpasir . Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar. 2. Kepada Kementerian Agama diharapkan dapat mengusahakan atau memberikan bantuan tenaga kependidikan yang kualifit dan memenuhi standar. 2. laboratium dan satpam 5.2. kepada kepala madrasah diharaapakan mengusahakan pelatihan kepada tenaga kependidikan yang ada Version 01.1. petugas administerasi. Tahap ke-3 Sekolah kami memiliki jumlah tenaga kependidikan yang memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan.

b.2011 28 EDM MIN Jungpasir .Delivery of Education 4. a. Kualifikasi Umum Kepala Madrasah.2. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Data Statistik Kepegawaian Jumlah dan kualifikasi guru Beban mengajar guru Laporan bulanan SK tenaga pendidik Kepala Madrasah 1. Kualifikasi Khusus Kepala Sekolah. c. a. Kepala Madrasah PNS berpangkat IV/a 2.01. Memiliki pengalaman mengajar 16 tahun. Berstatus sebagai guru madrasah.2. c. Kualifikasi pendidik memenuhi standar.1. Belum memiliki sertifikat sebagai Kepala Madrasah yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan Pemerintah karena yang brsangkutan diangkat sebagai kepala madrasah sejak tahun 2003 (peraturan persyaratan sertifikat belum berlaku) Version 01. Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 4. Kualifikasi akademik sarjana (S-1) b. Memiliki sertifikat pendidik sebagai guru madrasah.

standar yang ditetapkan.( 20 orang S-1 pendidikan. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Kualifikasi pendidik di sekolah kami Kualifikasi pendidik di sekolah kami Kualifikasi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan sudah memadai sesuai dengan syarat belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan. Penjaskes dan Matematika) yang diperoleh dari program studi yang terakreditasi 1. Bahasa Jawa. Rekomendasi: 1. 1 orang S-1 non pendidikan) 2. 95 % (21 orang) guru berijasah S-1. Para Pendidik yang belum memenuhi standar kependidikan diharapkan bisa mengikuti kualifikasi SI .2011 29 EDM MIN Jungpasir . 1 guru berijazah D-2 ( dalam proses S-1 ) Data Statistik Kepegawaian Jumlah dan kualifikasi guru Beban mengajar guru Laporan bulanan . termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. 2. Version 01. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki pendidik dengan kualifikasi yang sangat memadai dari standar yang ditentukan untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik. Para pendidik perlu meningkatkan kompetensinya secara terus menerus agar benar-benar dapat menjadi guru yang professional dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas tinggi. untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.01. termasuk minimal yang ditentukan.Delivery of Education GURU Guru kami memiliki kualifikasi akademik pendidikan minimum Diploma Empat (D-IV) atau Sarjana (S-1) dalam bidang pendidikan SD/MI (D-IV/S-1 PGSD/PGMI dan PAI.

2011 30 EDM MIN Jungpasir .2. termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.2. 2. Tenaga Administrasi berkualifikasi SMA jumlah 1 orang belum bersertifikat 2. Tenaga Pustakawan tidak bersertifikat dan dirangkap oleh guru Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kualifikasi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik.2. Kepada Kementerian Agama. Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standar. Tahap ke-3 Kualifikasi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan. √ Tahap ke-2 Tahap ke-1 Kualifikasi tenaga kependidikan di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Kualifikasi tenaga kependidikan di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Rekomendasi: 1.Delivery of Education 4. dimohon untuk dapat memberikan bantuan tenaga kependidikan sesuai dengan SNP. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Data Statistik Kepegawain Jumlah dan kualifikasi staf File pegawai SK pembagian tugas guru dan staf Tenaga Kependidikan yang kami miliki : 1. Penjaga madrasah 1 orang berpendidikan SMP 3.01. termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. Madrasah perlu mengusahakan pelatihan tenaga administrasi dan pustakawan agar lebih berkompeten. Version 01. Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 4.

1. f. Kompetensi pendidik memenuhi standar.01.3. b. Memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin. d. mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia. Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik DP3 Catatan Laporan Evaluasi kinerja Kepala dan Guru Hasil wawancara dengan Guru dan Komite Kepala Madrasah Kompetensi Kepribadian. Berakhlak mulia. Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan. a. Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah. Version 01.Delivery of Education 4. e.3. Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 4. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi. c.2011 31 EDM MIN Jungpasir .

Mengelola hubungan sekolah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide. Mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal. serta merencanakan tindak lanjutnya.Delivery of Education 2. Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal. p. penempatan. i. d. Mengelola sistim informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. j. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal. Kompetensi Manajerial a. l. Version 01. c. Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik. Mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaaan yang ankutabel.2011 32 EDM MIN Jungpasir . dan efisien. m. dan pembiayaan sekolah. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru. e. Mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan. Mengelola ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah. sumber belajar. o. k. n. f. Memanfaatkan kemajuan tehnologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah. transparan. h. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional. dan pelaporan pelaksanaak program kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat. g. Menyusun perencanaan sekolah b. evaluasi. Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar yang efektif. dan pengembangan kapasitas peserta didik.01. Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah. Melakukan monitoring.

c. 5. Bekerjasama dengan pihak lain intuk kepentingan sekolah. Merencanakan program supervise akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.01. Berpartisipasi dalam kegiatan social kemasyarakatan. b. Memiliki motifasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah. 4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yamg dihadapi sekolah. Menindaklanjuti hasil supervise akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah. Version 01. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif. c. Melaksanakan supervise akademik terhadap dengan menggunakan pendekatan dan tehnik supervise yang tepat. a. Kompetensi Supervisi. b. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan mproduksi/jasa sekolah sebagai sumber belajar peserta didik. c. Kompetensi Sosial.Delivery of Education 3.2011 33 EDM MIN Jungpasir . d. Memiliki kepekaan social terhadap orang atau kelomp[ok lain. b. e. Kompetensi Kewirausahaan a. a.

Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur. j. f. rasa bangga menjadi guru. b. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Kompetensi Pedagogik a. hokum. latar belakang keluarga. cultural. d. g. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. c. ras. dan berwibawa. 3. Berkomunikasi secara efektif. h. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.2011 . c. dan santun dengan peserta didik. Bertindak sesuai dengan norma agama. dewasa. e. i. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. empatik. dan rasa percaya diri. 2. e.Delivery of Education      DP3 Catatan Laporan Evaluasi kinerja Kepala dan Guru Hasil wawancara dengan Siswa dan Komite Catatan Hasil observasi Catatan hasil supervisi Guru 1.berakhlak mulia. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap. tenaga kependidikan. moral. Menunjukkan .  Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang menjadi keragaman social budaya.  Berkomunikasi secara efektif. social. kondisi fisik. dan status social ekonomi. Menguasai teori belajar dan prinsip-pronsip pembelajaran yang mendidik. dan santun dengan sesame pendidik. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin.  Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain. dan kebudayaan nasional Indonesia.01. agama. empatik. dan intelektual. 34 EDM MIN Jungpasir Version 01. tanggung jawab yang tinggi. dan masayarakat. bertindak obyektif. orang tua. social. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik. arif.tos kerja. Kompetensi Kepribadian a. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. b. Memanfaatkan tehnologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. d. Kompetensi Sosial  Bersikap inklusif. emosional. dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat. stabil.

 Menguasai standar kompetensi dan kompetendi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. Rekomendasi: 1. konsep. Version 01.Delivery of Education 4.2011 35 EDM MIN Jungpasir .01.  Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.  Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. 2. termasuk minimal yang ditentukan untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Kompetensi Profesional  Menguasai materi. pembimbingan teman sejawat maupun pelatihan . struktur. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Kompetensi pendidik di sekolah kami Kompetensi pendidik di sekolah kami Kompetensi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan sudah memadai sesuai dengan syarat belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan standar yang ditetapkan. dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu agar KBM menjadi profesional. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki pendidik dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik.  Memanfaatkan tehnologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Para pendidik perlu meningkatkan penguasaan materi struktur konsep. Para pendidik harus terus menerus meningkatkan kemampuan PAEDAGOGIK agar dapat menghasilkan peserta didik yang berkualita tinggi melalui kegiatan diskusi. dan pola piker keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

Membangun komunikasi. Melakukan pengorganisasian informasi. Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai 4. Melakukan pengelolaan anggaran dan keuangan. Memiliki wawasan kependidikan. Memberikan jasa dan sumber informasi. Version 01. Kompetensi Kepribadian. a. b. Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standar Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Data Statistik organisasi Jumlah dan kualifikasi staf SK Pembagian tugas guru dan staf Laporan Bulanan Tenaga Administrasi 1. 4.Delivery of Education 4. Mengembangkan ilmu. Menghayati etika profesi. a. b. b. Memiliki integritas yang tinggi. 6. b. 5. Memberikan bimbingan literasi informasi.3. a. c. Memiliki etos kerja yang tinggi.2.01. Mengembangkan ketrampilan memanfaatkan informasi. Menerapkan tehnologi informasi dan komunikasi. 2. Melaksanakan kebijakan. b. Kompetensi Kependidikan.2011 36 EDM MIN Jungpasir . a. Membangun hubungan social. c. Kompetensi Sosial.3. a. b. Kompetensi Manajerial. Kompetensi Pengelolaan informasi. a. 3. Kompetensi Pengembangan Profesi.

Melakukan pengorganisasian informasi. a. Melakukan perawatan koleksi.01. a. b. Mengembangkan ketrampilan memanfaatkan informasi. Membangun hubungan social. Kompetensi Kepribadian. 3. 2. KompetensiPengelolaan informasi. b. c. Memiliki integritas yang tinggi. 4. b. Kompetensi Sosial. Kompetensi Kependidikan. Membangun komunikasi. Menghayati etika profesi. a. a. b. Menunjukkan kebiasaan membaca. Melakukan promosi perpustakaan.Delivery of Education Data Statistik organisasi Jumlah dan kualifikasi staf SK Pembagian tugas guru dan staf Laporan Bulanan Tenaga Perpustakaan 1. a. c. Mengembangkan koleksi perpustakaan sekolah. Version 01. Memiliki wawasan kependidikan. c. c. Kompetensi Manajerial. Memberikan bimbingan literasi informasi. Memberikan jasa dan sumber informasi. b. 6. Melaksanakan kebijakan. Menerapkan tehnologi informasi dan komunikasi. Kompetensi Pengembangan Profesi. a.2011 37 EDM MIN Jungpasir . Mengembangkan ilmu. d. 5. d. Memiliki etos kerja yang tinggi. b. Melakukan pengelolaan anggaran dan keuangan.

Menampilkan kinerja berkualitas tinggi. b. a. 3. Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat. Melayani kegiatan praktikum. Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa. b. Kompetensi Administratif.01. c. Mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli. dan kebebasan memilih. b. Menunjukkan komitmen terhadap tugas.     Data Statistik organisasi Jumlah dan kualifikasi staf SK Pembagian tugas guru dan staf Laporan Bulanan Tenaga Konsuler 1. Mengelola bahan dan peralatan laboratorium sekolah.2011 38 EDM MIN Jungpasir . a. c. dan jenjang satuan pendidikan. Menginventariswasi bahan praktikum. Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur. individualitas. d. 2. Mencatat kegiatan praktikum. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menguasai teori dan praksis pendidikan. b. Kompetensi Kepribadian. dan berakhlak mulia. a. b. Kompetensi Sosial. Menjaga kesehatan kerja di laboratorium sekolah. c. a. Bekerjasama dalam pelaksanaan tugas. Kompetensi Kepribadian. a. d. Berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Kompetensi Pedagogik. 2.Delivery of Education     Data Statistik organisasi Jumlah dan kualifikasi staf SK Pembagian tugas guru dan staf Laporan Bulanan Tenaga Laboratarium 1. Version 01. Kompetensi Profesional. b. 4. mantap. jenis. Merawat ruang laboratorium sekolah. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. a.

Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi.Delivery of Education 3. b. Menguasai kerangka teoritik dan praksis bimbingan dan konseling. a. c. g. Mengimplementasikan kolaborasi intern di tempat bekerja. Menguasai konsep dan praksis penelitian Bimbingan dan Konseling. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Kompetensi tenaga kependidikan di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Tahap ke-1 Kompetensi tenaga kependidikan di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Kompetensi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan. Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional. Penjaga sekolah kami memenuhi kompetensi teknis Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik. Kompetensi Sosial. termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. Version 01. Menilai proses dan hasil kegiatan Bimbingan dan Konseling f. b.2011 39 EDM MIN Jungpasir . dan masalah konseli. c. 4. Mengimplementasikan program bimbingan dan konseling yang komprehensif.01. Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi bimbingan dan konseling. Merancang program bimbingan dan konseling. e. a. Kompetensi Profesional. d. Penjaga sekolah kami memenuhi kompetensi kepribadian b. Data Statistik organisasi Jumlah dan kualifikasi staf SK Pembagian tugas guru dan staf Laporan Bulanan Penjaga a. Penjaga sekolah kami memenuhi kompetensi social c. termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Mengimplementasikan kolaborasi antar profesi. kebutuhan.

Madrasah kami perlu meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan Version 01.2011 40 EDM MIN Jungpasir .01.Delivery of Education Rekomendasi: 1.

01.1.1.2.2011 41 EDM MIN Jungpasir . 5.Delivery of Education STANDAR SARANA DAN PRASARANA Komponen 5. 5. Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan. Version 01.2.1.1. Sarana sekolah sudah memadai Indikator 5. Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran. Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar 5.1. Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik 5. dan lainnya. 5. Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.2.2. jumlah ruangan. persyaratan untuk sistem ventilasi.3.1. Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.2.

dan lainnya. jumlah ruangan.  Sarana ruang kelas yang tersedia: Kursi dan meja sejumlah peserta didik. 1.Delivery of Education 5. persyaratan untuk sistem ventilasi. jumlah ruangan. Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan. jumlah ruangan. dan kelengkapan lainnya melebihi ketentuan dalam SNP. 1 papan tulis minimum 90 x 200 x 1 cm² . persyaratan untuk sistem ventilasi. Sekolah kami memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan. Tahap ke-2 Tahap ke-1 Sekolah kami belum memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan. 1 tempat cuci tangan. SARANA DAN PRASARANA Sarana sekolah sudah memadai 5. jumlah ruangan. 1 soket listrik Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Sekolah kami memiliki bangunan gedung yang ukuran. 5. dan lainnya. Dibedakan antara kelas 1 dan kelas 2 – 6 . Tahap ke-3 Sekolah kami memenuhi SNP terkait dengan ukuran ruangan. persyaratan untuk sistem ventilasi. ventilasi. DIR. persyaratan untuk sistem ventilasi.1. 1 kursi dan 1 meja guru 1 Lemari. 1 tempat sampah. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik KIB.2011 42 EDM MIN Jungpasir . dan lainnya.1. Ruang Kelas :  Ruang kelas rata-rata berukuran 7 x 7 = 49 m2  Banyaknya ruang kelas 4 ruang. 1 papan panjang minimum 60 x 120 x 1 cm². Version 01. dan lainnya. 1 jam didinding.01.  Sistem ventilasi sudah sesuai dengan standar.1. Rekomendasi: Kepada Pihak terkait (Pemerintah Pusat / Daerah) agar dapat memberikan bantuan penambahan 2 RKB untuk dapat memenuhi rasio minimum rombel. alat peraga. 1 rak hasil karya peserta didik.2 ruang belum jadi. Banyak rombel 6 dan 2 rombel menempati gedung Madrasah Diniyah. Buku Inventaris di Simak-BMN dan hasil observasi lapangan.

1. Rekomendasi: Madrasah dengan bantuan pemerintah dan / masyarakat perlu mengusahakan kekurangan kelas untuk 2 rombel. Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar. dari yang ditetapkan dalam SNP. setiap rombongan belajar. 2 rombel menempati ruang Madrasah Diniyah.1. rombongan belajar.2011 43 EDM MIN Jungpasir . agar dapat lebih meningkatkan mutu proses pembelajaran. DIR. Version 01.2. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Absensi siswa/daftar siswa.Delivery of Education 5.01. Sarana sekolah sudah memadai 5. Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Jumlah peserta didik di dalam Sekolah kami memenuhi SNP dalam Sekolah kami memenuhi SPM dalam Sekolah kami belum memenuhi SPM rombongan belajar kami lebih kecil hal jumlah peserta didik pada setiap hal jumlah peserta didik pada setiap dalam hal jumlah peserta didik pada rombongan belajar. Jumlah peserta didik 202 dan jumlah rombel = 6 Rata-rata jumlah siswa perkelas 35 Namun dari 6 rombel. dan observasi lapangan.

Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Buku Inventaris Simak BMN DIR Hasil observasi lapangan Alat dan sumber belajar menggunakan media pembelajaran konvensional dan multimedia IT.1.Delivery of Education 5. belajar sesuai dengan SPM. digunakan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran. ketetapan dalam SNP yang belajar sesuai dengan SNP. 2 unit komp. tetapi diharapkan bantuan dari pihak terkait untuk melengkapi sarana prasarana. dan 1 set CD/DVD Bahasa Inggris Peralatan konvensional penunjang pembelajaran IPA. Madrasah ini memiliki :       Multimedia : 4 unit komputer siswa. Rekomendasi: Sarana Penunjang belajar sudah memenuhi standar. Bhs.3. guru/TU.2011 44 EDM MIN Jungpasir .1. IPS. Sarana sekolah sudah memadai 5. Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran. alat dan sumber belajar terutama peralatan multimedia IT . Indonesia dan Matematika Buku referensi pembelajaran semua Mapel dan buku penunjang lain yang cukup memadai.01. Version 01. Laborat IPA Perpustakaan Lapangan olahraga dan peralatannya Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Sekolah kami memiliki alat dan Sekolah kami memiliki dan Sekolah kami memiliki dan Sekolah kami belum memiliki dan sumber belajar yang melebihi dari menggunakan alat serta sumber menggunakan alat serta sumber menggunakan alat serta sumber belajar sesuai dengan SPM.

bersih. Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar.Delivery of Education 5. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Pemeliharaan bangunan di sekolah kami tidak dilaksanakan secara rutin. Version 01. dan terpelihara. rutin seperti kebersihan ruangan. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Foto kegiatan pemeliharaan Kondisi fisik gedung Bangunan. Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik 5. hal ini bisa dilihat dari kondisi lingkungan yang indah. Oleh karena itu partisipasi dari pemerintah pusat/daerah dalam hal penambahan dana pemeliharaan sangat diharapkan.01. Sebagian gedung sekolah kami di bawah standar. harus diperbaiki dan dibersihkan atau diganti. Rekomendasi: Keindahan dan kebersihan di lingkungan madrasah agar slalu dapat terjaga.2.1.2011 45 EDM MIN Jungpasir .2. Pemeliharaan bangunan di sekolah Pemeliharaan bangunan di sekolah Pemeliharaan bangunan di sekolah kami dilaksanakan secara rutin kami dilaksanakan secara berkala kami baru melakukan pemeliharaan melebihi waktu yang ditetapkan sesuai dengan SNP. Pemeliharaan gedung dan bangunan dilaksanakan minimal 2 x dalam 1 tahun. dalam SNP dan catatan pemeliharaan terekam dengan baik.

2. Version 01. selain warga sekolah termasuk yang berkebutuhan khusus. nyaman dan dapat berjalan secara efektif. Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik 5.Delivery of Education 5. Bangunan di sekolah kami aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus. Foto dan kondisi fisik gedung dan bangunan Tahapan Pengembangan √ Setiap orang yang datang ke sekolah kami. Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus. Keamanan dan kenyamanan sudah cukup baik. Tahap ke-4 Tahap ke-2 Bangunan yang ada di sekolah kami aman bagi peserta didik namun masih belum nyaman dan memberi kemudahan bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus. sehingga kegiatan belajar mengajar terasa aman. Letak geografis yang mendukung sehingga memudahkan akses dan mudah dijangkau 3. 2.2. Madrasah perlu membuat pagar bangunan untuk meningkatkan rasa keamanan yang ada di lingkungan Madrasah.01. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.. termasuk bagi mereka yang berkebutuhan khusus. 2. Bangunan yang kokoh dan megah merupakan ikon madrasah ini. Madrasah perlu terus meningkatkan keamanan dan kenyamanan 3. Keamanan yang terjaga karena letak yang strategis dan aman.2. Rekomendasi: 1.2011 46 EDM MIN Jungpasir . Tahap ke-1 Sebagian bangunan di sekolah kami masih belum memenuhi standar keamanan dan kenyamanan bagi peserta didik. dapat merasakan keamanan dan kenyamanan dalam setiap bangunan yang ada.

1.1.1. Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran Kerja Madrasah berdampak terhadap peningkatan madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra) hasil belajar 6.3. dan akuntabilitas. Madrasah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang dan valid efektif.2011 47 EDM MIN Jungpasir . 6.1.1. efektif.2. partisipasi. Pengelolaan madrasah menunjukkan adanya kemandirian. 6. Madrasah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga pengembangan profesi bagi para pendidik dan kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan 6. Version 01. Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan tenaga kependidikan standar nasional Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan 6.6. kemitraan.2. 6. Madrasah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga madrasah dan pemangku kepentingan.1. Rencana Pengembangan Madrasah/Rencana 6.4.2.3.6. dan dapat diakses Pemberian dukungan dan kesempatan 6.01. Madrasah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja madrasah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar 6.3. 6. 6. Madrasah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga madrasah dan pihakpihak yang berkepentingan. Madrasah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan. Madrasah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur.5.1. keterbukaan. Madrasah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis. Warga madrasah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan madrasah nonakademis.2.5.2.1.Delivery of Education STANDAR PENGELOLAAN Komponen 6.4.3.2.2. 6. 6. Kinerja pengelolaan madrasah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak Rencana kerja madrasah mencantumkan tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasikan dengan baik Indikator 6. dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar Pengumpulan dan penggunaan data yang handal 6.3.4.6. Madrasah menyediakan sistem informasi yang efisien. efisien dan dapat dipertanggungjawabkan 6. 6.5.2. 6.2.1. menilai kinerja.

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik    Madrasah memiliki Visi dan Misi. Version 01.Delivery of Education 6.1. Bukti-Bukti Fisik     KKRKM Dokumen Visi Misi Papan visualisasi visi misi Notulen rapat sosialisasi Tahap ke-4 Madrasah kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan buttom-up dan tersosialisikan kepada seluruh pemangku kepentingan serta direview secara berkala sesuai dengan situasi. PENGELOLAAN 6. Kinerja pengelolaan madrasah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak 6. Madrasah kami mensosialisasikan Visi dan Misi kepada warga madrasah. kondisi dan kebutuhan madrasah. Madrasah kami memiliki visi dan misi Madrasah kami belum memiliki visi namun belum dirumuskan secara dan misi yang jelas yang dirumuskan bersama dan belum tersosialisasikan bersama oleh warga madrasah. Madrasah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga madrasah dan pemangku kepentingan.2011 48 EDM MIN Jungpasir . Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Madrasah kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan buttom-up dari seluruh warga madrasah dan tersosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan. Rekomendasi:   Madrasah perlu mensosialisasikan Visi dan misi secara online.1. Madrasah kami perlu mereview visi dan misi secara periodik sesuai dengan perkembangan tingkat kemajuan capaian program. Madrasah belum mensosialisasikan visi misi secara online. di seluruh warga madrasah.01.1.

1. partisipasi. keterbukaan. Madrasah perlu melaporkan pelaksanaan RKS kepada Dinas Pendidikan setiap akhir tahun pelajaran. Version 01. Kurangnya angka partisipasi masyarakat (APM) sebagai dampak dari program sekolah gratis bagi satker negeri Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Madrasah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan madrasah secara mandiri.01. transparansi dan akuntabilitas public. partisipatif.kolaboratif dan akuntabel. Madrasah perlu memperkuat kemandirian . Rekomendasi: 1. partisipatif. ( ) Madrasah perlu melaporkan pelaksanaan RKS kepada Komite Madrasah setiap akhir tahun pelajaran .1. Madrasah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan madrasah secara mandiri.2011 49 EDM MIN Jungpasir 3.Delivery of Education 6. kolaboratif dan akuntabel sertamampu memunculkan potensi warga madrasah untuk turut serta mengembangkan pengelolaan madrasah. 2. kemitraan. dan akuntabilitas. Bukti-Bukti Fisik      Dokumen RKS Notulen rapat komite Notulen rapat wali murid Laporan Keuangan secara rutin dokumen LAKIP    Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Madrasah kami dalam penyusunan RKS maupun RKAM melibatkan stakeholder Madrasah kami memvisualisasikan penggunaan dana dan melaporkan kepada pemangku kepentingan secara rutin.2. Pengelolaan madrasah menunjukkan adanya kemandirian. Kinerja pengelolaan madrasah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak 6. kolaboratif dan akuntabel Tahap ke-1 Madrasah kami belum mengembangkan pola kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan madrasah.kemitraan. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Madrasah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan madrasah namun prosesnya belum sepenuhnya dilaksanakan secara mandiri. partisipatif. Madrasah bersama komite perlu memberdayakan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan madrasah.

jangka pendek). Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.2. berdasarkan visi dan misi madrasah dalam bentuk renstra maupun RKS. Rekomendasi: 1. Tahap ke-2 Tahap ke-1 Madrasah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi madrasah dalam bentuk renstra maupun RKS yang berbasis hasil analisis EDS/M dan di update secara berkala. jangka menengah. Madrasah sudah menyusun RKS dan renstra dengan tujuan yang jelas untuk periode 2009-2012 2. 6. Madrasah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan.1. Madrasah kami memiliki rencana Madrasah kami memiliki dokumen kerja yang dirumuskan rencana kerja tahunan namun belum dari tujuan memiliki renstra.2. Version 01.2011 50 EDM MIN Jungpasir . Rencana kerja madrasah mencantumkan tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasikan dengan baik.01. Madrasah perlu merumuskan tujuan secara lengkap (jangka panjang.Delivery of Education 6. Madrasah belum merumuskan tujuan jangka panjang Dukumen RKS Dokumen RKAM Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Madrasah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi madrasah dalam bentuk renstra maupun RKS yang berbasis hasil analisis EDS/M. Madrasah telah mensosialisasikan RKS pada seluruh komite pada tiap akhir tahun pelajaran 3.

Madrasah kami sudah mensosialisasikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder madrasah dalam berbagai kesempatan dan on-line di situs madrasah.2. Madrasah kami perlu mementapkan sosialisasi rencana kerja kepada semua stakeholder dan public melalui jaringan online dalam rangka peningkatan APM. Tahap ke-1 Madrasah kami belum mensosialisasikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder madrasah. Rekomendasi: 1.2.2011 51 EDM MIN Jungpasir . Version 01.Delivery of Education 6. Madrasah kami sudah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan madrasah kepada semua pihak yang berkepentingan. 6. 2. Madrasah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga madrasah dan pihak-pihak yang berkepentingan. Rencana kerja madrasah mencantumkan tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasikan dengan baik. misalnya kepala dinas pendidikan atau ketua yayasan. Madrasah kami sudah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan madrasah menyeluruh kepada semua warga madrasah. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.2. RKM RKAM Notulen rapat wali murid Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Madrasah kami sudah mensosialisasikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder madrasah secara dalam rapat dinas. Tahap ke-2 Madrasah kami sudah mensosialisasikan dokumen rencana kerja namun hanya kepada pihak-pihak terbatas saja.01.

Rencana Pengembangan Madrasah/Rencana Kerja Madrasah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar 6. Standar Proses dan Standar Penilaian dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan telah mendapatkan persetujuan dari komite madrasah namun belum tersosialisasi secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan. Standar Proses dan Standar Penilaian namun tidak dalam bentuk dokumen yang mudah diakses oleh pihak terkait dan sosialisasinya masih sebatas dalam lingkup internal madrasah. Standar Kompetensi Lulusan. Standar Kompetensi Lulusan. Madrasah sudah memiliki rencana kerja tahunan madrasah dalam bentuk dokumen RKAM yang telah disusun berdasarkan RKM 2009-2012 2. Standar Kompetensi Lulusan.Delivery of Education 6. Tahap ke-1 Madrasah belum memiliki Rencana kerja tahunan madrasah dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan sesuai dengan Standar Isi. Standar Proses dan Standar Penilaian. Standar Kompetensi Lulusan. Madrasah perlu mereview dokumen RKM dan RKAM berdasarkan 8 standar SNP. 1. Dokumen RKAM yang ada disusun berdasarkan 8 katagori versi DBE Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Rencana kerja tahunan madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi. Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra) Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Dokumen RKM Dokumen RKAM 1.3.3. Standar Proses dan Standar Penilaian dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan telah mendapatkan persetujuan dari komite madrasah dan sudah tersosialisasi secara luas kepada seluruh pemangku Rekomendasi : kepentingan.01. Rencana kerja tahunan madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi. Version 01.2011 52 EDM MIN Jungpasir .1. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Rencana kerja tahunan madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi.

Rencana Pengembangan Madrasah/Rencana Kerja Madrasah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar 6.3. 1.01. Madrasah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja madrasah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar. Dalam rangka peningkatan hasil belajar. Version 01.2. dan belum melibatkan warga madrasah. Madrasah kami sudah melakukan evaluasi kinerja secara periodik 2.2011 53 EDM MIN Jungpasir . madrasah perlu melakukan evaluasi diri terhadap kinerja madrasah secara menyeluruh dan berkelanjutan.Delivery of Education 6.3. Madrasah baru mulai melakukan evaluasi diri secara keseluruhan. √ Tahap ke-2 Tahap ke-1 Madrasah kami melakukan evaluasi Madrasah kami belum melakukan diri namun baru dilakukan sebatas evaluasi diri secara berkala dan tim pengembang madrasah berkelanjutan. berkala dan berkelanjutan pada tahun ini. Rekomendasi: Tahap ke-3 Madrasah kami melakukan evaluasi diri untuk melihat dampak dari rencana pengembangan madrasah terhadap peningkatan hasil belajar. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Madrasah kami melakukan evaluasi diri dan mengkomunikasikan rencana pengembangan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan dinas pendidikan dan para pemangku kepentingan. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik EDM RKM 1.

3. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Rencana Pengembangan Madrasah/Rencana Kerja Madrasah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar 6.01. Rekomendasi: 1.2011 54 EDM MIN Jungpasir . menilai kinerja. Madrasah kami perlu segera menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan madrasah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri dan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar Version 01.3.Delivery of Education 6. Madrasah kami telah mampu menetapka prioritas perbaikan/ pengembangan madrasah kearah peningkatan hasil belajar akan tetapi belum keseluruhan 2. √ Tahap ke-2 Tahap ke-1 Madrasah kami menetapkan prioritas Madrasah kami belum mampu perbaikan/ pengembangan madrasah menetapkan prioritas perbaikan/ namun belum didasarkan pada hasil pengembangan madrasah evaluasi diri madrasah. kearah peningkatan hasil belajar.3. Madrasah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur. dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar. Tahap ke-3 Madrasah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan madrasah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri dan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar. Madrasah belum fokus dalam melakukan perbaikan berdasarkan hasil EDM EDM RKM Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Madrasah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan madrasah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri serta disesuaikan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.

Pengelolaan data di madrasah kami sudah berbasis ICT sehingga informasi dapat diakses dengan cepat. Version 01.Delivery of Education 6. efisien. efisien dan dapat dipertanggungjawabkan. Madrasah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif. 2. baru kalangan tertentu.4. Blog Madrasah Email Madrasah Madrasah belum mensosialisasikan ICT secara luas. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Madrasah kami memiliki sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Madrasah kami memiliki sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif. Rekomendasi: Madrasah kami perlu mensosialisasikan sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif. efisien dan akuntabel dan sudah tersosialisaikan kepada seluruh pemangku kepentingan.2011 55 EDM MIN Jungpasir . efisien.4.1. dan akuntabel serta tersosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan dan terkoneksi secara online pada website madrasah. sederhana dan belum berbasis website. efektif dan efisien. dan akuntabel kepada seluruh pemangku kepentingan dan terkoneksi secara online pada website madrasah. Pengelolaan data di madrasah kami Pengelolaan data di madrasah kami berbasis ICT namun masih belum berbasis ICT sehingga belum menggunakan program office yang efektif dan efisien.01. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid 6.

Madrasah belum memiliki tenaga khusus ICT Blog Madrasah Imel Madrasah Catatan mengenai kegiatan dan pencapaian Madrasah oleh Kementerian Agama Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Madrasah kami menyediakan akses informasi dengan data yang terbaru bagi warga madrasah dan pihak yang berkepentingan serta mudah diakses secara online melalui website madrasah.01. pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan madrasah. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. berkepentingan. dan dapat diakses. Madrasah menyediakan sistem informasi yang efisien. 3. Warga madrasah kebanyakan belum mampu mengakses informasi lewat ICT 3. Madrasah menyediakan akses informasi yang mudah bagi warga madrasah 2.4. Madrasah perlu meningkatkan fasilitas informasi yang memenuhi standar. efektif. 2.Delivery of Education 6. Kementerian agama perlu mengusahakan tenaga ICT khusus. Version 01.2011 56 EDM MIN Jungpasir . Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid 6. Madrasah perlu mengangkat petugas untuk melayani permintaan informasi. Madrasah perlu mencatat dan mendokumentasikan semua informasi dari masyarakat. ditunjang oleh sistem pembaharuan data. 4. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Madrasah kami menyediakan akses Madrasah kami menyediakan akses Madrasah kami belum menyediakan informasi dengan data yang terbaru informasi untuk warga akses informasi yang mudah bagi bagi warga madrasah dan pihak yang madrasah namun belum warga madrasah.4. Rekomendasi: 1.2. pemberian informasi.

2.5. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 kurang dan Madrasah kami memperhatikan hasil Madrasah kami memperhatikan hasil Madrasah kami kerja setiap pendidik dan tenaga kerja setiap pendidik dan tenaga memperhatikan hasil kerja kependidikan serta senantiasa kependidikan. 5. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Madrasah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta senantiasa melaksanakan pengembangan profesinya secara berkelanjutan untuk meningkatkan efektifitas kinerja. pemberian penghargaan. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Kepala Madrasah perlu meningkatkan reward kepada tenaga pendidik / kependidikan yang berprestasi. Madrasah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan. Madrasah perlu meningkatkan kegiatan pengembangan profesi tenaga pendidik dan kependidikan. setiap pendidik melaksanakan pengembangan tenaga kependidikan. 6. 2. Rekomendasi: 1. KKG dan work shop Madrasah mempromosikan pendidik dan tenaga kependidikan. Madrasah memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kompetensinya. 7.01. Madrasah memiliki program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. profesinya.1. 4. Keterbatasan anggaran menyebabkan tidak semua program dapat dilaksanakan.2011 57 EDM MIN Jungpasir . Version 01. Program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan Madrasah adalah pembagian tugas.Delivery of Education 6. 8. 3. Madrasah kami sudah memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan. pengembangan profesi. Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan 6. Madrasah perlu mereview Tugas Pendidik dan Tenaga Kependidikan KKG MIN Notulen KKG MIN Dokumen Tugas Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dokumen Evaluasi Monitoring Kepala Dokumen Pelatihan Madrasah memiliki program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan.5.

01.5. 1.2011 58 EDM MIN Jungpasir .Delivery of Education 6.2.5. Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Madrasah sudah menyusun progaram pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan dengan memperhatikan standar PTK. Tahap ke-1 Madrasah kami belum melakukan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan secara berkala. Madrasah kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar nasional. Rekomendasi: √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Madrasah kami melakukan supervisi dan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan namun belum terprogram dengan baik. Madrasah kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar nasional tetapi belum melibatkan keseluruhan komite Dokumen Evaluasi Monitoring  Kepala Penilaian tahunan guru dan pegawai  lain oleh kepala Madrasah Interviu guru Perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke waktu Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Madrasah kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar nasional serta menyusun program perbaikan dan peningkatan yang berkelanjutan. Dalam evaluasi. Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan 6. madrasah perlu melibatkan seluruh komponen Madrasah Version 01.

Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan madrasah 6. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Warga madrasah kami belum terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis.01.2011 59 EDM MIN Jungpasir .Delivery of Education 6. Rekomendasi: Madrasah perlu mendorong agar seluruh warga mau diajak terlibat dalam pengelolaan akademik Version 01.6.6. Warga madrasah kami terlibat Warga madrasah terlibat langsung langsung dalam hanya pada kegiatan akademis. Warga madrasah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Masyarakat pendukung madrasah dilibatkan dalam pengelolaan non akademik Warga madrasah dilibatkan dalam pengelolaan akademik Ada sebagian warga yang belum mau dilibatkan Notulen Rapat Umum Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Warga madrasah kami terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis serta kegiatan pengembangan madrasah pada umumnya.1. pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis.

Pemerintah setempat. Madrasah kurang melibatkan Madrasah kami sama sekali tidak masyarakat dalam pengelolaan non melibatkan masyarakat dalam akademis. Dunia Usaha. Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Madrasah kami melibatkan Madrasah kami melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non masyarakat dalam pengelolaan non akademis dan memberikan akademis. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Catatan mengenai dukungan komite Madrasah Tingkat pendaftaran peserta didik Interviu dengan perwakilan masyarakat setempat - Masyarakat mendukung Madrasah dilibatkan dalam pengelolaan non akademik. Lembaga kemasyarakatan. Madrasah menjalin kemitraan dengan Komite Madrasah.6. Asisiasi alumni dalam kegiatan non akademik.2.01. kesempatan untuk berkreasi.Delivery of Education 6.2011 60 EDM MIN Jungpasir . Madrasah mitra.6. Msyarakat sekitar. Masyarakat yang dilibatkan dalam pengelolaan kegiatan nonakademis diharapkan memiliki wadah tersendiri agar lebih mudah dalam kerja bersama Version 01. Madrasah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis. Rekomendasi: 1. pengelolaan non akademis. Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan madrasah 6.

pemerintahan provinsi. 7. Sekolah memelihara hubungan dengan alumni. dan pemerintahan kabupaten/kota 7.2. Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan 7.1. dan akuntabel.3.01. Sekolah menjamin kesetaraan akses 7. Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan.2011 61 EDM MIN Jungpasir .1.3.Delivery of Education STANDAR PEMBIAYAAN Komponen 7. Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.1. 7.1.2. Upaya sekolah untuk mendapatkan dukungan pembiayaan lainnya tambahan 7.2.2. Sekolah membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat. efisien.1.2.3.1. Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar Indikator 7.1.2. 7.4.1. 7.3.3.2. Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan. 7. Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah. Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri 7. Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi Version 01.

Tahap ke-1 Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) belum sepenuhnya merujuk pada Peraturan Pemerintah.1. RKT dan RKAM Dokumen hasil konsultasi dan ferivikasi penyusunan anggaran tiap tahun di tingkat kanwil dan kankemenag kabupaten Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada Peraturan Pemerintah dan dikomunikasikan kepada komite sekolah dan pemangku kepentingan yang terkait. Aplikasi RKA-KL. Jateng. bahkan RKM MIN Jungpasir sudah dijadikan model secara Nasional dan sering dijadikan sampel pada setiap pelatihan-pelatihan di Kanwil Kemenag Prov. RKM. PEMBIAYAAN 7. dan pemerintahan kabupaten/kota Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.01. Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah. pemerintahan provinsi. namun madrasah perlu meningkatkan perencanaan secara lebih sistematis.1. Tahap ke-2 Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada Peraturan Pemerintah. oleh karena itu penyusunan anggaran dilaksanakan sesuai PP yang berlaku dan petunjuk Kanwil kemenag yang di terapkan pada Aplikasi RKA-KL.2011 62 EDM MIN Jungpasir . Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah dengan melibatkan partisipasi komite sekolah dan pemangku kepentingan yang terkait. Rekomendasi: Penyusunan Anggaran sudah sesuai standar.1. Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar 7. terpadu dan terprogram. 2. pemerintahan provinsi.Delivery of Education 7. Madrasah ini merupakan salah satu Satker di lingkungan Kemenag. MIN Jungpasir sudah membuat RKM sesuai PP. Version 01. dan pemerintahan kabupaten/kota.

2. Perumusan RAPBS melibatkan Perumusan RAPBS belum melibatkan Komite sekolah dan belum Komite sekolah dan pemangku melibatkan pemangku kepentingan kepentingan yang relevan yang relevan Rekomendasi: 1.1. dan Komite Madrasah.2011 63 EDM MIN Jungpasir . Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan Tahap ke-2 Tahap ke-1 Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan serta Dunia Usaha dan Dunia Industri.01. Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan. Setiap tahun perumusan RAPBS dilaksanakan Kepala sekolah.Delivery of Education 7. Dewan Guru.1. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Daftar hadir dan Notulen rapat penyusunan RAPBM. Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar 7. kepada komite madrasah dimohonkan dapat mengusahan sumbangan institusi pengembangan madrasah Version 01.

2011 64 EDM MIN Jungpasir . Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik RAPBM. Version 01. melalui catatan akhir laporan keuangan (CALK) Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan. Tahap ke-2 Penyusunan rencana keuangan sekolah sudah berusaha dilakukan secara transparan. efisien dan akuntabel. efisien dan akuntabel Anggaran di laksanakan sesuai RKAM. DIPA. efisien dan akuntabel kepada masyarakat dan Pemerintah.Delivery of Education 7.3. Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar 7. efisien dan akuntabel. dan akuntabel. BKU dan LPJ Catatan notulen rapat Penyusunan rencana keuangan madrasah sudah dilaksanakan secara transparan.1. efisiensi dan akuntabilitas dalam perencanaan keuangan. Tahap ke-1 Penyusunan rencana keuangan sekolah belum dilakukan secara transparan. triwulan dan smester. efisien dan akuntabel. Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan. dan pelaporan dilaksanakan rutin setiap bulan berupa BKU dan LPJ. Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan. Rekomendasi: Madrasah perlu mempertahankan dan meningkatkan transparansi.01.1. efisien.

Delivery of Education

7.1.

Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar

7.1.4. Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

Rekonsiliasi, Laporan SAI, LPJ Laporan triwulan dan CALK

Setiap bulan Madrasah melakukan rekonsiliasi dan pelaporan SAI ke KPPN dan ke Kanwil Kemenag serta pelaporan aset-aset BMN ke KPKNL setiap semester.

Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3
Sekolah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara periodik kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.

Tahap ke-2
Sekolah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan.

Tahap ke-1
Sekolah belum membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.

Sekolah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara berkala dan menyeluruh kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.

Rekomendasi:

Laporan keuangan kepada pemerintah sudah dilaksanakan secara tertib setiap bulan. Untuk itu madrasah perlu meningkatkan kinerjanya melalui pemberdayaan bendahara pengeluaran.

Version 01.01.2011

65

EDM MIN Jungpasir

Delivery of Education

7.2.

Upaya sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya

7.2.1. Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

Asosiasi pedagang kantin Terdapat beberapa pedagang kantin yang setiap tahunnya diharapkan memberikan kontribusi untuk dana Dokumen daftar donatur infaq dan pemeliharaan sebagai dana tambahan untuk pemeliharaan. jariyah wali murid Terlaksananya kegiatan sosial dan solidaritas warga madrasah.

Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3
Sekolah kami mendapatkan pembiayaan tambahan melalui pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah.

Tahap ke-2
Kami berencana untuk memperluas penggunaan sumber daya dan prasarana sekolah untuk mendapatkan pembiaya-an tambahan tetapi kami belum mengimplemen-tasikannya.

Tahap ke-1
Kami belum mempertimbangkan penggunaan sumber daya atau prasarana sekolah untuk mencari sumber pembiayaan tambahan.

Sekolah kami kreatif menggali berbagai sumber untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Rekomendasi:

Kepada komite madrasah dimohonkan untuk dapat meningkatkan pemberdayaan dana komite.

Version 01.01.2011

66

EDM MIN Jungpasir

Delivery of Education

7.2.

Upaya sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya

7.2.2. Sekolah membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

Koperasi Madrasah MoU dengan BRI dan BKK Catatan kerjasama Kontrak dengan CV

Madrasah telah menjalin kerjasama dengan dunia perbankan, dunia usaha dan terdapat Koperasi Madrasah sebagai wujud pengembangan ekonomi di lingkungan Madrasah.

Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3
Kami telah mengembangkan hubungan kerja sama dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan kelompok masyarakat, khususnya orangtua yang mampuuntuk membantu sekolah kami.

Tahap ke-2

Tahap ke-1

Kami telah membangun jaringan kerja yang kuat dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan kelompok masyarakat setempat yang membantu sekolah kami dalam hal pembiayaan.

Hubungan kami dengan Dunia Kami belum memiliki hubungan yang Usaha, Dunia Industri dan kelompok kuat dengan dunia usaha dan dunia masyarakat harus dikembangkan industri setempat. lebih lanjut agar mendapatkan bantuan keuangan dari mereka.

Rekomendasi:

Kepada madrasah diharapkan dapat meningkatkan jalinan kerjasama dengan dunia usaha dalam rangka peningkatan kualitas mutu pendidikan.

Version 01.01.2011

67

EDM MIN Jungpasir

Kami menyimpan catatan alumni dan Kami belum menyimpan sebagian dari mereka membantu alumni sekolah kami. Tahap ke-2 Tahap ke-1 catatan Kami memelihara hubungan dengan alumni kami dan memberdayakan mereka sebagai sumber pendanaan dan bantuan lainnya.2011 68 EDM MIN Jungpasir .3.Delivery of Education 7. Upaya sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya 7.2.2. sekolah tetapi bukan dalam hal pembiayaan Rekomendasi: Madrasah perlu manjalin hubungan secara terprogram dengan alumni Version 01. Sekolah memelihara hubungan dengan alumni.01. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Dokumen buku alumni Terdapat Hubungan dengan alumni dan mereka telah banyak mambantu dalam hal pembiayaan Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Kami memelihara hubungan dengan alumni dan mereka membantu upaya kami walaupun bukan dalam hal pembiayaan.

01.2011 69 EDM MIN Jungpasir .1.3. Sekolah mampu melayani siswa dari Sekolah belum mampu melayani tingkatan sosial ekonomi namun semua siswa dari berbagai tingkatan belum dapat melayani siswa yang sosial ekonomi. Sekolah menjamin kesetaraan akses 7.3. Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. Rekomendasi: Madrasah perlu lebih memantapkan pelayanan pada semua siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi Version 01. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Administrasi TU Dana sosial BSM Program sekolah gratis Catatan penggunaan dana bos Madrasah membebaskan biaya pendidikan dan melayani siswa dari berbagai tingkat sosial ekonomi dan siswa dengan kebutuhan khusus dengan cara pendekatan personal. berkebutuhan khusus. khusus dan mempromosikan kesetaraan akses bagi semua peserta didik. Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Tahap ke-2 Tahap ke-1 Sekolah melayani siswa dari Sekolah melayani siswa dari berbagai berbagai tingkatan sosial ekonomi tingkatan sosial ekonomi termasuk termasuk siswa dengan kebutuhan siswa dengan kebutuhan khusus.Delivery of Education 7.

Tahap ke-2 Sumbangan orangtua dirumuskan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua peserta didik. Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Buku Infaq Dana sosial BSM Program sekolah gratis Catatan penggunaan dana bos Madrasah malakukan subsidi silang melalui optimalisasi penggunaan dana bos kepada siswa kurang mampu dan membebaskan semua biaya pendidikan. Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Kami merumuskan besarnya sumbangan orangtua berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua dan menerapkan prinsip subsidi silang. Version 01.Delivery of Education 7.3.2011 70 EDM MIN Jungpasir . Sekolah menjamin kesetaraan akses 7. Rekomendasi: Kepada pemerintah diharapkan dapat menambah alokasi dana BSM dan pagu dana BOS.3.01. bahkan memberikan bantuan siswa miskin (BSM).2. tetapi sekolah tidak menerapkan subsidi silang dalam membiayai program kegiatan peserta didik. Kami mematuhi standar mengenai biaya sumbangan orangtua dan subsidi silang pembiayaan dan juga memiliki alokasi khusus untuk memberikan tempat bagi anak yang sangat miskin dengan mencari sumber dana lainnya. Tahap ke-1 Sumbangan orangtua dan biaya kegiatan sekolah lainnya ditentukan sama untuk semua peserta didik dengan tidak mempertimbangkan kemampuan ekonomi orangtua.

4.1. Penilaian berdampak pada proses belajar 8. melibatkan orangtua peserta meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.1. 8.2011 71 EDM MIN Jungpasir .1. 8. didik dalam 8.1. Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Delivery of Education STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN Komponen Indikator 8.1. Madrasah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan. Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik kompetensi peserta didik.2. Madrasah Version 01.2.3. 8.1. Orangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka 8.3. Guru menggunakan pembelajaran.2.3.1. 8. dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik. bentuk.1. hasil penilaian untuk perbaikan 8. 8. Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian 8. Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat.2.3.01.2. Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik. Guru menerapkan berbagai teknik.2.

1. PENILAIAN PENDIDIKAN 8. 4.1. Tahap ke-3 Guru-guru kami menyusun dan mengembangkan perencanaan penilaian untuk mencapai kompetensi peserta didik. Madrasah perlu menyusun rubric penilaian Version 01. Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik. Madrasah perlu membuat matrik atau pemetaan penilaian 3.Delivery of Education 8.2011 72 EDM MIN Jungpasir . 3. 2. Rekomendasi: 1. Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik 8. Guru Guru Guru Guru madrasah madrasah madrasah madrasah kami sebagian telah menyususn rencana program penilaian kami sudah membuat KKM kami sudah membuat kisi-kisi soal kami sudah menyusun instrumen penilaian - Silabus dan sistem penilaian KKM semua mapel Kisi-kisi soal semua mapel Instrumen penilaian Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Guru-guru kami menyusun rencana penilaian terhadap hasil belajar peserta didik terhadap pencapaian kompetensi yang diharapkan dan diinformasikan kepada peserta didik sehingga setiap peserta didik memahami target kompetensi yang harus dicapai. Diharapkan kepada semua guru untuk menyusun rencana program penilaian 2.01. Sebagian Guru-guru kami menyusun perencanaan penilaian berdasarkan kompetensi dasar dan standar kompetensi. √ Tahap ke-2 Tahap ke-1 Guru-guru kami melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik tanpa membuat perencanaan penilaian yang jelas terlebih dahulu. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.1.

Madrasah kami telah memberikan informasi KKM kepada peserta didik - RPP Buku teks pelajaran Dok informasi KKM semua mapel yang ditempel diruang dan disosialisasikan kepada wali murid Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Guru-guru kami memberikan informasi kepada peserta didik hanya KKM saja diawal semester. Guru madrsah kami diharapkan meninformasikan silabus mata pelajaran kepada peserta didik Version 01. Guru-guru kami menginformasikan silabus mata pelajaran yang didalam-nya memuat rancangan dan kriteria penilaian termasuk KKM dengan memperhatikan karakteristik peserta didik. Tahap ke-1 Guru-guru kami tidak memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian. mata pelajaran dan kondisi madrasah pada awal semester.2. Madrasah kami telah memberikan informasi KD kepada peserta didik 2. Bukti-Bukti Fisik Dok penguasaan minimum (KD) yang ditempel di ruang kelas Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.1. Guru madrasah kami diharapkan membuat rubric penilaian kepada peserta didik 3.01.2011 73 EDM MIN Jungpasir .Delivery of Education 8. Guru-guru kami memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk KKM yang disusun. Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). termasuk KKM.1. Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik 8. Rekomendasi: 1. Guru dimadrasah kami diharapkan memberikan informasi tentang teknik penilaian kepada peserta didik dan memberikan motifasi belajar kepada peserta didik 2.

Soal UH.1. nilai UTS Daftar nilai Buku keliling A dan B Tahapan Pengembangan √ Tahap ke-4 Tahap ke-3 Guru-guru kami selalu melaksanakan penilaian dan memantau kemajuan belajar peserta didik secara berkala sesuai dengan rencana yang telah dibuat pada silabus dan RPP. Madrasah diharapkan mengusulkan pelatihan evaluasi pada pihak terkait Version 01. tapi sebagian besar tidak sesuai dengan rencana penilaian yang telah disusun.01. Soal UH. Guru Guru Guru Guru Guru madrasah madrasah madrasah madrasah madrasah kami kami kami kami kami melaksanakan UH melaksanakan UTS melaksanakan UAS melaksanakan UKK memberikan tugas terstruktur dan tidak terstruktur - Dok. 2. Tahap ke-1 Guru-guru kami tidak menilai atau memonitor kemajuan peserta didik sesuai rencana. 5. Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat. Tahap ke-2 Guru-guru kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik secara periodik. Madrasah perlu review pemantapan untuk perencanaan penilaian yang lebih baik 2. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Guru-guru kami menggunakan berbagai jenis metode untuk menilai kemajuan belajar peserta didik secara berkelanjutan dan mengembangkannya berdasarkan rencana yang telah dibuat sesuai dengan perkembangan peserta didiknya. Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik 8. Rekomendasi: 1.3. 4.2011 74 EDM MIN Jungpasir . nilai UH Dok.1. 3.Delivery of Education 8.

dan jenis penilaian sesuai dengan target kompetensi yang ingin diukur. tertulis maupun lisan) - Dokumen evaluasi dan penilaian Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Guru-guru kami membuat instrumen yang tepat dan dapat diandalkan untuk menerapkan berbagai teknik.1. non tes. Guru menerapkan berbagai teknik.01. dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik. bentuk dan jenis penilaian. √ Tahap ke-2 Tahap ke-1 Guru-guru kami hanya menerapkan satu teknik. Guru-guru kami hanya menerapkan teknik. dan jenis penilaian tertentu untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik. bentuk.2011 75 EDM MIN Jungpasir . bentuk dan jenis penilaian serta direview secara berkala. Tahap ke-3 Guru-guru kami menerapkan berbagai teknik.bentuk dan jenis penilaian Version 01. Guru madrasah kami sudah melaksanakan berbagai macam teknik penilaian (tes.4.Guru madrasah kami diharapkan membuat instrumen yang tepat dan dapat diandalkan untuk menerapkan berbagai teknik. bentuk. Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik 8. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.1.Delivery of Education 8. Rekomendasi: . bentuk.Guru madrasah kami diharapkan dapat menerapkan lebih banyak teknik penilaian .

Guru madrasah kami sudah memberikan penilaian dan perbaikan pada lembar jawab siswa dan dibagikan kepada siswa Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Buku ulangan harian Buku Raport Buku Tugas Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Semua guru kami secara rutin mencatat kemajuan setiap peserta didik memberi komentar dan masukan serta menginformasikanya kepada peserta didik secara individual dan berkala. Version 01.Delivery of Education 8. Rekomendasi: . Tahap ke-1 Guru tidak selalu memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.2011 76 EDM MIN Jungpasir . Penilaian berdampak pada proses belajar 8.1.Guru diharapkan bisa melaporkan hasil Evaluasi Mata Pelajaran serta hasil penilaian kepada kepala Madrasah pada akhir semester.01.Semua guru madrasah kami diharapkan memberikan penguatan dan reword terhadap hasil penilaian setiap peserta didik. Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik. Guru selalu memberikan feed back hasil penilaian pada peserta didik 2. . √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Setiap guru menyampaikan hasil Evaluasi mata pelajaran serta hasil penilaian setiap peserta didik kepada Kepala madrasah pada akhir semester dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik.2. Guru-guru kami mengkaji ulang tingkat kemajuan semua peserta didik pada setiap akhir semester. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1.2.

Guru-guru kami selalu menggunakan hasil penilaian peserta didik dalam mereview rencana pembelajaran yang telah disusun. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik Program remidi Catatan pelaksanaan remidi Guru madrasah kami sudah melaksanakan program remidiasi Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Guru-guru kami memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk memberikan pendapat terhadap hasil pencapaian kemajuan belajar yang mereka peroleh dan terlibat dalam penetapan target pembelajaran.2. Penilaian berdampak pada proses belajar Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.2.01. Tahap ke-1 Hasil tes di madrasah kami tidak selalu berpengaruh pada perbaikan program pembelajaran yang telah disusun.2011 77 EDM MIN Jungpasir .2. √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Hasil tes digunakan sebagian guru-guru kami untuk merencanakan perbaikan bahan pembelajaran selanjutnya. Rekomendasi: Semua guru madrasah diharapkan menganalisis hasil penilaian untuk meningkatkan daya serap dan kualitas hasil pembelajaran. Version 01. 8.Delivery of Education 8.

Madarsah kami telah menyampaikan lembar kerja hasil ulangan siswa kepada orang tua dan orang tua memberikan kritik atau komentar 2.3. Version 01. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Madrasah diharapkan melakukan pembahasan terhadap laporan hasil penilaian semua peserta didik bersama wali murid pada setiap akhir semester.Delivery of Education 8.01.1. Orangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka 8.2011 78 EDM MIN Jungpasir . Madrasah kami sudah melaporkan hasil penilaian kepada orang tua 3. Rekomendasi: 1.3. Madrasah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan. Madrasah kami menyampaikan laporan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk laporan pendidikan. Madrasah kami mengajak diskusi wali murid yang anaknya mengalami kesulitan dalam belajar - Lembar ulangan siswa Raport Hasil Ujian Siswa Rapat penerimaan BLHB ( Raport ) Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 Madrasah kami menyampaikan laporan semua hasil penilaian peserta didik kepada orangtua dan mendiskusikannya secara mendetail untuk masing-masing peserta didik secara berkala sesuai dengan kesepakatan √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Madrasah kami membuat laporan hasil penilaian kepada orangtua secara rutin dan sistematis dalam bentuk laporan pendidikan. Tahap ke-1 Madrasah kami membuat laporan kepada orangtua berupa hasil penilaian akhir di setiap akhir semester.

01. Madrasah kami diharapkan membuat laporan berkala pada orangtua mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik dan menawarkan kesempatan untuk mendiskusikan kemajuan anak mereka serta mengajukan usulan-usulan peningkatan hasil belajar peserta didik.2011 79 EDM MIN Jungpasir . Version 01. - Daftar hadir rapat wali murid Natulen rapat wali murid Kotak saran Dokumentasi Tahap ke-1 Madrasah kami belum melibatkan orangtua secara aktif dalam membantu anak mereka belajar di rumah. Madrasah kami menjalin kemitraan dengan orangtua dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.2.3. 2. Wali murid kurang berpartisipasan dalam tindak lanjut untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar Tahapan Pengembangan Tahap ke-4 √ Tahap ke-3 Tahap ke-2 Madrasah kami belum memberi kesempatan berdiskusi untuk membangun kerja sama dengan orangtua agar membantu anak mereka belajar di rumah. Bukti-Bukti Fisik Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik 1. Orangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka Madrasah melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. Rekomendasi: 1. Madrasah kami membuat laporan berkala pada orangtua mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik dan menawarkan kesempatan untuk mendiskusikan kemajuan anak mereka serta mengajukan usulan-usulan peningkatan hasil belajar peserta didik. Madrasah sudah memberikan kesempatan bagi wali murid untuk membahas kemajuan hasil belajar anak 3. Madrasah kami melakukan rencana tindak lanjut untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa 4. 8. 2. Madrasah berharap kepada semua wali murid agar menjalin kerja sama untuk membantu anak mereka belajar di rumah.Delivery of Education 8.3. Madrasah kami sudah mensosialisasikan kegiatan pembelajaran di madrasah kepada wali murid.