P. 1
Zat Makanan Yang Diperlukan Tubuh

Zat Makanan Yang Diperlukan Tubuh

|Views: 15|Likes:
Published by Meli Aprilah SP

More info:

Published by: Meli Aprilah SP on Apr 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/21/2014

pdf

text

original

Zat Makanan Yang Diperlukan Tubuh Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan

tubuh. Berikut zat-zat yang diperlukan tubuh : 1. Karbohidrat, berfungdi sebagai sumber tenaga bagi tubuh. Karbohidrat tersusun dari unsur-unsur karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). karbohidrat merupakan sumber kalori utama bagi tubuh kita karena 80% dari kalori yang diperlukan tubuh manusia berasal dari karbohidrat. Setiap satu gram karbohidrat menagndung 4,1 kalori. Contoh karbohidrat : Beras, jagung, teregu, mie, gandum, sereal, umbi-umbian, gula dan sebagainya. Selain sumber energi, karbohidrat juga berfungsi : Menjaga keseimbangan asam basa didalam tubuh. Berperan penting dalam proses metabolisme didalam tubuh. Pembentukan struktur sel dengan mengikat protein dan lemak.

Jika seseorang kekurangan karbohidat dalam makanannya, maka tubuhnya menjadi lemah dan kurus. Akibatnya, daya tahan tubuh terhadap penyakit berkurang. Kebutuhan karbihidrat untuk setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin dan aktivitasnya. 2. Lemak, berfungsi sebagai sumber energi cadangan. Setiap satu gram lemak meghasilkan 9,3 kalori. Lemak tersusun atas unsur-unsur karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). komponen lemak adalah asam lemak dan gliserol. Lemak yang kita makan bisa berasal dari hewan (lemak hewani) atau tumbuhan (lemak nabati). Bahan makanan yang mengandung lemak hewani antara lain daging, telur, susu, ikan segar, keju dan mentega. Bahan yang mengandung lemak nabati antara lain kelapa, kemiri, buah alfukat, buah durian, biji, bunga matahari, kacang tanah, dan kacang-kacangan dan sebagainya.

Umumnya, makanan yang mengandung lemak hewani banyak mengandung lemak jenuh dan kolestrol. Sementara itu, makanan yang mengandung lemak nabati mengandung lemak tak jenuh dan tidak mengandung kolestrol. Selain sebagai sumber energi, lemak juga memiliki fungsi sebagai berikut : Sebagai pelarut beberapa vitamin. Sebagai pelindung terhadap organ dalam tubuh, misalnya ginjal dan jantung. Sebagai pelindung tubuh dari suhu rendah. Sebagai cadangan makanan yang tersimpan dibawah kulit. Sebagai komponen bagian sel tertentu, misalnya membrane sel.

3. Protein, berfungsi untuk pertumbuhan, perkembangan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Protein tersusun dan unsur-unsur karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O) dan Nitrogen (N). beberapa protein tertentu, selain mengandung unsur-unsur tersebut juga mengandung unsur belerang atau sulfur (S) dan Fosfor (P). Protein yang kita makan dapat berasal dari hewan (protein hewani) dan dari tumbuhan (protein nabati). Bahan makanan yang mengandung protein hewani antara lain daging, ikan, telur, susu, dan keju. Bahan makanan yang mengandung protein nabati adalah kacang kedelai (tempe, tahu), kacang hijau dan kacangkacangan lainnya. Faktor yang mempengaruhi kebutuhan protein antara lain usia, berat badan, jenis kelamin, kondisi tubuh, protein juga berfungsi sebagai berikut : Sebagai penghasil energi, meskipun bukan sebagai energi utama. Membuat substansi penting, misalnya enzim dan hormone yang membantu proses metabolisme tubuh. Menjaga keseimbangan asam basa dalm tubuh.

4. Mineral, berfungsi sebagai zat pengatur proses-proses dalam tubuh. Berikut beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh : Yodium, berfungsi mencegah penyakit gondok.. Zat besi, berfungsi membentuk sel-sel darah merah mencegah anemia.

-

Kalsium, berfungsi pembentukan tulang dan gigi.

Mineral tidak menghasilkan energi. Meskipun secara umum mineral bukan merupakan zat pembangun tubuh, tetapi beberapa mineral juga berperan sebagai zat pembangun tubuh karena dapat mempengaruhi pembentukan rangka, misalnya kalsium dan fosfor. Kekurangan salahs atu mineral dalam tubuh dapat menimbulkan penyakit yang disebut defisiensi mineral. Mineral yang diperlukan oleh tubuh manusia antara lain : Kalsium (Ca), fosfor (P), Natrium (Na), Klor (Cl). Yodium (I), Zat besi (Fe), Flor (F), Seng (Zn), Belerang (S) Contoh mineral : Sayuran, buah-buahan, garam dan sebagainya. 5. Vitamin, berfungsi sebagai pengatur dan pelindung tubuh (menjaga kesehatan). Berikut beberapa vitamin yang diperlukan tubuh : Vitamin A, berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan. Contoh: Hati, susu, sayuran hijau dll. Vitamin B, berfungsi mencegah penyakit-penyakit beri-beri. Vitamin C, berfungsi mencegah sariawan, gusi berdarah, dan bibir pecahpecah. Contoh : Kentang, jeruk dll. Vitamin D, berfungsi mencegah penyakit rakhitis dan esteoporosis, membentuk tulang dan gigi. Vitamin E, berfungsi menyuburkan rambut, menghaluskan kulit, dan mencegah kemandulan. Contoh: Susu, kuning telur, tauge, sayuran hijau. Vitamin K, berfungsi membantu proses pembekuan darah. Contoh : Sayuran hijau, kuning telur dan hati. Contoh Vitamin : Sayur, buah-buahan dan sebagainya. Berdasarkan kelarutannya, vitamin dapat dikelompokkan kedalam dua golongan, yaitu vitamin yang larutan dalam air. Vitamin yang larut dalam lemak, yaitu A, D, E, dan K Vitamin yang larut dalam air, yaitu vitamin B dan C

6. Air, berfungsi sebagai berikut : sebagai pelarut reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh. Sebagai pelarut zat-zat sisa yang keluar dari tubuh dalam bentuk larutan. Sebagai pengangkut hasil metabolisme keseluruh tubuh. Mempertahankan suhu tubuh (37C0). Contoh Air : air minum, bahan makanan segar (sayur, dan buah dll)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->