MATERI PENYULUHAN

1. Pengertian Rokok

Rokok adalah hasil olahan tembakau yang terbungkus termasuk cerutu /bentuk lain nya yang di hasilkan dari nicotiana tambacum,nikotiana Rustica, dan spesies lainya yang mengandung NIKOTIN dan TAR atau tampa bahan tambahan

2. Bahaya Rokok

Kerugian yang di timbulkan oleh rokok sangat banyak bagi kesehatan. Tapi sayang nya masih saja banyak orang yang tetap memilih untuk menikmatinya. Dalam asap rokok terdapat 4000 zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan, dua diantara nya adalah nikotin yang bersifat adiktif dan Tar yang bersifat karsinogenik (Bahar ,2002). Racun dan kasinogen yang timbul akibat pembakaran tembakau dapat memicu terjadinya kanker. Pada awalnya rokok mengandung 8-20 mg nikotin dan setelah di bakar nikotin yang masuk kedalam sirkulasi darah hanya 25%. Walaupun demikian jumlah kecil tersebut memiliki waktu hanya 15 detik sampai ke otak manusia . 3. Tipe-Tipe Perokok 1. Sangat berat 2. Berat Mengkonsumsi rokok lebih dari 31 batang sehari Mengkonsumsi rokok sekitar 21-30 batang per hari 3. Sedang Menghabiskan rokok sekitar 11-21 batang per hari

itu sebabnya seseorang bisa merasakan tidak lapar karena merokok  Ammonia Ammonia adalah merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri dari nitrogen dan hydrogen.ter terdapat dalam rokok yang terdir dari ratusan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanke paru-paru.  Tar Bahasa indonesianya disebut ter. Unsure ini dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arang atau karbon. Zat ini sangat tajam baunya dan sangat merangsang. Bahan Kimia Pada Rokok  Karbon Monoksida Karbon Monoksida adalah sejenis gas yang tidak berbau. Gas ini adalah tergolong pengawet dan pembasmi hama. Formaldehyde ini sangat beracun keras terhadap semua organism hidup. Zat ni sejenis cairan kental berwarna coklat tua atau hitam yang diperoleh dengan cara distilasi dari kayu atau arang. Nikotin ini menghalangi kontraksi rasa lapar. racun carbon monoksida akan membuat seseorang gampang cape dan gerogi  Nikotin Nikotin adalah cairan berminyak yang tidak berwarna dan dapat membuat rasa perih yang sangat.  Hydrogen Cianida Hydrogen Cianida adalah sejenis gas yang tidak berwarna. Zat ini sangat beracun.zat ini sangat efisien untuk menghalangi pernapasan.begitu kerasnya racun yang terdapat pada amoniaitu. .4. sehingga kalau disuntikkan sedikitpun ke dalam peredaran darah akan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma. Sedkit saja cianida dimasukkan langsung ke dalam tubuh dapat mengakibatkan kematian  Formaldehyde Formaldehyde adalah sejenis gas yang tidak berwarna dengan bau yang tajam. tidak berbau dan tidak mempunyai rasa. Cianida adalah salah satu zat yang mengandung racun yang sangat berbahaya.

 Methanol Methanol adalah sejenis cairan ringan yang gampang menguap dan mudah terbakar. kerongkongan dan usus) Kanker mulut dan bibir lebih banyak diderita perokok dibanding dengan mereka yang tidak merokok. Penelitian menunjukkan bahwa yang meninggal karna kanker paruparu ini hamper semuanya perokok atau bekas perokok. b. Perokok juga dapat menderita kanker kerongkongan dan usus Karena unsur carsinogenik. bahkan kematian. . Karena penyakit ini terdapat dua kali lebih banyak pada orang-orang perokok dibandingkan pada orang yang tidak merokok.  Penyakit Jantung Penyakit jantung adalah merupaka penyebab kematian yang umum di Negaranegara yang sudah maju. pencernaan yang kurang beres serta nafas yang pendek. Meminum atau mengisap methanol dapat mengakibatkan kebutaan. Kanker mulut. Penyakit Yang Disebabkan Oleh Rokok  Penyakit kanker a.ini disebabkan oleh panas dari asap rokok itu.  Emphysema Salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan rokok alah empisema. kerongkongan berlendir banyak. bibir. dan disebabkan karena adanya ter pada asap rokok yang merupakan zat penyebab kanker. Kanker paru-paru Penyakit kanker paru-paru telah menyebabkan kematian 40.000 orang per tahun di inggris. sering penderita itu batuk-batuk. Emphysema adalah sejeis penyakit paru-paru di mana si penderita sukar bernafas. arsenic dan bengopirene yang terdapat pada rokok. 5.

Masalah Narkotika dan Zat Adiktif Lainnya serta Penanggulangannya.DAFTAR PUSTAKA Armstrong. 1991. Pengaruh Rokok Terhadap Kesehatan . 1996. Jakarta : Arcan Mandagi. Jeanne. Sue. Jakarta : Bina Darma Pemuda Printing .