P. 1
PPN & PPnBM

PPN & PPnBM

|Views: 39|Likes:
Published by Little Lumut
PPN & PPnBM
PPN & PPnBM

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: Little Lumut on Apr 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPSX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2013

pdf

text

original

Iman Harjono Sisworahardjo

0817 929 1945
Iman H. Sisworahardjo

UU No.18 Tahun 2000
Tentang Pengenaan PPN dan PPnBM atas BKP dan JKP yang dikonsumsi di dalam negeri

1

BARANG KENA PAJAK & JASA KENA PAJAK (BKP & JKP) • Pajak yang dikenakan sebesar 10% atas BKP dan JKP yang dikonsumsi di dalam negeri • Sedangkan yang tidak dikonsumsi didalam negeri atau di EKSPOR akan dikenakan pajak sebesar 0%. Sisworahardjo 2 . • Pajak ini dikenakan dan dipungut beberapa kali pada berbagai mata rantai jalur perusahaan Iman H.

menyalurkan dan memperdagangkan barang atau pemberian pelayanan jasa kepada konsumen. Penyerahan atau IMPOR barang yang tergolong mewah selain dipungut PPN juga dikenakan PPnBM dan hanya SATU KALI dipungut pada tingkatan PABRIKAN atau waktu IMPOR BARANG 3 Iman H. menghasilkan.PPN timbul karena digunakannya faktor faktor produksi dalam setiap perusahaan sewaktu menyiapkan. Sisworahardjo .

Sisworahardjo Surat Setoran Pajak Kantor Pelayanan Pajak Kas Negara/Bank 4 .Mekanisme Dasar PPN PT.X PEMBELIAN PENJUALAN Faktur Pajak Faktur Pajak Harga Beli = 100 jt PPN Masukan = 10 jt Jumlah = 110 jt Pajak Keluaran Pajak Masukan Kurang Bayar Harga Jual = 160 jt PPN Keluaran = 16 jt Jumlah = 176 jt = 16 jt = 10 jt = 6 jt Iman H.

Mekanisme atas Penyerahan Tidak Terutang PPN PT. Sisworahardjo SPT Nihil PM tidak dapat dikreditkan Kantor Pelayanan Pajak 5 .X PEMBELIAN PENJUALAN Tidak Terutang PPN / Non BKP / Non JKP Faktur Pajak Invoice Harga Beli = 100 jt PPN Masukan = 10 jt Jumlah = 110 jt Pajak Keluaran Pajak Masukan Kurang Bayar Harga Jual = 160 jt PPN Keluaran = 0 jt Jumlah = 160 jt = 0 jt = 0 jt = 0 jt Iman H.

Sisworahardjo 6 .Iman H.

Nilai Ekspor yang ditetapkan keputusan menteri keuangan sebagai dasar penghitungan pajak terutang • bukti pungutan pajak yang dibuat oleh PKPyang melakukan penyerahan BKP atau JKP 7 Iman H. Sisworahardjo FAKTUR PAJAK .DASAR PENGENAAN PAJAK (DPP) • jumlah harga jual penggantian atau Nilai Impor.

PAJAK MASUKAN (PM) PPN yang seharusnya sudah dibayar oleh PKP karena perolehan BKP dan atau penerimaan JKP dan atau Impor BKP PAJAK KELUARAN (PK) PPN yang wajib dipungut oleh PKP yang melakukan penyerahan BKP dan atau penyerahan JKP dan atau Ekspor BKP Iman H. Sisworahardjo 8 .

Sisworahardjo OBJEK PPN 9 .Iman H.

Iman H. Sisworahardjo SUBJEK PPN 10 .

Sisworahardjo • Penyerahan BKP dari pusat ke cabang atau sebaliknya dan penyerahan BKP antar cabang dalam hal PKP memperoleh ijin pemusatan tempat pajak terutang 11 .PENGECUALIAN OBJEK PPN • Barang hasil pertambangan atau hasil pengeboran yang diambil langsung dari sumbernya. emas batangan dan surat berharga • Penyerahan BKP kepada makelar sebagaimana UU Hukum Dagang • Penyerahan BKP untuk jaminan hutang piutang Iman H. • Barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh rakyat banyak • Uang.

Sisworahardjo 12 .PENGECUALIAN SUBJEK PPN • Pengusaha yang termasuk Pengusaha Kecil dan memenuhi kriteria tertentu : • Peredaran bruto pertahun lebih kecil atau sama dengan Rp 240 juta . atau untuk JKP dengan peredaran bruto lebih kecil atau sama dengan Rp 120 juta • Pedagang Eceran yang tidak memenuhi sebagai PKP Iman H.

DASAR PENGENAAN PAJAK (DPP)     HARGA JUAL . UNTUK IMPOR BKP NILAI EKSPOR . UNTUK PENYERAHAN BKP PENGGANTIAN . Sisworahardjo 13 . UNTUK EKSPOR BKP Iman H.UNTUK PENYERAHAN JKP NILAI IMPOR .

KREDIT PPN MASA   PM yang telah dibayar oleh PKP pada saat perolehan atau impor BKP atas penerimaan JKP dapat dikreditkan dengan PK yang dipungut PKP pada saat menyerahkan BKP atau JKP Ketentuan tentang pengkreditan PM adalah :    Syarat utamanya ada Faktur Pajak Dilakukan pada Masa Pajak yang sama Paling lambat dilakukan 3 bulan setelah masa pajak dengan syarat belum dibiaya-kan dan atau belum ada pemeriksaan Iman H. Sisworahardjo 14 .

maka penyerahan dan atau impor barang berwujud yang tergolong mewah.PPnBM  Dikenakan dalam rangka keseimbangan pembebanan pajak antara masyarakat dengan penghasilan tinggi dan masyarakat penghasilan rendah serta dalam upaya mengendalikan pola konsumsi yang tidak produktif. Sisworahardjo 15 . Iman H. selain dikenakan PPN juga dikenakan PPnBM yang hanya dipungut pada sumbernya yaitu pabrikan atau saat impor.

OBJEK & SUBJEK PPnBM   OBJEK = penyerahan dan atau impor barang berwujud yang tergolong mewah SUBJEK = PKP yang menghasilkan BKP tergolong mewah didalam daerah Pabean dalam lingkungan perusahaannya dan PKP yang melakukan impor barang mewah Iman H. Sisworahardjo 16 .

SAAT TERUTANG PPnBM  PPnBM dikenakan HANYA SATU KALI SAJA . Sisworahardjo 17 . yaitu pada saat penyerahan BKP yang tergolong mewah oleh pengusaha yang menghasilkan BKP tersebut atau pada saat impor BKP yang tergolong mewah. Iman H.

Sisworahardjo 18 .   Iman H.TARIF PPnBM  Serendah rendahnya 10% dan setinggi tingginya 75% Atas ekspor BKP yang tergolong mewah dikenakan pajak dengan tarif 0% (Nol Persen) Kelompok tarif PPnBM ditetapkan oleh Peraturan Pemerintah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->