BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Praktek Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan yang mencakupi seluruh program pendidikan yang telah diberikan di bangku kuliah . Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk profesi keguruan bagi calon pendidik yg memiliki seperangkat ilmu, keterampilan, nilai, sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta cakap dan cepat menggunakannya dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran baik disekolah maupun diluar sekolah. Mahasiswa Kependidikan Islam selama proses akademik telah mendapatkan banyak ilmu dan teori tentang pengajaran dan manajaemen pendidikan, namun tidak dapat dipungkiri lagi bahwa banyak ketidak sesuaian antara teori dengan apa yang terjadi di lapangan. Untuk itu melalui kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan ini dapat memberikan gambaran kepada Mahasiswa tentang keadaan yang sesungguhnya di dunia pendidikan. Sehingga Mahasiswa nantinya mampu mengatasi masalah-masalah dalam pendidikan baik dalam bentuk pembelajaran maupun manajemen pendidikan itu sendiri. Selain itu juga Praktikum Pengalaman Lapangan (PPL) juga merupakan bentuk persiapan, pembinaan dan pelatihan. Melalui PPL ini mahasiswa dapat melihat dan mengalami langsung proses belajar mengajar yang terjadi dilapangan dan dapat membandingkannya dengan teori dibangku kuliah. 1. Landasan Hukum Praktik mengajar merupakan kegiatan keseluruhan program yang merupakaan bagian integral dari pembentukan profesionalisme keguruan bagi seorang pendidik yang memiliki keterampilan dan sikap serta nilai-nilai pola tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya. Sasaran yang dijadikan target pencapaian tujuan adalah memperoleh pengalaman dalam melakukan proses belajar mengajar beserta perangkat pembelajaran yang harus dikuasai daam perencanaan pembelajaran pengelolaan kelas, serta pengelolaan administrasi pendidikan.

1

2. Tujuan Praktikum Tujuan diadakan praktikum ini adalah sebagai berikut : a. Salah satu bentuk wujud penerapan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan oleh Mahasiswa yaitu Pendidikan dan b. Pengajaran, penelitian serta Pengabdian Kepada Masyarakat. Sebagai Sarana untuk menyeleraskan antara teori ilmu pengetahuan yang diterima Mahasiswa di bangku Kuliah dengan kenyataan praktek dilapangan. c. d. Untuk lebih memahami dan memantapkan kebenaran teori-teori Kependidikan Islam yang telah dimiliki Mahasiswa. Menimbulkan kemampuan e. f. g. Motivasi praktis mahasiswa untuk meningkatkan dan menilai dalam merencanakan

manajemen pendidikan. Pemerataan Kemampuan dan Kemahiran Mahasiswa dalam teori kependidikan dengan penguasaan ilmu pendidikan lapangan. Meningkatkan Rasa kebersamaan dan tanggung jawab para mahasiswa sebagai calon-calon tenaga kependidikan Islam. Merangkum segala permasalahan yang dialami oleh para mahasiswa ketika melaksanakan praktek di lembaga pendidikan tersebut. h. Membantu para mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan dalam memperoleh informasi teknis pengajaran, baik yang berkaitan dengan materi pengajaran, metode dan teknik evaluasi pengajaran. i. Memperluas wawasan dengan saling menukar informasi dan pengalaman untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat menunjang terhadap pemahaman teoriteori kependidikan.

3.
2

Materi Praktikum Program Studi

Materi Praktikum Program Studi dapat dirumuskan dan dibatasi sebagai berikut : 1) Praktek Manajemen Pendidikan,meliputi : a. Manajemen Sekolah b. Kelembagaan Sekolah c. Tenaga Kependidikan Sekolah d. Kurikulum Sekolah e. Kesiswaan f. Keuangan Sekolah g. Sarana dan Prasarana h. Situasi Umum Sekolah 2) Praktek Mengajar a. Perencanaan Pengajajaran di kelas b. Pelaksanaan Program Kegiatan Belajar Mengajar c. Metode Pengajaran d. Media Pengajaran e. Teknik Evaluasi Pengajaran 4. Manfaat Manfaat di adakannya Praktek Pengalaman Lapangan Manajemen Pendidikan dan Mengajar adalah sebagai berikut: a. Agar mahasiswa mempunyai bekal untuk menjadi seorang guru dan bekal menjadi pemimpin dalam suatu lembaga pendidikan b. Memiliki mengajar c. Mampu membuat dan menyusun administrasi sekolah B. Sejarah Pendirian SMK Amaliah 2 SMK AMALIAH 2 Berdiri dengan No ijin Pendirian Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor No.SK Pendirian 431/18–DIKMEN NSS 402020224125 atas nama SMK Amaliah 2 yang beralamatkan di Jl. Raya Tol Ciawi No. 1 Desa Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, dengan 3 rumpun/ jurusan yaitu : Administrasi Perkantoran(AP), Akuntansi(AK) dan Perbankan(PB). pengetahuan dalam proses kegiatan belajar

3

SMK AMALIAH 2 Didirikan pada tanggal 03 Mei 2008,dibawah naungan Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliah Indonesia (YPSPIAI). Lulusan terbaik dari SMK AMALIAH 2 Mendapat kesempatan kerja di beberapa unit YPSPIAI seperti, Universitas Djuanda, SMA, SMP, SD, TK, dan PG AMALIAH. C. Profil SMK Amaliah 2 Ciawi Bogor1 1. Nama Sekolah 2. Alamat Sekolah a. Kecamatan b. Kabupaten c. Provinsi d. Kode Pos e. Telephon 3. Ijin Pendirian 4. No. SK Pendirian 5. Tanggal SK Pendirian 6. NSS 7. Bidang Studi Keahlian 8. Program Studi Keahlian 9. Kompetensi Keahlian 10. Program Studi Keahlian 11. Kompetensi Keahlian 12. Nama Yayasan : SMK AMALIAH 2 CIAWI BOGOR : Jl. Tol Ciawi No. 1 Desa Ciawi : Ciawi : Bogor : Jawa Barat : 16720 : (0251) 824 1986 : Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kab.Bogor : 431/18 - DIKMEN : 03 Mei 2008 : 402020224125 : Bisnis dan Manajemen (BM) : Administrasi : Administrasi Perkantoran (AP) : Keuangan : Akuntansi (AK) Perbankan Syariah (PBS) :Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI)

D. Visi, Misi dan Tujuan SMK Amaliah 2 1. Visi
1

Arsip,2010.SMK Amaliah 2,Profil SMK Amaliah YPSPIAI

4

Bogor dan Sukabumi dan Puncak. E. Proses pembelajaran dilakukan menyenangkan dan aplikatif. b. 1 Desa Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. e. Misi Adapun Misi SMK Amaliah 2 adalah sebagai berikut : a. Mengintegrasikan nilai-nilai Tauhid pada setiap Mata Pelajaran. 3. Menyiapkan tamatan agar menjadi warga negara yang produktif. Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Gadog Sebelah Selatan berbatasan dengan Kp. Menyiapkan peserta didik agar terbentuk dirinya menjadi insan yang berguna dan memiliki akhlakul karimah. e. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang. c. d. 5 MENENGAH KEJURUAN BERKUALITAS YANG MENYATU DALAM TAUHID” . adaptif dan kreatif. Menyiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap Profesional.Adapun Visi SMK Amaliah 2 adalah sebagai berikut : “MENJADI SEKOLAH 2. Yaitu dari : Sebelah Barat berbatasan dengan Tol Ciawi. mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri d. Dengan nomor telepon (0251) 8241986. Tipar Sebelah Utara berbatasan dengan Ciawi Puncak. c. Letak geografis SMK Amaliah 2 ini juga sangatlah strategis karena mudah ditempuh dari berbagai arah yaitu Jakarta. Tujuan Adapun Tujuan Pendidikan SMK Amaliah 2 yaitu : a. Penilaian berdasarkan ketuntasan kompetensi. Berorientasi pada praktik 70% dan Teori 30%. Letak Geografis SMK Amaliah 2 Sekolah SMK Amaliah 2 ini berlokasi di Jl. Membekali lulusan dengan keterampilan yang maslahat. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karir. b. Tepatnya sekolah ini terletak di persimpangan tol jagorawi atau di depan pasar ciawi. Raya Tol Ciawi No.

Guru.SMP AMALIAH. Guru. & TU) Komputer Kerja Lab.1 Komponen Sarana Prasarana No.SMK AMALIAH 1 dan Universitas Djuanda F. 12 1 1 12 1 1 ~ ~ 4 perpustakaan. & TU) Kursi kerja (kepala SMK.lembaga pendidikan SMK Amaliah 2 ini juga berada di lingkungan pendidikan yang sangat kondusif untuk menjadi tempat belajar karena disekelilingnya terdapat lembaga pendidikan lainnya mulai dari TK hingga perguruan tinggi.SD AMALIAH. Adapun untuk rincian sarana prasarana yang ada di sekolah tersebut adalah sebagai berikut : Table 1.SMA AMALIAH. Uraian Jumlah Kondisi KET. Praktik Kantin ~ 5 293 293 15 24 2 1 4 ~ ~ 243 285 11 ~ 2 1 4 ~ 5 50 8 4 24 ~ ~ ~ 6 . Baik Rusak 1 2 3 Ruang Kelas Ruang Kantor Kepala Sekolah Ruang Tata Usaha Ruang serba guna (playground. Yaitu TK & PG AMALIAH. dan tempat penyimpanan sarana belajar) 1 1 ~ 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Ruang dapur Toilet Meja murid Kursi murid Meja kerja (kepala SMK. Kondisi Fisik Bangunan SMK Amaliah 2 Adapun kondisi fisik bangunan SMK Amaliah 2 ini secara garis besar sudah mencukupi prosedur yang telah ditetapkan pemerintah.

2011. Bogor YPSPIAI Purwanto. Data Siswa SMK Amliah 2. Bogor YPSPIAI 7 . 2011. Data siswa/i SMK Amaliah 2 Data siswa/i SMK Amaliah tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 553 orang.14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 Audio Proyektor Notebook Speaker Fax Lemari kantor Loker Papan Data Dispenser Peralatan dapur Radio Pesawat Telepon Modem Mushola 1 1 1 8 1 3 2 5 1 1 set 2 1 1 1 1 1 1 8 1 3 1 5 1 1 set 2 1 1 1 ~ ~ ~ ~ ~ ~ 1 ~ ~ ~ ~ ~ ~ ~ G. Berikut nama-nama data kepegawaian SMK Amaliah 2 tahun pelajaran 2011/2012:3 2 3 Purwanto. Maka dapat diketahui berdasarkan tabel dibawah ini:2 Tabel 1. Data Siswa SMK Amliah 2. Tenaga pendidik sebanyak 33 orang. Jumlah tenaga Kependidikan Jumlah tenaga kependidikan yang ada di SMK Amaliah 2 sebanyak 39 orang.2 Data Siswa/i SMK Amliah Tahun pelajaran 2011/2012 Jumlah siswa/i per kelas Total X L P Total 40 230 270 XI 34 162 196 XII 14 70 84 91 462 553 Siswa H.

Sos.J NO 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 NAMA Dede Jaenudin..Pd. SE. MM Rully Trihantan. Ike Atikah R.Kom Kustini. Hal itu dapat dilihat dari jumlah siswa yang selalu mengalami peningkatan secara signifikan setiap tahun ajaran baru. Situasi Umum SMK Amaliah 2 SMK AMALIAH 2 telah menjadi salah satu sekolah favorit dan merupakan sekolah yang sudah mampu bersaing dengan sekolah setingkatnya di Wilayah Ciawi dan sekitarnya.S.S Aisyah.SE.S..Ranjani.Abdul Tohir.S.I Purwanto.Handi Setiandi.dan tidak sedikit prestasi yang sudah di peroleh di Usianya yang baru menginjak 4 tahun ini. S.S Kiki Rizki Fauziah. SE.Pd Gumelar Susilowati. Asep Afrizal. Dan hal-hal lain tentang SMK Amaliah 2 adalah sebagai berikut: 1.ST Siti Amaliah. MM.Amd Nurheliani Novoani. Firmansyah S.Pd Dra.S.SE.Pd Iis Aisyah. Guna Tatapinjana. Keunggulan SMK Amaliah 2 a.S Reni Octaviani Hikmah Putri Febian Arwin Suripto Abdul Azis Sudrajat Halim Mahmud Isma Wadi I.Si.E.POG R.Pd Ardhy Asyhar Asyhari.Hendra M. SE.S.Yanti Pujiastuti Dwi Handayani.Sos Eva Fadilah Agustina.SE. Susi Hambani.S.S. S. S.S.Deden Galih Priatna.Pd Wenny I. H.Pd Dra.Pd. Enung Rahmawati Moch. S.A.M.TP.S. Materi pembelajaran selain didapat di kelas. R.Tabel 1.Pd.Eti Nurhayati Ratih Retnowato.I Abdurrachman.. SE.S.S.S. juga dapat diakses di internet yang disediakan oleh pihak sekolah 8 .Syarbaeni.Si M. M. S.3 Data Tenaga Kependidikan No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 NAMA M.Si Betty Harini.Nur Afif.Pd Abdul Hakim.S. Selain itu juga Program Keahlian yang di ditawarkan oleh pihak sekolah menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang memandang dapat memenuhi tuntutan perubahan jaman modern saat ini.S.SE Heri Mudiansya.

Tenaga pengajar professional sesuai dengan bidang keahlian masing-masing e. Sistem Pendidikan yang diterapkan adalah sistem yang mengacu kepada Pola Belajar dengan melakukan (learning by doing). mulai berjalan Tahun 2010. Mendapatkan Broadband Learning Center (BLC) dari Perusahaan Besar Telekomunikasi Indonesia. c. f. baik di dalam maupun diluar lingkungan sekolah. 2. f. b. Juara III Lomba Band Religi tingkat SLTA di Pesantren Modern DAARUL ’ULUUM Lido – Bogor dalam acara 1st Peduli book fair Tahun 2009 d. sehingga siswa-siswi lebih interaktif dalam Kegiatan Belajar Mengajar. yang diselenggarakan oleh Universitas Djuanda Bogor Tahun 2009. Juara I Lomba Melukis tingkat SLTA Se-Bogor di Universitas Djuanda Bogor Tahun 2009. Setiap tamatan dari SMK Amaliah 2 di targetkan bisa Baca Tulis Al-Qur’an.b. Sehingga kami mendapatkan ”Internet Gratis” untuk pembelajaran Internet siswa-siswi SMK Amaliah Ciawi Bogor. Juara III Lomba Kebersihan di lingkungan YPSPIAI. Juara Harapan 1 dan MC Terbaik Lomba Ketangkasan BarisBerbaris (LKBB) tingkat SLTA Se-Bogor Raya Tahun 2010 g. Dalam penyampaian materi pelajaran guru dapat menggunakan Laptop dan Infocus. Juara I Lomba Cepat Tepat Ekonomi Islam tingkat SLTA SeBogor di Universitas Djuanda Bogor Tahun 2010 9 . Prestasi yang telah diraih oleh SMK Amaliah 2 a. yang merupakan Program Pusat Pendidikan Pengembangan Internet. Juara III Lomba Kaligrafi tingkat SLTA Se-Bogor di Universitas Djuanda Bogor Tahun 2009. g. c. Didalam program pendidikan menggunakan perbandingan 70% praktek dan 30% teori d. Memiliki unit-unit produksi bidang informatika dan kewirausahaan dalam melatih siswa untuk bekerja dan mandiri. e.

Juara III Lomba Cepat Tepat Ekonomi Islam tingkat SLTA SeBogor di Universitas Djuanda Bogor Tahun 2010 i. Kualitas. Juara I mendapat 3 (tiga) mendali Emas dari cabang olah raga renang PORKAB tingkat SLTA Kabupaten Bogor m. Juara Harapan I Lomba Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Islam tingkat SLTA Se-Bogor Raya di Universitas Djuanda Bogor Tahun 2010 k. Namun jika dilihat dari usia pendirian SMK Amaliah 2 ini yang masih tergolong sangat muda. Akan tetapi pihak pengelola lembaga pendidikan SMK Amaliah 2 terus berupaya untuk memperbaiki manajemen pendidikan yang ada agar apa yang menjadi harapan masyarakat luas dapat terpenuhi dan SMK Amaliah 10 . Juara 1 Kompetensi Akuntasi (2011) BAB II PENYELENGGARAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN MENGAJAR DI SMK AMALIAH 2 A.h. Juara II Lomba MHQ tingkat SLTA Se-Bogor Raya di Universitas Djuanda Bogor Tahun 2010 j. sangat wajar bila penyelenggaraan dan pencapaian manajemen pendidikannya masih belum maksimal. Penyelenggaraan Manajemen Pendidikan di SMK Amaliah 2 Penyelenggaraan manajemen pendidikan di SMK Amaliah 2 ini secara garis besar belum bisa dikatakan maksimal karena baik secara Produktivitas. Juara III mendapat mendali Perunggu dari cabang olah raga renang PORKAB tingkat SLTA Kabupaten Bogor n. Juara Harapan II Lomba Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Islam tingkat SLTA Se-Bogor Raya di Universitas Djuanda Bogor Tahun 2010 l. Efektivitas dan Keefisiensinya masih banyak yang harus diperbaiki.

Manajemen Kesiswaan 11 . actuating. Pengembangan Kurikulum. Adapun penyelenggaraan Manajemen Pendidikan di SMK Amaliah 2 ini dapat dirinci sebagai berikut : 1. Adapun tugas kepala sekolah adalah sebagai berikut : 1. Bidang garapan sarana dan prasarana. Mengatur proses belajar mengajar 8. Menyusun perencanaan 2. Mengadakan rapat 7. Bidang garapaan tenaga kependidikan.serta pengelolaan Keuangan. organizing. Manajemen Kelembagaan Sekolah Manajemen Kelembagaan Sekolah merupakan kegiatan yang meliputi planning. Mengorganisasikan kegiatan 3. Mengatur Administrasi 2. Bidang garapan hubungan kemitraan dengan masyarakat. SDM Berkualitas. Adapun ruang lingkup Manajeman Kelembagaan Sekolah adalah sebagai berikut: Bidang garapan peserta didik. Bidang garapan keuangan. Mengarahkan kegiatan 4. Mengkoordinasikan kegiatan 5. dan pada penyelenggaraanya Kepala sekolah dibantu oleh beberapa staf wakil kepala sekolah dan beberapa staf lainnya. Bidang-bidang garapan tersebut hendaknya dapat dikelola oleh seorang kepala sekolah secara baik dan benar. Sarana prasana. Hal-hal tersebut harus diatur dan ditata dengan baik sehingga tujuan manajemen pendidikan dapat dicapai dengan maksimal. Bidang garapan kurikulum. Dan manajemen pendidikan bisa dikatakan berhasil apabila dalam proses manajemen didukung dengan adanya pengetahuan tentang manajemen pendidikan serta adanya aplikasi dari pengetahuan tersebut dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Kemitraan dengan Masyarakat. dan controlling yang dilakukan oleh manajer sekolah sehingga kegiatan sekolah berjalan sesuai dengan tujuannya. Dalam mencapai keberhasilan di bidang sektor pendidikan diantaranya dapat ditentukan oleh manajemen kepemimpinan sekolah. Penyelenggaraan manajemen di SMK Amaliah 2 ini diatur oleh kepala sekolah sebagai Manajer sekolah. Melaksanakan pengawasan 6.2 ini benar-benar mampu menjadi Sekolah Kejuruan yang dapat memenuhi tuntutan perubahan jaman.

disamping itu juga SMK Amaliah 2 melakukan kerja sama dengan sekolah-sekolah lainnya dalam menyebarkan Brosur. Cara Pendaftaran. c.Tujuan dari manajemen kesiswaan sendiri adalah mengatur kegiatankegiatan peserta didik agar kegiatan-kegiatan tersebut menunjang proses pembelajaran di lembaga pendidikan (Sekolah). Kelulusan dan Alumni. Tempat Pendaftaran. Pencatatan dan pelaporan. 2009. Orientasi. Bandung. Adapun ruang lingkup manajemen kesiswaan adalah sebagai berikut: Analisis Kebutuhan peserta didik. Seleksi Peserta Didik 4 2) Pembuatan dan pemasangan pengumuman penerimaan peserta didik baru Tim Dosen Administrasi Pendidikan. Berapa Uang Pendaftaran dan Kepada Siapa uang tersebut diserahkan. Dalam penerimaan siswa baru yang dilakukan oleh lembaga pendidikan SMK Amaliah 2 ini bekerja sama dengan SMPS Amaliah yang juga masih dalam satu yayasan. Dengan Gambaran Singkat Lembaga Pendidikan. Seleksi peserta didik. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam rekuitmen peserta didik adalah : 1) Pembentukan Panitia Penerimaan Siswa Baru yang dilakukan secara terbuka. Cet I 12 . Persyaratan Pendaftaran Siswa baru. Waktu dan Tempat Seleksi. Rekruitmen peserta didik. Penempatan peserta didik. spanduk dan pamflet.4 . Pembinaan dan pengembangan peserta didik.Manajemen kesiswaan adalah sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah. UPI. menentukan dan menarik pelamar yang mampu untuk menjadi peserta didik dilembaga pendidikan yang bersangkutan. Rekruitmen Peserta didik Pada hakikatnya rekruitmen Peserta didik adalah proses pencarian. Analisis kebutuhan Peserta didik Kegiatan yang dilakukan dalam analisis kebutuhan Peserta didik adalah Sebagai berikut: 1) Merencanakan Jumlah Peserta didik yang akan diterima 2) Menyusun program Kegiatan kesiswaan b.Manajemen Pendidikan Alfabeta. Pengumuman Hasil Seleksi. a. Waktu Pendaftaran.

e. dan karyawan 2) Semua pengurus OSIS 3) Program sekolah 4) Tata tertib sekolah 5) Fasilitas pendidikan yang dimiliki dan tata cara pemanfaatanya 6) Penempatan dan pengelompokkan di kelas 7) Struktur organisasi sekolah. Adapun untuk sekolah SMK AMALIAH 2 ini. 3) Berdasarkan nilai STTB atau Nilai UN d. Tahapan dari Orientasi ini adalah : 1) Memperkenalkan kepala sekolah. f. Pembinaan Peserta didik Pembinaan dan pengembangan peserta didik dilakukan dengan tujuan peserta didik mendapat bermacam-macam pengalaman belajar untuk bekal kehidupannya yang akan datang. Kemudian penempatan peserta didik dibagi lagi ke dalam beberapa kelas. guru-guru. melakukan cara-cara seleksi dengan menggunakan diantaranya : 1) Melalui Tes atau Ujian 2) Melalui Penelusuran Bakat Kemampuan. terlebih dahulu perlu ditempatkan dan dikelompokkan dalam kelompok belajarnya.Seleksi Peserta didik adalah kegiatan pemilihan calon peserta didik untuk menentukan diterima atau tidaknya calon peserta didik di lembaga (sekolah) tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Adapun dalam penempatan peserta didik SMK Amaliah 2 ini yaitu dengan menempatkan peserta didik sesuai dengan program studi yang diminati dan telah dipilih peserta didik pada saat melakukan pendaftaran. Untuk mendapatkannya peserta 13 . Orientasi Orientasi Peserta didik (baru) adalah kegiatan penerimaan siswa baru dengan mengenalkan situasi dan kondisi lembaga pendidikan tempat peserta didik itu menempuh pendidikan. Situasi dan kondisi ini menyangkut lingkungan fisik dan lingkungan social sekolah. Penempatan Peserta Didik Sebelum peserta didik yang telah diterima pada sebuah lembaga pendidikan (sekolah) mengikuti proses pembelajaran.

didik harus melaksanakan bermacam-macam kegiatan. b) Buku klapper. biasanya lembaga pendidikan melakukan kegiatan yang disebut dengan kegiatan Kurikuler dan kegiatan ekstra Kulikuler. 2009. d) Daftar mutasi peserta didik. dan dilengkapi pula dengan data-data lain setiap peserta didik. Daftar mutasi itu digunakan untuk mencatata ke luar masuk peserta didik dalam setiap bulan. Buku ini berisi catatan tentang peserta didik disertai dengan nomor pokok/stambuk. c) Daftar presensi. Kegiatan kurikuler merupakan kegiatan yang telah ditentukan di dalam kurikulum yang pelaksanaannya dilakukan pada jam-jam pelajaran yaitu kegiatan belajar mengajar di kelas. Adapun Pembinaan Peserta Didik yang di lakukan oleh lembaga pendidikan SMK Amaliah 2 ini adalah dengan mengikutsertakan peserta didik dalam segala bentuk kegiatan baik dalam kegiatan kurikuler maupun kegiatan ekstra kurikuler. Bandung. Kegiatan pencatatan dan pelaporan ini dimulai sejak peserta didik itu diterima di sekolah tersebut sampai mereka tamat dan meninggalkan sekolah tersebut. Cet I 14 . untuk mengetahui keadaan jumlah peserta didik dengan persis. diantaranya yaitu : 1) Pencatatan dan Pelaporan Kemajuan Peserta Didik Pencatatan dan pelaporan tentang peserta didik disebuah lembaga pendidikan sangat diperlukan bahkan sangatlah urgen. UPI. Peralatan dan perlengkapan tersebut biasanya berupa:5 a) Buku induk siswa. pencatatan ini dapat diambil dari buku induk. semester atau setahun. sekolah harus mempunyai buku/daftar mutasi peserta didik. 5 Tim Dosen Administrasi Pendidikan.Manajemen Pendidikan Alfabeta. buku ini juga buku pokok atau stabuk. daftar hadir peserta didik sangat penting sebab frekkuensi kehadiran setiap peserta didik dapat diketahui/dikontrol. Sedangkan kegiatan ekstra kurikuler merupakan kegiatan yang biasanya dibentuk berdasarkan bakat dan minat yang dimiliki peserta didik dan kegiatan ekstra kurikuler ini wadah kegiatan peserta didik diluar pelajaran atau diluar kegiatan kurikuler. tetapi penulisanya disusun berdasarkan abjad.

e) Buku catatan pribadi peserta didik. menyalurkan serta mengembangkan kreatifitas peserta didik melalui kegiatan kurikuler maupun ekstrakulikuler dalam rangka menunjang keberhasilan sekolah. Sebelum menjalankan roda organisasi kesiswaan osis siswa SMK Amaliah 2 dilatih dengan berbagai keterampilan. khusus untuk mencatat hasil tes setiap peserta didik pada bidang studi/mata pelajaran tertentu. Pemilihan OSIS yang dilakukan oleh pihak SMK Amaliah 2 ini adalah setahun sekali dengan calonnya kelas XI dan menggunakan sistem voting suara dari kepala sekolah sampai siswa ikut berpartisipasi. Dengan demikian diharapakan dapat mencatat semua aspek yang diperlukan mengenai segala hal yang berhubungan dengan peserta didik. dan cita-cita) dan juga kegiatan di luar sekolah. tingkah laku peserta didik dan sebagainya. dilaporkan pula tentang kehadiran. minat. Seperti : a) Achievement Motivation Training b) Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) c) Pelatihan Manajemen Administrasi dan Organisasi Kesiswaan dengan metode Muqoyyam. g) Buku Legger. 15 . Dalam daftar ini berisi: identitas peserta didik. f) Daftar nilai. Nilai-nilai tersebut sebagai bahan olahan nilai raport. data psikologis (sikap. Semua buku atau daftar tersebut saling melengkapai dan berhubungan satu sama lain. keadaan jasmani dan kesehatan. Pengisian atau pencatatan nilai-nilai dalam legger ini di kerjakan oleh wali kelas sebagai bahan pengisian raport. daftar nilai ini dimiliki oleh setiap guru bidang studi. keterangan mengenai keadaan keluarga. riwayat pendidikan serta hasil belajar. buku catatan peserta didik ini lebih lengkap lagi tentang data setiap peserta didik. Selain prestasi belajar. Legger merupakan kumpulan nilai dari seluruh bidang studi untuk setiap peserta didik. h) Buku raport. merupakan alat untuk melaporkan prestasi belajar peserta didik kepada orang tua/wali atau kepada peserta didik itu sendiri. 2) OSIS Organisasi Intra Sekolah (OSIS) merupakan wadah untuk manampung.

Cara-cara penanggulangan dilaksanakan secara bertahap dengan tetap memperhatikan jenis gangguan yang ada dan siapa pelakunya. Badminton dan Taekwondo. Materi yang diajarkan adalah tentang Baca Tulis Al-Quran dan Tahfidz AlQuran dengan aplikasi pada kegitan-kegiatan ke agamaan serta Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan juga termasuk ke dalam materi ektrakurikuler ini adalah Shalat Dhuha dengan tujuan agar peserta didik memiliki jiwa ketauhidan yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. (Tata tertib SMK Amaliah 2 Terlampir). b. Basket. Ekstrakurikuler Paskibra Latihan Ekstrakurikuler ini dilakukan setiap hari jum’at pukul 15. Begitupun penanggulangan pelanggaran disiplin yang ada di SMK Amaliah 2 dengan sistem kredit poin dan akan berkurang apabila siswa melakukan pelanggaran dalam disiplin yang ada disekolah. bertampat di lapangan parkir Rusunawa Bina Tauhid Universitas Djuanda. apakah dilakukan secara individu maupun kelompok. Ekstrakurikuler Keagamaan Morning Activity Program ini adalah ekstrakurikuler wajib bagi seluruh peserta didik yang merupakan bentuk kepedulian sekolah terhadap perkembangan anak didik yang senantiasa harus dibimbing untuk menjadi insan kamil yang memiliki dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknonolgi dengan ditopang oleh akhlak dan budi pekerti ya dari kelas X-XII. 4) Penanggulangan Pelanggaran Disiplin Penanggulangan pelanggaran disiplin kelas perlu dilaksanakan secara penuh kehati-hatian. dan Olah Raga yg mencakup Futsal.3) Disiplin Kelas SMK Amaliah 2 dalam menegakkan disiplin kelas yang digunakan tercantum dalam tata tertib siswa dan kredit poin pelanggaran dalam penegakkan disiplin kelas.30 – 17. a. Cara penanggulangannya dengan bertahap mulai dari memberikan teguran. Paskibra.00 WIB. Tujuan dari ekstrakurikuler ini adalah untuk menumbuhkan jiwa 16 . diskors sampai dikeluarkan. 5) Kegiatan Ekstrakurikuler Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Amaliah 2 Ciawi dibagi menjadi beberapa bagian yaitu : Agama. demokrtais dan edukatif.

manajemen kurikulum harus dikembangkan sesuai dengan konteks Manajemen Berbasis 17 . Di samping itu juga bahwa siswa mampu bersikap sportif. Ekstrakurikuler Olah Raga Ekstrakurikuler Bola Basket ini bertemakan “Melalui Ekstrakurikuler Bola Basket Diharapkan akan muncul Bibit-Bibit Baru Pecinta Basket yang Berkualitas dan Berkomitmen Serta menjunjung Sportivitas yang Tinggi”. Ekstrakurikuler Futsal dilatih oleh bapak Isma betempat dilapangan parkir Rusunawa Bina Tauhid Universitas Djuanda setiap hari rabu Rabu pukul 14. komprehensif.patriotisme dalam peserta didik serta untuk mengasah kemampuan dalam pelaksanaan upacara pengibaran bendera serta dapat bermanfaat dalam upacaraupacara resmi. berwatak. tangguh dan terpercaya serta menjadi warga Negara Republik Indonesia yang berjiwa pancasila.40 – 17. I bertempat di lapangan badminton SMK Amaliah 2 setiap hari Jum’at pukul 15. berkpribadian.00.0015. Dengan tujuan agar siswa-siswi dapat memahami pentingnya olahraga bagi kesehatan dan kebugaran jasmani dan rohani sekaligus dapat meningkatkan prestasinya di bidang olahraga bola basket. sistemik. Dengan tujuan agar siswa-siswi dapat memahami pentingnya olahraga bagi kesehatan dan kebugaran jasmani dan rohani sekaligus dapat meningkatkan prestasinya di bidang olahraga Badminton. baik handal.00.dalam pelaksanaannya. c. Di samping itu juga bahwa siswa mampu bersikap sportif (menerima kemenangan/kekalahan dalam suatu pertandingan dengan lega). S. 3. Di samping itu juga bahwa siswa mampu bersikap sportif Ekstrakurikuler Kepramukaan bertujuan mendidik dan membina anak-anak didik SMK Amaliah 2 agar terwujud sumber daya manusia yang berbudi luhur. Dengan tujuan agar siswa-siswi dapat memahami pentingnya olahraga bagi kesehatan dan kebugaran jasmani dan rohani sekaligus dapat meningkatkan prestasinya di bidang olahraga bola Futsal. Manajemen Kurikulum Manajemen kurikulum adalah sebagai sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif.Pd. dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Ekstrakurikuler Badminton dilatih oleh bapak Firmansyah. sehat jasmani dan rohaninya.

Banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh daerah karena sebagian besar kebijakan yang berkaitan dengan implementasi Standar Nasional Pendidikan dilaksanakan oleh sekolah. kreatif. Sekolah harus menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Selanjutnya. Pasal 11 Ayat (1) juga menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan. mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanmggung jawab. dan mengawasi penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. berakhlak mulia. dan silabus dengan cara melakukan penjabaran dan penyesuaian standar isi yang ditetapkan baik 18 . wewenang Pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pendidikan di daerah menjadi semakin besar. Pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang dasar Negara Republlik Indonesia tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. salah satunya adalah Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional Bab IV Pasal 10 menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah berhak mengarahkan. bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. otonomi yang diberikan kepada lembaga pendidikan atau sekolah dalam mengelola dan mengembangkan kurikulum secara mandiri tidak mengabaikan kebijaksanaan nasional yang telah ditetapkan. Lahirnya kedua undang-undang tersebut menandai sistem baru dalam penyelenggaraan pendidikan dari sistem yang cenderung sentralistik menjadi lebih desentralistik. kalender pendidikan.Sekolah (MBS) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). berilmu. membimbing. Program kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP) ini merupakan suatu rencana pendidikan secara operasional disekolah agar kegiatan yang dilakukan dapat lebih efektif dan efesien serta tercapai tujuan yang diinginkan dalam program yang telah disusun. Oleh karena itu. Untuk mengembangkan fungsi tersebut pemerintah menyelenggrakan suatu sistem pendidikan nasional. sehat. Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan. struktur dan muatan KTSP. Dengan lahirnya undangundang nomor 32 tahun 2004 tantang Pemerintahan Daerah. cakap.

dan lingkungan sekolah atau daerah. Dalam pelaksanaan Manajaemen Kurikulum SMK Amaliah 2 yang merupakan salah satu sekolah swasta dituntut untuk menyusun. Oleh karenanya.oleh lembaga pendidikan maupun Permendiknas No.melaksanakan terutama mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan tuntutan peserta didik. serta kondisi siswa. Kurikulum sebagai salah satu substansi pendidikan perlu di desentralisasikan terutama dalam pengembangan silabus dan pelaksanaannya yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan siswa. kegiatan pembelajaran. potensi. 23 Tahun 2006. Untuk keperluan diatas. dan kondisi sekolah atau daerah. keadaan sekolah. 22 Tahun 2006 dan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan oleh Permendiknas No. Dengan demikian. keadaan sekolah. Program bidang kurikulum SMK Amaliah 2 dalam tugas. dan kebutuhan daerah. dan penilaian hasil pembelajaran.1 Program Bidang Kurikulum 19 . perlu adanya panduan pengembangan silabus untuk setiap mata pelajaran. fungsi dan tanggung jawab sebagai wakasek kurikulum membantu kepala sekolah dalam hal sebagai berikut: Tabel 2. sekolah memiliki ruang gerak yang luas untuk melakukan modifikasi dan mengembangkan variasi-variasi penyelenggaraan pendidikan yang sesuai dengan keadaan. sekolah atau daerah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan materi pokok/ pembelajaran.

Panitia PSB Baru dan MOS kegiatan belajar mengajar yang 12 – 14 Juli Pembentukan panitia kondusif. 2. Revisi Kurikulum Pendidikan SMK Amaliah 2 . 5. Pembuatan dengan tertib dan Program Kerja teratur sesuai 2. Menyiapkan Proses administrasi guru 4. III.2011 2. Pembuatan Nomor 22 Tahun kalender 2003 tentang akademik sekolah Standar Isi 2010 . Permendiknas 3. Penetapan 3. Permendiknas pembagian tugas Nomor 41 mengajar tentang Standar 6. Jenis Kegiatan Tujuan yang Akan Dicapai Waktu Kegiatan Pelaksana Kegiatan I. 3. nyaman 2010 MOS OSIS dan menyenangkan Penyusunan materi di SMK Amaliah 2 MOS Penetapan tempat kegiatan MOS Penetapan nara sumber internal dan eksternal Pelaksanaan kegiatan MOS Persiapan Kegiatan Kegiatan belajar Juli – Waka Belajar Mengajar mengajar dapat Agustus 2010 Kurikulum berlangsung 1. Menyusun Nomor 20 Tahun 2007 tentang 20 rencana In House Training Standar Penilaian 8. 2. Penerimaan Baru Siswa Tercapainya April – Juli Waka Kurikulum dan recruitment siswa 2010 Waka baru tahun pelajaran Pembentukan panitia 2010 – 2011 di Kesiswaan Penetapan syarat SMK Amaliah 2 bekerjasama siswa baru dengan OSIS Penetapan jumlah SMK Amaliah siswa baru 2 Tahapan Penseleksian siswa baru II. Penyususnan Nomor 23 Tahun rencana 2003 tentang pembagian tugas Standar mengajar Kelulusan 5. Permendiknas 7. Penyusunan dengan : struktur kurikulum 1. 4. 4. 1. Masa Orientasi Siswa Terciptanya Senin – Rabu. 3.No. 1. Permendiknas 4.

IV 1. Evaluasi pelajaran. Penetapan guru dalam pedoman menggunakan pelaksanaan metoda belajar UTS Ganjil 3. Pembentukan peningkatan prestasi Panitia siswa dan evaluasi 2. Pelaksanaan  Waka Kurikulu m  Pokja Ulangan Tengah Semester  Seluruh guru dan Staf Tata Usaha . Penentuan hari  Masing-masing guru efektif KBM mata pelajaran dapat 2. Adaftif. Pemetaan membuat Standar administrasi guru Kompetensi dan sesuai dengan Kompetensi ketentuan yang Dasar disyaratkan. Pembuatan KisiKisi Soal 6. Melaksanakan pembinaan guru mata pelajaran –  Kepala Sekolah  Waka Kurikulu m  Seluruh Guru Normatif. Kegiatan Ulangan  Mengevaluasi hasil 4 – 12 Tengah Semester belajar siswa selama Oktober 2010 Ganjil tengah semester sebagai acuan 1. Pembuatan Program Kerja UTS 5. VI. Pengumpulan kisi-kisis dan 21 naskah soal 7. Produktif dan Mulok V. Pembuatan Program Tahunan 5. Pengetikan dan penggandaan naskah soal 8. Penetapan penyususn kisikisi dan naskah soal ulangan 4. 3. Pembuatan Kartu Soal dan Kunci Jawaban Pelaksaan Kegiatan  Meningkatnya Juli Belajar Mengajar pelayanan Desember SMT Ganjil pendidikan terhadap 2010 siswa/masyarakat 1. Penyusunan jadwal UTS dan Pengawasan 6. Menyusun sesuai dengan jadwal kegiatan ketentuan yang telah monitoring ditetapkan dalam Kepala Sekolah struktur dan jadwal 2. kegiatan belajar mengajar 3. Pembuatan Program Semester 4.

Penetapan penyususn kisikisi dan naskah soal ulangan 4. Evaluasi dan Pelaporan 11. Penyusunan jadwal Semester Ganjil dan Pengawasan 6. Pelaksanaan Semester Ganjil 7. Verifikasi Nilai 10. Pengisian Rapot 12. Ulangan Semester Ganjil 1. Penetapan pedoman pelaksanaan Semester Ganjil 3. Pembagian Rapot (24 Desember 2010) – 10  Mengevaluasi hasil 1 Desember belajar siswa selama satu semester ganjil 2010 sebagai acuan peningkatan prestasi siswa dan evaluasi guru dalam menggunakan metoda belajar  Terciptanya admnistrasi arsip sekolah tertib dan  Waka Kurikulu m  Pokja Ulangan Tengah Semester  Seluruh guru dan Staf Tata Usaha  Wali kelas  Penyajian data hasil belajar siswa sebagai pertimbangan guru di semester genap  Sebagai laporan kepada orang tua/wali siswa SMK Amaliah 2 VIII. Pembuatan Program Kerja Semester 5. Pelaksanaan remedial bagi siswa tidak mencapai KKM atau tidak kompeten 8. Produktif dan 22 . Pengumpulan Nilai 9. Adaftif. Kegiatan Belajar Mengajar Semester Genap Jan –  Meningkatnya 2011 pelayanan pendidikan pada semester genapterhadap siswa/masyarakat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam struktur dan jadwal pelajaran dari smester ganjil Juni  Kepala Sekolah  Waka Kurikulu m  Seluruh Guru Normatif.VII. Pembentukan Panitia 2.

26  Sinkronisasi kurikulum SMK Feb. Pembimbingan pembuatan Laporan Prakerin 8. Praktik Industri Kerja 17 Jan .Mulok IX. Penjajagan institusi pasangan 5. Pengumpulan data siswa calon peserta UN/US 2. Pelaksanaan Prakerin 6. Pembentukan Panitia Prakerin 3. 2011 Amaliah 2 dengan tuntutan kerja di DU/DI  Siswa dapat terbiasa melakukan pekerjaan di DU/DI untuk menambah wawasan dan mengembangkan pengetahuan  Waka Kurikulu m  Waka DU/DI dan Kepala Program Produktif  Waka Kesiswaa n  Guru 1. Pelaksanaan ujian hasil laporan siswa 9. Pengajuan US (Calon Peserta UN/US) ke Disdikpora 4. Persiapan pelaksanaan Prakerin 2. Eval uasi kinerja Pokja Prakerin X. Menyiapkan instrument Prakerin 4. Pengumpulan hasil laporan Prakerin 10. Penerimaan 23 Pebrfuari  Terlaksananya UN/US sesuai pos 2011 ujian yang disyaratkan oleh pemerintah (Diknas)  Kepala Sekolah  Waka Kurikulu m  Usaha Tata . Pengajuan US 1. Penugasan Pembimbing untuk pengantaran dan monitoring Prakerin 7. Pengolahan data siswa calon peserta UN/US 3.

Pembuatan/pen gambilan sertifikat hasil uji kompetensi 11. Uji Kompetensi (UNKK) 1. Verifikasi kesiapan uji kompetensi 4. Pembuatan Pokja 2.Pelaporan  Terselenggaranya uji kompetensi  Siswa kompeten sesuai Standar Nasional Pendidikan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2003 tentang Standar Kelulusan 21.26 Februari 2011  Waka Kurikulu m  Kepala Program  Guru Produktif 24 . Pelaksanaan uji kompetensi 9. Penyiapan bahan dan instrument uji kompetensi 8. Pengolahan nilai hasil uji kompetensi 10. Koordinasi dengan Disdikpora dan Dinkes 3. Penerimaan daftar peserta tetap UN/US XI. Pengambilan soal uji kompetensi 7.daftar peserta sementara UN/US 5. Penetapan penguji internal 5. Sosialisasi uji kompetensi 6.

Penetapan pengawas UN/US oleh Sub Rayon 6. Ujian Nasional 1. Pembuatan Program UN sesuai pos UN 3. Penetapan guru pengawas silang internal 5. Pelaporan LJK ke Sub Rayon 9.Pengumuman hasil UN pada siswa  Standarisasi pencapaian kurikulum SMK Amaliah 2 secara nasional 21-25 Mar. Pengambilan hasil UN di Disdikpora/MK KS SMK Kota Bogor 10. UJian Praktek Sekolah 1. Pembuatan Pokja 2. Pengambilan soal UN di Sub Rayon 7. Pelaksanaan UN 8.XII. Koordinasi dengan Disdikporan dan MKKS SMK Kota Bogor 4. Penyusunan  Terselenggaranya ujian praktek sekolah secara optimal sesuai 18-19 April 2011  Waka Kurikulu m 25 . 2011  Kepala Sekolah  Waka Kurikulu m  Guru  Tata Usaha XIII.

2. 6. jadwal ujian praktek Agama. 4. Penetapan materi ujian praktek sekolah Penyiapan bahan dan instrument ujian praktek sekolah Pelaksanaan ujian praktek sekolah Evaluasi kegiatan ujian praktek sekolah Pelaporan kegiatan ujian praktek sekolah ketentuan hasil rapat MKKS SMK Kota Bogor dan evaluasi kemampuan siswa  Guru XIV. IPA. Kewirausahaan dan Komputer. Penyusunan jadwal UAS Genap dan Jadwal Pengawas 6. Ujian Kenaikan Kelas 1. Pengumpulan  Evaluasi hasil belajar siswa semester genap selama proses belajar mengajar di SMK Amaliah 2  Evaluasi keberhasilan guru dalam merancang kegiatan belajar mengajar di SMK Amaliah 2 3-11 Juni 2011  Kepala Sekolah  Waka Kurikulum  Guru  Tata Usaha 26 . Pembentukan POKJA 2. Seni Budaya. BIologi. 5. Penetapan penyusunan kisikisi dan naskah soal 4. PKn. Pembuatan program kerja UAS Genap 5. Penetapan pedoman pelaksanaan UAS Genap 3. 3. Bahasa Indonesia Olahraga.

yang digunakan Drs. Pengambilan blanko IJAZAH. Abdullah Tohir. Omon Abdurrakhman sebagai kepala sekolah SMK Amaliah 1 dengan wakasek kurikulumnya adalah M. Pelap oran hasil belajar pada orang tua/wali siswa XV. Dimana saat ini 27 . Pendi stribusian nilai ke wali kelas 12. Pengetikan dan penggandaan naskah soal 8. Penulisan Ijazah dan sertifikat 3. Pembagian Ijazah. Pengi sian rapat oleh wali kelas 13. SE pada tahun ajaran 2010. Tanda tangan dan atau cap tiga jari siswa 4. Pengumpulan Nilai UAS Genap 10. SKHUN dan sertifikat  Digunakan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan atau syarat melamar kerja ke DU/DI Juni-Juli 2011  Panitia atau Tata Usaha Kurikulum SMK Amaliah 2 adalah kurikulum KTSP 9 Muatan.kisi-kisi dan naskah soal 7. Pelaksanaan UAS Genap 9. SKHUN dan sertifikat 2. SKHUN dan Sertifikasi 1. Penan datanganan raport oleh wali kelas dan kepala sekolah 14. Verifi kasi hasil belajar sebagai syarat naik kelas 11. Pembagian Ijazah.

Bahasa Arab Muatan Lokal 17. Pendidikan Jasmani. Bahasa Jepang Jumlah a.6 Adapun Komponen Kurikulum di SMK Amaliah 2 tersajikan untuk kelas X. Ilmu Pengetahuan Sosial 10. Seni & Budaya. bahasa indonesia. Pendidikan kewarganegaraan.2 Komponen Kurikulum Kelas dan Alokasi Komponen X A.M. KKPI 16. Fisika. Olah Raga dan Kesehatan 12. dan XII adalah sebagai berikut : Tabel 2. matematika. Bahasa Sunda 19. Mata Pelajaran 1. IPS. Pendidikan Agama 2. Bogor 28 .Abdullah Tohir telah menjabat sebagai kepala sekolah SMK Amaliah 2 dan Kurikulum KTSP 9 Muatan ini masih digunakan sebagai acuan program manajemen dan bisnis SMK Amaliah 2 khususnya. Kimia 8. Bimbingan dan Konseling 13. bahasa inggris. Fisika 9. Bahasa Arab 20. Kewirausahaan 15.2010. Wakasek Kurikulum SMK Amaliah 2. Pendidikan Kewarganegaraan 3. Produktif. PLH 18. Matematika 6. Produktif 14. Mata Pelajaran Mata Pelajaran Wajib: Pendidikan agama. Bahasa Inggris 5. Kewirausahaan. Kimia. Matematika 7. Penjas. KKPI. BK 2 2 3 4 4 4 2 2 2 2 2 1 7 2 2 2 1 2 2 2 50 Waktu XI 2 2 3 5 2 5 2 2 2 2 2 1 9 2 2 2 1 2 2 2 53 XII 2 2 3 6 4 2 2 2 2 1 8 2 2 38 6 Arsip. XI. Seni Budaya 11. Bahasa Indonesia 4. Ciawi.

minat. Bahasa Jepang. Kegiatan ini meliputi kegiatan ektrakurikuler dan pelayanan konseling. Bahasa Arab. 3) Pengaturan Beban Belajar a) jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Bahasa Sunda. 2) Pelaksanaan Kegiatan pengembangan diri dilaksanakan dibawah bimbingan para guru dan pelatih/instruktur serta koordinasi oleh guru BK. teladan dan terprogram. yaitu 35 menit per jam pelajaran untuk KTSP 2006.Mata Pelajaran Pilihan : Muatan lokal terdiri dari atas mata pelajaran PLH. terdiri atas: a) Keagamaan b) Pengembangan karir c) Kelompok kesenian dan olah raga. d) Pembentukan karakter. yaitu rutin. c) Memupuk jiwa sportivitas. setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. tanpa terlalu membebani peserta didik. spontan. dan 36 jam pelajaran per minggu untuk KTSP 2006. Semua butir diatas dikemas dalam 4 kegiatan. b. d) Kepemimpinan e) Kelompok ilmiah remaja. sebagaimana tertera dalam tabel dibawah ini. b) Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur maksimum 50 % dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan. bakat. Secara khusus pengembangan diri bertujuan : a) Meningkatkan keimanan dan ketqwaan terhadap Allah SWT. Pemanfaatan alokasi waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi. 4) Ketuntasan Belajar 29 . Kegiatan Pengembangan Diri 1) Tujuan Kegiatan pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekpresikan diri sesuai dengan kebutuhan. b) Meningkatkan kecintaan terhadap tanah air dan almamater.

Kimia 9. Ilmu Pengetahuan Sosial 11. Dengan memperhatikan 4 aspek dalam penentuan KKM yaitu: Esensialitas.TKJ 7.3 Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran 1. Produktif 15. Bimbingan dan Konseling 14. Fisika 10. Pendidikan Kewarganegaraan 3.Olah Raga dan Kesehatan 13. Maka SMK 2 Amaliah menetapkan KKM mata pelajaran sebagai berikut: Tabel 2. kompleksitas. Seni Budaya 12. Matematika/P. psikomotor dan afektif. Pendidikan Agama 2.Ketuntasan belajar setiap indikator yang dikembangkan sebagi suatu pencapaian hasil belajar dari suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100 %. Bahasa Jepang 6. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator 75 %. Kewiarausahaan 30 KKM Kelas X 70 65 60 60 60 60 60 60 50 65 60 70 XI 70 65 60 60 60 60 60 60 50 65 60 70 XII 70 65 60 60 60 60 60 60 50 65 60 70 75 60 75 60 75 60 . Bahasa Indonesia 4. Intake Murid dan daya dukung sekolah. Sekolah menentukan kriteria ketuntasan minimal dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggraan pembelajaran. Sekolah secara bertahap dan berkelanjutan selalu mengusahakan peningkatan kriteria ketuntasan belajar untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal dengan mengacu pada perkembangan aspek kognitif. Matematika 8. Pendidikan Jasmani. Bahasa Inggris 5.

persentase kehadiran peserta didik minimal 90 % b) Kelulusan Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 pasal 72 ayat 1. Bahasa Sunda 20. olah raga dan kesehatan.00. Kriteria kenaikan kelas diatur oleh DINAS Pendidikan Propinsi Jawa Barat dan keputusan rapat sekolah. 4. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran. 2. Peserta didik dinyatakan naik kelas bila: 1. Jumlah mata pelajaran yang tidak mencapai KKM tidak lebih dari 3 mata pelajaran.16. 3. Bahasa Arab 18. Nilai untuk setiap mata pelajaran lebih besar atau sama dengan 6. Baca Tulis Al-Qur’an Rata-rata 65 60 65 67 65 60 65 67 65 60 65 67 5) Kenaikan Kelas dan Kelulusan a) Kenaikan Kelas Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran. 2. 31 . Memeperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran agama dan akhlak mulia. PLH 19. kelompok mata pelajaran matematika dan kelompok mata pelajaran jasmani. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran yang dinyatakan dengan nilai untuk setiap mata pelajaran. KKPI 17. peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah: 1.

Setiap permulaan tahun pelajaran. seperti taman sekolah untuk pengajaran biologi. Manajemen Sarana dan Prasarana Sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan. 32 . Meliputi gedung. Tetapi jika dimanfaatkan secara langsung untuk PBM. halaman sekolah sebagai sekaligus lapangan olah raga. waktu pembelajaran efektif dan hari libur. c) Kalender Pendidikan Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selam satu tahun pelajaran. kursi. serta alat-alat dan media pengajaran. Lulus ujian Nasional. minggu efektif belajar. Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. kebun. 5. meja. Seperti halaman. ruang kelas.(terlampir) 4. dalam menyusun kalender pendidikan sebagai berikut. sekolah menyusun kalender pendidikan untuk mengatur waktu kegiatan pembelajaran selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran. Pengaturan waktu belajar disekolah mengacu kepada standarisasi dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah. kebutuhan peserta didik dan masyarakat. atau segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat atau media dalam mencapau tujuan pendidikan. karakteristik sekolah. maka komponen tersebut merupakan sarana pendidikan (Mulyasa. khususnya proses belajar mengajar. 2007: 49). Lulus dalam baca dan tulis Al-Qur’an. minggu efektif belajar. taman sekolah. Prasarana pendidikan adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalanya proses pendidikan atau pengajaran. jalan menuju sekolah. 4. waktu pembelajaran efektif dan hari libur.3. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun pelajaran. serta ketentuan dari pemerintah pusat/pemerintah daerah.

dan lembaga sosial lainnya 4) Membuat dan menyusun program semua kebutuhan sekolah 5) Koordinasi dengan semua staf untuk kelancaran kegiatan sekolah 6) Menciptakan hubungan yang kondusif diantara warga sekolah 7) Melakukan koordinasi dengan semua staf dan bertanggung jawab untuk mewujudkan 9 K (Keamanan. fungsi dan tanggung jawabnya dalam pengembangan sekolah yang menjadi bagian dari kepala sekolah adalah: a. Kekeluargaan. Bogor. Afrizal.Pd. 5. Sedangkan pengelolaan dilakukan dengan cara: perencanaan. Kerindangan.I yang mana dalam pelaksanaan pengelolaan yang dilakukan pihak SMK Amaliah 2 telah berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Manajemen HUMDI (Hubungan Masyarakat Dunia Industri) Beberapa hal yang menjadi program HUMDI dalam tugas. Keindahan. perlengkapan dan perabotan sekolah. dan Keterbukaan) 7 Asep. penggunaan serta penghapusan. HUMDI yang mempunyai tugas berhubungan dengan masyarakat dan dunia industri. akan menjadi penilaian yang paling utama bagi masyarakat. Abdurrahman S. secara praktisi tugas HUMDI dalam membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah sebagai berikut:7 1) Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan dewan sekolah 2) Membina hubungan antara sekolah dengan wali murid 3) Membina pengembangan antar sekolah dengan lembaga pemerintah. Kesehatan. penyimpanan. 33 . Program HUMDI (Hubungan Masyarakat Dunia Industri). Adapun Wakil Kepala sekolah bidang Sarana dan Prasarana di SMK Amaliah 2 ini di ketuai oleh bapak H. SMK Amaliah 2. pengadaan. Ketertiban. Kebersihan. bangunan.Sarana dan prasarana pendidikan pada dasarnya dapat dikelompokan dalam 4 kelompok yaitu: tanah. Program Hubungan Masyarakat dan Industri Program bidang HUMDI (Hubungan Masyarakat Dunia Industri) mempunyai peran yang tidak kalah penting dari sekolah SMK Amaliah 2. dunia usaha. penataan. 2011. Keteladanan. inventarisasi.

Program prakerin yang telah dilaksanakan selama 4 Bulan di mulai dari 16 Januari s. dan Wakasek HUMDI untuk praktek Administrasi Perkantoran (AP). baik secara ilmu pengetahuan dan pengalaman didunia industri. karya wisata. 3) Accounting Club (Club Akuntansi) Accounting Club adalah program bimbingan untuk meningkatkan kemampuan di bidang akuntansi bagi peserta didik jurusan Akuntansi. Web Site. dan Face Book dan E-Mail (program ini telah dimiliki oleh SMK Amaliah 2) dan dengan memiliki jaringan sendiri bagi SMK Amaliah 2.d 15 April pada periode 2011 ini dilaksanakan oleh kelas XII. Dengan demikian lulusan SMK Amaliah 2 akan siap menjadi tenaga kerja yang professional dan handal dibidangnya.8) Menyusun program kegiatan bakti sosial. Praktek sekolah dilaksanakan setiap hari jam sekolah dengan minimal 2 -3 (Dua sampai tiga) peserta didik dalam setiap harinya. HUMDI memiliki satu program yang harus membekali kompetensi peserta didiknya. Mereka secara langsung dibimbing oleh bagian administrasi Amaliah 2. Praktek sekolah dilaksanakan di kantor sekolah SMK 34 . b. Program Wakasek HUMDI di Lingkungan Sekolah Selain menciptakan hubungan masyarakat. Membuka Blog SMK Amaliah 2. dan pameran hasil pendidikan (gebyar pendidikan) 9) Mewakili Kepala Sekolah apabila berhalangan untuk menghadiri rapat masalah-masalah yang bersifat umum 10) Menyusun laporan secara berkala Perencanaan yang akan dilakukan untuk menjalin hubunganya dengan masyarakat seperti. 2) Praktek Sekolah Praktek sekolah adalah program pembekalan keahlian di bidang Administrasi Perkantoran dan Akuntansi. Maka hal yang dilakukan oleh wakasek HUMDI dapat dilihat sebagai berikut: 1) Prakerin Prakerin adalah program yang khusus di adakan sekolah kejuruan guna meningkatkan kualitas peserta didik.

Beberapa Perusahaan Tempat Prakerin Beberapa data perusahaan yang menjadi tempat prakerin SMK Amalia 2 adalah: PT. dengan sasaran pihak sekolah dan siswa-siswi SMK Amaliah 2 sendiri. Pimpinan Pusat Pelatihan Manajementrian Pertanian. Kepala Pusdiklat Mahkamah Agung gadog. Honoris Industri. Warnet dan penjualan ATK adalah rencana program yang mengajarkan kepada peserta didik untuk berwirausaha. Rencana Wakasek HUMDI Mendatang Program yang ingin diadakan untuk memenuhi kebutuhan SMK Amaliah 2 adalah: 1) Mengadakan Kelas Industri. dengan proses pembelajaran selama 1 (Satu) Bulan mendatangkan staf ahli perusahaan. Rencana pengadaan Bank Mini adalah untuk melatih para peserta didik jurusan Perbankan khususnya dan Akuntansi untuk mengaplikasikan ilmu dan praktek secara langsung cara mengelola instansi ataupun perusahaan. Dengan tujuan pembekalan kemampuan untuk menghadapi dunia kerja di program prakerin sebelum pemberangkatan prakerin dilaksanakan. MOU Perusahaan dengan Pihak SMK Amaliah 2 Beberapa perusahaan yang telah melakukan MOU dengan SMK Amaliah 2 adalah: BJB. Gunung Cupu Cipanas Cianjur. PDAM. akan akan memudahkan SMK Amaliah 2 dalam menjalankan programnya yang berkaitan langsung dengan dunia industri. 4) Koperasi sekolah. d. Dengan adanya MOU yang dilakukan oleh SMK Amaliah dan perusahaan. Milko dan Galia Yudistira.c. PT. Lembaga Percetakan al-Quran. e. PT. UNIDA. Dengan demikian akan menjadi sangat mendukung SMK Amaliah 2 di percaya sebagai Sekolah Kejuruan yang mempunyai nilai jual di masyarakat Bogor khususnya. AMIK. BPKP Peduli. dan Akademi Manjemen INformatika & Telkom di Pajajaran Kota Bogor. Grand Jaya Raya Resort dan Convention. 2) Bank Mini . adalah termasuk perencanaan program yang dibuat dengan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan kepada peserta didik untuk mampu mengendalikan bisnis dan wirausaha. Telah banyak perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepada pihak SMK 35 . 3) Warnet dan Penjualan ATK. Badan Pertahanan Nasional (BPN) Bogor.

Adapun penjelasan dari masing perangkat tersebut dapat dijabarkan secara singkat sebagai berikut:8 1. Program Tahunan. Proses rekruitmen dan penempatan serta pembinaan guru yang dilakukan di SMK Amaliah 2 mengarah pada terjadinya proses profesionalisme guru yang baik. Sekolah tersebut hanya bisa mengusulkan jika memerlukan seorang tenaga kependidikan tetapi yang berhak memutuskan adalah DIKDASMEN. Pengelolaan dana pendidikan disekolah SMK Amaliah 2 juga bukan diatur oleh pihak sekolah tetapi diatur oleh DIKDASMEN. membuat guru DIKDASMEN. Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal. Unida. program semester. Program Tahunan Program tahunan adalah rencana umum pembelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. FASTI. Dengan demikian perlu disiapkan dan dikembangkan dari pedoman satu 8 Hadrayani. Pemberian hak dan kewajiban serta mutasi dan PHK guru. Manajemen Tenaga Kependidikan. Penyelenggaraan Pembelajaran SMK Amaliah 2 Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMK Amaliah 2 di atur dengan mengikuti apa yang harus menjadi pedoman dalam proses belajar seperti. termasuk alokasi dana dan gaji guru. Tujuan pengelolaan kependidikan memiliki kemampuan motivasi dan kreativitas untuk mewujudkan sistem sekolah yang berkesinambungan dengan tingkat kepemimpinan yang tinggi. 2011.Amaliah 2 untuk melaksanakan prakerin. Manajemen Keuangan Secara sederhana pengelolaan dana pendidikan itu mencakup 2 aspek yaitu : dimensi penerimaan dan dimensi pengeluaran. Pedoman yang digunakan dalam perencanaan pembelajaran satu tahun yang diatur dengan kalender pendidikan (akademik). 7. Praktek Pengalaman Lapangan Mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan YMA Megamendung. B. 36 . Renih. dan analisis hasil belajar. silabus. 6. dengan jumlah 22 perusahaan yang mau membantu adanya prakerin. Adapun dana anggaran pemasukan dan pengeluaran dana pendidikan di SMK Amaliah 2 ini terlaksana dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan kepada komite sekolah dalam setiap tahunnya. perencanaan evaluasi. membuat RPP.

tahun yakni menjadi pedoman semester. dan jumlah waktu cadangan.2011. dan waktu cadangan. Pada umumnya program semester ini berisikan identitas (satuan pendidikan. Indikator dalam program semester harus dirumuskan oleh guru sesuai dengan karakteristik siswa. tahun pelajaran). kelas/semester. Program tahunan SMK Amaliah 2 dapat dilihat pada lampiran. 3. dan tahun pelajaran) dan format isian berupa alokasi waktu yang digunakan untuk penyusunan program. uji kemampuan hasil belajar. Yang perlu dicermati adalah perumusan indikator dan penjabaran materi di dalam bulan selama satu semester. Data SMK Amaliah 2 Program Tahunan Mata Pelajaran Produktif. alokasi waktu dan sumber belajar.9 Pedoman tahunan di tetapkan dan dikembangkan dalam jumlah kompetensi. materi pembelajran. kegiatan pembelajaran. silabus. dan bulan). jumlah jam pelajaran (JJP). baik ulangan umum maupun ulangan harian. kelas/semester. Kriteria Ketuntasan Minimal 9 Purwanto. kelas. Silabus Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pembelajaran. Program semester berisikan garis-garis besar terkait hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester. penilaian. standar kompetensi. indikator. mata pelajaran. 4. materi pokok. indikator. kegiatan pembelajaran. kompetensi dasar. penyelesaian bahan ulangan blok. Beberapa komponen program semester sudah ada dalam program tahunan. dan indikator pencapaian kompetensi. jumlah ulangan. mata pelajaran. tahun pelajaran) dan format isian (standar kompetensi. 2. Bogor 37 . Program Semester Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan sehingga program tersebut tidak akan dapat disusun sebelum program tahunan. dan rencana pelaksanaan pembelajaran. pokok bahasan. Komponen dalam penyusunan program tahunan setidaknya terdiri dari identitas (mata pelajaran. dan waktu yang tersedia untuk menyelesaikan pokok dan sub pokok bahasan. kompetensi dasar. Komponen-komponen silabus terdiri dari identitas (satuan pendidikan.

dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran). sumber belajar dan penilaian (teknik. kegiatan pembelajaran (pendekatan. baik ulangan harian. bentuk. Perencanaan evaluasi dapat dilakukan salah satunya dengan menyiapkan instrument soal. (materi pokok dan materi ajar). 6. dan motivasi). model. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rancangan pembelajaran mata pelajaran per-unit yang akan diterapkan guru dalam pembelajaran di kelas. rencana pembelajaran minimal mencakup komponen identitas (satuan pendidikan. guru pengampu). ujian tengah semester. diantaranya dapat diketahui apa yang telah diperoleh sejauh mana tujuan pembelajaran telah dicapai. 5. Agar evaluasi berjalan efektif. Evaluasi dapat dilakukan terhadap proses atau hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan. dan instrument soal). dan ujian akhir semester BAB III PENYAJIAN DAN ANALISA DATA HASIL OBSERVASI PRAKTEK MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PRAKTEK MENGAJAR DI SMK AMALIAH 2 A. Praktek Manajemen 38 . indikator. Kegiatan evaluasi tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar. kompetensi dasar. mata pelajaran. Kriteria Ketuntasan menunjukkan persentase tingkat pencapaian kompetensi sehingga dinyatakan dengan angka maksimal 100 (seratus). materi pembelajaran. inti dan penutup. kelas/semester.Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMK Amaliah 2 merupakan kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan dalam belajar. KKM harus ditetapkan sebelum awal tahun pelajaran. tujuan pembelajaran. alokasi waktu. metode. Secara teknis. Evaluasi Evaluasi merupakan proses untuk menilai hasil belajar siswa. maka perlu direncanakan. standar kompetensi. Untuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan (pengetahuan prasyarat.

1 Jadwal Praktik Manajemen HARI Senin Selasa Rabu Kamis Jum’at TANGGAL 03-Okt-11 04-Okt-11 05-Okt-11 06-Okt-11 O7-Okt-11 PETUGAS Nur Khusna S Yulli Yana S Nurmalia S Sulastri Sirajudin Hendra B Siti Nadya F Siti Nurul Kh. Dan mengawas UTS. dan mempersiapkan soal untuk hari berikutnya.Pelaksanaan praktik manajemen di SMK Amaliah 2 Ciawi-Bogor dilaksanakan selama 1 bulan penuh terhitung dari tanggal 26 September s/d 25 Oktober 2011. Diperbantukan dalam pelaksanaan UTS. Mengajar. 4. Anisatul Hayati Iis Sholiha KET Dan adapun tugas pokok praktikan dalam pelaksanaan praktik manajemen di SMK Amaliah 2 ini sebagai berikut : 1. administrasi seperti : membuat. Adapun jadwal praktikan dalam Praktik Manajemen adalah sebagai berikut : Tabel 3. Para praktikan yang tidak mempunyai jadwal mengajar dikelas mendapat tugas praktik manajemen sekolah salah satunya ialah melaksanakan Piket. Seperti ikut andil dalam rapat-rapat yang diadakan oleh pihak sekolah. Partisipasi UTS dilakukan oleh seluruh peserta PPL. 2. Membantu bag. mencatat suratsurat yang masuk 3. 39 . Membantu kinerja bagian-bagian manajemen yang ada di SMK Amaliah 2. Dalam pelaksanaannya. merapihkan dan mengklasifikasi lembar jawaban. para Mahasiswa sebagai praktikan melaksanakan tugas sesuai dengan jadwal yang telah diatur oleh pihak sekolah dan telah disepakati oleh kedua belah pihak yaitu Mahasiswa sebagai praktikan atau pelaku dan pihak sekolah sendiri. sesuai dengan jadwal yang sudah diatur dan disepakati.dengan pembagian tempat tugas.

Selama praktikan melakukan praktek manajemen dan mengajar di SMK Amaliah 2. Pada dasarnya pihak SMK Amaliah 2 telah memberikan tata tertib dan peraturan yang baik bagi karyawan dan para pendidik. Bag. Kesiswaan. Tata Tertib Peserta PPL.Adapun ruang lingkup manajemen yang ada di SMK Amaliah 2 adalah sebagai berikut : Bag. Guru Piket Selama praktikan melakukan praktik manajemen dan mengajar di SMK Amaliah 2. praktikan juga bertugas sebagai guru piket. Mengatur dan mengecek soal-soal yang akan digunakan dalam pelaksanaan UTS b. Tenaga Pendidikan. namun yang 40 . Menjadi pengawas pada pelaksanaan UTS berlangsung. Menggantikan guru yang tidak dapat hadir mengajar d. Bag. Sarana Prasarana. Keuangan dan Bag. Mengabsen guru-guru yang hadir b. 1. Sesuai dengan yang dijelaskan diatas. segala bentuk tata tertib serta peraturan pendidik dan karyawan berlaku juga bagi para praktikan. Adapun tugas yang dilakukan oleh praktikan yang piket adalah sebagai berikut : a. Mengatur bel pelajaran c. Mendata murid yang tidak dapat mengikuti kegiatan belajar di tengah kegiatan belajar berlangsung dikarenakan sakit atau pun ada keperluan mendadak 2. Yang mana mengharuskan praktikan untuk selalu hadir ke sekolah SMK Amaliah 2 ini. Oleh karenanya para praktikan lebih disibukkan dengan membantu para guru dalam hal persiapan kegiatan UTS diantaranya : a. Mengatur kesiapan sarana dan prasarana yang akan digunakan pada pelaksanaan UTS c. Bag. Pada saat awal pelaksanaan praktikum Manajemen Pendidikan dan Mengajar di sekolah berlangsung secara bersamaan pula sekolah SMK Amaliah 2 juga akan melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) yang mana hal itu menjadi program wajib tahunan yang dilaksanakan setiap sekolah. Bag. Kurikulum. meski praktikan tidak mempunyai jadwal mengajar. Hubungan Masyarakat dan Industry (HUMDI).

Pada pelaksanaannya para praktikan mengajar sesuai jadwal pelajaran seperti biasanya.akan tetapi pada pelaksanaannya praktek mengajar ini terpotong oleh kegiatan Ujian Tengah Semester (UTS) yang dilaksanakan sekitar 2 minggu setelah pelaksanaan praktek mengajar diberlangsungkan. Karena persiapan materi ini sangat penting dalam suatu proses belajar mengajar. para praktikan diharuskan terlebih dahulu menyiapkan materi yang akan disampaikan. B. Persiapan belajar mengajar di kelas direalisasikan dengan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang merupakan salah satu bagian dari rencana kegiatan belajar mengajar yang memuat satuan bahan untuk disajian dalam satu atau beberapa kalia pertemuan. penulis sebagai praktikan mendapat tugas mengajar pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X. 41 .praktikan hanya meneruskan dan menggantikan posisi guru mata pelajaran selama kegiatan praktik mengajar berlangsung di SMK Amaliah 2 ini. Nama Praktikan Siti Nurul Khotimah Senin X AP 5 Selasa Rabu X AK Kamis XAP 4 XAP 1 Jumat XPB XAP 3 XAP 2 Dalam pelaksanaan praktikum mengajar ini. yaitu dengan merujuk pada jadwal yang telah ditetapkan sekolah. terhitung dari tanggal 25 September s/d 26 Oktober dengan 9 kali pertemuan. adapun pengaturan jadwal praktikan.kami lihat terkadang masih ada juga yang melanggar baik dari pihak karyawan maupun para pendidik sendiri. Praktek Mengajar Pelaksanaan praktek mengajar di SMK Amaliah 2 ini dilaksanakan selama 1 bulan penuh.2 Jadwal Mengajar Praktikan HARI No 1. Adapun jadwal mengajar praktikan sebagai berikut : Tabel 3. Pada praktek mengajar ini.

Selain RPP juga. Pelaksanaan praktikum pengalaman lapangan (PPL) di SMK Amaliah 2 Ciawi-Bogor berjalan dengan lancar. baik guru-guru.00 WIB) 3. dan Mastery Learning. 4. Bahkan guru pamong sendiri tidak segan-segan membimbing praktikan dari awal pertemuan hingga akhir dalam memberikan pengarahan bidang studi dalam pelaksanaan praktikum pengalaman lapangan.00 WIB. setiap menjelang istirahat pertama siswa melakukan Shalat Dhuha. Sistem pembelajarannya : Student Centered Approach.30 WIB) 2. Jum’at mulai Pagi hari (Pukul 07. dengan cara bergiliran dari masingmasing kelas.00 s. apa yang harus digunakan (bila praktikum). hari Jum’at.. 07. kriteria pemahaman siswa dan bagaimana mengevaluasi proses belajar mengajar saat itu. dilanjutkan dengan Morning Activity berupa kegiatan Qiro’ah/Baca Tulis Al-Qur’an selama 30 menit 42 .d. Meskipun tidak ada jadwal mengajar dan piket. Pada istirahat kedua menjelang Shalat Zuhur seluruh siswa diharuskan untuk Shalat Berjamaah di Masjid Amaliah.d. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan dari hari Senin s.d. 7. Para praktikan juga wajib hadir setiap hari ke SMK Amaliah 2. (Pukul 07. Sehingga praktikan merasakan nyaman untuk terus berada di lingkungan lembaga tersebut. Siswa masuk sekolah Pukul 07.30 WIB) s. sebagai Program Pengembangan Diri Siswa.. Adapun rangkaian kegiatan praktek mengajar adalah sebagai berikut : 1. 6.d. 5. Learning By Doing. pegawai ataupun siswanya. seluruh komponen lembaga tersebut cukup kooperatif dan terbuka terhadap praktikan. Selama KBM dari hari Senin s. Setiap hari Sabtu siswa mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Wajib : IT Club dan Ekstrakurikuler Pilihan : Kegiatan Olah Raga dan Seni. Hari Senin dan Rabu kegiatan English Club. dengan itu praktikan akan lebih siap dalam pelaksanaan KBM.Didalam RPP dijelaskan dengan detail apa yang menjadi tujuan dari pembelajaran yang dilakukan kemudian kemampuan apa yang harus dikuasai oleh siswa. panduan bagi seorang pendidik secara garis besar terdapat dalam silabus. menjelang Sore hari (Pukul 15.

Dan bila mana praktikan menemukan kesulitan dalam PPL. tak segan-segan praktikan meminta koreksian penilaian kepada guru pamong untuk membimbingnya. C. baik sebelum ataupun pada saat melaksanakan praktik. Adapun permasalahan yang ada disekolah SMK Amaliah 2 adalah sebagai berikut : 1. Permasalahan Manajemen Pendidikan Adapun permasalahan pada Manajemen Pendidikan di SMK Amaliah 2 ini akan dibahas sesuai dengan manajemennya masing-masing : a) Manajemen Kelembagaan Sekolah Dalam manajemen kelembagaan sekolah Amaliah 2 terdapat beberapa masalah diantaranya adalah: 1) Lemahnya pendayagunaan sumber daya yang ada. sehingga dalam pelaksanaannya tidak efektif dan efesien. begitupun dalam perumusan ataupun pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam pelaksanaannya praktikan berusaha untuk dapat menguasai materi dan suasana kelas. 2) Lemahnya fungsi kepemimpinan kepala sekolah ditambah dengan centralisasi manajemen keuangan sehinnga pengorganisasian dalam SMK Amaliah 2 belum berjalan dengan baik. Selain itu kepala sekolah dan guru pamong memberikan kepercayaan dan kebebasan terkontrol kepada praktikan dalam menunjukan gaya atau cara mengajar. b) Manajemen Kesiswaan Manajemen kesiswaan adalah upaya yang dilakukan untuk memberikan layanan sebaik mungkin kepada siswa semenjak dari 43 . Permasalahan yang dihadapi Dalam pelaksanaan Praktikum Pengalaman Lapangan(PPL) Manajemen Pendidikan dan Mengajar di SMK Amaliah 2 ini.Secara keseluruhan dalam melaksanakan praktik mengajar ini penulis tidak menemukan adanya kendala dalam hal menyampaikan materi ataupun menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta didik. Terutama dalam masalah pendidikan yang memerlukan penanggulangan. Begitupun dengan SMK Amaliah 2 yang mana sebagai sebuah lembaga dalam proses penyelenggaraannya tentu banyak permasalahan yang dihadapinya dalam mencapai tujuan dari visi dan misi lembaga tersebut. Sebagai praktikan tentu tidak terlepas dari kendala atau masalah-masalah.

merata dan maksimal. Sehingga pihak SMK tidak dapat 44 permasalahan dalam manajemen kesiswaannya . Sehingga materi yang disampaikan oleh praktikan kurang dapat diterima dengan maksimal oleh peserta didik. d) Manajemen Tenaga Kependidikan Manajemen tenaga kependidikan di SMK Amaliah 2 sebagai mana dipaparkan diatas bahwa kewenangan kepala sekolah dalam memanej tenaga kependidikannya dipengaruhi oleh terlalu luasnya kewenangan dari DIKDASMEN sehingga menjadi salah satu penghambat (tutur kepala sekolah).proses penerimaan sampai saaat peserta didik meninggalkan lembaga pendidikan (sekolah) karena sudah tamat. permasalahannya hanya pada tataran pelaksanaan saja. e) Manajemen Sarana dan Prasarana Permasalahan yang dihadapi pada manajemen sarana dan prasarana terletak pada pendanaan yang tidak sedikit bagi pengembangan dan perawatan sarana dan prasarana yang ada di SMK Amaliah 2 ini .guru mata pelajaran inti di SMK Amaliah seringkali tidak hadir pada saat jam pelajaran. sehingga murid tidak ada persiapan dan Pembagian jadwal pelajaran yang kurang optimal karena jadwal pada satu kelas dibuat menjadi 2 kali pertemuan karena terpotong oleh kegiatan atau pelajaran lain. Padahal mata pelajaran itu merupakan mata pelajaran yang membedakan dari sekolah lainnya. c) Manajemen Kurikulum Secara umum pelaksanaan kurikulum di SMK Amaliah 2 berjalan dengan baik.hal ini juga merupakan kendala terberat dalam mencapai tujuan pendidikan itu sendiri. 2) Pembinaan siswa yang kurang baik menyebabkan banyak potensi anak yang tidak berkembang secara. Permasalahannya timbul karena dana sepenuhnya ditentukan oleh DIKDASMAN. Seperti: terkadang guru menukar jadwal pelajaran dengan guru yang lain dengan tiba-tiba. selain itu. Adapun diantaranya: 1) Kurangnya sumber daya manusia yang kompeten dalam pengelolaan kesiswaan.

mengelola atau memanej secara penuh dalam pengembangan dan pendanaan untuk sarana dan prasarana yang ada . hal ini salah satunya disebabkan tidak adanya guru yang masuk. Secara umum kendala yang dihadapi praktikan dalam melaksanakan Praktikum di SMK Amaliah 2 ini adalah : 45 . Centralisasi System Dimana Pengelolaan dana pendidikan disekolah SMK Amaliah 2 bukan diatur oleh pihak sekolah tetapi diatur oleh DIKDASMAN. hal ini dikarenakan tidak adanya gerbang sekolah. f) Pada saat belajar. masih ada siswa-siswi yang sering menggunakan hand phone (HP) di dalam ruangan kelas. Misalnya Penulis hanya memegang satu buku panduan mengajar yaitu berupa LKS karena tidak adanya buku panduan lain yang disediakan pihak sekolah. f) Manajemen Keuangan Adapun permasalah yang terjadi dalam manajemen keuangan adalah: 1). hal ini menyebabkan penghambatan pada visi misi sekolah ini sendiri.Closed Management 2. e) Kebersihan kelas yang kurang terawat.Dan jumlah siswa didalam kelas yang terlalu banyak sehingga keadaan kelas tidak terkontrol secara maksimal. c) Siswa terlalu bebas keluar masuk. d) Masih terlihat siswa siswi yang berada di luar kelas pada saat jam pelajaran. siswa masih banyak berkeliaran di luar kelas. termasuk alokasi dana dan gaji guru. Nampak dari banyaknya sampah yang berserakan di dalam kelas. 2). Permasalahan Kegiatan Belajar Mengajar Permasalahan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar menurut praktikum rasakan adalah sebagai berikut: a) Kurangnya kedisiplinan siswa pada saat jam masuk KBM. Sehingga mengganggu konsenterasi dalam pembelajaran. b) Kurangnya alat bantu belajar yang mendukung dalam proses pembelajaran.

Dan setiap hari wali kelas memonitoring anak didiknya.misalnya jadwal pada satu kelas dibuat menjadi 2 kali pertemuan karena terpotong oleh kegiatan atau pelajaran lain. b) Tersedianya fasilitas ruang guru yang dekat dengan tempat kegiatan belajar mengajar agar mampu terkontrol. Berikut pemecahan masalah yang bisa penulis berikan : a) Setiap siswa diberikan buku point yang harus dibawa setiap hari ke sekolah. 46 . 3. Pemecahan Masalah Dalam setiap masalah yang dihadapi sudah tentu mempunyai cara untuk dipecahkan atau diselesaikan. c) Suasana kelas yang kurang nyaman dengan banyaknya sampah berserakan di pojokan kelas. b) Mata pelajaran yang diamanahkan kebanyakan tidak sesuai dengan kompetensi peserta PPL. Sehingga pada minggu pertama kami melaksanakan Praktek tidak terjalin komunikasi yang baik antara peserta PPL dengan pihak sekolah dan masih banyaknya hal-hal yang belum diselesaikan sehingga menghambat dalam pelaksanaan PPL ini sendiri salah satunya seperti :belum dibaginya mata pelajaran yang akan diajarkan oleh peserta PPL pada hari kedua kami melaksanakan PPL.misalnya dinding kelas yang copot dan pintu kelas yang rusak sehingga menimbulkan bunyi kurang mengenakan telinga ketika mengajar. f) Pembagian jadwal pelajaran yang kurang optimal dan ini menghambat maksimalnya praktikan dalam mengajar. d) terdapat beberapa sarana dan prasarana yang kurang terawat atau rusak. e) Karena keadaan kelas yang saling berdekatan sehingga kadangkadang suara ribut dari kelas yang berdekatan tersebut terdengar jelas dan mengganggu konsentrasi peserta didik di kelas yang saya ajar dalam menerima materi yang disampaikan. Sehingga materi yang disampaikan oleh praktikan kurang dapat diterima dengan maksimal oleh peserta didik.a) Persiapan yang kurang dari seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan PPL ini.

c) Tersedianya sarana belajar yang memadai semisal alat bantu mengajar seperti Buku panduan belajar/buku paket yang lengkap sesuai dengan mata pelajaran yang ada. Yang dibebankan kepada guru dan siswa. Kesimpulan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang mencakupi seluruh program pendidikan yang telah diberikan di bangku kuliah. dimana siswa mencontoh prilaku guru yang positif. d) Memberikan peraturan untuk tidak menggunakan atau menghidupkan handphone saat proses belajar sedang berlangsung. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk profesi keguruan bagi calon pendidik yg memiliki seperangkat ilmu. Dengan konsep metode teladan . nilai. sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta cakap dan cepat menggunakannya dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran baik disekolah maupun diluar sekolah. keterampilan. Adapun pemecahan masalah yang berkaitan dengan manajemen dapat dilakukan dengan cara mengikut sertakan tenaga kependidikan yang bertanggung jawab terhadap bidang manajemen masing-masing dalam pelatihan-pelatihan. Sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar. Sehingga dengan demikian dapat meningkatkan kualitas tenaga kependidikan dan membantu mencapai tujuan dari sekolah SMK Amaliah 2. Praktikum Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilakukan di SMK Amaliah 2 Ciawi Bogor ini memberikan gambaran kepada kami mahasiswa sebagai praktikan tentang bagaimana seharusnya manajemen pendidikan 47 . BAB IV PENUTUP A. e) Menanamkan kedisiplinan di lingkungan sekolah.

B. berikut saran atau masukan yang penulis sampaikan sebagai praktikan : 1. 48 . Kemudian. 2. Sehingga tidak terjadi lagi adanya overload atau kelebihan peserta praktikum dalam satu tempat kelembagaan sekolah karena hal itu menjadikan tidak efektif dalam pelaksanaan tugas praktikum. Sehingga tujuan dan harapan dari Praktikum ini sendiri kurang maksimal dirasa oleh kami para praktikan. Saran Saran yang penulis berikan pada dasarnya merupakan masukan yang berdasarkan pengalaman dan pengamatan yang penulis rasakan sendiri. Meskipun demikian di usianya yang masih sangat muda ini. Kepada pihak pengelola pendidikan SMK Amaliahu 2 agar terus berupaya memperbaiki segala aspek manajemen pendidikan dan pengajaran yang ada pada saat ini. Diharapkan dengan adanya saran ini bisa menjadi motivasi bagi semua pihak untuk lebih baik lagi dalam melaksanakan dan mempersiapkan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Kedepannya.dikelola dan dikembangkan serta bagaimana pengajaran yang matang akan memberikan sebuah hasil yang baik.Tak lupa penulis sampaikan apresiasi setinggi-tingginya bagi SMK Amaliah 2 karena telah mampu menorehkan prestasi yang luar biasa di Usianya yang masih sangat muda ini. secara garis besar penulis menilai bahwa pengelolaan manajemen pendidikan dan pengajaran yang terjadi di SMK Amaliah 2 ini belum bisa dikatakan maksimal. Dan terus menunjukan berbagai upaya yang dilakuakan demi kemajuan dan pengembangan kualitas dari berbagai aspek manajemen pendidikan dan pengajaran yang ada saat ini. Kepada pihak Fakultas kedepannya agar lebih matang lagi dalam merencanakan persiapan praktikum pendidikan ini baik dari segi waktu pelaksanaannya maupun objek ataupun lokasi praktikum itu sendiri. SMK Amaliah 2 ini telah mampu menorehkan berbagai macam prestasi yang tidak bisa dianggap kecil. Agar SMK Amaliah 2 ini benar-benar siap menjadi sekolah yang mampu menjawab perubahan tantangan jaman dan bisa menjadi sekolah yang mampu menghasilkan output atau lulusan yang insan kamil seimbang secara lahir dan batin sesuai dengan visi misi yang diemban.

2011.2009. 49 .Praktek Pengalaman Lapangan Mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan YMA Mega Mendung FASTI UNIDA.Bandung.SMK Amaliah 2 Hadrayani. Data SMK Amaliah 2 Program Tahunan Mata Pelajaran Produktif.Renih 2011.2011.Program HUMDI (Hubungan Masyrakat Dunia Industri) Bogor.UPI.Dan pada akhirnya kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT dan segala kekurangan adanya pada manusia.Cet I. Purwanto. Mudah-mudahan segala kekurangan ini dapat terus kita perbaikia dan kelebihan yang dimilki bisa menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan. Tim Dosen Administrasi Pendidikan. Demi tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan. Bogor.Manajemen Pendidikan: Alfabeta. DAFTAR PUSTAKA Asep Afrizal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful