ETIKA PROFESI

Pengertian Etika, Profesi , Profesionalisme & Kode Etik

Pertemuan ke – 1&2

Erma Sulistyo Rini, SE.,M.Mkom.

TUJUAN:

Mahasiswa dapat menganalisa nilainilai, norma , etika dan hukum dalam bidang teknologi informasi

Pengertian :

Nilai Ukuran untuk menentukan apakah sesuatu hal baik atau buruk, benar atau salah, sesuai atau tidak sesuai dsb

Norma
Aturan yang diberlakukan untuk mengatur tingkah laku seseorang dalam kehidupannya.

Hukum

Himpunan peraturan yang dibuat oleh yang berwenang
dengan tujuan untuk mengatur tata kehidupan bermasyarakat yang mempunyai ciri memerintah dan melarang serta mempunyai sifat memaksa dengan

menjatuhkan sanksi hukuman bagi yang melanggarnya.

Himpunan adalah kumpulan dari objek – objek tertentu yang mencakup dalam satu kesatuan dengan keterangan yang jelas

ETIKA

Kata Etik atau Etika berasal dari bahasa Yunani, yaitu ethos  Artinya Karakter, Watak Kesusilaan atau Adat.
Ilmu Psikologi, karakter adalah sistem keyakinan dan kebiasaan yang mengarahkan tindakan individu, terjadi tanpa ada lagi proses pemikiran karena hal ini sudah tertanan dalam pikiran, sehingga jika pengetahuan karakter individu tersebut diketahui maka dapat diketahui bagaimana individu tersebut bersikap Lalu darimana dan bagaimana karakter ini muncul atau di dapatkan/peroleh? • Faktor Keturunan • Faktor Lingkungan • Faktor Kebiasaan

Bahasa karakter adalah tabiat atau kebiasaan. Karakter adalah kualitas yang dimiliki seseorang yang membedakannya dengan orang lain. Kualitas ini tidak muncul dengan sendirinya dalam diri seseorang tersebut.

contoh, jika seseorang dilahirkan, dibesarkan dan diajarkan kebiasaan yang baik maka umumnya ia akan memiliki karakter yang baik atau konsep dirinya bagus atau bisa dikatakan bahwa kehidupannya akan terus baik dan semakin membahagiakan. Dan Sebaliknya, hal ini disebabkan karena setiap diri individu memiliki sistem kepercayaan (belief system), citra diri (self-image), dan kebiasaan (habit)

yg menentukan sikap manusia dlm menghadapi suatu situasi Atau Watak berasal dari bawaan sejak lahir. dimana ketika personal itu dilahirkan maka dia telah memiliki satu watak atau suatu sikap yang mendasar yang ada pada dirinya Contohnya Pemarah/ Penolong. memandu. dan membiasakan seseorang atau sekelompok orang untuk hidup sesuai dengan norma atau nilai-nilai yang berlaku di masyarakat . yg bisa bawaan lahir atau di/terbentuk sejak kecil. mengarahkan. Kesusilaan atau Adat adalah membimbing.Watak adalah kondisi kejiwaan.

......   Etika adalah refleksi dari apa yang disebut dengan “Self Control” karena segala sesuatu dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan sosial (Profesi) itu sendiri Etika profesi dalam hal ini jelas sangat diperlukan disatu sisi untuk menjaga martabat dan kehormatan profesi... dan disisi lain melindungi masyarakat dari segala bentuk penyimpangan dan penyalahgunaan keahlian .Konsep Etika Lanjutan .

Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia  Sebagai subyek etika berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu atau kelompok untuk menilai apakah tindakan yang dikerjakan itu baik/buruk dan benar /salah  .

norma agama dan norma sopan santun Norma Hukum berasal dari Hukum dan Perundang – undangan Norma Moral berasal Suara Batin dan Etika Norma Agama berasal dari Ajaran Agama Norma Sopan Santun berasal dari kehidupan sehari hari .norma moral.ETIKA & NORMA      Norma dibagi lagi menjadi norma hukum.

....ETIKA & ESTETIKA Lanjutan.. Estetika adalah suatu ilmu yang memberikan suatu penilaian tetang keindahan  Misalnya perbuatan atau tindakan yang dilakukan seseorang itu terpuji atau tidak terpuji  ...

Menyangkut atau berhubungan dengan prilaku manusia. istilah tersebut digunakan atau dipakai untuk manusia . apa yang tidak boleh dilakukan oleh manusia .Misalnya apa yang boleh dilakukan.Etika Vs Etiket Etika (ethics) Etiket (Etiquette) “ Sopan Santun “ Persamaan : . artinya memberi norma terhadap prilaku manusia .Oleh karena sifatnya normatif maka kedua istilah tersebut sering dicampur adukan .Keduanya mengatur prilaku manusia secara normatif.

formalitas(lahiriah). harus dikembalikan walaupun pemiliknya sudah lupa Etiket .. .. .Lanjutan.Menyakut cara melakukan perbuatan manusia. tampak dari sikap luarnya penuh dengan sopan santun dankebaikan. Perbedaan Etika .Tidak terbatas hanya dalam cara melakukan sebuah perbuatan tetapi memberi norma dalam perbuatan itu sendiri .Selalu berlaku walaupun diluar pergaulan artinya tidak ada orang lain misalnya meminjan barang..Niat.Hanya berlaku untuk pergaulan .  menunjukan cara yang tepat atau cara yang diharapkan oleh suatu kalangan tertentu . apakah perbuatan itu boleh dilakukan atau tidak pertim bangannya niat baik atau buruk sebagai akibatnya.

Memandang manusia dari segi segi lahir dan bathin Misalnya lahirnya saja seorang pencuri atau penipu yang memiliki etiket artinya dia memiliki sopan santun dan bertutur sapa baik tetapi dia melakukan pencurian atau pengrusakan .Bersifat Absolut perintah seperti “ jangan berbohong “..Memandang manusia dari . “ jangan mencuri ” merupakan prinsip etika yang tidak bisa ditawar – tawar -Sifatnya Relatif artinya. dianggap tidak sopan dalam sebuah kebudayaan bisa saja dianggap sopan bagi kebudayaan yang lain .

Etika & Ajaran Moral      Etika perlu dibedakan dari moral “Kenapa”merupakan cabang filsafat yang berbicara tentang praxis (tindakan) manusia. tentang apa yang bernilai dan apa yang menjadi kewajiban manusia. Sedangkan Etika merupaka ilmu tentang norma. nilai dan mereflesikan ajaran moral artinya tidak hanya melaporkan pandangan moral tetapi menyelidiki bagaimana pandangan moral yang . etika tidak mempersoalkan keadaan manusia melainkan mempersoalkan bagaimana manusia harus bertindak dan tindakan manusia itu ditentukan oleh bermacam – macam norma Ajaran moral memuat pandangan tentang nilai dan norma moral yang terdapat dalam sekelompok manusia Ajaran moral mengajarkan bagaimana manusia atau orang harus hidup.

.

.

.

.

PROFESI .

PROFESI    Profesi berasal dari bahasa latin "Proffesio" yang mempunyai dua pengertian yaitu janji/ikrar dan pekerjaan. . Dalam arti luas: kegiatan "apa saja" dan "siapa saja" untuk memperoleh nafkah yang dilakukan dengan suatu keah-lian tertentu Dalam arti sempit profesi berarti kegiatan yang dijalankan berdasarkan keahlian tertentu yang dicapai melalui penguasaan dan pengetahuan yang luas dan sekaligus dituntut daripadanya pelaksanaan norma-norma sosial dengan baik.

.. . .Lanjutan.

. .Lanjutan.. ..

Mementingkan layanan di atas keuntungan pribadi. Menjanjikan karir hidup dan keanggotaan yang permanen. 4. Menggeluti suatu batang tubuh ilmu yang khusus 3. 8. Memerlukan persiapan profesional yang alam dan bukan sekedar latihan. Mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat. Memerlukan latihan dalam jabatan yang berkesinambungan. Melibatkan kegiatan intelektual 2.Syarat Suatu Profesi 1. 7. 6. Menentukan standarnya sendiri. . 5. dalam hal ini adalah kode etik.

.

Ciri-ciri profesionalisme:  Punya ketrampilan yang tinggi dalam suatu bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang tadi  Punya ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka di dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan .PROFESIONALIS ME Biasanya dipahami sebagai suatu kualitas yang wajib dipunyai oleh setiap eksekutif yang baik.

namun cermat dalam memilih yang terbaik bagi diri dan perkembangan pribadinya  .Punya sikap berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya  Punya sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain.

ETIKA PROFESI  Etika Profesi adalah aturan yang dijalankan untuk menjalankan profesinya secara profesional (memiliki profesionalisme). .

. Prinsip ini menuntut kita untuk memberikan kepada siapa saja apa yang menjadi haknya. ● Otonomi. Prinsip ini menuntut agar setiap kaum profesional memiliki dan di beri kebebasan dalam menjalankan profesinya. ● Keadilan.Prinsip Etika Profesi ● Tanggung jawab – Terhadap pelaksanaan pekerjaan itu dan terhadap hasilnya. – Terhadap dampak dari profesi itu untuk kehidupan orang lain atau masyarakat pada umumnya.

yakni mengenai nilai dan perilaku manusia sebagai suatu fakta yang terkait dengan situasi dan realitas yang membudaya. .Jenis Etika 1. Etika Normatif  Adalah Etika yang menetapkan berbagai sikap dan perilaku yang ideal dan seharusnya dimiliki oleh manusia atau apa yang seharusnya dijalankan oleh manusia dantindakan apa yang bernilai dalam hidup ini. 2. Etika deskriptif  Adalah etika yang berbicara mengenai fakta secara apa adanya.

Jangan mengintip file orang lain. Jangan menggunakan atau menyalin perangkat lunak yang belum kamu bayar. Gunakanlah komputer dengan cara yang menunjukkan tenggang rasa dan rasa penghargaan. Jangan mengambil hasil intelektual orang lain untuk diri kamu sendiri. Pikirkanlah mengenai akibat sosial dari program yang kamu tulis.Sepuluh Perintah untuk Etika Komputer Dari Institut Etika Komputer           Jangan menggunakan komputer untuk membahayakan orang lain. Jangan mencampuri pekerjaan komputer orang lain. Jangan menggunakan komputer untuk bersaksi dusta. Jangan menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa otorisasi. Jangan menggunakan komputer untuk mencuri. .

8 (POKOK-POKOK KEPEGAWAIAN). . yaitu norma atau azas yang diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku sehari-hari di masyarakat maupun di tempat kerja. keputusan atau suatu kesepakatan suatu organisasi. ● Kode etik . Kode juga dapat berarti kumpulan peraturan yang sistematis. ● MENURUT UU NO. misalnya untuk menjamin suatu berita.Definis Kode Etik Profesi ● Kode. yaitu tanda-tanda atau simbol-simbol yang berupa kata-kata. tulisan atau benda yang disepakati untuk maksudmaksud tertentu.

Kode etik merupakan suatu bentuk persetujuan bersama. Kode etik merupakan serangkaian ketentuan dan peraturan yang disepakati bersama guna mengatur tingkah laku para anggota organisasi. atau sikap akhlak yang ditetapkan bersama dan ditaati bersama oleh para anggota. . yang timbul secara murni dari diri pribada para anggota.KODE ETIK    Kode Etik merupakan aturan-aturan susila. yang tergabung dalam suatu kumpulan atau organisasi (organisasi profesi).

 . apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional serta perbuatan apa yang harus dilakukan dan yang harus dihindari oleh profesional  Salah satu contoh kode etik yang sering anda dengan misalnya kode jurnalistik.Kode etik merupakan nilai atau aturan profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik . kode etik hacker. dll.

SIFAT KODE ETIK PROFESIONAL Sifat dan orientasi kode etik hendaknya: 1. . Jelas dan Konsisten. Sederhana. 5. dan 8. Komprehensif dan Lengkap. 7. Positif dalam Formulasinya. 4. 3. 6. Praktis dan Dapat Dilaksanakan. 2. Dapat Diterima. Masuk Akal. Singkat.

. Masyarakat. 2. dan 6. Rekan. 4. Nasabah/Pemakai. 5. Profesi. Badan. Negara. 3.Orientasi Kode Etik hendaknya ditujukan kepada: 1.

. .Peranan Etika dalam Profesi ● Etika milik setiap kelompok masyarakat ● Masyarakat Profesional ● Para anggota profesi yang tidak didasarkan pada nilai-nilai pergaulan yang telah disepakati bersama.

. dalam diri para profesional tersebut ada kesadaran kuat untuk mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi pada masyarakat yang memerlukan ...  Sebuah profesi akan mendapat kepercayaan dari masyarakat jika..Lanjutan..

.

.

.

.

.

.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful