P. 1
Cara Membuat Tas Handphone Rajut

Cara Membuat Tas Handphone Rajut

|Views: 1,884|Likes:
Published by Gionizer Ksm
bisnis
bisnis

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Gionizer Ksm on Apr 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2014

pdf

text

original

Cara Membuat Tas Handphone Rajut

Kerajinan rajut (crochet) dewasa ini kian berkembang, tidak hanya berupa syal, perlengkapan bayi juga produk tas. Pembuatan tas hp rajut mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain pembuatannya tidak memerlukan alat khusus, bahan yang digunakan juga mudah di peroleh. Untuk membuat tas hp rajut di gunakan jarum yang biasa di sebut hakken, sedangkan bahannya bisa menggunakan benang katun, rayon, nylon atau wool.

Macam tusukan yang digunakan untuk membuat tas hp rajut

1. Simpul awal Cara membuat: a. Lingkarkan benang pada jarum, lalu letakkan sisa benang di tengah lingkaran b. Masukkan jarum dari bawah benang di tengah lingkaran

c. Kemudian tarik benang yang panjang (bukan benang yang di ujung)

2. Tusuk Rantai (ch) Cara membuat: a. Buatlah simpul awal, kemudian kaitkan jarum hakken pada benang. b. Tarik benang sampai keluar dari hakken. c. Ulangi langkah diatas sampai panjang rantai yang di inginkan.

3. Tusuk Tunggal Cara membuat: a. Sebagai dasar buatlah tusuk rantai b. Masukkan hakken pada lubang kedua dari jarum c. Kaitkan jarum hakken pada benang, lalu tarik benang melewati lubang pada langkah b d. Kaitkan jarum pada benang, lalu tarik benang melewati dua lubang pada hakken. Jika akan pindah baris kedua, awali dengan tusuk rantai 1 kali.

4. Tusuk Ganda (dc) Cara membuat: a. Sebagai dasar buatlah tusuk rantai b. Kaitkan benang pada jarum c. Masukkan jarum pada rantai ketiga dari jarum d. Kaitkan benang pada jarum, lalu tarik melalui lubang rantai (langkah c) e. Kaitkan benang pada jarum, lalu tarik melewati 2 lubang f. Kaitkan benang pada jarum dan tarik kembali melewati 2 lubang Jika akan pindah ke baris kedua, awali dengan tusuk rantai 3 kali.

5.Tusuk ganda melewati lubang belakang (bpdc) dan tusuk ganda lubang depan (fpdc) Cara membuat: a. Kaitkan benang pada jarum b. Masukkan jarum di antara tusukan melalui bagian belakang/depan c. Kaitkan benang pada jarum kemudian tarik benang melewati 2 lubang d. Kaitkan benang pada jarum kemudian tarik benang melewati 2 lubang

Alat dan bahan yang di gunakan untuk membuat tas hp rajut 1. Jarum hakken ukuran 3/0 2. Benang katun 3. Tali kur dan stopper

Cara membuat tas hp rajut: Baris 1 : Buat tusuk rantai (ch) sebanyak 21 tusukan

Baris 2 : Buat tusuk single (sc) pada ch ke 2 dari jarum, sc di setiap rantai lalu pada ch terakhir buat 3sc. Kerjakan pola yang sama pada sisi sebaliknya. Pada tusuk rantai (ch) terakhir buat 2sc lalu di sambung dengan slst Baris 3-5: Buat tusuk rantai (ch) 1 kali, Sc di tempat yang sama, sc pada tiap tusukan berkeliling lalu disambung dengan slst pada akhir sc (total 42 sc) Baris 6 : Buat ch 3 kali, buat dc di setiap tusukan lakukan berkeliling lalu disambung dengan slst Baris 7-8: Buat tusuk rantai (ch) 3 kali, kemudian lakukan tusuk ganda dari lubang depan (fpdc) 2 kali, lalu tusuk ganda dari lubang belakang (bpdc) 3 kali ,buat lagi fpdc 3 kali, lalu bpdc 3 kali secara bergantian berkeliling,di sambung dengan slst. Baris 9-10:Buat tusuk rantai (ch) 3 kali, buat bpdc 2 kali, kemudian fpdc 3 kali, buat lagi bpdc 3 kali, lalu fpdc 3 kali secara bergantian berkeliling dan di sambung dengan sl st Baris 11-12: Buat tusuk rantai (ch) 3 kali, buat fpdc 2 kali, kemudian bpdc 3 kali, lalu fpdc 3 kali, bpdc 3 kali dilakukan secara bergantian berkeliling kemudian sambung dengan sl st Baris 13: Buat tusuk rantai (ch) 3 kali, lalu tusuk ganda (dc) pada tiap tusukan berkeliling dan sambung dengan sl st

Baris 14-18: Buat tusuk rantai (ch) 1 kali, Sc di tempat yang sama, sc pada tiap tusukan berkeliling lalu disambung dengan slst pada akhir sc (total 42 sc) Baris 19: Buat tusuk rantai (ch) 3 kali, lalu tusuk ganda (dc) pada tiap tusukan berkeliling dan sambung dengan sl st Baris 20-21:Buat tusuk rantai (ch) 3 kali, kemudian lakukan tusuk ganda dari lubang depan (fpdc) 2 kali, lalu tusuk ganda dari lubang belakang (bpdc) 3 kali ,buat lagi fpdc 3 kali, lalu bpdc 3 kali secara bergantian berkeliling,di sambung dengan slst. Baris 22-23:Buat tusuk rantai (ch) 3 kali, buat bpdc 2 kali, kemudian fpdc 3 kali, buat lagi bpdc 3 kali, lalu fpdc 3 kali secara bergantian berkeliling dan di sambung dengan sl st Baris 24-27:Buat tusuk rantai (ch) 1 kali, Sc di tempat yang sama, sc pada tiap tusukan berkeliling lalu disambung dengan slst pada akhir sc (total 42 sc) Baris 28: Buat tusuk rantai (ch) 1 kali, buat juga tusuk single (sc) di tempat yang sama * buat ch 3 kali lompati 1 tusukan lalu buat sc 1 kali ** Kerjakan ulang dari * sampai ** lakukan berkeliling kemudian sambung dengan sl st Baris 29: Buat Sl st 1 kali kemudian sc lalu buat * tusuk rantai (ch) 3 kali, tusuk ganda (dc) 3 kali di lubang berikutnya, lalu ch 3 kali di lubang berikutnya dan buat lagi ch 3 kali di lubang selanjutnya ** Lakukan berulang dari * sampai ** secara berkeliling lalu sambung dengan sl st Baris 30: Buat sl st 1 kali kemudian tusuk sc lalu *buat tusuk ch 3 kali, tusuk sc di lubang selanjutnya lalu buat tusuk ch 3 kali, tusuk dc pada dc di sebelumnya, lalu ch 1 kali, dc pada dc di sebelumnya, ch 1 kali, dc pada dc sebelumnya, 3 kali ch lalu tusuk cs di lubang berkutnya, ch lagi 3 kali dan sc di lubang selanjutnya ** Kerjakan berulang dari * sampai ** lalu sambung dengan sl st Baris 31: Buatlah sl st 1 kali lalu * buat tusuk sc 1 kali dan tusuk rantai (ch) 3 kali ** lakukan pada setiap lubang berkeliling kemudian matukan benang Untuk hasil akhir masukkan tali berselang seling di baris pertama renda sampai ke ujung beri stopper kemudian ikat Tas handphone pun siap di gunakan.

Mudah bukan? Selamat mencoba dan rasakan kepuasan menggunakan tas hp rajutan sendiri

AnneAhira.com

Hobi

Merajut

Cara Merajut atau Merenda

Belajar Cara Merajut untuk Pemula

Ilustrasi cara merajut untuk pemula

Merajut memerlukan keahlian tersendiri dan sangat menuntut keterampilan tangan-tangan yang cekatan untuk dapat menghasilkan hasil rajutan yang baik dan berkualitas. Merajut bisa dilakukan oleh siapapun, yang mempunyai hobi dan kesukaan tersendiri terhadap kegiatan merajut. Cara merajut untuk pemula pun tetap membutuhkan tingkat keahlian dan ketrampilan yang sama. Merajut memang dapat dilakukan oleh siapa pun. Walau pun mungkin merajut terkesan sebagai aktivitas dari kebanyakan orang tua. Kita pun yang masih muda juga memiliki kesempatan yang sama untuk dapat dan mampu merajut dengan baik dan menciptakan hasil rajutan yang tak kalah bagusnya.

Merajut ini banyak manfaatnya bila dilakukan didasari dengan perasaan yang menyenangkan. Betapa tidak, sama halnya dengan memancing merajut juga bisa melatih orang-orang untuk belajar disiplin, kesabaran, merelaksasi otot-otot dan otak untuk lebih fokus.

Selain itu, output dari merajut juga memperindah rumah dengan aksesori hasil rajutan kita, misalnya taplak meja, penutup galon, sarung rice cooker, tutup televisi, dsb. Pokoknya hari Anda akan berwarna dengan kegiatan merajut dan hasil dari rajutannya itu sendiri.

Terkadang timbul perasaan bahwa merajut adalah sebuah kegiatan yang sulit untuk dilakukan. Perasaan seperti ini bisa saja muncul dari kesan kita setelah melihat hasil rajutan seseorang yang terkesan sangat rumit dan kita tidak tahu harus memulai dari mana.

Namun sejatinya, merajut adalah sebuah pekerjaan yang tak sulit untuk dilakukan. Memang dalam merajut dibutuhkan ketelitian dan ketrampilan. Inilah yang membuat hasil rajutan terkesan rumit dan tak mudah untuk dibuat.

Dalam merajut yang kita butuhkan adalah jarum dan benang. Jarum untuk merajut memang diperlukan jarum yang khusus untuk merajut. Kita dapat memperolehnya di toko alat jahit. Benang yang dibutuhkan pun adalah benang yang khusus untuk merajut. Terdapat banyak jenis benang seperti benang jahit, benang sulam atau pun benang rajut. Maka pastikan yang kita pilih adalah benang rajut.

Benang rajut ini memiliki tekstur yang lebih tebal dibandingkan dengan benagbenang jenis lain. Hal ini dimaksudkan agar benang tersebut dapat untuk dipilin dengan jarum khusus untuk merajut. Tekstur yang tebali ini juga yang membuat benang ini dapat dibentuk menjadi bentuk-bentuk tertentu yang memiliki kesan berisi.

Tak Sekedar Hobi

Ternyata merajut juga tak hanya sekadar hobi, khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga yang kesehariannya mengurusi rumah tangga disaat suaminya pergi

kerja. Merajut juga merupaan hobi yang bisa menghasilkan uang dengan menjual hasil rajutan kita.

Barang-barang yang telah berhasil kita buat, selain untuk kita pakai sendiri, kita pun juga dapat untuk menjualnya. Saat ini hasil rajutan dapat berbentuk banyak jenis seperti segala jenis pakaian, contohnya sweater, rompi, jaket atau pakaian anak-anak dan bayi. Juga dari hasil rajutan kita dapat membuat taplak meja, sarung rice cooker atau pun penutup televisi. Barang-barang seperti ini tentunya dapat mendatangkan uang bagi kita.

Jika sudah mahir dari awal cara merajut untuk pemula maka kemampuan rajut tersebut bisa disebarluaskan kepada orang lain dengan membuka kursus rajut atau datang ke rumah-rumah untuk mengajarkan rajut dan Anda mendapatkan uang dari honor mengajarnya.

Beberapa ibu yang kreatif merajut ketika suaminya pergi ke kantor, anakanaknya ke sekolah. Hebatnya, dari merajut tersebut mereka bisa menghasilkan uang yang lumayan untuk membantu ekonomi keluarga.

Belajar dari Nol

Nah sekarang bagaimana cara merajut untuk pemula? Bagi pemula bisa diawali dengan merajut menggunakan satu jarum terlebih dahulu. Dua jarum mungkin untuk perajut yang sudah mahir dan bahkan profesional. Jangan khawatir merajut dengan satu benang pun ternyata bisa menghasilkan banyak pola. Sebelum memulai untuk belajar cara merajut untuk pemula, hendaknya buang jauh-jauh persepsi bahwa merajut adalah pekerjaan yang sulit dan anda akan mengalami banyak kesulitan ke depannya. Janganlah berpikiran seperti ini karena hanya akan membuat Anda semakin merasa sulit untuk belajar merajut. Cara merajut untuk pemula ini tidaklah serumit yang kita bayangkan.

Ciptakanlah persepsi bahwa merajut adalah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan dan Anda pasti dapat melakukannya. Dengan memberi sugesti seperti ini akan mempermudah langkah kita untuk belajar merajut. Dan siapa tahu bahwa kita hanya membutuhkan waktu sedikit untuk menguasai teknik merajut yang sulit dan rumit.

Membuat Pola Dasar

Cara merajut untuk pemula dimulai dengan langkah awal yaitu menyediakan berbagai kelengkapan merajut seperti benang, gunting, jarum, kancing, pola sesuai dengan keinginan kita sendiri. Pola yang dimaksudkan disini berupa bentuk garis panjang yang dibuat secara sederhana. Perajut pemula tak perlu langsung mengerjakan pola yang terhitung njelimet, buatlah dulu yang sederhana dan mudah.

Langkah awal yang harus dilakukan yakni dengan mengambil ujung benang wol yang akan digunakan untuk merajut dari tengah supaya tidak berantakan. Kemudian gulunglah agak panjang di jari teluntuk, kemudian ujung benang dikaitkan pada benang rajut.

Setelah itu, tahan lalu putar jarum rajut sampai mengait ke atas membentuk seperti kepang. Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang supaya Anda semakin terlatih karena memang tujuannya untuk melenturkan dulu jari-jari tangan sehingga nantinya terbiasa dan mudah melakukan rajut dengan memakai pola.

Bentuk rajutan ini adalah dasar yang digunakan untuk merajut dengan pola tertentu. Kita sebagai pemula haruslah menguasai teknik ini dengan benar sebelum beranjak untuk membuat pola yang lebih rumit lagi. Kebanyakan dari pola rajutan adalah menggunakan pola dasar ini sebagai dasar mengembangkan polanya.

Mulailah Dengan Pola yang Termudah

Untuk membuat cara merajut untuk pemula menjadi lebih mudah maka mulailah dengan membuat pola yang termudah.

Pola dasar yang telah kita pelajari di atas adalah pola yang selalu akan kita jadikan dasar dalam merajut. Setelah menguasai teknik tersebut mulailah merajut dengan pola termudah.

Nah, jika sudah terbiasa dan lancar melakukan cara merajut untuk pemula seperti di atas, maka jika Anda yakin bisa melangkah merajut dengan menggunakan pola. Pola bisa dibuat sendiri atau mengikuti pola-pola yang ada di referensi-referensi rajut untuk lebih memudahkan.

Anda dapat memulai dengan membuat rajutan yang masih berbentuk lembaran kain saja. Disini akan terlihat tingkat kerapian dan ketelitian dari hasil rajutan Anda.

Jika Anda kira bahwa Anda sudah siap dan mampu untuk membuat rajutan yang berbentuk maka Anda bisa memulai dari jenis pakaian yang masih sangat sederhana dan tidak terlalu banyak likukan dalam meratuj. Karena likukan ini menunjukkan tingkat kesulitan dalam merajut. Semakin banyak likukan semakin tinggi pula tingkat kesulitannya.

Anda dapat memulai membuat taplak meja yang masih berbentuk datar dan tak banyak lekukan. Jika Anda sudah mahir dengan bentuk datar ini, Anda dapat memulai untuk membuat yang lebih rumit seperti baju atau sepatu bayi.

Kebanyakan dari jenis baju yang sudah tergolong dalam hasil rajutan yang tak sederhana lagi terdiri dari beberapa bagian rajutan yang kemudian disatukan dengan cara dijahit. Anda harus pintar-pintar mengenali bagian yang akan disatukan tersebut. Serta pola yang dibuat berdasarkan bagaian baju.

Anda bisa mendapatkan panduan untuk pola-pola yang lebih rumit dari buku atau orang yang telah mahir dalam merajut. Janganlah malu untuk selalu bertanya dan mencari informasi lebih lanjut tentang teknik yang bagus dalam merajut.

Semakin banyak Anda melakukan kegiatan merajut ini maka kemampuan Anda akan semakin sering terasah. Sehingga Anda akan lebih cepat menguasai teknik dalam merajut dengan baik. Belajar cara merajut untuk pemula menjadi lebih mudah dilakukan.

Dari membuat jenis baju yang masih sederhana, Anda dapat meningkatkannya dengan memulai merajut baju yang agak rumit. Melihat hasil rajutan kita yang telah selesai, akan sangat membuat hati kita merasa senang dan bangga.

Selanjutnya, selamat mencoba semoga berhasil.Mudah-mudahan artikel cara merajut untuk pemula ini banyak bermanfaat bagi Anda yang akan menekuni kerajinan merajut.

Cara merajut untuk pemula ini tidaklah serumit yang kita bayangkan. Kita hanya butuh ketelitian dan ketelatenan dalam merajut sehingga kita mendapatkan hasil rajutan yang sesuai dengan keinginan kita. Lama-kelaman dengan banyak latihan, tentu kita akan menjadi mahir dalam merajut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->