P. 1
Kondisi Ekonomi 5 Tahun Terakhir

Kondisi Ekonomi 5 Tahun Terakhir

|Views: 854|Likes:
Published by wawasann

More info:

Published by: wawasann on Apr 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2014

pdf

text

original

KONDISI PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN DI INDONESIA 5 TAHUN

TERAKHIR DIKAITKAN DENGAN PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN INDONESIA KONDISI PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN DI INDONESIA 5 TAHUN TERAKHIR DIKAITKAN

DENGANPANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN INDONESIA

2006) dan beberapa sumber serta artikel pendukung yang dimasukkan dalam referensi. Pada artikel Kuncoro & Resosudarmo (2006 : 8) disebutkan bahwa kecenderungan pergantian ini dilakukan adalah karena munculnya persepsi publik tentang kinerja sebelumnya yang kurang efektif dengan berbagai alasan / latar belakangnya. kondisi ini menyebabkan departemen-departemen pemerintah pusat maupun daerah tidak dapat memaksimalkan utilisasi dari anggaran yang telah tersedia . yaitu lambatnya pembayaran / pengeluaran pemerintah berdasarkan anggaran yang direncanakan (ditunjukkan dengan angka pertumbuhan konsumsi pemerintah yang tinggi pada semester awal 2005). publik cenderung menunjukkan sentimen yang positif akan susunan yang baru.LATAR BELAKANG Kondisi perekonomian Indonesia dalam perkembangannya sampai dengan saat ini merupakan gambaran dari suatu proses panjang sebagai sebuah indikator efektivitas dari kinerja pemerintahan saat itu yang dipimpin oleh seorang presiden beserta kabinetnya. Bagaimanapun ada beberapa hal yang disebutkan menjadi penyebab persepsi ini. Terkait dengan kinerja dari tim ekonomi kabinet Susilo Bambang Yudhoyono setelah reshuffle pada awal Desember 2006 kemarin. Dengan mengacu pada artikel jurnal ‘Survey on Recent Development´ (Kuncoro & Resosudarmo. maka diharapkan kajian ini dapat membahas tentang topik yang dipilih sebagai judul paper ini.

peningkatan GDP.48). Berdasarkan informasi tentang Indikator Ekonomi Indonesia (tabel 1) pada halaman berikut dapat dilihat bahwa dibalik angka-angka positif peningkatan total ekspor.846. kurs terhadap dolar AS yang menguat & stabil.11 % yang sangat jauh meninggalkan kisaran 4 – 6 % pada tahun-tahun yang lain. 2006 – 5. . dimana perkembangan yang ada dan telah dicapai dinilai kecil bagi kebutuhan Indonesia akan perbaikan dan ekspansi infrastruktur. Inflasi pada tahun 2005 juga mencatat rekor inflasi tertinggi pada lima tahun terakhir yaitu 17. Hampir sebagian besar indikator ini terlihat mengalami peningkatan termasuk pada GDP Indonesia yang pada tahun 2007 tercatat sebesar Rp. tingkat SBI yang menurun. %). 1. cadangan devisa.Kedua adalah kecenderungan pertumbuhan ekonomi yang rendah dengan tren yang menurun.6 %.7 triliun namun ternyata menjelang pertumbuhannya melambat pada dua tahun terakhir (2005 – 5. dll ada kalanya bahwa angka-angka tersebut belum dapat dijadikan sebuah indikasi penuh dari kinerja ekonomi Indonesia saat ini. IHSG paling tinggi (lima tahun terakhir). Ketiga adalah keputusan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri yang tidak populer & keempat adalah adanya dugaan konflik kepentingan berhubungan dengan Aburizal Bakrie sebagai salah satu menteri anggota kabinet tim ekonomi.

Disebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi ini masih jauh dari berkualitas adalah karena adanya indikasi trickle up effect dalam proses pembangunan di Indonesia dimana terjadi ketimpangan distribusi pendapatan yang semakin lebar (Kuncoro. 2004 – 2007). dalam hal ini kebijakan & upaya pemerintah dalam pendapatan seperti yang digambarkan dalam GDP banyak terkontribusi melalui peningkatan konsumsi pemerintah (lihat grafik 1. 2007).29 pada tahun 2002 menjadi 0. Pertumbuhan ekonomi diharapkan dapat mendorong peningkatan pendapatan per kapita dan distribusi pendapatan.IDENTIFIKASI MASALAH Selama ini pola pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk bercirikan consumption driven growth dibandingkan investment led growth dan kondisi perekonomian Indonesia sebenarnya masih jauh dari berkualitas (Kuncoro.348 pada tahun 2007. dibandingkan hasil dari manfaat pembangunan & keberhasilan pertumbuhan ekonomi khususnya pada sektor-sektor lain yang masih rendah (lihat grafik 2) serta pembangunan seperti pada kawasan timur Indonesia yang masih tertinggal karena sebagian besar terpusat di kawasan barat khususnya di kepulauan Jawa. 2007).35 pada 2006 (Kuncoro. Indonesia berada pada urutan ke 68 dari sekitar 190 an negara berdasarkan informasi CIA World Factbook dengan rasio Gini 0. . 2007). Ketimpangan dapat diukur salah satunya dengan menggunakan Gini Index yang menunjukkan bahwa rasio Gini Indonesia meningkat dari 0.

perkembangan ekonomi dunia ditandai dengan Pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari rata-rata historisnya (di atas 4%). Dengan asumsi perekonomian dunia dan domestik seperti tersebut di atas. kondisi fiskal Indonesia masih terjaga. diperkirakan stabilitas ekonomi makro tetap terkendali. perekonomian Indonesia 2008-2012 diprakirakan akan semakin baik. Prospek perekonomian tersebut didasarkan pada optimisme terjadinya sinergi kebijakan Pemerintah dan Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi makro serta terus membaiknya iklim investasi. Dalam lima tahun terakhir. ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat dan berkualitas serta inflasi yang menurun. terutama karena kenaikan BBM pada 2005. rasio investasi terhadap PDB yang masih lebih rendah dibandingkan sebelum krisis walaupun aliran masuk FDI neto terus meningkat serta rata-rata inflasi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan sebelum krisis. infrastruktur. Pertumbuhan perekonomian dunia dan volume perdagangan dunia periode 2008-2012 diprakirakan akan tetap tinggi sementara harga komoditas migas dan non-migas masih berada pada level di atas rata-rata historis. Dari sisi domestik. Dalam periode yang sama perekonomian domestik juga ditandai dengan akselerasi pertumbuhan ekonomi namun dengan tingkat yang moderat. aliran FDI global yang terus meningkat dan melambungnya harga komoditas minyak serta non-minyak dunia. Kondisi Perkembangan Perekonomian di Indonesia 5 Tahun Terakhir. ketenagakerjaan dan . sehingga menyebabkan tekanan inflasi dunia Meningkat.BAB II PEMBAHASAN I. dan aliran FDI ke Indonesia terus meningkat.

. beberapa bank sentral tampaknya juga mempertimbangkan kondisi stabilitas pasar keuangan dan prospek pertumbuhan ekonomi domestiknya. yang terlihat dari agresivitas penurunan Fed Fund Rate menjadi 3% pada Januari 2008. Namun perkembangan ekonomi dunia yang impresif ini dibayangi dengan melambungnya harga minyak dan nonminyak dunia. Tekanan inflasi dunia yang meningkat seiring dengan harga komoditas yang masih tinggi direspons secara bervariasi oleh bank sentral di beberapa negara. Sebaliknya. Disamping tekanan inflasi. Tingginya pertumbuhan ekonomi dunia tersebut diiringi dengan volume perdagangan dunia yang juga tumbuh lebih tinggi dari tren jangka panjangnya.1.1. produktivitas dan daya saing (sisi penawaran) dalam negeri. Sejalan dengan perkembangan ekonomi dunia tersebut. Perkembangan ini terutama didorong oleh pesatnya pertumbuhan ekonomi di negara berkembang (China dan India) serta kawasan Eropa. Bank sentral Amerika Serikat (The Fed) memberi bobot yang tinggi pada pemulihan krisis di pasar keuangan dan stimulus perekonomian domestik. Perkembangan Ekonomi Dunia dan Indonesia Dinamika perekonomian Indonesia tidak terlepas dari perkembangan ekonomi global dan kawasan serta berbagai kemajuan dalam perbaikan. lebih tinggi dari rata-rata historisnya. bank sentral Uni Eropa (ECB) dan Jepang (BOJ) tampaknya lebih memprioritaskan tekanan inflasi domestik sehingga memilih mempertahankan tingkat bunga. aliran Foreign Direct Investment (FDI) global juga meningkat pesat. Ekonomi dunia telah mampu tumbuh diatas 4% dalam lima tahun terakhir. infrastruktur. iklim investasi. Terus naiknya harga komoditas dan tetap tingginya pertumbuhan ekonomi dunia menyebabkan tekanan inflasi dunia meningkat.

Prakiraan pertumbuhan ekonomi di atas jelas membutuhkan prasyarat kebijakan struktural yang kokoh seperti perbaikan iklim investasi.2. . Sumber pertumbuhan ekonomi ini terutama adalah perbaikan iklim investasi yang akan mendorong masuknya aliran FDI secara signifikan hingga mencapai 1. serta aliran FDI ke Indonesia yang meningkat.5% PDB pada 2012. Dari sisi domestik. Prospek Ekonomi Indonesia 2007-2011 Secara umum. kebijakan moneter dunia dan Indonesia yang relatif stabil.0%. kondisi fiskal Indonesia yang masih mantap. Berbagai kondisi eksternal dan domestik yang kondusif tersebut diprakirakan akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan laju inflasi yang tetap terkendali. dengan asumsi pertumbuhan ekonomi dunia dan volume perdagangan dunia yang tetap tinggi.1. perdagangan intra-regional dalam kawasan ASEAN dan Asia Pasifik diperkirakan masih menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang signifikan dalam jangka menengah. pemberdayaan UMKM. sehingga diharapkan pangsa investasi terus meningkat dan mencapai sekitar 30% PDB pada 2012. Selain itu. kebijakan moneter yang tetap disiplin dalam menjaga stabilitas ekonomi makro serta kebijakan fiskal yang masih bersifat stimulasi akan berperan penting dalam mendukung prospekperekonomian Indonesia dalam jangka menengah. perekonomian Indonesia 5 tahun ke depan diprakirakan akan semakin membaik dan berada dalam kisaran 7. reformasi sektor keuangan dan perbaikan infrastruktur.4-8. harga komoditas migas dan nonmigas yang masih pada level tinggi.

Di sisi domestik. . Namun demikian. Kondisi ini ditunjukkan oleh pertumbuhan ekonomi dunia yang tinggi. II.1. Perkembangan yang impresif ini terutama didorong oleh pesatnya. yang diikuti peningkatan volume perdagangan dunia dan aliran modal antar negara yang terus meningkat. walaupun masih dibayangi oleh rendahnya respon sisi penawaran. yang berarti lebih tinggi dari rata-rata historisnya (3. dan kualitas pertumbuhan ekonomi yang belum baik yang tercermin dari tingginya angka pengangguran dan kemiskinan. ekonomi dunia telah mampu tumbuh diatas 4% per tahun.3 Perkembangan Perekonomian Dunia dan Indonesia Perkembangan ekonomi dunia dalam jangka panjang diharapkan tetap menunjukkan gambaran yang positif walaupun akhir-akhir ini penuh dinamika. Gambaran Perekonomian Dunia Dalam lima tahun terakhir.7% untuk kurun waktu 1970-2006). peran investasi yang relatif rendah. perekonomian Indonesia terus menunjukkan kemajuan. perkembangan positif tersebut dibayangi oleh harga komoditas dunia (migas maupun non migas) yang tetap tinggi dan pasar keuangan dunia yang belum stabil.

dinamika perekonomian Indonesia tetap akan dipengaruhi faktor-faktor dunia tersebut. liberalisasi dalam keempat faktor di atas akan meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Dampak terhadap Kondisi Ketenagakerjaan Liberalisasi dalam perdagangan barang. . jasa. 3. seperti yang misalnya dialami oleh Uni Eropa. Secara teoritis. aliran FDI global yang cukup besar. Dampak pada kondisi ketenagakerjaan ini biasanya menjadi isu yang paling sensitif dalam pembentukan suatu kawasan integrasi ekonomi. seperti pertumbuhan ekonomi dan volume perdagangan dunia yang masih tinggi.III. Gambaran Perekonomian Indonesia Dengan melihat perkembangan konstelasi perekonomian dunia dalam perspektif jangka panjang. karena akan menciptakan kondisi yang mendorong perusahaan untuk mengalokasikan sumbersumber daya secara lebih efisien (dampak alokasi). dan harga komoditas yang tetap tinggi. investasi. dan mobilitas faktor produksi tenaga kerja akan berdampak pada kondisi ketenagakerjaan.1 .

dilihat dan diketahui. paradigm merupakan dasar berpikir kita dalam melihat suatu realitas sehingga mampu memperngaruhi apa yang dipilih. evolusi sosial budaya .1. indistrilisasi. dan tema pemikiran untuk memahami kondisi sejarah dan keadilan social bagi kerangka konsepsi makna realitas sosial. westernisasi. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan 4. Yang dimaksud paradigma dalam konteks ini adalah konstelasi teori. termasuk reformasi sosial-politik-budaya. Bahkan pada masa-masa awal. Pengertian Paradigma Pembangunan Pengertian paradigma pertama kali diperkenalkan oleh Thomas Kuhn untuk melihat perkembangan dan revolusi ilmu pengetahuan. nilai. Beragamnya rumusan ataupun definisi dari pembangunan menimbulkan berbagai interpretasi berbeda dari para ahli.IV. istilah tentang pembangunan selalu dikaitkan dengan modernisasi. pertumbuhan. Artinya. di antara lain : . Berikut beberapa batasan dari para ahli yang dapat menggambarkan bahwa pengertian pembangunan ternyata banyak di ambil dari sudut pandang beragam.

4. sistem ekonomi harus mendasarkan pada dasar moralitas ketuhanan (sila I Pancasila) dan kemanusiaan ( sila II Pancasila). Istilah paradigma makin lama makin berkembang tidak hanya di bidang ilmu pengetahuan. parameter.2. arah. acuan. arah dan tujuan.a Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Ekonomi Sesuai dengan paradigma pancasila dalam pembangunan ekonomi maka sistem dan pembangunan ekonomi berpijak pada nilai moral daripada pancasila. sosial dan ekonomi.2 Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Istilah paradigma pada mulanya dipakai dalam bidang filsafat ilmu pengetahuan. Orang yang pertama kali mengemukakan istilah tersebut menyatakan bahwa ilmu pada waktu tertentu didominasi oleh suatu paradigma. tolok ukur. Menurut Thomas Kuhn. kerangka bertindak. hukum. Paradigma adalah pandangan mendasar dari para ilmuwan tentang apa yang menjadi pokok persoalan suatu cabang ilmu pengetahuan. Secara khusus. tetapi pada bidang lain seperti bidang politik. Sistem ekonomi yang mendasarkan . dan tujuan dari sebuah kegiatan. tolok ukur. 4. Sesuatu dijadikan paradigma berarti sesuatu itu dijadikan sebagai kerangka. parameter. Paradigma kemudian berkembang dalam pengertian sebagai kerangka pikir. sumber. acuan. orientasi.

Sistem politik Indonesia yang sesuai pancasila sebagai paradigma adalah sistem politik demokrasi bukan otoriter Berdasar hal itu. Pancasila bertolak dari kodrat manusia maka pembangunan politik harus dapat meningkatkan harkat dan martabat manusia. sistem politik Indonesia harus dikembangkan atas asas kerakyatan (sila IV Pancasila). Sistem politik Indonesia yang bertolak dari manusia sebagai subjek harus mampu menempatkan kekuasaan tertinggi pada rakyat. Perilaku politik. . Oleh karena itu. Kekuasaan adalah dari rakyat. dan moral keadilan. oleh rakyat dan untuk rakyat. moral kemanusiaan.4. Pengembangan selanjutnya adalah sistem politik didasarkan pada asas-asas moral daripada sila-sila pada pancasila. baik dari warga negara maupun penyelenggara negara dikembangkan atas dasar moral tersebut sehingga menghasilkan perilaku politik yang santun dan bermoral.2. moral persatuan.b Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Politik Manusia Indonesia selaku warga negara harus ditempatkan sebagai subjek atau pelaku politik bukan sekadar objek politik. moral kerakyatan. secara berturut-turut sistem politik Indonesia dikembangkan atas moral ketuhanan.

pembangunan sosial budaya harus mampu meningkatkan harkat dan martabat manusia. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Hukum Salah satu tujuan bernegara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. sistem pertahanan dan keamanan adalah mengikut sertakan seluruh komponen bangsa.2. . Hal ini sebagaimana tertuang dalam sila Kemanusiaan yang adil dan beradab. Sistem pembangunan pertahanan dan keamanan Indonesia disebut sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata). yaitu menjadi manusia yang berbudaya dan beradab. Atas dasar tersebut. 4. Oleh karena itu.d.c. brutal dan bersifat anarkis jelas bertentangan dengan cita-cita menjadi manusia adil dan beradab.4. Pembangunan sosial budaya yang menghasilkan manusia-manusia biadab. kejam. Manusia harus dapat mengembangkan dirinya dari tingkat homo menjadi human. tetapi harus mampu meningkatkan derajat kemanusiaannya. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Sosial Budaya Pancasila pada hakikatnya bersifat humanistik karena memang pancasila bertolak dari hakikat dan kedudukan kodrat manusia itu sendiri. Hal ini mengandung makna bahwa tugas dan tanggung jawab tidak hanya oleh penyelenggara negara saja. Manusia tidak cukup sebagai manusia secara fisik.2. tetapi juga rakyat Indonesia secara keseluruhan.

Masyarakat muslim di Indonesia memang terdapat beberapa aliran yang tidak terkoordinir.2. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Kehidupan Umat Beragama Bangsa Indonesia sejak dulu dikenal sebagai bangsa yang ramah dan santun. sehingga apapun yang diperbuat oleh umat Islam menurut sebagian umat non muslim mereka seakan-seakan merefresentasikan umat muslim. etnis. Namun akhir-akhir ini keramahan kita mulai dipertanyakan oleh banyak kalangan karena ada beberapa kasus kekerasana yang bernuansa Agama. Indonesia adalah Negara yang majemuk. hal ini karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. . Ketika bicara peristiwa yang terjadi di Indonesia hampir pasti semuanya melibatkan umat muslim.e. bahasa dan agama namun terjalin kerja bersama guna meraih dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia kita.4. bhinneka dan plural. bahkan predikat ini menjadi cermin kepribadian bangsa kita di mata dunia internasional. Indonesia terdiri dari beberapa suku.

implementasi pancasila sebagai paradigma kehidupan kampus adalah seperti contoh-contoh paradigma pancasila diatas kehidupan kampus tidak jauh berbeda dengan kehidupan tatanan Negara. berbangsa dan bernegara maka sebagai makhluk pribadi sendiri dan sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.4. hukum dan antar umat beragama. Untuk mencapai tujuan dalam hidup bermasyarakat. ekonomi. Sebagai mahasiswa yang mempunyai rasa intelektual yang besar kita dapat memanfaatkan fasilitas kampus untuk mencapai tujuan bersama. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada hakikatnya merupakan suatu hasil kreativitas rohani manusia.dan kehendak.f Pancasila sebagai Paradigma Kehidupam Kampus Menurut saya. . budaya. Jadi kampus juga harus memerlukan tatanan pumbangunan seperti tatanan Negara yaitu politik. Unsur jiwa manusia meliputi aspek akal.2. rasa.

Harapan kami adalah semoga perekonomian kita di Indonesia akan lebih membaik untuk kedepannya. walaupun masih jauh dibandingkan dengan target yang sudah ditetapkan tetapi setidaknya perekonomian Indonesia sudah mulai membaik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 3. .2 Saran Semoga dengan dibuat nya makalah ini kita dapat lebih memahami tentang keadaan perekonomian Indonesia 5 tahun terakhir ini. dan segala masalah perekonomian yang ada di Indonesia akan segera terselesaikan.BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa kondisi perekonomian 5 Tahun terakhir ini sudah mulai membaik. Dan telah dijelaskan Pula dalam hai ini pula Pancasila sebagai Paradigma Indonesia memiliki arti penting dalam pembangunan perekonomian Indonesia.

American Economic Review 69. C. J. edisi Juli 2006.com/2010/04/makalah-pancasila-sebagai-paradigma.com/2010/09/pancasila-sebagai-paradigma-reformasi. Departmentof Agricultural Economics. http://aadesanjaya.html. ASEAN Secretariat. Bank Indonesia. M. a Theoretical Foundation for the Gravity Equation.UNU/WIDER. 1973.com/2010/04/pancasila-sebagai-paradigma.gudangmateri.html. Outlook Ekonomi Indonesia 2007-2011 ≈Inflasi.blogspot. Bank Indonesia..htm.106-116. Morris. http://www.. Is Rising Income Inequality Evitable? A Critique of the Transatlantic Consensus. 2007. dan U.com/2010/09/pancasila-sebagai-paradigma-pembangunan. Outlook Ekonomi Indonesia 2006-2010.aseansec. . Stanford:Stanford University Press.B. Atkinson. 2007.html.gudangmateri. A. Outlook Ekonomi Indonesia 2007-2011. Anderson. www. edisi Juli 2007..com/2010/09/paradigma-dalam-implementasi-pancasila. Bank Indonesia. http://www._____.html. Economic Growth and Social Equity in Developing Countries. 2007. http://www. Bank Indonesia.org.html.. Kemiskinan dan Penawaran Agregat diPerekonomian IndonesiaΔ.BAB IV DAFTAR PUSTAKA Adelman. 2006. Trade Analysis of Spesific Agri-food Commodities Using a Gravity Model.gudangmateri. edisi Januari 2007. 2006.com/2010/07/paradigma-dalam-ilmu-pendidikan. http://www.gudangmateri. 1999. http://www. 1979._____.gudangmateri. Aguilar.

SEKIAN TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->