P. 1
LayOut Peta

LayOut Peta

|Views: 62|Likes:
Published by Bambang Periambodo
peta
peta

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Bambang Periambodo on Apr 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2013

pdf

text

original

LAYOUT PETA

XVIII. LAYOUT PETA
Output yang dikehendaki oleh sebagian besar user’s adalah layout peta yang menarik dan mudah dimengerti serta mengandung presisi yang baik. Pada modul akhir ini kita akan membuat beberap tampilan layout dan segala element yang diperlukan. Layout Map Pilih View > Layout View Atau pilih tools .

pada bawah view peta.

Ketika berada pada layout view maka akan aktif fungsi layout yang terdiri dari zoom in dan out , pan , zoom 100% , fix zoom in dan out , zoom to whole page (full extent) , zoom control

, go to back extent dan go to forward extent .

dan changed layout -

Gunakan changed view, hingga keluar kotak dialog select template. Pilih setting layout yang ada missal pada general pilih letter portrait.

Modul Pelatihan ArcGis

18-1

LAYOUT PETA maka hasilnya berubah seperti berikut - Perintah-perintah lain yang dapat digunakan untuk melengkapi layout terdapat pada menu Insert. Modul Pelatihan ArcGis 18-2 .

bahwa yang kita print adalah tampilan layout. Fokuskan pada daerah indonesia atau pilih daerah mana yang ingin anda tampilkan. - Setting Map Page o Buka file map Duniaku. Pilih File > Page Setup.LAYOUT PETA Saving Peta. Ingat yang kita simpan adalah dalam format mxd yang menghendaki keseluruhan data tetap berada pada folder yang sama ketika membuka data-data tersebut dalam computer yang kita gunakan. Printing Peta. Kita dapat menge-print sebagai print out paper dan file dalam bentuk pdf misalnya. Modul Pelatihan ArcGis 18-3 . Ada beberapa hal yang prlu diperhatikan. Gunakan File > Save As untuk menyimpan keseluruhan setting yang kita lakukan.mxd.

Untuk menghasilkan peta dalam keluaran A4 kita dapat menggunakan instalan software printer apa saja yang berukuran otput maksimal A4. langkah lain adalah dengan menggunakan PDF writer atau Acrobat Distiller yang dapat Modul Pelatihan ArcGis 18-4 . - Tetapi printer dalam ukuran A4 tidak dapat seeting up ke ukuran A3.LAYOUT PETA - Ukuran kertas sangat tergantung dari sumber daya hardware dan software yang kita punya. Begitu juga untuk menghasilkan keluaran dalam format A1 A A0 maka harus didukung dengan printer yang memadai. - Apabila kita tidak memiliki sumber daya software atau hardware printer yang mendukung.

walaupun hasilnya tidak sebaik apabila kita langsung menge-print dari ArcGis. - Tetapi bagian tools yang berikut ini sebenarnya di tujukan untuk data view. Sedangkan tools yang digunakan untuk mengontrol layout adalah tools layout . sehingga apabila digunakan secara otomatis akan mengubah skala dan posisi data view yang kita inginkan dan langsung secara interaktif pada layout view juga berubah sesuai dengan data view. Cara ini cukup praktis untuk menghasilkan keluaran dalam bentuk file dengan sehala ukuran yang kita kehendaki. Perhatikan bahwa ada dua bagian tools yang dapat kita gunakan untuk mengontrol layout view seperti tools di bawah ini. Modul Pelatihan ArcGis 18-5 . - Cara lain untuk mengubah page size adalah dengan meng-klik kanan pada layout (namun terlebih dahulu gunakan tools pointer select elements ). Untuk praktek kali ini kita gunakan PDF Writer dan kita membuat output dalam skala A1 yang berukuran 24 x 36 inches dalam keadaan Portrait dan 36 x 24 dalam keadaan landscape. Pilih page orientation dalam landscape.LAYOUT PETA diperoleh dari Adobe Acrobat. - Jadi berhati-hatilah untuk menggunakan tools ini di dalam layout view.

Atur hingga layout yang ada seperti berikut. - Pilih Edit > Copy dan Edit > Paste sehingga sekarang kita mempunyai dua frame. description dan jelajahi semua tools yang ada. Modul Pelatihan ArcGis 18-6 . Klik kanan pilih properties. - Sekarang pada kotak dialog data frame properties pilih general. isikan Name layer. satu frame utama dan satu adalah view dunia.LAYOUT PETA LayOut Pilih frame utama layout yang anda hadapi sekarang.

Ada dua tipe yaitu Graticule untuk degree dan measured untuk meter/feet atau menggunakan reference grid. Kita pilih graticule.LAYOUT PETA - Element LayOut o Grid ƒ ƒ Atur grid menggunakan View > Data Frame Properties pilih New Grid. ƒ pilih setting grid yang kita inginkan Modul Pelatihan ArcGis 18-7 .

ikuti petunjuk yang ada. Modul Pelatihan ArcGis 18-8 . Untuk memodifikasi klik pada judul lalu muncul editor properties.LAYOUT PETA ƒ setelah selesai setiing ulang seperti yang kita inginkan. Dam lihat hasilnya. Tulis judul peta yang anda inginkan. ƒ Pilih Graticule tekan properties. o Text/Titles ƒ ƒ Pilih Insert > Titles.

Anda dapat memodifikasi dengan klik pada legend tersebut. o . Modul Pelatihan ArcGis 18-9 .LAYOUT PETA ƒ ƒ Ubah jenis font dan besar huruf melalui change symbol.Legend ƒ ƒ ƒ ƒ Pilih Insert > Legend. Hasilnya tampak pada gambar berikut. Ikuti kotak petunjuk (legend wizard). Begitu juga apabila ingin menambah kata atau kalimat dengan menggunakan Insert > Text.

Anda dapat memodifikasi dengan meng-klik pada element tersebut.LAYOUT PETA o North Arrow ƒ ƒ ƒ ƒ Pilih Insert > North Arrow. Anda dapat memodifikasi dengan meng-klik pada element tersebut. Hasilnya tampak pada gambar berikut. Ikuti kotak petunjuk (North Arrow Selector). o Scale ƒ ƒ ƒ ƒ ƒ Pilih Insert > Scale bar Insert > scala Text. Modul Pelatihan ArcGis 18-10 . Ikuti kotak petunjuk (Scale Bar Selector dan Scale Text Selector). Hasilnya tampak pada gambar berikut.

LAYOUT PETA o Picture dan Object ƒ Merupakan salah satu kelebihan dari system OLE (object linking embeding). Modul Pelatihan ArcGis 18-11 . ƒ dapat memasukkan picture dan objek dari software lain untuk tampil pada layout.

LAYOUT PETA Modul Pelatihan ArcGis 18-12 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->