KETENTUAN PENULISAN SKRIPSI ATAU TUGAS AKHIR

JURUSAN KONVERSI ENERGI PROGRAM STUDI PEMBANGKIT LEVEL SARJANA TERAPAN D4 POLBAN

OLEH:

Dr. Ir. Hermagasantos Zein

Dr. Ir. Hermagasantos Zein

Difinisi Skripsi atau Tugas akhir
a) Skripsi atau tugas akhir adalah sebuah karya ilmiah yang merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1/D4) di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia, bobot SKS dari skripsi adalah 6 SKS. b) Mahasiswa program strata 1 atau D4, pada akhir masa studinya diwajibkan untuk menulis karya ilmiah yang disebut dengan skripsi atau tugas akhir sebagai syarat memperoleh gelar sarjana pada bidangnya. c) Skripsi atau tugas akhir didifinisikan sebagai penulisan karya ilmiah yang berisi hasil penelitian menyeluruh dan disusun secara sistematis berdasarkan ketentuan metode ilmiah. d) Penulisan ini dimaksudkan untuk melihat kemampuan dari mahasiswa untuk menuangkan gagasannya dalam bentuk sebuah karya ilmiah

Dr. Ir. Hermagasantos Zein

Tujuan Penyusunan Skripsi atau Tugas Akhir
a) Untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah secara ilmiah atas topik atau pokok bahasan yang sesuai dengan aturan program studi masing-masing b) Untuk menilai keterampilan dan kemapuan mahasiwa dalam menerapkan metode penelitian secara benar c) Untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam penalaran secara logis.

Dr. Ir. Hermagasantos Zein

Memenuhi Norma-Norma Akademik a) Keaslian: b) Keterpaduan: c) Kedalaman: d) Kemampaatan: Pengajuan a) Berada di semester 8 b) Tidak bermasalah secara akademik c) Mengajukan outline skripsi atau tugas akhir Tahapan Skripsi atau Tugas Akhir a) Pengajuan Proposal b) Pembimbingan c) Sidang Dr. Hermagasantos Zein . Ir.

Ir. Jumlah dosen pembimbing dua orang. pembimbing pendamping harus yang lebih muda.Pembimbingan Dosen T. Tugas dosen pembimbing: a) membatu merumuskan masalah/topik b) mengontrol bimbingannya c) mengarahkan ke hal metodologi penelitian dan metoda penulisan ilmiah d) menginformasikan acuan yang relevan dengan topik e) memberikan persetuajuan untuk proposal seminar f) memberikan persetujuan untuk sidang akhir g) memberi arahan bila ada revisi h) membantu untuk penerbitan skripsi/TA di jurnal ilmiah Dr. Energi yang memenuhi ketentuan-ketentuan dan dari luar sebagai pembimbing pendaping. Hermagasantos Zein .

Ir. b) Bertujuan untuk mempertangungjawabkan secara ilmiah dari skripsi yang diajukan c) Memenuhi syarat-syarat sidang yang berlaku: d) Pengumuan hasil sidang Sanksi a) Melakuan plagiarisme atau menyiplak b) Tidak menyelesaikan skriksi/perbaikannya sampai pada batas yang ditentukan Dr. Hermagasantos Zein .Sidang a) Dilakukan secara verbal dihapan para penguji yang ditunjuk.

3) Lambang instutusi yang resmi digunakan untuk laporan karya ilmiah.USULAN PENELITIAN Halaman Judul Halaman judul memuat: 1) Judul dibuat sesingkat-singkatnya. 4) Nama dan nomor induk mahasiswa 5) Institusi yang dituju adalah Teknik Konversi Energi Polban 6) Waktu pengajuan ditulis lengkap bulan dan tahun pengajuan usulan penelitian. 7 . jelas dan menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak diteliti dan tidak membuka peluang penafsiran ganda. 2) Jenis usulan adalah Proposal Penelitian.

Isi Isi usulan penelitian terdiri dari: a) judul usulan penelitian. 8 . i) rencana kegiatan. e) tujuan penelitian. h) sistematika penulisan laporan. dan j) daftar pustaka. c) rumusan masalah. f) manfaat penelitian. d) batasan masalah. g) metode penelitian. b) latar belakang masalah.

Dengan mengemukakan latar belakang masalah akan mempermudah rumusan masalah. Latar Belakang Masalah Latar belakang masalah memuat uraian secara jelas timbulnya masalah yang memerlukan pemecahan dengan didukung oleh logika-logika dan teori-teori yang mendasari timbulnya gagasan pemecahan / pembahasan masalah. 9 . Rumusan Masalah Rumusan masalah yang akan dicari pemecahannya melalui penelitian yang akan diajukan hendaknya dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya yang tegas dan jelas. sama seperti dalam halaman judul. untuk menambah ketajaman masalah.Judul Usulan Penelitian Judul usulan penelitian ditulis lagi dalam isi usulan penelitian.

Tujuan Penelitian Tujuan penelitian memuat uraian yang menyebutkan secara spesifik maksud atau tujuan yang hendak dicapai dari penelitian yang dilakukan. harus dikemukakan dengan jelas.Batasan Masalah Masalah yang akan dicari pemecahannya harus terbatas ruang lingkupnya agar pembahasannya dapat lebih terperinci dan dapat dimungkinkan pengambilan keputusan definitife. Variable-variable yang terlibat dalam penelitian harus ditentukan. harus dikemukakan dengan jelas. Maksud-maksud yang terkandung di dalam kegiatan tersebut baik maksud utama maupun tambahan. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian memuat uraian yang menyebutkan secara spesifik maksud atau tujuan yang hendak dicapai dari penelitian yang dilakukan. 10 . Maksud-maksud yang terkandung di dalam kegiatan tersebut baik maksud utama maupun tambahan.

dibuat dalam bentuk tabel matriks kegiatan. Manfaat tersebut baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Sistematika Penulisan Berisi sistematika penulisan skripsi yang memuat uraian secara garis besar isi skripsi untuk tiap-tiap bab. daftar pustaka tersebut disusun dengan aturan penulisan daftar pustaka seperti lazimnya digunakan dalam penulisan skripsi. 11 .Manfaat Penelitian Setiap hasil penelitian pada prisipnya harus berguna sebagai penunjuk praktek pengambilan keputusan dalam artian yang cukup jelas. Daftar Pustaka Bahan-bahan yang merupakan referensi/litelatur atas penelitian yang dilakukan hendaknya dikemukakan secara jelas. manfaat bagi objek yang diteliti dan manfaat bagi peneliti sendiri maupun bagi pengembangan negara pada umumnya. Rencana Kegiatan Hendaknya dikemukakan jenis-jenis kegiatan yang direncanakan beserta jadwal waktunya.

perancangan hingga pemeliharaan sistem. .Contoh Tabel Rencana Kegiatan: NB: Langkah-langkah kegiatan penelitian. disesuaikan dengan 12 materi yang diperoleh di Rekayasa Perangkat Lunak (RPL/Software Engineering).

halaman daftar gambar. halaman daftar isi. terdiri dari 3 bagian. halaman judul. halaman persetujuan dosen pembimbing. halaman daftar tabel. halaman kata pengantar. bagian utama. Bagian Awal Bagian awal memuat halaman sampul depan. arti lambang dan singkatan. serta intisari dan Abstract (intisari dalam bahasa Inggris). yaitu: bagian awal. halaman daftar lampiran. 13 . halaman pengesahan.PENYUSUNAN LAPORAN SKRIPSI Laporan hasil penelitian ditulis dalam bentuk skripsi. halaman motto dan persembahan. dan bagian akhir.

Contoh: PENENTUAN BIAYA POKOK PENYEDIAAN TENAGA LISTRIK PADA SUATU SISTEM REGIONAL Jenis Laporan Jenis laporan adalah “Skripsi”. Sebaiknya tidak lebih dari 10 kata.Halaman Sampul Depan Judul Skripsi Judul skripsi hendaknya singkat dan jelas menunjukkan masalah penelitian. ditulis: SKRIPSI Lambang Lambang Polban ukuran resmi 14 . diketik dengan huruf besar (kapital) dan tidak boleh disingkat. format ketikan harus dalam bentuk piramida terbalik (huruf V).

misal: 15 2013 . dibawah nama dicantumkan nomor induk mahasiswa penyusun/penulis.Nama Penyusun/Penulis Nama penyusun/penulis harus ditulis lengkap dan tidak boleh disingkat. tanpa gelar. Contoh: disusun oleh Desi Anisa Amini NIM: 101724010 Nama Program Studi (Jurusan) dan Nama Perguruan Tinggi Nama Program Studi (Jurusan) dan Nama Perguruan Tinggi ditulis: Contoh: JURUSAN TEKNIK KONVERSI ENERGI POLITEKNIK NEGERI BANDUNG Tahun Dipertahankan Tahun dipertahankan adalah tahun pada saat skripsi dipertahankan di depan dewan penguji dan dinyatakan lulus.

diketik di atas kertas putih. tanggal. Halaman Pengesahan Halaman pengesahan memuat. dengan tambahan pada bagian atas lambang (logo) ditulis penjelasan maksud skripsi.Halaman Judul Halaman judul berisi tulisan yang sama seperti sampul depan (cover). contoh : untuk memenuhi sebagian persyaratan mencapai derajat Sarjana Terapan D4 pada jurusan Teknik Konversi Energi Halaman Persetujuan Dosen Pembimbing Halaman ini memuat judul penelitian. nama dan nim mahasiswa. dan tandatangan oleh dewan penguji skripsi serta di sahkan dan ditandatangani oleh Pembimbing 16 . ditandatangani dosen pembimbing skripsi (contoh terlampir). bulan dan tahun skripsi dipertahankan di depan dewan penguji.

.. …........... Bandung........ skripsi ini merupakan karya saya sendiri (ASLI).. kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.Halaman Pernyataan Keaslian Halaman pernyataan berisi pernyataan yang menjelaskan bahwa skripsi tersebut tidak merupakan hasil jiplakan dan juga bukan berupa karya orang lain.............. (Nama tanpa gelar apapun) NIM:. dan isi dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan oleh orang lain untuk memperoleh gelar akademis di suatu Institusi Pendidikan.……........ dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis dan/atau diterbitkan oleh orang lain..... 17 .............. Contoh isi halaman pernyataan: PERNYATAAN Saya yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa. Tanda tangan.........

Dilanjutkan dengan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan skripsi. Halaman Kata Pengantar Kata pengantar sebaiknya dibuat ringkas dalam satu atau dua halaman. Fungsi utama kata pengantar adalah mengantarkan pembaca pada masalah yang akan dicari jawabannya dan kekhususan-kekhususan tertentu dari skripsi. jabatan. sub bab dapat dibagi sub-sub bab dan seterusnya. 18 . Bab-bab dapat dibagi menjadi sub bab.Halaman Motto dan Persembahan (bila ada) Motto merupakan semboyan yang berupa kalimat pendek yang mengetengahkan pandangan hidup penulis dan persembahan berisi kepada siapa skripsi dipersembahkan dan merupakan kata hati terutama hasrat pengabdian yang hendak disampaikan oleh penulis. Halaman Daftar Isi Daftar isi memuat gambaran menyeluruh tentang isi skripsi secara garis besar dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang ingin melihat secara langsung suatu pokok bahasan. Ucapan terimakasih didalamnya harus memuat: nama. dan jasa yang telah diberikannya dalam penyusunan skripsi.

5 Manfaat Penelitian II.... LANDASAN TEORI Dst……...1 Latar Belakang 1........ DAFTAR PUSTAKA i ii ii vii 1 1 3 3 4 4 6 19 64 ........................ Contoh: DAFTAR ISI Judul Lembar Pengesahan Lembar Persetujuan DAFTAR ISI I...... ii.........2 Rumusan masalah 1......................4 Tujuan Penelitian 1.... dengan ketentuan halaman pada bagian awal dengan angka romawi kecil (contoh: i. PENDAHULUAN 1.Daftar isi harus mencantumkan halaman.3 Batasan Masalah 1.. 3)... iii) pada bagian pokok dan akhir dengan angka arab (contoh: 1. 2........

1 Nilai-nilai batas untuk atribut benar dan salah 12 25 20 . Nomor tabel didahului dengan nomor bab.Halaman Daftar Tabel (bila diperlukan) Bila skripsi banyak terdapat tabel. maka perlu dibuat daftar tabel secara berurutan sesuai judul tabel untuk seluruh skripsi dan disertai halamannya. Contoh: DAFTAR TABEL Tabel 2. Tabel-tabel diberi nomor urut dengan angka arab. diikuti dengan nomor tabel.1 Tahapan rekayasa perangkat lunak Tabel 4.

foto yang terdapat dalam skripsi dibuat sesuai dengan urutan dan disertai halaman. gambar. Contoh: DAFTAR LAMPIRAN Lampiran A Program kompresi Lampiran B Program dekompresi 78 95 21 . Contoh: DAFTAR GAMBAR Gambar 2. daftar lampiran dibuat bila skripsi dilengkapi dengan lampiran. Gambar-gambar diberi nomor urut dengan angka arab.1 Proses Pengembangan Sistem Informasi Multimedia Gambar 2. diikuti dengan nomor gambar.2 Struktur Linier 15 20 Halaman Daftar Lampiran (bila diperlukan) Sama halnya dengan daftar tabel dan gambar. Nomor gambar didahului dengan nomor bab.Halaman Daftar Gambar (bila diperlukan) Daftar gambar berisi grafik. Isi halaman ini adalah urutan judul lampiran dan nomor halamannya.

Contoh: DAFTAR SINGKATAN DSS = Decision Support Systems EIS = Executive Information Systems ES = Expert Systems MIS = Management Information Systems .( A sampai Z ) 22 ...Arti Lambang dan Singkatan (bila diperlukan) Arti lambang dan singkatan berupa daftar lambang dan singkatan yang dipergunakan dalam skripsi disertai dengan arti dan satuannya. WWW = World Wide Web Catatan: Daftar singkatan perlu diurutkan naik.

tujuan. dan hasil penelitian diringkas dari kesimpulan. metodologi.Intisari dan Abstract Intisari merupakan uraian singkat tetapi lengkap yang memberikan gambaran menyeluruh tentang isi skripsi (isi: latar belakang masalah. dan hasil). Latar belakang masalah disarikan dari bagian latar belakang. dan panjangnya tidak lebih dari satu halaman. tujuan penelitian disarikan dari tujuan penelitian pada bagian awal. Intisari ditulis dalam bahasa Indonesia dan tidak lebih dari 500 kata. 23 . Intisari ditulis dalam satu spasi. Pada umumnya intisari terdiri dari tiga alinea. Intisari ditulis dalam dua bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris). metodologi penelitian disarikan dari jalan penelitian.

Tramsisi. BPP ini harus mendapat perhatian yang lebih serius dari pengelola ketenagalistrikan agar supaya dipercaya oleh pelangganpelanggannya. Tulisan ini akan membuat perhitungan penentuan BPP yang mulai dari sisi pembangkitan sampai kepada sisi pelanggan. investasi dan rugi-rugi daya tiap region yang bebeda. Melalui konsep ini akan didapat BPP tenaga listrik pada tiap region dari suatu sistem ketenagalistrikan di berbagai konsumen. BPP dapat berbeda diantara region yang disebabkan oleh pembangkit. Disini terjadi beberapa persoalan dalam menentukan BPP baik dalam suatu region sendiri maupun antar region yang berbeda. BPP. tulisan ini akan mengajukan suatu konsep BPP tenaga listrik yang berdasarkan sistem regional. dikarenakan pengembalian BPP (sudah dihitung dengan akurat) harus terjamim supaya perurusahaan tenaga listrik yang mengelola tidak mengalami kebangkrutan. Distribusi 24 . Kemudian telah dilakukan uji coba terhadap konsep yang dibuat melalui suatu contoh perhitungan dengan hasil yang sesuai dengan harapan. Penentuan BPP ini harus tansparan dan sudah melakukan optimalisasi dalam proses perhitungannya. Selanjutnya. Kata kunci: Bisnis Ketengalistrikan. biaya yang mendukung produksi disebut dengan biaya pokok penyediaan (BPP) tenaga listrik. Sistem Regional.contoh Intisari dan Abstract Abstrak Dalam bisnis ketenagalistrikan.

investment and losses in the each region differed. Regional System. This determining of BPP must be transparence and does optimizing in its calculating process because of revenues have to be able to cover BPP (has been calculated accurately) so that the electric company does not go bankrupt. both in a region itself and between the different regions. Later has done a test to the concept through a calculating of sample. It has to be able more intention seriously from the electric company in order to be trusted by consumers.Abstract In electric business. Transmission. This paper will make the determining of BPP calculation that starts from generating side until to demand side. Allowable cost. cost that supports production said with allowable cost (BPP). With the concept will produce a BPP of electric power on each region in the various consumers. Then. There occur several problems in the determining of BPP. Keywords: Electric Business. with the results that has matched with expectation. BPP can be different among regions that were caused by generating. this paper will propose a BPP concept of electric power based on regional system. Distribution 25 .

Landasan teori dapat berupa definisi-definisi atau model yang langsung berkaitan dengan ilmu atau masalah yang diteliti. batasan masalah. 26 . manfaat penelitian. rumusan masalah. metode penelitian dan sistematika penulisan laporan penelitian. menguraikan teori-teori yang mendukung judul. tujuan penelitian.Bagian Utama Bagian utama skripsi berisi bab-bab: Bab I Pendahuluan Bab pendahuluan materinya sebagian besar berupa latar belakang masalah. Pada bab ini juga dituliskan tentang tools/software (komponen) yang digunakan untuk pembuatan aplikasi atau untuk keperluan penelitian. Bab II Landasan Teori Bab Landasan Teori merupakan tinjauan pustaka. dan mendasari pembahasan secara detail.

Information.Bab III Analisis dan Perancangan Sistem Bab ini berisi antara lain: Tinjauan Umum yang menguraikan tentang gambaran umum objek penelitian. Weakness. dan lain-lain. Economy. Effeciency. Meliputi analisis terhadap masalah sistem yang sedang berjalan. dan analisis kelayakan sistem yang diusulkan. atau Analisis SWOT (Strength. Analisis menggunakan standard mutu seperti ISO. yang akan menguraikan tentang analisis terhadap permasalahan yang terdapat di kasus yang sedang di teliti. atau gambaran umum produk. jabaran tugas dan wewenang). Contoh metode Analisis yang dapat digunakan: Analisis PIECES (Performance. Bab ini point utamanya adalah “analisis masalah”. Threat). misalnya gambaran umum perusahaan (struktur organisasi. ITIL. Control. Opportunity. 27 . berkaitan dengan kegiatan penelitian. Service). COBIT. analisis hasil solusinya. analisis kebutuhan terhadap sistem yang diusulkan. serta data yang dipergunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.

desain. baik secara kualitatif. kuantitatif. Selain itu. atau secara statistik. Bab IV ini akan memaparkan hasil-hasil dari tahapan penelitian. hasil testing dan implementasinya.Bab IV Implementasi dan Pembahasan Bab ini merupakan paparan implementasi dan analisis hasil uji coba program. sebaiknya hasil penelitian juga dibandingkan dengan hasil penelitian terdahulu yang sejenis atau keadaan sebelumnya. dari tahap analisis. berupa penjelasan teoritik. implementasi desain. 28 .

1 Kesimpulan Berhubungan dengan apa yang dikerjakan Didasarkan pada analisis yang objektif Bukti-bukti yang telah ditemukan 5. Saran dicantumkan karena peneliti melihat adanya jalan keluar untuk mengatasi masalah (kelemahan yang ada). 29 .2 Saran merupakan manifestasi dari penulis untuk dilaksanakan (sesuatu yang belum ditempuh dan layak untuk dilaksanakan). saran yang diberikan tidak terlepas dari ruang lingkup penelitian (untuk objek penelitian maupun pembaca yang akan mengembangkan hasil penelitian).Bab V Penutup 5.

“Topological generation and load distribution factors for supplement charge allocation in transmission open access. surat kabar. dalam buku 1 (satu) spasi. 1997.3. H. Semua unsur dalam pustaka harus dicantumkan dalam daftar pustaka. 1185–1193.. Penyusun diurutkan sesuai dengan kemuncuannya dalam kutipan. Procceding SSTE-1. majalah. Jarak penulisan antar buku 2 (dua) spasi. Pustaka yang dikutip dapat berupa buku.1 Daftar Pustaka Daftar pustaka memuat semua pustaka yang dijadikan acuan dalam penulisan skripsi yaitu semua sumber yang dikutip. Bialek. Aug. vol. A3-3. ITB. “Perhitungan distribusi daya wheeling melalui metoda fast decoupled dan superposisi pada jaringan transmisi”.3. Bandung. 30 . pp. [2] Zein. 12. Contoh penulisan daftar pustaka [1] J. jurnal. atau internet. 3. no..” IEEE Trans Power Systems. Daftar ini berguna untuk membantu pembaca yang ingin mencocokkan kutipan-kutipan yang terdapat dalam skripsi. 2000.

Umum  Isi bab I sampai dengan bab V. TATA CARA PENULISAN 1. 31 .  Total halaman bab III dan bab IV lebih besar (jumlah halamannya) dari jumlah bab I + bab II + bab V. Lampiran diberi nomor halaman angka arab (contoh 1. 2. listing program. surat keterangan. tidak termasuk lampiran-lampiran pelengkap. minimal 40 halaman.  Halaman yang hanya berisikan gambar/flowchart saja tidak dihitung sebagai halaman. peraturan-peraturan dan sebagainya yang berfungsi melengkapi laporan penelitian. maksimal 100 halaman. 3 dst) di pojok sebelah kanan bawah halaman. instrumen penelitian.Lampiran Lampiran berisi tabel yang panjang.

untuk seluruh naskah font size 12.1 Jenis Huruf Naskah skripsi diketik dengan huruf standar (Times New Roman) dan ukuran (font size) yang sama. Naskah diketik dengan komputer memakai program olah kata.5 x 29 cm. misal Ms. 32 . 3 Pengetikan 3. kecuali catatan kaki (font size 10). dan pengetikan tidak bolak-balik. atau linen warna biru (S1-TI) dengan teks dan logo yang di cetak menggunakan tinta emas. lapisan dalam dengan kertas karton dan terakhir kertas putih.2 Bahan dan Ukuran 2.Word atau Open Office. 2.org Writter. kemudian kertas buffalo atau linen warna ungu tua (S1-SI).1 Sampul Skripsi Sampul luar skripsi dengan kertas tebal terdiri dari: lapisan luar plastik.2 Naskah Skripsi Naskah diketik dalam kertas HVS 80 gram ukuran kuarto (A4) atau 21.

4 Batas Pengetikan (margin pengetikan) Batas-batas pengetikan diatur sebagai berikut: a. Gambar boleh menggunakan tinta warna atau hitam c.3 Jarak Baris Jarak antara baris satu dengan yang lain dibuat 1. catatan kaki dan daftar pustaka menggunakan spasi tunggal atau satu spasi. Pencetakan naskah teks berwarna hitam b.5 spasi kecuali kutipan langsung yang panjangnya lebih dari 5 baris.3. Penggandaan dapat dilakukan dengan photocopy. seperti intisari. Tepi kanan (right) : 3 cm 33 . Tepi bawah (bottom) : 3 cm c. Tepi atas (top) : 4 cm b. Khusus untuk kutipan langsung diketik agak menjorok kedalam (ke arah kanan) dengan 7 ketukan.2 Pencetakan Isi Tinta (pita) yang digunakan adalah berwarna hitam dengan ketentuan a. 3. Tepi kiri (left) : 4 cm d. 3.

bab ditulis dengan huruf besar (capital) semua dan diatur simetris kiri-kanan (center) tanpa diakhiri dengan titik (dicetak tebal).3.5 Alinea Baru (paragraf) Tiap-tiap baris dari suatu alinea dimulai dengan ketukan huruf pertama agak menjorok kedalam (kearah kanan) sebanyak 7 ketukan huruf dari margin/batas kiri atau + 1.1. dan seterusnya). semua kata dimulai dengan huruf besar.2 cm (seperti contoh paragraf ini). kecuali kata sambung dan kata depan.6 Pembagian Bab.2. Sub bab.  Sub-sub bab. tanpa diakhiri dengan titik (dicetak tebal). nomor bab yang digunakan angka romawi besar (I.  Sub bab. kecuali kata sambung dan kata depan. 1. II. III.1. nomor sub bab diikuti dengan nomor urut dari sub-sub bab dengan dipisahkan titik (contoh: 1.1. tanpa diakhiri dengan titik. dan seterusnya). 1.2. 3. nomor yang digunakan angka arab dari bab. Bab disebut judul peringkat 1.1. 34 . nomor yang digunakan angka arab dari bab diikuti dengan nomor urut dari sub bab dengan dipisahkan titik (contoh: 1. Sub-sub bab dan seterusnya  Bab. semua kata dimulai dengan huruf besar. dan seterusnya).

1.1.1.1.1. Pasal.1.1. semua kata dimulai dengan huruf besar. tanpa diakhiri dengan titik. 1. tanpa diakhiri dengan titik.1.1.2. nomor anak sub-sub bab diikuti dengan nomor urut dari pasal dengan dipisahkan titik (contoh: 1. dan seterusnya).1. diikuti dengan nomor urut dari ayat dengan dipisahkan titik (contoh: 1.1.1.1. nomor yang digunakan angka arab dari bab.1. nomor sub bab. Ayat. nomor sub-sub bab. 1. kecuali kata sambung dan kata depan.1. kecuali kata sambung dan kata depan.1. nomor pasal.2. dan seterusnya). semua kata dimulai dengan huruf besar. nomor sub bab. nomor sub-sub bab diikuti dengan nomor urut dari anak sub-sub bab dengan dipisahkan titik (contoh: 1. nomor yang digunakan angka arab dari bab. 35 . nomor sub bab. kecuali kata sambung dan kata depan. semua kata dimulai dengan huruf besar. nomor anak sub-sub bab.1.1.2. dan seterusnya). nomor yang digunakan angka arab dari bab. 1.   Anak sub-sub bab.1. tanpa diakhiri dengan titik.1. nomor sub-sub bab.1.

36 . kita. Beberapa aturan yang berlaku untuk kepentingan ini: Dalam naskah.10 Pengutipan Acuan Dalam banyak hal. metoda fast decoupled dan superposisi lebih tepat digunakan untuk menentukan distribusi daya wheeling pada jaringan transmisi . 3. saya.3. pengutipan suatu tulisan ditulis dengan beberapa macam aturan. gunakan bentuk pasif. Sebagai pengganti hal itu. boleh menggunakan kata penulis sebagai pengganti saya. anda. contoh: dataware house. 3. Pada kata pengantar. seringkali tulisan mengutip pada suatu acuan.9 Istilah Asing Semua istilah asing harus ditulis miring.8 Penulisan kata ganti orang perlu dihindarkan Semua tulisan skripsi tidak diperkenankan untuk menggunakan kata ganti orang seperti penulis. Contoh dapat dilihat di bawah ini: Menurut [2].7 Bahasa Bahasa yang digunakan skripsi yaitu bahasa Indonesia. 3. dsb.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.