Cara mengatasi kenakalan remaja…..

Untuk menghindari masalah yang akan timbul akibat pergaulan, selain mengarahkan untuk mempunyai teman bergaul yang sesuai, orang tua hendaknya juga memberikan kesibukan dan mempercayakan sebagian tanggung jawab rumah tangga kepada si remaja. Pemberian tanggung jawab ini hendaknya tidak dengan paksaan maupun mengada-ada. Si remaja di beri pengertian yang jelas sekaligus diberikan teladan. Sebab dengan memberikan tanggung jawab dalam rumah akan dapat mengurangi waktu ’ kluyuran ” tidak karuan dan sekaligus dapat melatih anak mengetahui tugas dan kewajiban serta tanggung jawab dalam rumah tangga. Mereka dilatih untuk disiplin serta mampu memecahkan masalah sehari-hari, mereka dididik mandiri. Orang tua hendaknya membantu memberikan pengarahan masa depan si remaja, mereka diarahkan agar dapat memilih sekolah yang diharapkan serta mengembangkan bakat yang ada, untuk pemilihan study lanjut tidak semata-mata karena keinginan orang tua dan pilihan orang tua. Pemaksaan ini justru akan berakhir dengan kekecewaan, sebab meski ada sebagian anak yang berhasil mengikuti kehendak orang tuanya, tetapi tidak sedikit yang frustasi dan akhirnya tidak ingin bersekolah sama sekali. Mereka malah pergi bersama kawankawannya, bersenang-senang tanpa mengenal waktu bahkan mungkin kemudian menjadi salah satu pengguna obat-obat terlarang. Dengan banyaknya waktu luang yang dimiliki remaja maka tindakan iseng sering dilakukan untuk mengisi waktu luang hal ini dimaksudkan juga untuk menarik perhatian lingkungannya. Perhatian yang diharapakan dapat berasal dari orang tuanya maupun kawan sepermainannya. Celakanya, kawan sebaya sering menganggap iseng berbahaya adalah salah satu bentuk pamer sifat jagoan yang sangat membanggakan. Misalnya, ngebut tanpa lampu di malam hari, mencuri, merusak, minum minuman keras, dan sebagainya. Oleh karena itu orang tua hendaknya memberikan pengarahan yang berdasarkan cinta kasih bahwa sikap iseng negatif seperti itu akan merugikan dirinya sendiri, orang tua, maupun lingkungannya. Dalam memberikan pengarahan, orang tua hendaknya hanya membatasi keisengan mereka. Jangan terlalu ikut campur dengan urusan remaja. Ada kemungkinan keisengan remaja adalah semacam ”refresing” atas kejenuhannya dengan urusan tugas-tugas sekolah. Dan apabila anak suka berkelahi orang tua bisa mengarahkannya pada satu kelompok kegiatan bela diri. Dalam memberikan pengarahan dan pengawasan terhadap remaja yang sedang jatuh cinta, orang tua hendaknya bersikap seimbang, seimbang antara pengawasan dengan kebebasan. Semakin muda usia anak, semakin ketat pengawasan yang diberikan tetapi anak harus banyak diberi pengertian agar meraka tidak ketakutan dengan orang tua yang dapat menyebabkan mereka berpacaran dengan sembunyisembunyi. Apabila usia makin meningkat, orang tua dapat memberi lebih banyak

bahkan keluarganya. orang tua tidak berlaku otoriter dan anak merasakan kedamaian dan kasih sayang di rumah komunikasi terjalin dengan baik antara orang tua dengan anak. mereka akan memberontak dengan banyak cara. menyesali kesalahan yang telah dilakukan sesungguhnya kurang bermanfaat. dll. Berilah pengertian sebaikbaiknya. gunakanlah pihak ketiga untuk menengahinya. namun tidak semua remaja yang nakal dalam hal pendidikan akan menjadi sosok yang berkepribadian buruk. Kenakalan dalam pendidikan: Kenakalan dalam bidang pendidikan memang sudah umum terjadi. Sampai saat ini. Namun harus tetap dijaga agar mereka tidak salah jalan. tidak mau mendengarkan guru. Mulai dari pemakaian obat-obatan terlarang sampai seks bebas. Orang tua hendaknya menjadi sahabat anak Orang tua hendaknya selalu menjalin dan menjaga komunikasi dua arah dengan sebaik-baiknya sehingga anak tidak merasa takut mengutarakan masalahnya kepada orang tua. serta penanaman nilai agama diberikan sejak dini maka anak tidak akan berlaku mencari perhatian dan kenyamanan di luar rumah yang bisa mengakibatkan terjerumus pada kenakalan remaja yang lebih parah lagi kalau anak sudah masuk dalam penggunaan obat-obat terlarang serta narkoba. Penyelesaian masalah dalam pacaran membutuhkan kerja sama orang tua dengan anak. atau mengabaikan perkataan orang tua adalah contoh kenakalan remaja dalam keluarga. Tidak menghormati. Selanjutnya apabila suasana dirumah nyaman. Akibat pergaulan bebas inilah remaja.kebebasan kepada anak. Dampak kenakalan remaja:  Kenakalan dalam keluarga: Remaja yang labil umumnya rawan sekali melakukan hal-hal yang negatif.   . berbicara kasar pada orang tua. Orang tua harus mengontrol dan mengawasi putra-putri mereka dengan melarang hal-hal tertentu. Kenakalan dalam pergaulan: Dampak kenakalan remaja yang paling nampak adalah dalam hal pergaulan. masih banyak para remaja yang terjebak dalam pergaulan yang tidak baik. Hal yang penting disini adalah adanya komunikasi dua arah antara orang tua dan anak. karena mereka masih cukup mudah untuk diarahkan pada hal yang benar.Menyeret remaja pada sebuah pergaulan buruk memang relatif mudah. Akibatnya. Apabila orang tua tidak setuju hendaknya diutarakan dengan bijaksana jangan hanya dengan kekuasaan dan kekerasan. harus menanggung beban yang cukup berat. dimana remaja sangat mudah dipengaruhi oleh hal-hal negatif yang menawarkan kenyamanan semu. bila tidak berhasil.Namun. membolos sekolah. larangan-larangan tersebut malah dianggap hal yang buruk dan mengekang mereka. di sinilah peran orang tua. tidur dalam kelas. bagi sebagian anak remaja. Kenakalan dalam hal pendidikan misalnya.

Beredarnya bacaan. Pencemaran lingkungan 9.1. TV. Peredaran alkohol. muatan agama/budi pekerti yang kurang. yang pada gilirannya dapat memberikan “peluang” pada anak didik untuk berperilaku menyimpang. meskipun semua elemen sekolah bertanggung jawab atas perilaku anak di sekolah. faktor kerawanan masyarakat dan kedua. Faktor lingkungan yang sehat misalnya:ini dapat dibagi dalam 2 bagian. Majalah. dan lain-lain yang sifatnya pornografis dan kekerasan 7. Tempat-tempat hiburan yang buka hingga larut malambahkan sampai dini hari 2. Dalam hal ini yang paling berperan adalah guru Agama. Kondisi Masyarakat (Lingkungan Sosial) Faktor kondisi lingkungan sosial yang tidak sehat atau “rawan”. antara lain: Faktor Kerawanan Masyarakat (Lingkungan) 1. 2. maka resiko anak untuk mengalami gangguan kepribadian menjadi berkepribadian antisosial dan berperilaku menyimpang lebih besar dibandingkan dengan anak yang dibesarkan dalam keluarga sehat atau harmonis (sakinah). kurikulum sekolah yang sering bergantiganti. 3. Sekolah Kondisi sekolah yang tidak baik dapat menganggu proses belajar mengajar anak didik. Kesenjangan sosial Read more: Cara Mengatasi Kenakalan Remaja . Tindak kekerasan dan kriminalitas 10. Wanita tuna susila (wts) 6. Kriteria dari kedua faktor tersebut. Anak-anak putus sekolah/anak jalanan 5. Misalnya. faktor daerah rawan (gangguan kamtibmas). obat-obatan terlarang lainnya 3. Pengangguran 4. yaitu pertama. tontonan. merupakan faktor yang kondusif bagi anak/remaja untuk berperilaku menyimpang. narkotika. Keluarga (rumah tangga) Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak/remaja yang dibesarkan dalam lingkungan sosial keluarga yang tidak baik atau disharmoni keluarga. Perumahan kumuh dan padat 8. guru PKN dan Bimbingan Konseling.

radio. jangan ragu-ragu untuk memfasilitasi hobi mereka. Jadilah tempat curhat yang nyaman sehingga masalah anak-anaknya segera dapat terselesaikan. . karena mungkin banyak terdapat kekurangan di sana-sini.Perlunya materi pelajaran bimbingan konseling di sekolah. akses internet.Perlunya ditanamkan dasar agama yang kuat pada anak-anak sejak dini. . -dll Itulah yang dapat saya paparkan tentang kenakalan remaja. Jika ada dana.Tips untuk mencegah dan mengatasi kenakalan remaja . . dll. agar anak remaja kita dapat terhindar dari kegiatan-kegiatan negatif.Sebagai orang tua sebisa mungkin dukunglah hobi/bakat anak-anaknya yang bernilai positif. . . Faktor-faktor penyebab kenakalan remaja. Termasuk di sini media komunikasi seperti televisi.Orang tua harus selalu memberikan dan menunjukkan perhatian dan kasih sayangnya kepada anaknya. Contoh / Jenis-jenis Kenakalan remaja sampai dengan Tips untuk mencegah dan mengatasi kenakalan remaja.Pengawasan orang tua yang intensif terhadap anak. handphone. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Masukan-masukan sangat diterima sebagai bahan perbaikan dari artikel ini. mulai dari pengertian kenakalan remaja. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful