Naskah Pildacil: Adab Kepada Orang Tua

Asalamualaikum wr.wb Audzubillahiminasyaitonirrojiim Bismillahirrohmanirrohim Hamdan Wa Syukron lillah,Solaatan wa salaaman ‘ala rosulillah.ammaa ba’du.

Yang terhormat Dewan juri Yang terhormat bapak dan ibu guru yang hadir pada acara ini Hadirin dan hadirat yang berbahagia Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.

Ayo, bersyukur kepada Allah. Ayo, bersalawat kepada rasulullah. Dan ayo, berbakti kepada kedua orang tua kita.

Teman-temanku, maukah kalian masuk surga? Ayo, mau tidak? Jika mau, begini caranya: pelukah kedua tangan orang tua kita kita seraya ucapkan: Asalamualaikum ya abi ya umi, Asalamualaikum ya abi ya umi, Salam indah kupersembahkan, Dari Allah Yang Penyayang, Salam indah ku persembahkan, Dari Allah Yang Penyayang.

Teman-temaanku yang tersayang, memberi salam dan doa kepada kedua orang tua itu merupakan salah satu contoh adab yang baik terhadap orang tua. Ada contoh lagi teman-temanku, yaitu kita harus rajin mengaji supaya menjadi anak yang saleh. Allahumma…………………(aamiin)

prok) Rajin ngaji (prok. membahagiakan orang tua adalah salah satu cara untuk mendapatkan ridhoNya. Coba dengarkan. menghormati orang tua begitu banyak caranya. prok. ikutilah dan bertepuk tanganlah. prok) Sampai mati (prok. prok) Anak saleh (prok. prok. tentu akan membuat hati orang tua kita bahagia. prok. prok) Rajin solat (prok. prok. prok. prok.Ke sekolah tidak malas lagi. Ya !!! Nah. Adab terhadap orang tua ini dijelaskan oleh Alloh SWT dalam surat Al Isra ayat 23 yang berbunyi : Audzubillahiminasyaitonirrojim Bismillahirohmanirrohim ۡ َ ۡ ِ ‫وب‬ ‫دو ْا إِ ا‬ ‫ُّك أَ ا‬ ۡ ِ‫ن إ‬ ۡ َ‫َّل ت‬ ‫َا‬ ۡ َ‫َ أ‬ ُ‫ح‬ ُ ُ‫عب‬ َ ُُ‫َّا يَ ۡب‬ ‫و‬ ٰ‫ض‬ َ ‫د‬ َ ‫ِن‬ َ ِ‫ىٲل‬ َ ‫رب‬ َ َ‫َ أ‬ َ َ‫للِِب‬ َ ‫ح‬ َ ‫ى‬ َ َ‫وق‬ ِ ‫ن‬ ‫س ٰـنًاۚ إِ ا‬ َ ‫ٱل‬ َ ُ‫َّل إِيااه‬ َ َ ُ ُ‫د‬ ِ ‫د ۡي‬ ٍّ۬ ٍّ۬ ‫ى‬ ۡ َ‫َّل تَ ۡنہ‬ َ‫و‬ َ َ‫َا ف‬ َ‫ك‬ ۡ َ‫َا ق‬ )٣٢( ‫َا‬ َ ً‫َّل‬ ِ ً ٍّ۬ ‫َي‬ َ ‫َا‬ َ ‫َ أُف‬ َ ُ‫وقُل لاه‬ َ ُ َُ َ ُ‫َل تَقُل لاه‬ َ ُُ‫َل‬ ِ ‫ڪ‬ Shodhaqollah hul adzim . prok) Cinta islam (prok. prok. prok) Orang tua (prok. prok. maka hendaklah kita tidak menolaknya dan pergunakanlah bahasa yang baik. Apabila orang tua memerintahkan untuk membelikan sesuatu.prok) Dihormati (prok. Tepuk Anak Sholeh : Aku (prok. prok) Lailahaillah muhammadurosulullah. Diantaranya dengan mentaati apa yang mereka perintahkan yang sejalan dengan ajaran agama kita. Nah. Teman-temanku.

Wr. dan kebenaran dari yang Esa Wabillahitofiq walhidayah Wasalamualaikum. maka kita harus ingat untuk bersalaman terlebih dahulu. Mudah-mudahan pidato saya bermanfaat bagi kita semua. apabila kita bisa menghormati orang tua. Nah. apabila kita hendak pergi sekolah. Wb . Allohumma………………………. Ikan Lohan ikan gurami. Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” Mengucapkan kata ah kepada orang tua tidak dibolehkan oleh agama apalagi mengucapkan katakata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.. (aamiin) Kesimpulan pidato saya ialah ada menghormati orang tua adalah salah satu adab yang baik kepada orang tua. Itu contoh kecilnya. yang dapat saya sampaikan. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu. banyak terdapat di danau Nongsa Segala kesalahan dari kami. Demikianlah.Yang artinya adalah : “Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Terus. maka kita sudah termasuk anak yang soleh. Jangan hanya meminta uang jajan lantas kita pergi begitu saja.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful