http://carahidupsehat.info/penyembuhan-pijat.

html

stroke
Efek Stroke Menurut Sumber Gangguan

Pijat Bagi Pasien Pasca-Stroke, Bermanfaatkah?
27 Jun 2010Kategori: Kardiovaskuler, Saraf & otak 3 Komentar

cetak atau simpan halaman in Efek stroke tergantung pada bagian otak yang rusak. Stoke belahan kanan otak . batang otak dan otak kecil. mereka tidak dapat menyampaikan perasaan mereka selama pemijatan. Secara ilmiah. Terapi pijat pasca-stroke Rehabilitasi penderita stroke biasanya melibatkan terapi fisik. Sebarkan. dan mental (kesulitan berpikir. khususnya anti nyeri dandepresi. indera. lumpuh. Beberapa bagian tubuh yang tidak lagi lentur juga dapat terasa sakit bila dipijat. Efek serangan stroke tergantung di mana kerusakan otak terjadi. Namun. melancarkan sirkulasi. Penderita stroke dapat mengalami gangguan fisik (lemah. sebaiknya Anda memanggil ahli pijat terpercaya atau profesional lain bila ingin melakukan pemijatan. terapi pijat jarang dilakukan sebagai salah satu terapi pilihan. kecemasan. Pijat dapat merangsang penggumpalan/plak arteri. yang pasti adalah pijat secara umum membantu kita lebih rileks. Dalam pengobatan modern. Pada tahun 2004. tekanan darah dan denyut jantung. depresi). emosional (ketidakstabilan emosi. Kehati-hatian Rehabilitasi stroke seringkali membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Jadi Andalah yang harus berhati-hati. Para ahli medis bersilang pendapat mengenai manfaatnya. 1. memang belum ada bukti yang solid mengenai efek langsung pijat pada pasien pasca stroke. penelitian terhadap 102 pasien pasca-stroke oleh Hong Kong Polytechnic University dan Wong Chuk Hang Hospital menemukan bahwa pasien yang dipijat selama 10 menit sebelum tidur selama tujuh malam mengalami penurunan rasa sakit. terapi wicara dan terapi kerja. jadi tidak ada salahnya bila Anda meningkatkan kualitas hidup penderita stroke yang Anda cintai dengan pemijatan.Stroke adalah kehilangan fungsi otak secara tiba-tiba yang disebabkan gangguan aliran darah atau pecahnya pembuluh darah dalam otak sehingga oksigen dan nutrisi tidak sampai ke sel-sel otak yang terkena. mengurangi stres. beberapa ahli pengobatan alternatif mengklaim dapat merehabilitasi penderita pasca stroke menjadi normal kembali. atau fungsi kecerdasan yang berbeda. Anda harus sangat berhati-hati. Bila tidak yakin. Namun. nyeri). Namun. belahan kiri. berbicara dan mengingat). dan masing-masing bagiannya mengontrol gerakan. Otak adalah organ yang sangat kompleks. dan mengurangi rasa sakit. Karena pasien pasca stroke mungkin sulit berbicara. Sebuah penelitian skala kecil yang dilakukan secara acak di sebuah klinik lansia di Swedia dari tahun 1998-1999 menemukan bahwa para pasien yang menerima pemijatan meningkat daya mobilitasnya dan lebih sedikit menggunakan obat-obatan. Otak dibagi menjadi empat bagian utama: belahan kanan. keterbatasan gerakan.

Stroke belahan kiri otak . seperti menilai jarak. atau posisi dan melihat bagaimana bagian-bagian saling berkaitan dalam satu kesatuan. Kehilangan bidang visi sebelah kiri (hemianopia) sehingga “melupakan” atau “mengabaikan” benda atau orang-orang di sisi kiri. tidak jelas dan monoton (dysarthria) Kesulitan menelan(disfagia) Kesulitan mengenali wajah dan suara Depresi dan mood swing (berubah-ubah perasaan) Kecenderungan untuk sarkasme dan berperilaku yang dapat memalukan Kehilangan persepsi waktu Kesulitan dengan pemikiran abstrak (misalnya menimbang gagasan dan memecahkan masalah) 2. ukuran. Belahan ini juga mengontrol tugas-tugas analisis dan persepsi. padahal memiliki gangguan fungsi gerak. Kehilangan wawasan dan tidak menyadari masalah. Mereka yang selamat dari stroke di belahan kanan otak dapat terkena gangguan sebagai berikut: Kumpuhan (hemiplegia) atau kehilangan kekuatan (hemiparesis) di sisi kiri tubuh Mati rasa dan kesemutan di sisi kiri tubuh (hemianestesia) Penurunan kemampuan spasial dan persepsi sehingga salah menilai jarak. Bicara berlebihan. tetapi ingat siapa yang mereka temui pagi itu. Meskipun mereka mungkin dapat menceritakan peristiwa yang terjadi 30 tahun yang lalu. tidak dapat mengarahkan tangan untuk mengambil barang. kecepatan. persepsi dan spasial. menutup kancing baju atau mengikat tali sepatu. Hal ini bisa sangat berbahaya karena mereka bisa saja nekat berjalan tanpa bantuan atau bersikeras mengendarai mobil/motor.Belahan kanan otak mengontrol gerakan dan fungsi sensoris sisi kiri tubuh. Kehilangan memori jangka pendek.

menulis. Batang otak memiliki sel-sel saraf khusus yang mengendalikan kesadaran. seperti menyebutkan nama benda dan menyampaikan pikiran. Stroke batang otak Batang otak adalah bagian otak yang menghungungkan saraf-saraf dengan otak kecil dan tulang belakang di bawahnya. mempelajari informasi baru.Belahan otak kiri mengontrol gerakan dan fungsi sensoris sisi kanan tubuh. Kesulitan mengingat. konseptualisasi dan generalisasi. Kehilangan bidang visi kanan yang mempengaruhi kedua mata (hemianopia) Bicara tidak jelas (dysarthria) Kesulitan menelan (disfagia) Kesulitan melakukan gerakan bertujuan (misalnya menyisir rambut) Kebingungan antara kiri dan kanan Mudah frustrasi dan kurang motivasi Lamban dan kikuk Cenderung mengulangi beberapa tindakan Kesulitan strukturisasi dan perencanaan Kesulitan mengingat dan menghitung angka 3. Belahan ini juga mengontrol kemampuan bicara dan bahasa. denyut jantung dan tekanan darah. membaca atau memahami pembicaraan. panca indera dan otot-otot leher. Terlalu lambat dan berhati-hati sehingga perlu instruksi dan umpan balik berulang-ulang untuk menyelesaikan tugas. Mati rasa dan kesemutan di sisi kanan tubuh (hemianestesia) Kesulitan berbicara dan berbahasa (disfasia/afasia). . pernafasan. Mereka yang selamat dari stroke belahan otak kiri dapat mengalami gangguan berikut: Kelumpuhan (hemiplegia) atau kehilangan kekuatan (hemiparesis) sisi kanan tubuh.

4. Stroke otak kecil Otak kecil terletak di bawah dua belahan otak dan di belakang batang otak (tepat di atas leher). Vertigo adalah pusing dengan sensasi berputar di sekitarnya yang menyebabkan mual dan muntah. termasuk getaran bola mata (nistagmus). gangguan berikut dapat terjadi: Vertigo yang terjadi tiba-tiba. pasien stroke batang otak dapat mengembangkan kelumpuhan pada salah satu atau kedua sisi tubuh. monoton dan serak. Kemungkinan efek lain stroke batang otak adalah: Koma dan gangguan kesadaran Masalah pernapasan Perubahan denyut jantung dan tekanan darah spontan Mual dan muntah Penglihatan ganda. lambat. Gangguan gerak mata pada salah satu atau kedua mata. Otak kecil berperan besar dalam mengendalikan dan mengkoordinasikan gerakan dan keseimbangan. atau lidah Pupil membesar atau melebar Bicara tidak jelas Masalah dalam menelan(disfagia) Kesulitan koordinasi gerakan ketika mencoba untuk melakukan sesuatu. Gangguan motorik wicara yang disebabkan melemahnya otot-otot mulut. karena satu mata tidak bisa bergerak bersamaan dengan yang lain Hilangnya sensasi pada satu mata. terus-menerus dan parah. kelopak mata menutup (ptosis) dan pupil mengerut. Bila stroke terjadi pada otak kecil.Karena isyarat-isyarat yang dihasilkan kedua belahan otak harus melalui batang otak untuk menuju ke tangan dan kaki. Ucapan tidak jelas. satu sisi wajah. . wajah dan sistem pernafasan.

Kondisi yang mendasari stroke iskemik adalah penumpukan lemak yang melapisi dinding pembuluh darah (disebut aterosklerosis).Kesulitan mengunyah atau menelan (disfagia) karena ketiadaan koordinasi atau melemahnya otot tenggorokan dan kerongkongan. sel-sel jaringan otak yang tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen dapat mati dan menyebabkan kerusakan fungsi otak permanen. . Seiring waktu. homocysteine dan zat lainnya dapat melekat pada dinding arteri. Stroke iskemik Stroke iskemik terjadi bila pembuluh darah yang memasok darah ke otak tersumbat. plak menumpuk. seperti mengambil dan memegang barang. Hal ini sering membuat darah sulit mengalir dengan baik dan menyebabkan bekuan darah (trombus). Lunglai dan ketiadaan koordinasi pada satu atau kedua lengan sehingga kesulitan melakukan tugas. Jika aliran darah berhenti selama lebih dari beberapa detik. membentuk zat lengket yang disebut plak. kolesterol. Jenis stroke ini yang paling umum (hampir 90% stroke adalah iskemik). Ada dua jenis utama stroke: 1. Kehilangan keseimbangan dan koordinasi saat berjalan (ataksia) sehingga berjalan limbung seperti orang mabuk. Stroke dan Jenis-Jenisnya Stroke adalah kehilangan fungsi otak yang disebabkan oleh terhentinya aliran darah ke area otak.

Stroke hemoragik. paling sering disebabkan oleh tekanan darah tinggi kronis. tetapi memiliki persentase tertinggi penyebab kematian akibat stroke. Stroke embolik. Sumbatan disebabkan trombus yang berkembang di dalam arteri otak yang sudah sangat sempit. Perdarahan subarachnoid adalah kedaruratan medis serius yang dapat menyebabkan cacat permanen atau kematian. Stroke ini juga satu-satunya jenis stroke yang lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Perdarahan intraserebral adalah perdarahan di dalam otak yang disebabkan oleh trauma (cedera otak) atau kelainan pembuluh darah (aneurisma atau angioma). Selain itu. . Perdarahan subarachnoid. Kelainan jantung yang disebut fibrilasi atrium dapat menciptakan kondisi di mana trombus yang terbentuk di jantung terpompa dan beredar menuju otak. Perdarahan intraserebral menyumbang sekitar 10% dari semua stroke. Penyebab paling umum adalah pecahnya tonjolan (aneurisma) dalam arteri. Perdarahan subarachnoid adalah perdarahan dalam ruang subarachnoid. ruang di antara lapisan dalam (Pia mater) dan lapisan tengah (arachnoid mater) dari jaringan selaput otak (meninges). 2. darah membanjiri dan memampatkan jaringan otak sekitarnya sehingga mengganggu atau mematikan fungsinya. Dua jenis stroke hemoragik: Perdarahan intraserebral. gelembung udara atau pecahan lemak (emboli) yang terbentuk di bagian tubuh lain seperti jantung dan pembuluh aorta di dada dan leher. Stroke hemoragik disebabkan oleh pembuluh darah yang bocor atau pecah di dalam atau di sekitar otak sehingga menghentikan suplai darah ke jaringan otak yang dituju. yang terbawa aliran darah ke otak. Sumbatan disebabkan trombus.Stroke iskemik dibedakan berdasarkan penyebab sumbatan arteri: Stroke trombotik. Jika tidak disebabkan oleh salah satu kondisi tersebut.

tidak estrogen. yang dapat menurunkan Pemantauan gula darah. menyebabkan arteri mengeras dan membuat darah lebih mungkin membeku. delapan hal berikut perlu segera Anda lakukan: Pemantauan tekanan darah. glukosa darah Anda harus dipantau secara teratur. tekanan darah harus benar-benar dipantau dan tidak melebihi 140/90 mmHg bila tidak ada faktor risiko lainnya. Pemantauan berat badan. Selain itu. Dapatkan bantuan untuk berhenti merokok. Jika Anda sedang mendapatkan pengganti hormon. Membatasi garam. Bila Anda kelebihan kolesterol. Hal ini termasuk pil kontrasepsi oral kontra-estrogen. terapinya harus dihentikan. Anda dapat melakukannya sendirialat pengukur glukosa darah yang kini semakin mudah digunakan. terapi antihipertensi yang diresepkan dan efektivitasnya dipantau dengan pengukuran tekanan darah mandiri (Anda mengukur sendiri tekanan darah Anda secara teratur di rumah). maka dokter perlu meresepkan pil yang hanya mengandung progestin. Dalam kasus diabetes. Jika Anda perokok. Pemantauan kolesterol. Garam adalah penyumbang utama tekanan darah tinggi. . memiliki riwayat gangguan koroner atau faktor risiko lain. Penurunan berat badan harus dipertimbangkan jika Anda memiliki berat badan melebihi batas sehat menurut BMI.hal-hal yang harus dilakukan paska stroke ringan stroke rimgan atau serangan iskemik transien disebabkan oleh penyumbatan transien (sementara) arteri otak oleh gumpalan darah. obat resep statin (penurun kolesterol) mungkin diperlukan. penghentian merokok harus dilakukan. Bila Anda terkena stroke ringan. yang biasanya berlangsung kurang dari satu jam. Jika perlu. Langkah-langkah pencegahan yang serius harus segera dilakukan. Penghentian terapi hormon. Lakukan juga terapi alami kolesterol total Anda dengan meningkatkan asupan kolesterol baik Anda (HDL) dan menurunkan kolesterol buruk (LDL). Gantilah dengan kontrasepsi nonhormonal. Batasi asupan garam Anda tidak melebihi 6 gram per hari. Jika tidak. dengan Berhenti merokok. Anda juga harus menghindari paparan merokok pasif. Periksa label makanan olahan dan kurangi garam pada masakan Anda untuk memastikannya. di samping pemantauan tekanan darah dan kolesterol. Stroke ringan adalah sinyal bahwa perawatan mendesak diperlukan untuk mencegah stroke yang sebenarnya. Seringkali serangan ini merupakan pertanda akan datangnya stroke nyata /stroke berat yang mengakibatkan gangguan aliran darah berkepanjangan sehingga merusak jaringan otak secara permanen.

emosional (ketidakstabilan emosi. nyeri). Terapi pijat pasca-stroke . dan tingkatkan secara bertahap. Pilih ikan dan unggas (tanpa kulit) sebagai gantinya. Lakukan perlahan-lahan. depresi). Jika Anda makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran.Hentikan kebiasaan fisik tidak aktif. Jangan berlebihan pada awalnya. hormon yang mengontrol tingkat gula darah. pijat bagi pasien stroke Stroke adalah kehilangan fungsi otak secara tiba-tiba yang disebabkan gangguan aliran darah atau pecahnya pembuluh darah dalam otak sehingga oksigen dan nutrisi tidak sampai ke sel-sel otak yang terkena. Anda dapat mengurangi asupan lemak jenuh .olahraga teratur membantu menurunkan tekanan darah menciptakan keseimbangan lemak darah yang sehat dan meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk merespon insulin. risiko stroke ringan Anda akan disusul dengan stroke berat niscaya akan menurun. Efek serangan stroke tergantung di mana kerusakan otak terjadi. keterbatasan gerakan. terutama jika Anda tidak terbiasa beraktivitas fisik. Dengan melakukan hal-hal di atas. Penderita stroke dapat mengalami gangguan fisik (lemah. Anda akan memiliki ruang lebih sedikit untuk junk food. Hindari makanan tidak sehat. lumpuh. dan mental (kesulitan berpikir. berbicara dan mengingat). setidaknya lima porsi sehari. Anda sebaiknya merancang dan melaksanakan sebuah gaya hidup baru dengan aktivitas fisik secara teratur minimal 30 menit per hari. dengan mengurangi atau menghindari daging merah. menari atau berkebun. yang mempromosikan pengerasan pembuluh darah. Pilihlah aktivitas yang Anda nikmati seperti berjalan.

terapi pijat jarang dilakukan sebagai salah satu terapi pilihan. Sebuah penelitian skala kecil yang dilakukan secara acak di sebuah klinik lansia di Swedia dari tahun 1998-1999 menemukan bahwa para pasien yang menerima pemijatan meningkat daya mobilitasnya dan lebih sedikit menggunakan obatobatan. sebaiknya Anda memanggil ahli pijat terpercaya atau profesional lain bila ingin melakukan pemijatan. Bila tidak yakin. mereka tidak dapat menyampaikan perasaan mereka selama pemijatan. Jadi Andalah yang harus berhati-hati. Karena pasien pasca stroke mungkin sulit berbicara. Anda harus sangat berhati-hati. mengurangi stres. beberapa ahli pengobatan alternatif mengklaim dapat merehabilitasi penderita pasca stroke menjadi normal kembali. Secara ilmiah. sumber: majalahkesehatan. melancarkan sirkulasi. Namun. tekanan darah dan denyut jantung. Namun. Dalam pengobatan modern. kecemasan. terapi wicara dan terapi kerja. penelitian terhadap 102 pasien pasca-stroke oleh Hong Kong Polytechnic University dan Wong Chuk Hang Hospital menemukan bahwa pasien yang dipijat selama 10 menit sebelum tidur selama tujuh malam mengalami penurunan rasa sakit. jadi tidak ada salahnya bila Anda meningkatkan kualitas hidup penderita stroke yang Anda cintai dengan pemijatan. Beberapa bagian tubuh yang tidak lagi lentur juga dapat terasa sakit bila dipijat. yang pasti adalah pijat secara umum membantu kita lebih rileks. khususnya anti nyeri dan depresi. dan mengurangi rasa sakit. Para ahli medis bersilang pendapat mengenai manfaatnya. Namun. Pada tahun 2004. Pijat dapat merangsang penggumpalan/plak arteri.com . Kehati-hatian Rehabilitasi stroke seringkali membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. memang belum ada bukti yang solid mengenai efek langsung pijat pada pasien pasca stroke.Rehabilitasi penderita stroke biasanya melibatkan terapi fisik.

Berusaha menstabilkan tanda-tanda vital dengan : a. oksigenasi.Mempertahankan saluran nafas yang paten yaitu lakukan pengisapan lendiryang sering.Rontgen kepala dan medula spinalis 2. termasuk usaha memperbaiki hipotensi dan hipertensi.Elektro encephalografi 3.Magnetic Resonance Imaging Penatalaksanaan Stroke Untuk mengobati keadaan akut perlu diperhatikan faktor-faktor kritis sebagai berikut 1. Scan) 6.penatalaksanaan stroke Pemeriksaan Diagnostik 1. kalau perlu lakukan trakeostomi.Computerized Tomografi Scanning ( CT.Angiografi 5. .Mengontrol tekanan darah berdasarkan kondisi pasien.Punksi lumbal 4. b. membantu pernafasan.

sedapat mungkin jangan memakai kateter. 2.1.Menempatkan pasien dalam posisi yang tepat. 3. aminophilin. harus dilakukan secepat mungkin pasien harus dirubah posisi tiap 2 jam dan dilakukan latihan-latihan gerak pasif.Vasodilator meningkatkan aliran darah serebral ( ADS ) secara percobaan. 2. tetapi maknanya :pada tubuh manusia belum dapat dibuktikan. asetazolamid. 2.Pengobatan Pembedahan Tujuan utama adalah memperbaiki aliran darah serebral : 1.Dapat diberikan histamin.Merawat kandung kemih.Revaskularisasi terutama merupakan tindakan pembedahan dan manfaatnya paling dirasakan oleh pasien TIA. .Anti agregasi thrombosis seperti aspirin digunakan untuk menghambat reaksi pelepasan agregasi thrombosis yang terjadi sesudah ulserasi alteroma. yaitu dengan membuka arteri karotis di leher. 3.Endosterektomi karotis membentuk kembali arteri karotis . Pengobatan Konservatif 1.Berusaha menemukan dan memperbaiki aritmia jantung. papaverin intra arterial. 3. 2.

komplikasi ini dapat dikelompokan berdasarkan: 1.Aktivitas/istirahat : Klien akan mengalami kesulitan aktivitas akibat kelemahan.Berhubungan dengan paralisis: nyeri pada daerah punggung.Sirkulasi .Hidrocephalus Pengkajian Data Dasar 1.Berhubungan dengan immobilisasi . nyeri pada daerah tertekan. dan susah tidur. deformitas dan terjatuh 3. infeksi pernafasan. 4. Komplikasi Setelah mengalami stroke pasien mungkin akan mengalmi komplikasi . dislokasi sendi. konstipasi dan thromboflebitis.Ugasi arteri karotis komunis di leher khususnya pada aneurisma.3. hilangnya rasa. hemiplegi. paralisis. 2.Berhubungan dengan kerusakan otak : epilepsi dansakit kepala. 2. mudah lelah.Evaluasi bekuan darah dilakukan pada stroke akut 4.

Misalnya inkoontinentia urine. daya sensori hilang.Eliminasi Perubahan kebiasaan Bab. Hilangnya daya sensori pada bagian yang berlawanan dibagian ekstremitas dan kadang-kadang pada sisi yang sama di muka.Nyaman/nyeri . dan intrakranial. MCI. katup jantung. 4. respon yang tak tepat. lapang pandang menyempit. gangguan penglihatan. distensi abdomen. di lidah.Neuro Sensori Pusing. 5. sinkope.Makanan/caitan : Nausea. 7. dan Bak. kabur. Dan hipertensi arterial. mudah marah. polisitemia.Integritas Ego. distensi kandung kemih. pipi. suara usus menghilang. kesulitan untuk mengekspresikan diri. CHF. Emosi labil. 3. disritmia. Kelemahan dengan berbagai tingkatan. sakit kepala.Adanya riwayat penyakit jantung. tenggorokan. perdarahan sub arachnoid. dyspalopia. dysfagia 6. anuria. vomiting.

Interaksi sosial . 9.Gangguan dalam bicara .Perubahan persepsi dan orientasi .Ketidakmampuan berkomunikasi www.Keamanan .com . perubahan tingkah laku kelemahan.Tidak mampu mengambil keputusan. .ronchi. suara nafas.Tidak mampu menelan sampai ketidakmampuan mengatur kebutuhan nutrisi .Ketidakmampuan menelan. whezing.Sakit kepala. 10.Aspirasi irreguler.Respirasi . .Sensorik motorik menurun atau hilang mudah terjadi injury.infofisioterapi. batuk. melindungi jalan nafas. tegang pada otak/muka 8.

Biasanya serangan ke mulut . emosi. membaca. seperti : lemah di seluruh badan. berbicara. merasa. melihat maupun mendengarkan. mata atau telingga. kolesterol. gejala dan tanda-tandanya sesuai dengan daerah fokal di otak yang terganggu. seperti mulut. kencing manis. merokok maupun adanya riwayat penyakit stroke dari keluarga. berkhayal. seperti : Tekanan darah tinggi. kelumpuhan pada setengah tubuh saja. Penyakit Stroke adalah penyakit yang disebabkan oleh pecahnya atau tersumbatnya aliran darah di otak. nyeri kepala/migrain. Kelumpuhan pada stroke dapat berubah kelumpuhan pada seluruh tubuh. berpikir. Stroke identik dengan cacat di bagian tubuh. penyakit jantung.Pengobatan Sulit Bicara Akibat Stroke Stroke adalah penyakit yang cukup ganas dan mematikan di dunia kesehatan. Gejala-gejala/tanda-tanda stroke itu banyak sekali tergantung oleh bagian mana otak yang terkena stroke/terganggu. tidak sadar atau koma. Ada banyak penyebab stroke yang dapat diketahui maupun ada yang tidak diketahui. tekanan darah rendah. kelumpuhan hanya pada kaki atau tangan bahkan kelumpuhan pada panca indera. Membahas mengenai serangan stroke ke otak terutama di bagian berbicara/mulut paling sering dialami oleh penderita stroke setelah kelumpuhan di kaki dan tangan. Stroke secara medis yang merupakan serangan ke otak. kegemukan. Padahal kita tahu bahwa otak merupakan organ yang paling penting peranannya karena otak berperan penting dalam mengkoordinasi kegiatan bergerak. berhitung. kesemutan/kebas di bagian badan. menulis. Sedikit menyinggung mengenai penyakit stroke. sulit berbicara. timbul secara mendadak dalam beberapa detik atau beberapa jam.

suara tidak bisa keluar sampai ada sulit makan maupun minum . Sedangkan Serangan stroke yang berat terhadap mulut menyebabkan tidak bisa berbicara sama sekali. sulit membuka mulut. dan lain-lain. mulut miring. berbicara terbata-bata. Serangan yang ringan berupa sulit berbicara namun masih dapat berbicara. berbicara cadel/tidak jelas maupun yang bisa menyebabkan gugup dalam berbicara.dapat berupa serangan yang ringan sampai yang berat. tata bahasa yang berantakan.