Komunikasi Terapeutik

Hari, tanggal Jam Oleh Sumber data Metode : Senin, 29 Mei 2012 : 11.30 WIB : Dwi Agustin : Klien : Wawancara

I

Tahap Prainteraksi

A

Mengumpulkan data tentang klien. Nama Klien Umur Alamat Pekerjaan Instansi Agama Jenis kelamin Suku : Nn. EDF : 18 tahun : Purworejo RT/RW 04/14, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta : Mahasiswa : Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta : Islam : Perempuan : Jawa

B

Masalah yang dihadapi klien Nn. TM berumur 18 tahun, dia adalah seorang mahasiswi jurusan keperawatan semester dua. Klien mempunyai masalah dalam belajar. Klien terbiasa belajar pada hari mendekati ujian dan klien sulit menghilangkan rasa malas untuk mengulang materi setelah diberikan oleh dosen mapel hari itu karena sepulang kuliah klien lelah. Sebelum menghadapi ujian klien selalu tergesa-gesa saat belajar dan kadang kadang ada materi yang belum selesai dipelajari karena keterbatasan waktu. Hasilnya adalah klien kurang optimal dalam mengerjakan soal ujian.

C a

Tujuan Interaksi Klien mampu mengatasi kebiasaan belajar hanya ketika akan ujian saja.

Kegiatan Waktu Tempat : Wawancara : 30 Mei 2012 : Yogyakarta A 1 2 3 4 Fase Orientasi Selamat pagi mbak. Sekarang kita akan menggali lebih jauh masalah mbak. Bagaimana? Silakan nanti mbak ceritakan saja apa yang ingin mbak ceritakan. (mempertahankan kontak mata dan tersenyum sebagai komunikasi yang non verbal) 5 6 B 1 2 3 4 5 Fase Kerja Masalah mbak kemarin mbak terbiasa belajar hanya pada hari mendekati ujian saja. (tersenyum) Saya Rosy yang kemarin sudah membuat janji dengan mbak untuk bertemu. kemarin kan mbak Fela telah menjelaskan kepada saya tentang masalah mbak ya. saya akan mendengarkannya. Sebelumnya mbak tenang saja.misal ujiannya besok pagi. apakah materinya sudah dicicil? atau menumpuk banyak materi yang belum terbaca? Apakah sebelum ujian mbak tergesa-gesa takut belajarnya kekurangan waktu karena materi yang banyak belum terbaca itu? (Jika jawabanya tergesa-gesa banyak materi yang belum terbaca) Apakah malam harinya saat akan ujian mbak belajarnya nglembur? (Jika jawabanya belajarnya nglembur) Bagaimana kondisi badan mbak di pagi hari ketika malam hari belajarnya nglembur? . saya akan menjaga kerahasiaan segala sesuatu yang mbak sampaikan nanti. sehingga nanti saya dapat memberikan saran atau alternatif yang tepat untuk menyelesaikan masalah mbak fela.b Mengetahui bagaimana cara agar klien optimal dalam mengerjakan soal ujian. Masih ingat dengan saya ya? Ini dengan mbak Elfrida Dwiki Felasanti ya? Gimana kabar mbak hari ini? Oh ya mbak lebih suka dipanggil apa? Nah. Nanti membutuhkan waktu sekitar 10 menit. sehingga hasil yang diperoleh kurang optimal. II Membuat rencana pertemuan dengan klien.Gitu ya mbak? Bagaimana mbak menghadapi ujian .

Rilekskan otak sejenak sambil makan dengan makanan yang bergizi dan mengandung vitamin yang tinggi. maka istirahatlah dahulu. Jangan lupa belajar dengan rutin tiap hari.nah sambil menunggu maghrib mbak bisa buka buka kembali materi yang diberikan dosen hari itu. Pelajari kembali materi yang disampaikan dosen hari itu. Jika kelelahan sehabis pulang kuliah. Memberi alternatif solusi a b c Persiapkan ujian di jauh jauh hari.00 WIB sore. otak akan gampang mengingat kembali. Dan sehabis mandi kan kondisi segar . Lalu segerakan mandi. d e f g h 13 Klien mau memilih solusi yang mana? C Fase terminasi . jadi mbak tidak keteteran dan tergesa-gesa dalam belajar.Mencoba menyicil nyicil materi jauh jauh hari sebelum ujian. daripada belajar langsung melahap banyak ketika besok ada ujian.6 7 8 9 10 11 12 Apakah dalam mengerjakan ujian tesebut optimal? Bagaimana cara belajar mbak di rumah? Salah satunya apakah mbak mengulang materi yang diberikan dosen hari itu? (jika jawaban klien adalah tidak mengulang materi yang diberikan dosen hari itu) Apa alasan mbak tidak mengulang materi yang diberikan dosen hari itu? Apakah mbak belajar rutin dan teratur. otak akan mampu menangkap dan menyimpan memori dengan optimal. Lebih bagus belajar sedikit demi sedikit rutin. Kalo bisa tempel materi yang penting di tembok kamar mbak.pepaya. atau mbak belajarnya hanya kalau mbak lagi pengin saja? Apa Mbak udah coba mengatasi masalah mbak? Bagaimana caranya? Memberi reinforcemnet. Misal saja. Tandai tulisan yang penting dengan pensil warna. Membuat ringkasan materi di buku kecil. agar kapanpun mbak bisa membacanya. Misal:buah buahan segar seperti pisang. Jadi ketika ada waktu yang sela mbak bisa membuka buka buku kecil itu. sehingga tulisan menarik untuk dibaca. Kan bisa memanfaatkan waktu daripada membuang waktu sia sia. Dengan mengulang materi yang disampaikan dosen hari itu. buku yang fleksibel dan mudah dibawa kemana mana. misal baru pulang jam 16. nama nama bakteri yang disertai gambar dan bagian bagianya.

terima kasih karena ada sudah percaya kepada saya. Semoga saran saya bermanfaat untuk mbak. Oh ya mbak tadi mbak memilih solusi.. Sukses mbak dan tetep semangat yaa..!..1 2 3 4 5 6 7 Bagaimana perasaan mbak sekarang setelah cerita? Mbak udah terlihat lebih punya banyak ide dan semangat sekarang. Mbak sudah mau menceritakan masalah mbak fela kepada saya.. (tersenyum) 8 . Selamat pagi mbak. Kalau ada sesuatu yang ingin ditanyakan mbak bisa menghubungi saya lagi kayak kemarin ya? dan lain waktu mungkin 1 minggu lagi kita mungkin bisa bertemu lagi untuk mengevaluasi keberhasilan solusi yang mbak tia pilih tadi. sudah paham ya apa yang akan dilakukan dahulu? Reinforcement Ada yang ingin ditanyakan lagi? Merangkum masalah dan solusi yang diambil Baiklah mbak....