Renang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang.Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal, dan pemenang semifinal maju ke babak final. Bersama-sama dengan loncat indah, renang indah, renang perairan terbuka, dan polo air, peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renang di Indonesia.

Sejarah
Renang 100 yard di Olimpiade St. Louis 1904.

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah renang Perlombaan berenang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Sebagian besar perenang berenang dengan memakai gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkangaya trudgen di lomba-romba renang setelah meniru renang gaya bebas suku Indian. Akibat ketidaksukaan orang Inggris terhadap gerakan renang yang memercikkan air ke sana ke mari, Trudgen mengganti gerakan kaki gaya bebas yang melecut ke atas dan ke bawah menjadi gerakan kaki gunting seperti renang gaya samping

Bola basket

Di masa Dinasti Han tersebut. Dr.Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891 Sejarah Sepak Bola Dunia Sejarah olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Sejarah Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga. Permainan ini dipertandingkan untuk melatih fisik tentara dan saat kaisar ulang tahun. EropaSelatan. sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut. Selain itu. bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar. Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario. Massachusetts. James Naismith. Lithuania. masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil dan disebut sebagai tsu chu. Pada tahun 1891. asal usul Sepakbola .Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkanbola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Tsu Chu. antara lain di Amerika Selatan. dan juga di Indonesia. Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya. seorang guru Olahraga asalKanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield.

Akan tetapi pada tahun 1572. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Barulah pada tahun 1369. Pada tahun 1904. Pada abad ke-2 SM. Di beberapa kompetisi. asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16. Selama tahun 1800-an. Bersamaan dengan itu. Di Italia. . pedagang. Pada tahun 1815. Sepakbola mulai dimainkan di universitas-universitas Amerika Serikat seperti Harvard.Pada tahun 1869. Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara. sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Richard Mulcaster mengadopsi calcio dari Florence ini untuk diajarkan di sekolah-sekolah dasar dan menengah di Inggris. Sepakbola modern mulai tumbuh sekitar 1830-an. Olahraga ini dimainkan oleh para pekerja saat istirahat atau oleh anak-anak yang bermasalah di rumah atau sekolah. permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Amherst sekitar tahun 1820-an.Sekitar tahun 217 M. Raja Edward III meneruskan permainan ini. Hanya sedikit dokumen yang mendukung hipotesis ini. Orang Romawi mulai menyebarkan permainan ini yang mereka sebut sebagai haspartum. terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer). Orang Mesir Kuno dan Timur Tengah memainkan sepakbola sebagai bagian dari ritual keagamaan. dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Orang Inggris mulai memainkan sepakbola. Perkembangan sepakbola di Inggris berlanjut pada 1680. Princenton.Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. olahraga tersebut dibawa oleh pelaut. Ratu Elizabeth I serius melarang sepakbola dan menyediakan penjara bagi rakyatnya yang memaksa bermain. Pada abad pertama hingga kelima Masehi. ketika Raja Charles II memberikan perlindungan kepada sepakbola.

Berat peluru:     Untuk senior putra = 7.257 kg Untuk senior putri = 4 kg Untuk yunior putra = 5 kg Untuk yunior putri = 3 kg .Tolak Peluru Tolak Peluru Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik. Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin.

Seni bela diri ini pertama kali disebut "Tote” yang berarti seperti “Tangan China”. sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah kanji Okinawa (Tote: Tangan China) dalam kanji Jepang menjadi „karate‟ (Tangan Kosong) agar lebih mudah diterima oleh masyarakat Jepang. Ada pula ITKF (International Traditional Karate Federation) yang mewadahi karate tradisional. Adapun fungsi dari JKF dan WKF adalah terutama untuk meneguhkan Karate yang bersifat "tanpa kontak langsung". Adapun organisasi yang mewadahi Karate seluruh dunia adalah WKF (dulu dikenal dengan nama WUKO . Waktu karate masuk ke Jepang. nasionalisme Jepang pada saat itu sedang tinggi-tingginya. Wado-Ryu Keempat aliran tersebut diakui sebagai gaya Karate yang utama karena turut serta dalam pembentukan JKF dan WKF. Shorin-ryu dan Uechi-ryu tersebar luas ke berbagai negara di dunia dan dikenal sebagai aliran Karate yang termasyhur. Yang dua kanji bersama artinya “tangan kosong” 空手 (pinyin: kongshou). Goju-Ryu 3. organisasi yang mewadahi olahraga Karate seluruh Jepang adalah JKF.Karate Karate (空 手 道) adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Dan yang kedua. „te‟ 手. Seni bela diri karate dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa.World Union of Karatedo Organizations). Latihan dasar karate terbagi tiga seperti berikut: . Karate terdiri dari atas dua kanji. yang dianggap sebagai gaya karate yang utama yaitu: 1. Di negara Jepang. berarti „tangan'. Shito-Ryu 4. berbeda dengan aliran Kyokushin atau Daidojuku yang "kontak langsung". Beberapa aliran besar seperti Kyokushin . Shotokan 2. Menurut Zen-Nippon Karatedo Renmei/Japan Karatedo Federation (JKF) dan World Karatedo Federation (WKF). Yang pertama adalah „Kara‟ 空 dan berarti „kosong‟. walaupun tidak termasuk dalam "4 besar WKF". Namun gaya karate yang terkemuka di dunia bukan hanya empat gaya di atas itu saja.

Pada zaman sekarang karate juga dapat dibagi menjadi aliran tradisional dan aliranolah raga. yaitu Kumite untuk persiapan Shiai. Tetapi sekarang. 2. maka Kumite dibagi menjadi dua macam.1. praktisi Karate sudah dibiasakan untuk melakukan kumite sejak sabuk biru strip. ada dojo yang mengajarkan kumite pada murid tingkat pemula (sabuk kuning). Kihon?) secara harfiah berarti dasar atau fondasi. yaitu latihan tanding atau sparring. Praktisi Kyokushin diperkenankan untuk melancarkan tendangan dan pukulan sekuat tenaganya ke arah lawan bertanding. yaitu latihan jurus atau bunga karate. yang dilatih hanya teknik-teknik yang diperbolehkan dalam . menendang dan menangkis. Setiap aliran memiliki perbedaan gerak dan nama yang berbeda untuk tiap Kata. Praktisi diharuskan untuk dapat menjaga pukulannya supaya tidak mencederai kawan bertanding. Setiap Kata memiliki ritme gerakan dan pernapasan yang berbeda. Murid tingkat lanjut juga diajarkan untuk menggunakan senjata seperti tongkat (bo) dan ruyung (nunchaku). Kata Kata (型:かた) secara harfiah berarti bentuk atau pola. Kata dalam karate tidak hanya merupakan latihan fisik atau aerobik biasa. Untuk aliran kombinasi seperti Wado-ryu. Kihon Kihon (基本:きほん. Pelatihan Kihon dimulai dari mempelajari pukulan dan tendangan (sabuk putih) dan bantingan (sabuk coklat). Kata(jurus) dan Kumite (pertarungan). Kumite dilakukan oleh murid-murid tingkat lanjut (sabuk biru atau lebih). 3. Untuk aliran Shotokan di Jepang. Sebagai akibatnya Bunkai (aplikasi kata) tiap aliran juga berbeda. Untuk kumite aliran olahraga. Kihon. Tapi juga mengandung pelajaran tentang prinsip bertarung. kumite hanya dilakukan oleh siswa yang sudah mencapai tingkat dan (sabuk hitam). Praktisi Karate harus menguasai Kihon dengan baik sebelum mempelajari Kata dan Kumite. Sebelum melakukan kumitebebas (jiyu Kumite) praktisi mempelajari kumite yang diatur (go hon kumite) atau (yakusoku kumite). Bunkai adalah aplikasi yang dapat digunakan dari gerakan-gerakan dasar Kata. Dalam Kata ada yang dinamakan Bunkai. Kata. Kumite Kumite (組手:くみて) secara harfiah berarti "pertemuan tangan". lebih dikenal dengan Kumite Shiai atau Kumite Pertandingan. Untuk aliran "kontak langsung" seperti Kyokushin. Aliran tradisional lebih menekankan aspek bela diri dan teknik tempur sementara aliran olah raga lebih menumpukan teknik-teknik untuk pertandingan olah raga. Teknik Karate Teknik Karate terbagi menjadi tiga bagian utama : Kihon (teknik dasar). Kumite. siswa dianggap sudah menguasai seluruh kihon dengan baik. Pada tahap dan atau Sabuk Hitam. yang tekniknya terdiri atas kombinasi Karate dan Jujutsu. Sebagai contoh : Kata Tekki di aliran Shotokandikenal dengan nama Naihanchi di aliran Shito Ryu. yaitu latihan teknik-teknik dasar karate seperti teknik memukul.

[Luas lapangan  Lantai seluas 8 x 8 meter. Sistem pertandingan yang dipakai adalah reperchance (WUKO) atau babak kesempatan kembali kepada atlet yang pernah dikalahkan oleh sang juara. yang diakui sebagai Kata Wajib adalah hanya 8 Kata yang berasal dari perguruan 4 Besar JKF. dengan perincian sebagai berikut:     Shotokan : Kankudai dan Jion. Pertandingan dilakukan dalam satu babak (2-3 menit bersih) dan 1 babak perpanjangan kalau terjadi seri. Pertandingan dibagi menjadi dua jenis: Kata perorangan dan Kata beregu. danGoshinjutsu Kumite atau Kumite untuk beladiri. yaitu Shotokan. Kata Pada pertandingan kata yang diperagakan adalah keindahan gerak dari jurus. semua teknik dipergunakan. Wado-ryu : Seishan dan Chinto. kuncian. Para peserta harus memperagakan Kata wajib. dan menyerang titik vital. Menurut standar JKF dan WKF. beralas papan atau matras di atas panggung dengan ketinggian 1 meter dan ditambah daerah pengaman berukuran 2 meter pada tiap sisi. Kata beregu dilakukan oleh 3 orang. Sesuai dengan Katapilihan atau Kata wajib dalam peraturan pertandingan. Shito-ryu: Seienchin dan Bassaidai. Kata (jurus) putera dan puteri Kumite Kumite dibagi atas kumite perorangan dengan pembagian kelas berdasarkan berat badan dan kumite beregu tanpa pembagian kelas berat badan (khusus untuk putera).  Arena pertandingan harus rata dan terhindar dari kemungkinan menimbulkan bahaya. termasuk jurus-jurus Jujutsu seperti bantingan. kecuali dalam pertandingan beregu tidak ada waktu perpanjangan. Wado-ryu. para peserta diharuskan memperagakan aplikasi dari Kata (bunkai). . Goju-ryu : Saifa dan Seipai. Kumite (perkelahian) putera dan puteri 2. Kata beregu dinilai lebih prestisius karena lebih indah dan lebih susah untuk dilatih. Dan jika masih pada babak perpanjangan masih mengalami nilai seri. peserta akan mengikuti babak selanjutnya dan dapat memperagakan Katapilihan. hanya saja mereka harus memainkanKata sebagaimana dimainkan oleh perguruan 4 besar di atas. baik untuk putera maupun puteri. Goju-ryu and Shito-ryu. Bila lulus.pertandingan. [Pertandingan Karate Pertandingan karate dibagi atas dua jenis yaitu : 1. Karateka dari aliran selain 4 besar tidak dilarang untuk ikut pertandingan Kata JKF dan WKF. maka akan diadakan pemilihan karateka yang paling ofensif dan agresif sebagai pemenang. Setelah melakukan peragaan Kata .

Matras tersebut dibagi kedalam tiga warna yaitu putih. Peluit untuk arbitrator/alat tulis 7. Dengan itu tidak perlu lagi membuat serangan susulan pun sudah cukup untuk membela diri. Matras yang paling luar adalah batas jogai dimana karate-ka yang sedang bertanding tidak boleh menyentuh batas tersebut atau akan dikenakan pelanggaran. Sekiranya tangkisan atas itu cukup kuat dan mantap. Administrasi pertandingan 10. Pelindung tangan 3. Alat-alat lain yang diperbolehkan tapi bukan menjadi keharusan adalah:    Pelindung gusi (di beberapa pertandingan menjadi keharusan) Pelindung tubuh untuk kontestan putri Pelindung selangkangan untuk kontestan putera 6. maka semua bunga dari pokok tersebut akan jatuh berguguran. Peluit untuk wasit Tambahan: Khusus untuk Kyokushin. Sisa ruang lingkup matras yang paling dalam dan paling banyak dengan warna putih adalah arena bertanding efektif. Ikat pinggang (Obi) untuk kedua kontestan berwarna merah/aka dan biru/ao 5. Sedangkan pelindung yang lain tidak diperkenankan. Peralatan dalam pertandingan karate Peralatan yang diperlukan dalam pertandingan karate 1. pelindung yang dipakai hanyalah pelindugn selangkangan untuk kontestan putra. .Pada Kumite Shiai yang biasa digunakan oleh FORKI yang mengacu peraturan dari WKF. Pelindung tulang kering 4. Pakaian karate (karategi) untuk kontestan 2. Falsafah Karate Rakka (Bunga yang berguguran) Ia adalah konsep bela diri atau pertahanan di dalam karate. Contohnya jika ada orang menyerang dengan menumbuk muka. ia boleh mematahkan tangan yang menumbuk itu. Seragam wasit/juri     Baju putih Celana abu-abu Dasi merah Sepatu karet hitam tanpa sol 8. si pengamal karate boleh menggunakan teknik menangkis atas. idealnya adalah menggunakan matras dengan lebar 10 x 10 meter. bendera merah & biru untuk juri 11. Ia bermaksud setiap teknik pertahanan itu perlu dilakukan dengan bertenaga dan mantap agar dengan menggunakan satu teknik pun sudah cukup untuk membela diri sehingga diumpamakan jika teknik itu dilakukan ke atas pokok. merah dan biru. sehingga karate-ka yang sedang bertanding dapat memprediksi ruang arena dia bertanding. Batas yang kedua lebih dalam dari batas jogai adalah batas peringatan. Papan nilai/n scoring board 9.

terbukti dari banyaknya KATA yang diajarkan di aliran Shito-ryu. Berpegang pada konsep Ichigeki Hissatsu. kita harus bisa menerima dan membalas pukulan". Bila bulan mengambang. Aliran ini memadukan teknik keras dan teknik lembut. Shito-ryu Aliran Shito-ryu terkenal dengan keahlian bermain KATA.sehingga shotokan dapat diterjemahkan sebagai Perguruan Funakoshi. Adapun ciri khas dan latar belakang dari berbagai aliran Karate yang termasuk dalam "4 besar JKF" adalah sebagai berikut: Shotokan Shoto adalah nama pena Gichin Funakoshi. Sekiranya dilontar batu kecil ke danau tersebut. AliranShotokan merupakan akumulasi dan standardisasi dari berbagai perguruan karate di Okinawa yang pernah dipelajari oleh Funakoshi. ahli Karate Shito-ryu dapat menyesuaikan diri dengan kondisi. Miyagi memperbarui banyak teknik-teknik aliran ini menjadi aliran Goju-ryu yang sekarang. sehingga banyak orang yang menganggap Chojun Miyagi sebagai pendiri Goju-ryu. Gerakan Shotokan cenderung linear/frontal. Shotokan menggunakan kuda-kuda yang rendah serta pukulan dan tangkisan yang keras. Kan dapat diartikan sebagai gedung/bangunan . Goju-ryu menggunakan tangkisan yang bersifat circular serta senang melakukan pertarungan jarak rapat. maupun dengan jarak rapat seperti Goju. . Goju-ryu Goju memiliki arti keras-lembut. dan merupakan salah satu perguruan karate tradisional di Okinawa yang memiliki sejarah yang panjang. yaitu ada 30 sampai 40 KATA. maka mudah untuk pengamal bela diri untuk mengelak atau menangkis serangan.Mizu No Kokoro (Minda itu seperti air) Konsep ini bermaksud bahwa untuk tujuan bela diri. Sehinga Goju-ryu menekankan pada latihan SANCHIN atau pernapasan dasar. Shotokan memiliki 25. dan sebagian dari aliran-aliran tersebut sudah masuk ke Indonesia. Dengan meningkatnya popularitas Karate di Jepang (setelah masuknyaShotokan ke Jepang). Namun yang tercatat di soke/di Jepang ada 111 kata beserta bunkainya. Gichin Funakoshi merupakan pelopor yang membawa ilmu karate dari Okinawa ke Jepang. minda (pikiran) perlulah dijaga dan dilatih agar selalu tenang. Goju memiliki 12 KATA. mereka bisa bertarung seperti Shotokan secara frontal. sehingga praktisi Shotokan berani langsung beradu pukulan dan tangkisan dengan lawan. Berpegang pada konsep bahwa "dalam pertarungan yang sesungguhnya. bayangan bulan di danau itu akan kabur. Wado memiliki 17. aliran Goju ini dibawa ke Jepang oleh Chojun Miyagi. agar para praktisinya dapat memberikan pukulan yang dahsyat dan menerima pukulan dari lawan tanpa terluka. Aliran Karate Seperti telah disinggung diatas. lebih banyak dari aliran lain. Dalam pertarungan. ada banyak aliran Karate di Jepang. Minda itu seumpama air di danau. Sebagai perbandingan. yaitu satu gerakan dapat membunuh lawan. Apabila minda tenang. kita akan dapat melihat bayangan bulan dengan terang di danau yang tenang.

[Shorin-ryu Aliran ini adalah aliran Karate yang asli berasal dari Okinawa. aliran ini juga sering dikenal sebagai salah satu aliran karate paling keras. DIdalam pertarungan. Tidak seperti kebanyakan aliran karate yang sudah berfokus pada olahraga. Sosai Oyama sendiri telah melakukan kumite 300 orang. Kama dan Rokushaku Bo. untuk mendalami arti yang sebenarnya dari seni bela diri karate serta melatih jiwa/semangat keprajuritan (budo). yakni tanpa pelindung. belajar beladiri langsung di provinsi Fujian di China. seperti Nunchaku. dimana praktisi-praktisinya dituntut untuk berani melakukan full-contact kumite. karena pencipta aliran ini. aliran ini sangat terkenal baik di dalam maupun diluar Jepang. terlihat dari sistem pertandingan kumite pada kejuaraan Kyokushin yang menerapkan pertarungan full contact dan boleh membuat Knock Out (KO) lawan. Kyokushin masih berpegang teguh pada sistem tradisional. Sedangkan aliran Karate lain yang besar walaupun tidak termasuk dalam "4 besar JKF" antara lain adalah: Kyokushin Kyokushin tidak termasuk dalam 4 besar Japan Karatedo Federation. Adalah umum bagi praktisi aliran ini untuk melakukan 5-10 kumite berturut-turut. gerakan dari aliran Uechi-ryu Karate sangat mirip dengan Kungfu aliran Fujian. dan menyerang secara frontal. lebih banyak menggunakan tangkisan yang bersifat mengalir (bukan tangkisan keras). Dapat dimaklumi bahwa gerakan Shorin-ryu banyak persamaannya dengan Shotokan. dimana karateka diuji melakukan 100 kumite berturut-turut tanpa kalah. . pendiri Shotokan Karate. dan kadang-kadang menggunakan teknik Jujutsu seperti bantingan dan sapuan kaki untuk menjatuhkan lawan. Uechi-ryu Aliran ini adalah aliran Karate yang paling banyak menerima pengaruh dari beladiri China. seorang guru Karate abad ke 19 yang juga adalah guru dari Gichin Funakoshi. dimana dalam pertandingannya menerapkan sistem tidak kontak langsung dan hasil yang ditentukan oleh poin. Nama Kyokushin mempunyai arti kebenaran tertinggi. Kanbun Uechi. dalam pertandingan FORKI dan JKF. Akan tetapi. Akan tetapi. Didirikan oleh Shoshin Nagamine yang didasarkan pada ajaran Yasutsune Anko Itosu. ahli Wado-ryu menggunakan prinsip Jujutsu yaitu tidak mau mengadu tenaga secara frontal.Wado-ryu Wado-ryu adalah aliran Karate yang unik karena berakar pada seni beladiri Shindo Yoshin-ryu Jujutsu. Sehingga Wado-ryu selain mengajarkan teknik Karate juga mengajarkan teknik kuncian persendian dan lemparan/bantingan Jujutsu. terutama aliran Baihequan (Bangau Putih). serta turut berjasa memopulerkan Karate di seluruh dunia. terutama pada tahun 1970an. Oleh karena itu. para praktisi Wado-ryu juga mampu menyesuaikan diri dengan peraturan yang ada dan bertanding tanpa menggunakan jurus-jurus Jujutsu tersebut. sebuah aliran beladiri Jepang yang memiliki teknik kuncian persendian dan lemparan. Aliran ini didirikan oleh Sosai Masutatsu Oyama. Aliran ini menganut sistem Budo Karate. Aliran ini menerapkan hyakunin kumite (kumite 100 orang) sebagai ujian tertinggi. Perbedaan yang mencolok adalah bahwa Shorin-ryu juga mengajarkan bermacammacam senjata.

Alih-alih. yang berkembang di Mesir. Denmark. Wales. Irlandia. Sejarah.48 0 Badminton. setiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di lapangan bulu tangkis. Jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. .Sejarah Olahraga Bulutangkis (Badminton) Posted By Abdi Robhani 06. dan Prancis. Sejarah Bulutangkis Nenek moyang terdininya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa. Sports Olahraga bulutangkis sering juga disebut dengan badminton. Skotlandia. Selandia Baru. Belanda. namun ada juga yang menyebutkan di india dan China. Kanada. sedangkan permainannya di mulai dengan melakukan servis pada salah satu pemain. Olah raga ini dimainkan dengan kok yang terbuat dari rangkaian bulu angsa. objeknya dimanipulasi dengan kaki. Induk organisasi olahraga badminton/bulutangkis adalah IBF (International Badminton Federation) yang didirikan pada tahun 1934 yang di pelopori oleh beberapa Negara dunia seperti inggris. Dalam permainan bulu tangkis / badminton. Asal usul Sejarah bulutangkis pertama kali sekitar 2000 tahun yang silam. dan raket.

Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer. Tunggal putra 2. Sejarah Olahraga Bulutangkis Bulutangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Partai Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulutangkis. Ganda campuran Sejak 1 Februari 2006. Tunggal putri 3. . Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. seluruh partai memakai sistem "pemenang dua dari tiga set" (best of three) yang masing-masing diraih dengan mencapai 21 poin secara rally point. bulutangkis dimainkan dengan pemain di satu sisi bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan. Mirip dengan tenis. Ganda putra 4. Mereka adalah: 1. Dia juga harus mencoba mencegah lawannya melakukan hal tersebut kepadanya. Memainkan bulutangkis Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi pada kedua sisi jaring di atas wilayah persegi panjang yang ditandai di lantai sebagaimana diperlihatkan di diagram. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini. Ganda putri 5.

.Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket. seorang peladen memulai permainan.namun dari mana asal permainan ini kapan dan siapa yang mula-mula menciptakannya. Bangsa Prancis pada abad ke XII. Dalam permainan ganda. pemain yang sama menyervis kembali. Pemain di sisi servis tangan kanan selalu memulai servis. pemain atau pasangan penyervis (peladen) mencetak skor satu poin. diperoleh keterangan dari beberapa sumbr sebagai berikut : 1. melompati jaring ke wilayah di seputar batasan/aras tertanda sebelum pemain atau pasangan lawan bisa memukulnya balik. Setelah memenangi satu poin. Apabila regu yang tak menyervis memenangkan reli ini. dan terus menyervis sepanjang mereka terus mencetak poin. dan setelah kalah sebuah reli. servis berpindah ke regu lawan. Pada zaman purbakala. di Iran permainan ini menggunakan kayu untuk memukul bola dari usus binatang yang di isi angin. Dari waktu itu ke depannya. kedua pemain pada seregu bergantian menyervis (meladen) sebelum servis kembali berpindah kepada lawan mereka. Untuk setiap kali ini berhasil dilakukan oleh regu yang menyervis. 2.com Permainan tenis meja mulanya dikenal sebagai hiburan ringan bagi masyarakat. bolanya terbuat dari kertas diktat dan dipukul dengan tangan. tiada poin dicetak oleh mereka tetapi ada pergantian penyervis. SEJARAH TENIS MEJA SEJARAH INTERNASIONAL pingpong-history.

4. Pada abad ke 19 sudah digemari di Inggris dan Eropa. 5. Goode dari London memperkenalkan raket dengan permukaan karet. Pada waktu di beri nama gossima´ atau ping-pong´. Tanggal 15 januari 1926 atas perkasa Dr. Meja yang di gunakan belum ada ukuran dan net terbuat dari tali sepatu boat. alat pemukulnya terbuat dari serpihan kayu yang menyerupai raket seperti yang di gunakan untuk bermain tenis.berasal dari permainan tenis kuno pada abad pertengahan seperti gossima dan whiff whaff´ dikembangkan oleh angkatan bersejata Inggris yang berkedudukan di India sebagai rekreasi di waktu senggang. Di Amerika serikat sudah mulai banyak dilakukan. Permainan ini menjadi popular pada tahun 1905 E. . Georg Lehnman dari Jerman di bentuk satu organisasi tenis meja tingkat internasional dengan singkatan ITTF (International Table Tennis Federation)dengan presiden nya Hon Ivor Montagu dari Inggris. Bangsa India.C. menggunakan bola bersayap bulu dan pemukulnya kayu yang dibungkus dengan kulit binatang menjangan.3. Pada tahun 1990 permainan tenis meja disempurnakan oleh negara-negara Eropa Barat. Beberapa sumber mengatakan bahwa permainan ini berasal dari inggris.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful