1 a) Program RS dalam pencapaian target MDGS : 1.

peningkatan derajat kesehatan dan penurunan angka kematian RS senantiasa memberikan upaya preventif atau pencegahan terhadap penyakit khususnya pada daerah sekitar yang tinggi angka kesakitannya. Selain itu dalam mewujudkan penurunan angka kematian bisa dilakukan dengan pengobatan gratis untuk awrga tidak mampu, agar penyakit yang di derita dapat terobati sehingga dapat mengurangi sebab kematian. 2. penurunan angka penderita HIV memberikan penyuluhan kepada masyarakat sekitar terkait bahaya HIV dan juga penyebabnya agar masyarakat waspada dan bisa menjaga dirinya dari virus tersebut. 3. penurunan angka penderita TB hal ini bisa dilakukan dengan penyuluhan sebagai upaya pencegahan, kemudian apabila sudah terjangkit bisa dilakukan pengobatan gratis untuk penderita TB dengan bekerja sama dengan puskesmas atau lembagasosial lainnya. 1 b) JAMPERSAL : Pngertian : adalah jaminan pembiayaan pelayanan persalinan yang meliputi pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan nifas termasuk pelayanan KB pasca persalinan dan pelayanan bayi baru lahir. Tujuan : Umum : meningkatnya akses terhadap pelayanan persalinan yang dilakukan oleh dokter atau bidan dalam rangka menurunkan AKI dan AKB melalui jaminan pembiayaan untuk pelayanan persalinan. Khusus : a. meningkatnya cakupan pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, dan pelayanan nifas ibu oleh tenaga kesehatan b. meningkatnya cakupan pelayanan bayi barulahir oleh tenaga kesehatan c. meningkatnya cakupan pelayanan KB pasca persalinan oleh tenaga kesehatan d. meningkatnya cakupan pelaynaan komplikasi ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir oleh tenaga kesehatan e. terselenggaranya pengelolaaan keuangan yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel. Sasaran : a. ibu hamil b. ibu bersalin c. ibu nifas

2. medical emergency dlm upaya penanggulangan bencana gunung merapi : a. ambulance b. obat emergency c. dokter

perintah dikonfirmasi oleh pemberi perintah atau yang menyampaikan hasil pemeriksaan 4. sasaran I : RS mengembangkan suatu pendekatan untuk meningkatkan ketelitian dalam identifikasi pasien dengan memperbaiki elemen penilaian.d. elektrolit konsentrat tidak boleh disimpandalam unit pelayanan kecuali dibutuhkan secara klinis 4. yaitu : 1. tidak boleh menggunakan nomor kamar atau lokasi pasien. kebijakan atau prosedurdikembangkan agar memuat proses identifikasi. dengan elemen penilaian : 1. adanya proses lain dlm memverifikasi 3. pasien di identifikasi sebelum pemberian obat. kebijakan dan prosedur mengarahkan identifikasi yang konsisten pada semua situasi dan lokasi sasaran II : RS mengembangkan pendekatan untuk meningkatkan efektivitas komunikasi antar para pembeli layanan. 2. darah atau produk darah 3. pasien di identifikasi dengan menggunakan dua identitas pasien. pasien di identifikasi sebelum pemberian pengobatan 5. oksigen 3. perawat e. kebijakan dan prosedur mengarahkan pelaksanaan verifikasi keakuratan komunikasi lisan secara konsisten sasaran III : RS mengembangkan suatu pendekatan untuk memperbaiki keamanan obat yang perlu diwaspadai dengan elemen penilaian : 1. menetapkan lokas. dan penyimapananelektrolit konsentrat 2. pemberian label. tim operasi yg lengkap menerapkan dan mencatat prosedur sebelum dimulai . pasien di identifikasi sebelum pengambilan darah untuk pemeriksaan klinis 4. implementasi kebijakan dan prosedur 3. perintah lengkap secara lisan atau hasil pemeriksaan ditulis secara lengkap oleh penerima perintah\ 2. elektrolit konsentrat yang disimpan harus diberi label yang jelas dan disimpan pada area yang dibatasi ketat sasaran IV : RS mengembangkan suatu pendekatan untuk memastikan tempat lokasi tempat prosedur dan temapat pasien dengan elemen penilaian : 1. perintah lengkap lisan dan tlp atau hsil pemeriksaan dibacakan kembali secara lengkap oleh penerima perintah 3. tanda yang jelas dan dapat dimengerti untuk identifikasi lokasi operasi dan melibatkan pasien dlm proses penandaan 2.

tidak membuang limbah cair di sungai c. tidak MCK di sungai b. sebagai persaingan dalam mendapatkan investor di persaingan pasar b) untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan metode social marketing.mengembangkan suatu pendekatan untuk mengurangi resiko infeksi yang terkait pd pelaynaan kesehatan dengan elemen penilaian : 1. RS menerapkan program hand hygiene yang efektif 3. . RPL 4 b) paradigma kesehatan lingkungan : a. adanya kebijakan dan prosedur sasaran V : RS . kebijakan dan prosedur untuk mengurangi INOS sasaran VI : RS mengembangkan suatu pendekatan untuk mengurangi rsiko pasien dari cidera karena jatuh dgn elemen penilaian : 1. KA-ANDAL b. RS melakukan assessment sebelum dan sesudah pasien jatuh 2. kemudian mengirangi resiko jatuh 3. Dokumen AMDAL : a. kebijakan dan prosedur tentang hal tsb 4 a) untuk menganalisis hal-hal atau dampak yang terjadi bagi lingkungan apabila di dirikan suatu perusahaan.4. Kesadaran perilaku hidup bersih 5 a) Perlu. ANDAL c. RKL d. RS mengadaptasi pedoman patient safety 2. memonitor keberhasilan pengurangan cidera akibat jatuh 4.