PEMROGRAMAN C/C

++
Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa memengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.

Daftar Isi
Daftar isi

1 Daftar Isi

o o o o o o

1.1 Pengenalan Bahasa C 1.2 Perbedaaan Bahasa C dan Bahasa C++ 1.3 Pustaka Dalam Bahasa C 1.4 Dasar Operasi dalam Bahasa C 1.5 Pengelolaan Memori dalam C 1.6 Pendeklarasian Variabel dalam C

Pengenalan Bahasa C
1. Mengapa Belajar Bahasa Pemrograman C 2. Ciri Khas Bahasa C

Perbedaaan Bahasa C dan Bahasa C++
Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam susubmasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.

Pustaka Dalam Bahasa C
Pada pustaka c++ telah dimasukkan pustaka bahasa c yang memiliki definisi sama dengan struktur file header yang sama pula dengan beberapa perbedaan.   cassert (assert.h) ctype (type.h)

Operand dan Operator 2. Operasi Output 5.h) csetjmp (setjmp. Perulangan 8.h) cstdarg (stdarg.h) cstdio (stdio. Alokasi Memori Otomatis 3. Operasi Aritmetika 3. Alokasi Memori Statis 2.h) csignal (signal. Prosedur dan Fungsi Pengelolaan Memori dalam C 1. Alokasi Memori Dinamis Pendeklarasian Variabel dalam C Deklarasi Variabel dalam bahasa C ada beberapa tipe yakni tipe float atau bilangan desimal.h) clocale (locale.h) cstring (string. Keadaan Bersyarat 7.h) cfloat (float.h) cstddef (stddef.h) cstdlib(stdlib. tipe integer atau bilangan bulat.              cerrno (errno.h) ctime Dasar Operasi dalam Bahasa C 1. Operasi Bitwise 6. Array 9.h) cisoi646 (iso646.tipe void untuk yang netral dsb . Pointer 10.h) cmath (math.h) climits (limits. Operasi Input 4.

|=) [sunting]Assignment (=) Tanda Sama Dengan Operator sama dengan berfungsi menugaskan atau memberikan sebuah nilai pada suatu variabel. &=. *.* dan sebagainya.<. contoh: int a = 4. %) o  2. <<=.>. -. /. [sunting]Operator Aritmatika (+. %=.Pemrograman C/Operand dan Operator Dari Wikibuku Indonesia. %) Simbol Operator + Penjumlahan - Pengurangan * Perkalian . >>=. ^=. *. -=. Simbol yang digunakan bukan karakter yang ada dalam abjad tapi ada pada keyboard kita seperti =. /. *=. /=. sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia < Pemrograman C Operand adalah sebuah objek yang ada pada operasi matematika yang dapat digunakan untuk melakukan operasi. Operand atau operator dalam bahasa C berbentuk simbol bukan berbentuk keyword atau kata yang biasa ada di bahasa pemrograman lain.1 Modulo pada tipe data float 3 Compound assignment (+=. Untuk itu mari kita bahas satu persatu Daftar isi [sembunyikan]   1 Assignment (=) Tanda Sama Dengan 2 Operator Aritmatika (+. -.

^=. [sunting]Modulo pada tipe data float Ketika kita mencoba mencari hasil dari sisa pembagian dari dua bilangan bertipe float atau desimal akan terjadi error dalam kompiler. <<=. &=. bilangan pertama dibagi dengan bilangan kedua dan sisanya bertipe data integer.float (hasil*b). c. float a. c = a%c. langkah kedua. b.5/3)=(3). digunakan untuk memperpendek suatu ekspresi dari suatu operasi dalam program. -=. int hasil = int (a/b). langkah pertama. Contoh 10%3 =1. %=.5 [sunting]Compound assignment (+=. float a. karena 10 jika dibagi dengan 3 menghasilkan sisa 1. *=. Untuk mencari modulo atau modulus pada tipe data float harus dilakukan secara manual atau tanpa menggunakan keyword atau operator yang ada dalam bahasa c. b./ Pembagian % Modulo Modulo digunakan untuk mencari hasil dari sisa pembagian.float (3*3) sisa = 1. >>=. Seperti potongan kode berikut ini. sehingga sisa hasil pembagian dianggap tidak ada contoh (10. Ekspresi Bentuk Lain a+=3 a=a+3 a-=3 a=a-3 a*=3 a=a*3 .5 . /=. sisa = 10. |=) Compound assigment adalah kombinasi dari assigment operator (operator sama dengan). c. kita mencari sisa dari pembagian tersebut dengan cara bilangan pertama dikurangi dengan hasil pembagian bulat dari kedua angka dikali dengan bilangan kedua. float c = a .

a/=3 a = a /3 a%=3 a=a%3 a>>=3 a = a >> 3 a<<=3 a = a << 3 a&=3 a=a&3 a^=3 a=a^3 =3 3 .

. dan dengan prinsip yang ada di bitwise tempat yang digunakan hanya 13 bit karena data A dan data B dibuat untuk saling berbagi dan menggunakan tempat yang sama. kita bebas saja menggunakan memori yang tersedia karena zaman sekarang semua perangkat telah canggih dengan persediaan memori yang berlimpah. Bitwise dapat memanipulasi satuan terkecil yang dapat digunakan untuk memperkecil memori yang digunakan sehingga program dapat berjalan lebih cepat. Sebagai gambaran jika kita biasa menggunakan 13 bit untuk data A dan 5 bit untuk data B maka jumlah yang diperlukan adalah 18 bit. sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia < Pemrograman C Jika kita berbicara tentang Bitwise berarti kita berbicara tentang bit yaitu satuan terkecil dalam dunia komputer yang disimbolkan dengan 1 dan 0.Pemrograman C/Operasi Bitwise Dari Wikibuku Indonesia. inilah salah satu keunggulan bahasa C. Sebenarnya ketika tidak perlu mempelajari secara mendalam tentang bitwise. keefektifan dari sebuah program. [sunting]Mengapa kita perlu belajar Bitwise dan apa kegunaannya? Bitwise sangat penting jika kita berbicara hal seperti sistem kompresi data.

atau gagasan yang dijalankan berdasarkan syarat-syarat yang telah ditentukan. Pada Bahasa C terdapat tiga macam keadaan bersyarat atau dalam istilah lain disebut sebagai percabangan. yaitu if-else. else-if dan switch-case. . sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia < Pemrograman C Keadaan bersyarat dalam ilmu komputer adalah kumpulan pernyataan. ekspresi.Pemrograman C/Keadaan Bersyarat Dari Wikibuku Indonesia.

while-do : menggunakan nilai awal. dan do-while. pola perulangan. disinilah perulangan sangat berguna. [sunting]Perbedaan for. Tuliskan "Ini adalah Perulangan" sebanyak 100 kali. mengefisiensikan pekerjaan kita. kondisi akhir. Contoh perulangan dikehidupan nyata. Perulangan dipakai ketika kita dihadapkan pada suatu masalah dalam jumlah besar yang membutuhkan penyelesaian terkadang sama dengan pola yang telah kita ketahui. dan do-while Ketiga jenis perulangan ini memiliki cara kerja yang berbeda namun bisa digunakan menyelesaikan kasus yang sama dengan proses dan karakteristik mereka masing-masing. nilai akhir. while-do. Kita lihat ada 100 masalah dengan 100 penyelesaian sama dengan pola yang sama. dan pengecekan kondisi keluar dari perulangan di akhir. dengan menggunakan for. kondisi akhir. sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia < Pemrograman C Perulangan atau dalam istilah lain disebut dengan loop.Pemrograman C/Perulangan Dari Wikibuku Indonesia. while-do. l for : menggunakan nilai awal. pola perulangan. dan pola perulangan do-while : menggunakan nilai awal. . dan pengecekan kondisi keluar dari perulangan di awal. Pada bahasa pemrograman c ada 3 macam perulangan.

Array bermakna sama dengan susunan. tapi belum bermakna sama dengan larik (baris. 5. 3. [sunting]Pendeklarasian tipe_data nama_variabel [indeks]. int array[10]. #include <stdio. deret) karena array lebih fleksibel dari kelihatannya.h> 2. . sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia < Pemrograman C Array (bukan allay) adalah kumpulan dari elemen-elemen (nilai maupun variabel) bertipe data sama yang menempati lokasi memori berdekatan satu dengan yang lainnya. contoh: 1.Pemrograman C/Array Dari Wikibuku Indonesia. leret. 4.

int *pointer 2. pointer dapat mengubah nilai. menampilkan nilai atau menampilkan alamat dari variabel yang disimpannya. int* pointer . sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia < Pemrograman C Pointer (penunjuk) adalah sebuah variabel yang digunakan sebagai penunjuk alamat dari variabel lain. Pointer disini berfungsi menyimpan alamat dari sebuah variabel dan dapat mengakses nilai yang ada di alamat tersebut.Pemrograman C/Pointer Dari Wikibuku Indonesia. [sunting]Pendeklarasian Pointer Pendeklarasian pointer ada 2 macam: 1.

    Menguraikan tugas pemrograman rumit menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana atau kecil. . Memecah program besar menjadi kecil sehingga dapat dikerjakan oleh programmer-programmer atau dipecah menjadi beberapa tahap sehingga mempermudah pengerjaan dalam sebuah projek  Menyembunyikan informasi dari user sehingga mencegah adanya perbuatan iseng seperti memodifikasi atau mengubah program yang kita buat  Meningkatkan kemampuan pelacakan kesalahan. nilai yang diproses akan berubah dan memiliki nilai keluaran.. Beberapa buku membedakan istilah prosedur dan fungsi terutama pada pemrograman pascal. Pada dasarnya setiap prosedur dikenali sebagai fungsi dalam bahasa c karena struktur mereka sama. Sedangkan pada fungsi. nilai hanya diproses didalam prosedur dan kembali kepada keadaan semula ketika keluar dari prosedur. tipe2 argumen2.. . Bisa kita disimpulkan bahwa prosedur itu hanya berisi metode. Letak perbedaan prosedur dan fungsi ada di pengembalian nilai. langkah-langkah atau tahap-tahap penyelesaian masalah sedangkan fungsi adalah berisi metode yang memproses nilai dan mengubah nilai itu sendiri. sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia < Pemrograman C [sunting]Pengertian Prosedur dan fungsi adalah program kecil yang berada dalam program utama yang digunakan untuk menyelesaikan masalah khusus dengan paramater yang diberikan. Pada prosedur nilai yang diproses tidak dikembalikan atau diubah. jika terjadi suatu kesalahan kita tinggal mencari fungsi yang bersangkutan saja dan tak perlu mencari kesalahan tersebut di seluruh program . Dapat menggunakan kode yang ditulis dalam berbagai program yang berbeda.Pemrograman C/Prosedur dan Fungsi Dari Wikibuku Indonesia. Mengurangi duplikasi kode (kode yang sama ditulis berulang-ulang) dalam program. tipe''n'' argumen''n'') /*kode*/ } { [sunting]Keuntungan Memakai Fungsi Ada Beberapa keuntungan ketika kita memakai fungsi dalam program. [sunting]Struktur Fungsi struktur fungsi secara umum tipe nama (tipe1 argumen1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful