Hak dan Kewajiban Stakeholder Proyek

Owner
Hak dan kewajiban : 1. Menunjuk penyedia jasa (konsultan dan kontraktor). 2. Meminta laporan secara priodik mengenai pelaksanaan pekerjaan yang telah di lakukan oleh penyedia jasa. 3. Menyediakan fasilitas baik berupa sarana dan prasarana yang di butuhkan oleh penyedia jasa untuk kelancaran pekerjaan. 4. Menyediakan lahan untuk tempat pelaksanaan pekerjaan. 5. Menyediakan dana dan kemudian membayar kepada penyedia jasa sejumlah biaya yang diperlukan untuk mewujudkan sebuah bangunan. 6. Ikut mengawasi jalannya pelaksanaan pekerjaan yang di rencanakan dengan menunjuk suatu badan atau orang untuk bertindak atas nama pemilik. 7. Mengesahkan perubahan dalam pekerjaan (bila terjadi). 8. Menerima dan mengesahkan pekerjaan yang telah selesai dilaksanakan oleh penyedia jasa jika produksinya sesuai dengan apa yang dikehendaki. Wewenang : 1. Memberikan hasil lelang secara tertulis kepada masing-maning kontraktor. 2. Dapat mengambil alih pekerjaan secara sepihak dengan cara memberitahukan secara tertulis kepada kontraktor jika terjadi hal-hal diluar kontrak yang ditetapkan.

5. Membuat gambar revisi bila terjadi perubahan perencanaan. Memberikan usulan serta pertimbangan kepada pengguna jasa dan pihak kontraktor tentag pelaksanaan pekerjaan. hitungan struktur. 4. Membimbing dan mengadakan pengawasan secara priodik dalam pelaksanaan pekerjaan.Konsultan Perencana Hak dan kewajiban : 1. 3. Memberikan jawaban dan penjelasan kepada kontrakter tentang hal-hal yang kurang jelas dalm gambar rencana. Konsultan pengawas Hak dan kewajiban : 1. dan RAB. . 2. Menyelesaikan pelaksanaan pekerjaan dalam waktu yang di tetapkan. Menghadiri rapat koordinasi pengelolaan proyek. 5. 2. dan syarat-syarat. rencana kerja. Melakukan perhitung prestasi kerja. rencana kerja. Membuat perecanaan secara lengkap yang terdiri dari gambar rencana. Mengkoordinasi dan mengendalikan kegietan konstruksi serta aliran informasi antar berbagai bidang agar pelaksanaan pekerjaan berjalan lancar. dan syarat-syarat. 4. 3. Menghindari kesalahan yang mungkin terjadi sedini mungkin serta menghindari pembengkakan biaya.

Membuat hasil pekerjaan berupa laporan harian. Menghentikan sementara bila terjadi penyimpangan dari peraturan yang berlaku. mingguan dan bulanan. Menyadiakan alat keselamatan kerja seperti yang diwajibkan dalam peraturan untuk menjaga keselamatan kerja dan masyarakat. peraturan. 7. kuantitas serta waktu pelaksanaan yang telah ditetapkan. 10. Menerima atau menolak material/peralatan yang di datangkan kontraktor. 4. 9. . 3. Kontraktor Hak dan kewajiban 1. dan syarat-syarat. 5. 8. Membuat gambar-gambar pelaksanaan yang telah disahkan oleh konsultan pengawas sebagai wakil dari pengguna jasa. Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan gambar rencana. Menyiapkan dan menghitung adanya kemungkinan bertambah atau berkurangnya pekerjaan. penjelasan pekerjaan dan syarat-syarat yang telah ditetapka oleh pengguna jasa. Menyerahkan seluruh atau sebagian pekerjaan yang telah diselesaikannya sesuai ketetapan yang berlaku.6. 2. Mengatasi dan memecah persoalan yang timbul dilapangan agar dicapaihasil akhir sesuai yang diharapkan dengan kualitas. Menyusun laporan kemajuan pekerjaan.