P. 1
Cara Agar Selalu Berpikiran Positif

Cara Agar Selalu Berpikiran Positif

|Views: 12|Likes:
Published by Ulana Masitoh

More info:

Published by: Ulana Masitoh on Apr 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/23/2013

pdf

text

original

CARA AGAR SELALU BERPIKIRAN POSITIF

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengembangkan cara berpikir positif. 1. Selalu gunakan kata-kata yang positif saat Anda berpikir dan berbicara. Gunakan kata-kata seperti "Tuhan pasti memampukanku", "Dengan pertolongan Tuhan, aku pasti bisa melakukannya", dll.. 2. Biarkan pikiran Anda dipenuhi dengan kebahagiaan, kekuatan, dan keberhasilan. Apa pun situasi yang Anda hadapi, carilah dan isilah pikiran Anda dengan sisi positif dari situasi tersebut. Dalam segala sesuatu, sisi positif dan negatif selalu ada. Seburuk apa pun situasi yang Anda alami, pasti ada sisi positif yang terkandung dalam situasi itu. Mungkin sulit untuk melihat sisi positif dari apa yang Anda alami, tapi cobalah lihat lebih dalam, sisi positif itu pasti ada. 3. Cobalah untuk menghilangkan dan mengabaikan pikiran yang negatif. Gantikan pikiran yang negatif dengan pikiran-pikiran yang membangun. Ganti pikiran: "saya tidak bisa melakukan hal ini" dengan "saya bisa melakukan hal ini dengan lebih baik setiap saat saya memohon penyertaan Tuhan dan mencoba melakukannya". 4. Sebelum melakukan sesuatu, jangan bayangkan sebuah kegagalan, tapi bayangkanlah keberhasilan yang Anda akan dapat setelah melakukan sesuatu hal tersebut. Jika Anda membayangkannya dengan sungguh-sungguh dan penuh iman, Anda akan terheran-heran dengan apa yang terjadi nantinya. 5. Cobalah untuk tidak memikirkan sesuatu secara berlebihan. Sering kali kita terjebak untuk terlalu banyak berpikir dan menghabiskan banyak waktu untuk menimbang-nimbang atau memikirkan apa yang orang lain mungkin pikirkan tentang diri kita. Hal itu akan membuat Anda tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik Anda. 6. Penuhi pikiran Anda dengan talenta-talenta anugerah Tuhan yang Anda miliki. Jangan biarkan pikiran Anda dipenuhi dengan kelemahan-kelemahan yang mungkin Anda miliki. Dengan memikirkan setiap talenta yang Anda miliki, nantinya Anda akan semakin mengenali kemampuan Anda yang membedakan Anda dari orang lain. Jadikan cara berpikir yang demikian itu sebagai topi Anda. Jangan pakai "topi pikiran negatif". 7. Bergaullah dengan orang-orang yang berpikir positif. Pikiran yang positif itu seperti penyakit menular. Jika Anda berada di dekat orang-orang yang pikirannya dipenuhi kebahagiaan dan keoptimisan, Anda akan secara otomatis dipengaruhi oleh cara berpikir mereka yang positif. 8. Bacalah buku-buku yang membangkitkan inspirasi -- setidaknya satu halaman setiap harinya. Buku-buku inspiratif seperti itu akan membantu Anda untuk dapat berpikir positif. 9. Biasakan untuk selalu duduk dan berjalan dengan punggung tegak. Kebiasaan seperti itu akan membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kekuatan yang ada dalam diri Anda. 10. Berjalan, berenang, atau berolahragalah. Hal-hal tersebut akan membantu Anda untuk mengembangkan pikiran dan sikap yang lebih positif. Wallahua'lam...

CARA MENGHENTIKAN PIKIRAN NEGATIF
Untuk sebagian besar dari kita, berpikir negatif mungkin sudah menjadi bagian dari diri. Ketika hal-hal tidak sesuai rencana, kita dengan mudah merasa depresi dan tidak bisa melihat sisi baik dari kejadian tersebut.

Bergeraklah Berolahraga melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaaan Anda menjadi lebih baik. Ucapkan hal tersebut terus-menerus. dan kembali maju. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekadar hal-hal kecil seperti 'hari ini cerah' atau 'makan sore hari ini menakjubkan'. juga membuat Anda merasa tambah buruk. Selama Anda tetap konsisten melakukan kegiatan ini. Buatlah sebuah jurnal rasa syukur. aktifitas fisik akan membuat diri kita merasa lebih baik. kapanpun. Jessica Padykula menyarankan sembilan teknik untuk mencegah dan mengatasi pikiran negatif yang adalah sebagai berikut: 1. 3. Hal ini bisa menjadi lingkaran yang tidak berujung. tidak peduli jika hari itu Anda harus mengambil keputusan sulit ataupun Anda tidak mempercayai apa yang telah Anda katakan pada diri sendiri. petik hikmah/pelajaran dari hal tersebut. Hidup di saat ini Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas. Jangan berdiam diri Telusuri apa yang membuat Anda berpikiran negatif. Terutama. ingatlah bahwa hanya masa kini yang dapat kita kontrol. kecuali membuat perasaan tambah buruk. perbaiki. Terimalah apa yang telah terjadi. Percaya pada kekuatan pikiran positif Jika Anda berpikir positif. jika Anda berpikiran negatif. 4. 5. Dan ketika Anda mulai merasa berpikiran negatif. baca kembali jurnal tersebut. aktifitas olahraga lima belas menit dapat membuat Anda merasa lebih baik. Tidak masalah waktunya. berhenti mengeluh dan menyesal karena hal itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi Anda. Jika Anda menemukan pikiran anda terkukung dalam apa yang telah terjadi atau apa yang belum terjadi. . dan kembali maju. Apakah itu sekadar berjalan mengelelingi blok ataupun berlari sepuluh kilometer. Ketika Anda merasa down. hal-hal negatif akan menimpa Anda.Berpikiran negatif tidak membawa kemana-mana. Sebaliknya. seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan lebih berfokus pada apa yang tidak kita miliki. yang lalu akan berakibat performa kita mengecewakan. Hal ini adalah hukum universal. 2. 6. hal ini mampu mengubah pemikiran negatif Anda menjadi suatu pemikiran positif. Anda mampu. Jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi. Tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir Anda. Fokus pada hal-hal positif Ketika kita sedang sedang berpikiran negatif. Jarang sekali kita panik karena kejadian masa sekarang. tiap hari tulislah lima enam hal positif yang terjadi pada hari tersebut. namun usahanya sebanding dengan hasil yang bisa Anda petik. mulailah hari dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan hari itu. seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Katakan hal positif pada diri sendiri Katakan pada diri Anda bahwa Anda kuat.

. 9. 8. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita. lakukan sesuatu itu.. Ubah cara pandang Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik. Jauhi pikiran 'ya. kecil atau besar. cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif.7. Jika Anda takut akan sesuatu. dalam setiap keuntungan terdapat tantangan. Dengan mengatakan ya pada kehidupan Anda membuka lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan. Pengalaman baru. makin banyak pikiran negatif dalam diri Anda. Hadapi rasa takutmu Perasaan negatif muncul dari rasa takut. Wallahua'lam. tapi.. membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan berguna. makin takut Anda akan hidup.'.. Coba hal-hal baru Mencoba hal-hal baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->