TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN

Dibuat oleh: Amalia Dewi Latifah Fitri Setyowati Merinta Bella P Okki Carolina D F0310005 F0310035 F0310055 F0310064

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2011

menyingkapkan dan menyerahkan produk atau jasa secara lebih baik untuk memuaskan pasar sasaran. 2. distribusi massal dan promosi massal. Titik awal pembahasan segmentasi adalah pemasaran massal. Relung yang menarik memiliki ciri-ciri sebagai berikut : a. Konsumen pun memiliki banyak dimensi dan sering dapat dikelompokkan sesuai dengan satu karakterisktik atau lebih. Pemasaran tersebut dapat dibidik menjadi empat level yaitu : 1. Relung itu tidak mungkin menarik pesaing lain d. luas dan beraneka ragam. Perusahaan perlu mengidentifikasi segmen pasar mana yang dapat dilayani secara efektif. Bersedia membayar harga tambahan kepada perusahaan yang paling memuaskan kebutuhan mereka c. Pemasaran segmen memberikan beberapa manfaat besar dibandingkan pemasaran massal. menetapkan harga. bahkan toko tertentu) . Perusahaan pengisi relung mendapatkan penghematan tertentu karena spesialisasi e. Pelanggan di relung itu memiliki kumpulan kebutuhan yang benar-benar berbeda b.BAB 8 MENGIDENTIFIKASI SEGMEN DAN SASARAN PASAR Perusahaan tidak dapat berhubungan dengan semua pelanggan dipasar yang besar. Atas produk tertentu bagi semua pembeli. Keputusankeputusan tersebut menuntut pengertian yang tajam tentang perilaku pelanggan dan pemikiran strategis yang cermat. Pemasaran Relung(niche) Relung (niche) didefinisikan sempit adalah kelompok pelanggan yang mencari bauran manfaat yang terbedakan. Namun banyak kritik yang menunjuk bahwa pemasaran massal lebih sulit dilaksanakan sehingga banyak perusahaan yang beralih ke pemasaran mikro. penjual menjalankan produksi massal. laba. Perusahaan dapat merancang. Wilayah local Pemasaran bersasaran menghasilkan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kelompok pelanggan lokal (wilayah perdagangan. Pemasaran Segmen Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama. Relung memiliki ukuran. lingkungan sekitar. Dalam pemasaran massal. serta potensi pertumbuhan yang memadai 3.

d. pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variabel seperti usia. Segmentasi pasar adalah kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama. Perusahaan dapat memutuskan untuk beroperasi dalam satu atau sedikit wilayah geografi atau beroperasi dalam seluruh wilayah. Kustomisasi bisa sangat sulit untuk diimplementasikan pada produk-produk yang rumit. para pembeli dibagi kelompok yang berbeda berdasarkan gaya hidup atau kepribadian atau nilai. b. generasi.4. Segmentasi Perilaku . kewarganegaraan. referensi(kesukaan) dan tingkat pemakaian konsumen sering sangat berhubungan dengan variabel-variabel demografis. atau lingkungan rumah tangga. c. dan kelas sosial. ukuran keluarga. Dewasa ini pelanggan lebih banyak berinisiatif sendiri dalam menentukan apa dan bagaimana melakukan pembelian. kota. Segmentasi Geografis Segmentasi geografis mengharuskan pembagian pasar menjadi unit-unit geografi yang berbeda seperti negara. Pemasaran mencakup 3 aktivitas yaitu : 1. negara bagian. Orang-orang dalam kelompok demografis yang sama dapat menunjukkan gambaran psikografis yang sangat berbeda. Kustomisasi tidak berlaku bagi setiap perusahaan. wilayah. jenis kelamin. Segmentasi Psikografis Psikografis adalah ilmu yang menggunakan psikologi dan demografik untuk lebih memahami konsumen. Segmentasi pasar dibagi menjadi beberapa yaitu : a. pendidikan. Kustomisasi dapat meningkatkan biaya barang melebihi yang siap dibayar oleh pelanggan. siklus hidup keluarga. pekerjaan. Dalam segmen psikografis. Salah satu alasannya adalah keinginan. agama. Bahkan jika pasar sasaran diuraikan ke dlam faktor-faktor nondemografis. penghasilan. propinsi. Segmentasi Demografis Dalam segmentasi demografis. Individual Tingkat segmentasi tertinggi mengarah ke segmen tunggal. Variabel-variabel demografis merupakan dasar yang paling populer untuk membedakan kelompokkelompok pelanggan. hubungan dengan karakteristik demografis dibutuhkan untuk mengetahui ukuran pasar sasaran dan media yang harus digunakan untuk menjangkau secara efisien. Sejumlah pelanggan tidak tahu apa yang mereka inginkan sampai mereka melihat produk aktual. ras. pemasaran sesuai kebutuhan satu pelanggan atau pemasaran satu lawan. Alasan lainnya adalah variabel-variabel demografis lebih mudah diukur daripada kebanyakan variabel. tetapi memberikan perhatian pada perbedaan lokal.

Besar : segmen cukup besar dan menguntungkan untuk dilayangi. Variabel perilaku adalah kejadian. resiko yang rendah) Tujuan perusahaan (jangka panjang. profil segmen dapat diukur. Pemasar semakin menggabungkan beberapa variabel dalm upaya mengidentifikasi kelompok sasaran lebih kecil yang terdefinisikan dengan lebih baik. ia harus mengevaluasi beragam segmen dan memutuskan berapa banyak dan segmen mana yang akan dibidik. manfaat. tahap kesiapan pembeli dan sikap merupakan titik awal terbaik dalam membentuk segmen pasar. profitabilitas. Spesialisasi selektif Perusahaan memilih sejumlah segmen secara obyektif. Kriteria Segmentasi yang efektif :     Dapat diukur : ukuran. status kesetiaan. pemakaian atau tanggapan mereka terhadap produk tertentu. Spesialisasi produk Perusahaan menghasilkan produk tertentu yang dijualnya kebeberapa segmen.Dalam segmen perilaku. status pemakai. Dapat dibedakan : segmen – segmen secara konseptual dapat dipisahpisahkan dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap setiap unsur dan program bauran pemasaran yang berbeda Dapat dilaksanakan : program – program yang efektif dapat dirumuskan untuk menarik dan melayani segmen-segmen tersebut. pertumbuhan. sikap. 3. 2. tingkat pemakai. perusahaan mendapatkan pengetahuan yang kuat tentang kebutuhan segmen dan meraih posisi pasar yang kuat di segmen tersebut. skala ekonomis. masing-masing segmen . Konsentrasi segmen tunggal Konsentrasi segmen tunggal melalui pasar terkonsentrasi.  Mengevaluasi segmen pasar dengan menggunakan daya tarik segmen yang berbeda seperti : – – Karakteristik umum yang menarik (ukuran. 2. pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan pengetahuan. menarik dan memadai. daya beli. Penetapan pasar sasaran Setelah mengidentifikasi peluang – peluang segmen pasarnya. jangka pendek) Lima pola pemilihan pasar sasaran : 1. Dapat diakses : segmen dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.

Menempatkan produk (jasa) pada benak (persepsi) konsumen b. Spesialisasi pasar Perusahaan berkonsentrasi untuk melayani berbagai tertentu. Perusahaan dianggap bijaksana jika memasuki satu segmen pada waktu tertentu tanpa menyingkap rencana ekspansi totalnya. 3. jangan terlalu memperdaya kelompok yang rentan (anak-anak) • Rencana serangan segmen demi segmen. Penetapan posisi pasar Penetapan posisi adalah kegiatan yang dilakukan terhadap pikiran calon pelanggan. kebutuhan kelompok Biaya pemasaran terdeferensiasi meliputi : • Biaya modifikasi produk • Biaya manufaktur • Biaya administrasi • Biaya persediaan • Biaya promosi Pertimbangan yang perlu diperhatikan yaitu : • Pilihan etika atas pasar sasaran. Jadi kegiatan ini adalah memposisikan produk kedalam pikiran calon pelanggan.4. Membangun persepsi produk di dalam pasar sasaran relatip terhadap pesaing Strategi penetapan posisi adalah : • Memperkuat posisi dirinya saat ini di benak konsumen • Mencari dan merebut posisi baru yang belum ditempati . 5. Membuat citra produk/jasa dan hal-hal yang ingin ditawarkan kepada pasar berhasil memperoleh posisi yang jelas dan bermakna dalam benak konsumen c. • Kerja sama antar segmen. kerja sama dengan personalia segmen lain. Tujuannya adalah : a. Cakupan ke seluruh pasar Perusahaan berusaha melayani seluruh kelompok pelanggan dengan menyediakan semua produk yang mungkin mereka butuhkan.

tentukan keseluruhan daya tarik masing – masing segmen. tentukan demografi. gaya hidup.  Profibilitas Segmen Tentukanlah profibilitas segmen  Penetapan Posisi Segmen Untuk masing – masing segmen. dan perilaku penggunaan yang membuat segmen itu khas dan teridentifikasi (dapat dilaksanakan)  Daya tarik Segmen Dengan menggunakan kriteria daya tarik segmen yang sudah ditetapkan sebelumnya (seperti pertumbuhan pasar. promosi. dan akses pasar). dan tempat . ciptakan strategi penetepan “proporsi nilai” dan strategi penetapan posisi produk – harga berdasarkan karakteristik dan kebutuhan unik pelanggan  “ Uji fungsi” segmen Ciptakan “bentangan riwayat segmen” untuk menguji daya tarik strategi penetapan posisi masing – masing segmen. intensitas persaingan.  Strategi Bauran .• Menggeser (depotion) atau mengubah (reposition) posisi persaingan Ada dua dasar melakukan segmentasi pasar konsumen yakni :  Karakteristik konsumen  Tanggapan konsumen Langkah – langkah dalam Proses segmentasi:  Segmentasi berdasarkan kebutuhan Kelompok pelanggan ke dalam segmen – segmen yang berdasarkan manfaat dan kebutuhan yang sama yang dicari oleh pelanggan dalam menyelesaikan masalah konsumsi tertentu.Produk Perluaslah strategi penetapan posisi segmen agar mencakup semua aspek bauran pemasaran produk harga.  Identifikasi Segmen Untuk masing – masing segmen yang berdasarkan kebutuhan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful