RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMP Negeri 1 Nglegok Kelas / Semester : VIII/ 2 Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Standar Kompetensi 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kompetensi Dasar 6.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameterparameternya Indikator 1. Mendidenifikasikan getaran dalam kehidupan sehari-hari 2. Menyelidiki karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran ( 3 X pertemuan ) A. Tujuan Pembelajaran Pertemuan-1 1. Setelah melakukan percobaan tentang getaran, siswa dapat menjelaskan frekuensi getaran dengan benar 2. Setelah melakukan percobaan tentang getaran, siswa dapat menentukan pola satu getaran sempurna dengan benar 3. Setelah melakukan percobaan tentang getaran, siswa dapat menemukan hubungan antara frekuensi dan peioda sebuah getaran Pertemuan-2 4. Setelah melakukan percobaan tentang gelombang, siswa dapat mendeskripsikan pengertian gelombang 5. Setelah melakukan percobaan tentang gelombang, siswa dapat mendeskripsikan perbedaan gelombang longitudinal dan gelombang transversal 6. Setelah melakukan percobaan tentang gelombang, siswa dapat menemukan besar-besaran yang ada pada gelombang Pertemuan -3 7. Setelah membaca buku siswa dan mendiskusikannya siswa dapat mendeskripsikan konsep satu gelombang transversal 8. Setelah membaca buku siswa dan mendiskusikannya siswa dapat mendeskripsikan konsep satu gelombang longitudinal 9. Setelah membaca buku siswa dan mendiskusikannya siswa dapat menggambarkan satu gelombang penuh 10. Setelah melakukan diskusi tentang gelombang, siswa dapat menemukan hubungan antara cepat rambat gelombang (v), frekuensi (f), dan panjang gelombang (λ) 11. Setelah melakukan diskusi dan pemodelan siswa dapat menyelesaiakn soal-soal sederhana secara matematis

RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok

Th 2009/2010

D. Materi Pembelajaran A. Getaran
1. Pengertian getaran • • • • Getaran ialah gerak bolak-balik suatu benda melalui titik setimbang secara berkala. Satu getaran sempurna adalah adalah gerak dari A-B-A-C-A Amplitudo adalah simpang gatar terjauh Contoh : A - B atau A - C

C

A

B

3. Ciri-ciri Suatu Getaran • • • • • Ciri suatu getaran ditandai oleh periode dan frekuensinya. Periode adalah waktu yang diperlukan benda untuk melakukan 1 getaran. Lambang periode = T, satuannya sekon atau detik. Frekuensi adalah banyaknya getaran setiap sekon.

Lambang frekuensi = f , satuan frekuensi = getaran per sekon atau Hertz
T = 1/f atau f = 1/T

• Hubungan antara frekuensi dan peiode adalah :

B. GELOMBANG 1. Gelombang Mekanik • • • Gelombang adalah getaran yang merambat dalam suatu medium Dalam peristiwa perambatan gelombang yang merambat hanyalah getarannya / usikannya, sedang mediumnya / zat perantaranya tetap. Gelombang mekanik adalah gelombang yang merambat memerlukan zat perantara. Contoh : gelombang laut, gelombang bunyi, gelombang pada tali, gelombang pada slinki.

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang ditimbulkan oleh getaran medan listrik dan medan magnet dan dapat merambat tanpa medium zat perantara. Contohnya : gelombang radio, gelombang cahaya, gelombang radar, sinar x, sinar alfa, sinar beta, dan sinar gama.

2. Gelombang Tranversal
• Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengar arah getarannya. Contoh : gelombamng pada tali, gelombang pada air, gelombang cahaya

RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok

Th 2009/2010

Gelombang Longitudinal • Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar ( berimpit ) dengan arah getarnya. Contoh : gelombang pada slinki yang digetarkan maju mundur.f . gelombang bunyi RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 .d . Di bawah ini adalah contoh gelombang tranversal pada tali.i = lembah gelombang 3.h . 1λ b q a 1λ p c d e r g h p .• • Pajang gelombang adalah jarak yang ditempuh gelombang dalam satu periode.b .h = amplitudo d = h = dasar gelombang b = f = puncak gelombang a = c = e = g = i = di sebut titik simpul 1 λ = jarak antara dua bukit = jarak antara dua lembah = terdiri dari satu bukit dan satu lembah f s i a .d = r .b = q .e = g .g = bukit gelombang c .e = 1 gelombang = 1 λ b-f=1 λ a-c= ½ λ a-p=¼ λ a .f = s .c = e .

E ) atau jarak antara dua renggangan ( B-D)=1λ 4.• Contoh gelombang longitudinal pada slinki : Renggangan Rapatan • Di bawah ini adalah contoh gelombang longitudinal pada slinki ( pegas ) rapatan renggangan A B C D E • Jarak antara dua rapatan ( A . slinki. dalam m E. • Hubungan antara V. Buku Siswa IPA kelas VIII semester 2. tali palstik 10 meter. Penerbit Pusat Perbukuan Diknas 2. Pegas. penggaris. Statif dan kelengkapannya F. λ. dalam Hz λ = panjang gelombang. dalam m/s V=λxf f = frekuensi gelombang.C = C . benang. beban kecil. stopwatch. dan f dituliskan dalam persamaan : V = cepat rambat gelombang. LKS Getaran dan Gelombang 3. Alat/Bahan/Sumber belajar 1. Cepat Rambat Gelombang • Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh gelombang tiap detik. Metode Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 .

Memberikan informasi tentang kegiatan percobaan getaran dan memodelkan langkah-langkah melakukannya secara sederhana 2. 3. dan menanyakan pada siswa apa yang Anda amati? Kemudian menanyakan kepada siswa apa yang dimaksud getaran? Dan meminta salah satu siswa untuk menyebutkan contohnya. kemudian membagikan alat dan bahan yang diperlukan sesuai dengan LKS Getaran dan meminta siswa untuk bekerja secara cermat dan hatihati sesuai dengan LKS 3. Kegiatan Belajar Mengajar Pertemuan ke 1 Pendahuluan 1. Mengingatkan siswa tentang konsep gerak sebagai prasarat pengetahuan 2. perida. Guru memodelkan cara menggunakan matematis sederhana untuk mengerjakan soal hubungan antara perioda dan frekuensi 6. Pada tahap akhir guru memberikan tes untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang telah dilakukan. Memotivasi siswa dengan cara mendemonstrasikan penggaris plastik yang ditarik salah satu ujungnya dan dilepaskan. Menugasi siswa untuk mengerjakan soal-soal tentang getaran sebagai PR RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . 9. kelompok mengemukakan hasil kerjanya dan ditanggapi oleh kelompok lain 5.G. 3. sesuai dengan tujuan pembelajaran 2. Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan pembelajaran koperatif. Membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran. Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan 1 secara singkat Kegiatan Inti 1. Secara bergantian. Memberikan penghargaan pada kelompok-koelompok yang kinerjanya bagus. Setiap kelompok diberikan soal dan dikerjakan dalam kelompoknya 7. hubungan antara frekuensi dan periode Penutup 1. Mengkonfirmasi tentang frekuensi. Membimbing siswa dalam kelompoknya untuk melakukan percobaan sampai pada kesimpulan 4. Meminta salah satu kelompok untuk mengerjakan ke depan dan diberikan penguatan 8.

gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kompetensi Dasar 6.LEMBAR KEGIATAN SISWA 1 Standar Kompetensi 6. Mendidenifikasikan getaran dalam kehidupan sehari-hari RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . Memahami konsep dan penerapan getaran.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameterparameternya Indikator 1.

LEMBAR KEGIATAN SISWA 2 Standar Kompetensi 6.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameterparameternya Indikator 1. Memahami konsep dan penerapan getaran. Mendidenifikasikan getaran dalam kehidupan sehari-hari RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kompetensi Dasar 6.

Apakah definisi getaran? 2. Sebuah benda bergetar sebanyak 100 kali dalam 5 detik.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameterparameternya Indikator 1. Aspek Merangkai alat dengan benar Melakukan kegiatan sesuai LKS Memperoleh data sesuai Membuat kesimpulan benar Jumlah sekor Skor Maks 2 4 2 2 10 Skor Nama Kelompok/Kls RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . Hitunglah frekuensi dan perioda gataran benda tersebut! 5. Apa yang di maksud amplitude. Memahami konsep dan penerapan getaran. B ke……. Hitunglah periode getaran sayap lebah tersebut! Skor Maks = 10 B. Dari gambar disamping.. 3.. Mendidenifikasikan getaran dalam kehidupan sehari-hari A. Sebuah lebah dapat menggerakan sayapnya 50 kali setiap detiknya. 2. gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kompetensi Dasar 6. Tes tulis uraian 1. Lembar observasi Rubrik. yang dinamakan satu getaran adalah gerak dari A ke……. No 1.INSTRUMEN PENILAIAN Sekolah Kelas / Smester Mata pelajaran Standar Kompetensi 6. 4. periode dan getaran ? 4. C A B : SMP Negeri 1 Nglegok : VIII / 1 : IPA 3. C ke…….

1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameterparameternya Indikator 2. Mendidenifikasikan getaran dalam kehidupan sehari-hari Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas! : SMP Negeri 1 Nglegok : VIII / 1 : IPA RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . Memahami konsep dan penerapan getaran.INSTRUMEN TUGAS/PR Sekolah Kelas / Smester Mata pelajaran Standar Kompetensi 6. gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kompetensi Dasar 6.

Pada tahap akhir guru memberikan tes untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang telah dilakukan RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . Meminta siswa untuk membaca buku siswa. frekuensi dan periode) 5. Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan pembelajaran koperatif. 2.Pertemuan ke 2 Pendahuluan 1. Menyampaikan tujuan pembelajaran secara singkat Kegiatan Inti 1. dan mendiskusikannya tentang konsep besaran-besaran (panjang gelombang. membutuhkan tempat untuk merambat yang disebut medium . perioda. amplitudo. maka mediumnya tali. Jika gelombang merambat pada tali. Secara bergantian kelompok mengemukakan hasil kerjanya dan ditanggapi oleh kelompok lain 4. Membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran. Meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan ke depan dan diberikan penguatan 6. amplitudo dan frekuensi pada getaran dengan cara bertanya pada siswa 2. kemudian membagikan alat dan bahan yang diperlukan sesuai dengan LKS Gelombang dan meminta siswa untuk bekerja secara cermat sesuai dengan LKS 2. sesuai dengan tujuan pembelajaran 2. Membimbing siswa dalam kelompoknya untuk melakukan percobaan sampai pada kesimpulan tentang perbedaan gelombang transversal dan longitudinal 3. Mengingatkan siswa tentang . Memberikan penghargaan pada kelompok-koelompok yang kinerjanya bagus. Memotivasi siswa dengan cara bertanya pernahkah kalian melihat sebuah perahu yang sedang diikat dipinggir pantai? Apakah sebabnya perahu tersebut kelihatan naik turun? Apakah yang dimaksud gelombang? Dapatkah kalian membuat gelombang 1. Penutup 1. Memberikan informasi bahwa gelombang mekanik. Menugasi siswa untuk mengerjakan soal-soal tentang sifat-sifat gelombang dan contoh gelombang transversal maupun longitudinal 1.

1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameterparameternya Indikator 2. Memahami konsep dan penerapan getaran. gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kompetensi Dasar 6. Menyelidiki karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 .LEMBAR KEGIATAN SISWA 1 Standar Kompetensi 6.

Berilah contoh-contohnya! Skor Maks = 10 B. 2. Menyelidiki karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal A. 3.INSTRUMEN PENILAIAN Sekolah Kelas / Smester Mata pelajaran Standar Kompetensi 6. Tuliskan jenis-jenis gelombang menurut arah rambatan dan arah getarnya. No 1. gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kompetensi Dasar 6. Memahami konsep dan penerapan getaran. Tuliskan jenis-jenis gelombang menurut medium penjalaranya dan berilah contoh-contohnya! 3. Lembar observasi Rubrik. 4. Aspek Merangkai alat dengan benar Melakukan kegiatan sesuai LKS Memperoleh data sesuai Membuat kesimpulan benar Jumlah sekor Skor Maks 2 4 2 2 10 Skor Nama Kelompok/Kls : SMP Negeri 1 Nglegok : VIII / 1 : IPA RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . Apakah gelombang itu? 2. Tes tulis uraian 1.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameterparameternya Indikator 2.

1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameterparameternya Indikator 2. Memahami konsep dan penerapan getaran. gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kompetensi Dasar 6.INSTRUMEN TUGAS/PR Sekolah Kelas / Smester Mata pelajaran Standar Kompetensi 6. Mendidenifikasikan getaran dalam kehidupan sehari-hari Jawablah pertanyaan di bawah ini! : SMP Negeri 1 Nglegok : VIII / 1 : IPA RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 .

Meminta salah satu kelompok untuk mengerjakan ke depan dan diberikan penguatan 7. panjang gelombang dan periode gelombang 2. cepat rambat gelombang dan frekuensi dengan lambang-lambangnya. Guru memodelkan cara menggunakan matematis sederhana untuk mengerjakan soal hubungan antara frekuensi. serta cara menentukan 1 gelombang 2. Secara bergantian kelompok mengemukakan hasil kerjanya dan ditanggapi oleh kelompok lain 4. Memberikan penghargaan pada kelompok-koelompok yang kinerjanya bagus. Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan pembelajaran koperatif. think pair share dan meminta siswa untuk berdiskusi menemukan hubungan antara frekuensi.Pertemuan ke3 Pendahuluan 1. Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan secara singkat Kegiatan Inti 1. Membimbing siswa dalam kelompoknya untuk melakukan diskusi sampai pada kesimpulan 3. Pada tahap akhir guru memberikan tes untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang telah dilakukan dan meminta siswa mengerjakan soal pada latihan 3. panjang gelombang dan cepat rambat gelombang 5. Memberikan informasi tentang besaran-besaran gelombang. frekuensi dan panjang gelombang RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . Setiap kelompok diberikan soal dan dikerjakan dalam kelompoknya 6. sesuai dengan Indikator 2. Menugasi siswa untuk mengerjakan soal-soal hubungan antara kecepatan . Mengingatkan siswa tentang berbagai besaran-besaran yang ada pada gelombang 2. amplitudo. Memotivasi siswa dengan cara menanyakan pada siswa bagaimana kecepatan rambat gelombang pada tali jika pajang gelombangnya diperbesar? 1. Membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran. Penutup 1.

bukit gelombang (bagian atas) b. titik terjauh dari titik setimbang 4. Buatlah kesimpulan dari hasil kegiatan 1 sd 4! RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . Menyelidiki karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal Gelombang Tranversal Tujuan : Memahami karakteristik gelombang transversal Alat dan bahan : Charta gelombang transversal Kegiatan : 1. amatilah contoh gelombang transversal pada tali di bawah ini! 2. tuliskan dengan symbol huruf ket no 3 (a sd g). sesuai dengan symbol huruf yang kamu buat. a. gelombang di atas dapat di perikan sebagai berikut : a. Memahami konsep dan penerapan getaran. g. jarak antara dua bukit (terdiri dari 1 bukit dan 1 lembah) atau jarak anatara lembah g. puncak gelombang d. c. berilah symbol huruf untuk memudahkan anda mempelajarinya! 3.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameterparameternya Indikator 2. lembah gelombang (bagian bawah/cekungan) c.LEMBAR KEGIATAN SISWA 1 Standar Kompetensi 6. titik setimbang f. e. 5. b. gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kompetensi Dasar 6. dasar gelombang e. f. d.

yaitu dgn symbol : …. Memahami konsep dan penerapan getaran.LEMBAR KEGIATAN SISWA 2 Standar Kompetensi 6.. yaitu dgn symbol : ….. amatilah charta gelombang longitudinal di bawah ini! A B C D E 2. 3.. yaitu dgn symbol :… b. yaitu dgn symbol : …. bagian renggangan. Tuliskan kesimpulan dari kegiatan 1 sd 2! RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . c. jarak antara 2 rapatan. gelombang diatas dapat diperikan sebagai berikut : a. bagian rapatan. gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kompetensi Dasar 6. jarak antara 2 renggangan. Menyelidiki karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal Gelombang Longitudinal Tujuan : Memahami karakteristik gelombang longitudinal Alat dan bahan : Charta gelombang longitudinal Kegiatan : 1.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameterparameternya Indikator 3. d.

Menyelidiki karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal A. 2. Sebuah bandul sederhana dalam waktu 10 sekon dapat melakukan 20 kali getaran sempurna. 3. gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kompetensi Dasar 6. Sebuah gelombang tali dengan panjang gelombang 0. Hitunglah : a.5 meter.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameterparameternya Indikator 3. Frekuensi getaran b. Lembar observasi Rubrik. frekuensi 2 Hz. 4. Perhatikan gambar c A B : SMP Negeri 1 Nglegok : VIII / 1 : IPA Sebutkan lintasan getara yang merupakan 1 getaran sempurna 2. Penilaian Penilaian (Instrumen Penilaian Terlampir pada Lembar Penilaian) • Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat • Kinerja saat melakukan kegiatan Skor Maks 2 4 2 2 10 Skor Nama Kelompok/Kls RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . Jelaskan perbedaan antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal! 4. periode getaran 3. Aspek Memberi symbol huruf Melakukan kegiatan sesuai LKS Memperoleh data sesuai Membuat kesimpulan benar Jumlah sekor H. hitunglah berapa cepat rambat gelombangnya. No 1. Skor Maks = 10 B. Tes tulis uraian 1.INSTRUMEN PENILAIAN Sekolah Kelas / Smester Mata pelajaran Standar Kompetensi 6. Memahami konsep dan penerapan getaran.

Pd NIP. H.• Tes tertulis dilaksanakan setelah proses pembelajaran (Pertemuan 4) dengan menggunakan Lembar Penilaian Mengetahui Kepala SMP N 1 Nglegok Nglegok.M. 10 Januari 2010 Guru Mata Pelajaran Drs.Pd NIP.S. 1964403 198512 1 001 Fadjar Yulianto. 19700701 19802 1 003 RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . Moh Baderun.

Mendeskripsikan besaran-besaran pada gelombang Unjuk Kerja Soal Unjuk kerja 4. hitunglah berapa cepat rambat 5.Mengukur perioda dan frekuensi suatu getaran Unjuk Kerja Soal Unjuk Kerja 2. Sebuah gelombang tali dengan panjang gelombang 0. perioda g. Lakukan percobaan untuk mengukur frekuensi dan perioda getaran 3.Lampiran Penilaian Penilaian Indikator 1. perioda getaran 4. Disedi akan statip.5 meter. Disediakan sebuah slinki. lakukan percobaan untuk menunjukkan gelombang transversal dan longitudi 5. frekunsi dan panjang gelombang Tes Tulis Uraian Tes Tulis Pilihan Tes Tulis Uraian RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 .Mendiskripsikan konsep getaran Teknik Tes tulis Bentuk Instrumen Uraian Instrumen 1. Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan rambat gelombang. Hitunglah : b. bandul dan stopwatch. memiliki frekuensi 2 Hz. Jelaskan perbedaan antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal 6. kecuali: e.Membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal Tes tulis Uraian 3. benang.Perhatikan gambar c A B Sebutkan lintasan getaran yang merupakan 1 getaran sempurna 2. frekuensi getaran c. frekuensi f.Sebuah bandul sederhana dalam waktu 10 sekon dapat melakukan 20 kali getaran sempurna. Berikut ini merupakan besaran-besaran yang terdapat pada gelombang. medium gelombang 7. cepat rambat gelombang h.

atau C-B-A-B-C t = 10 s. b. T = 0. sedang gelomang longitudinal adalah gelombang yang arah getarnya searah dengan rambatannya. Kunci jawaban dan Pedoman penskoran Indikator No soal 1 1 2 2 3 3 4 5 Bentuk soal Tulis/uraian UK Tulis/uraian Kunci A-B-C-B-A. f = 2 Hz Skor maks 4 100 10 100 6 4 6 5 7 UK Tulis/Uraian Gelombang Transversal adalah gelombang yang arah gerarannya tegak lurus dengan arah rambatan. Tes Yang termasuk besaran Tulis/pilihan gelombang adalah frekuensi. perioda dan cepat rambat gelombang Tulis/Uraian V = f x λ V = 2 x 0.5 s.5 = 1 m/s 8 12 Nilai Akhir Unjuk Kerja = UK 1 + UK 2 2 Nilai Pemahaman dan Penerapan Konsep = sekor perolehan x 2.5 RPP Getaran dan Gelombang IPA kls VIII SMPN 1 Nglegok Th 2009/2010 . amplitude.gelombangnya. n =20 getaran a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful