Sistem Medis Disusun Oleh : Nama : Fadillah Ismy NIM : 091000095 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara

Sistem – Sistem Teori Penyakit Sering Kali Menjalankan Peran Kuat dlm Memberi Sanksi & Dorongan Norma Budaya Sosial & Moral 4.   Sistem Medis Sebagai Strategi Adaptasi Sosial – Budaya Teori Penyakit dan Sistem Perawatan Kesehatan Beberapa Unsur Universal dalam Sistem –Sistem Medis ¤ Sistem Medis Adalah Bagian dari Kebudayaan –Kebudayaan ¤ Penyakit Ditentukan Oleh Kebudayaan ¤ Semua Sistem – Sistem Medis Memiliki Segi –Segi Pencegahan dan Pengobatan ¤ Sistem Medis Memiliki Sejumlah Fungsi 1. Suatu Sistem Teori Penyakit Menjelaskan “Mengapa” 3.Suatu Sistem Teori Penyakit Memberikan Rasional Bg Pengobatan 2.Peran Nasionalistik Pengobatan Tradisional .Suatu Sistem Teori Penyakit dapat Mengatasi Agresi 6. Suatu Sistem Teori Penyakit dapat Memberikan Rasional Bg Pelaksanaan Konservasi 5.

tidak hanya pada keamanan biologis si penderita dan sesamanya. melainkan juga pada kehidupan sosial dan ekonomi kelompok yang bersangkutan Namun manusia lebih sering berusaha untuk menyembuhkan si sakit. tindakan & pengetahuan ilmiah maupun keterampilan . ” manusia mau tidak mau senantiasa menaruh perhatian terhadap masalah kesehatan serta usaha mempertahankan kelangsungan hidup mencari penyelesaian terhadap masalah penyakit”.      membahas kerangka berfikir pranata sosial – budaya . yang timbul sebagai respons terhadap ancaman yang disebabkan oleh penyakit Setelah leluhur primat kita berevolusi mnjd manusia. Pada manusia penyakit mengancam secara besar-besaran. fokus pd mslh org sakit strategi adaptasi sosial – budaya melahirkan sistem medis. tingkah laku dan bentuk kepercayaan yang berlandaskan budaya. kita memandang sistem medis mencakup kepercayaan utk meningkatkan kesehatan. Rubin. banyak penyakit yg mereka bawa penyakit ini juga mempunyai dimensi sosial dan budaya.

merupakan system ide konseptual bagian dari orientasi kognitif anggota kelompok itu.Fungsi utk memobilisasi sumber daya pasien(keluarga & msktnya) utk menyertakan mereka dlm mengatasi masalh tsb.yang bersifat rasional dan logis.atau berasal dari suatu susunan ide konseptual yang khusus tentang sebab – sebab penyakit. Suatu sistem “Teori Penyakit” Meliputi kepercayaan mengenai ciri – ciri sehat. kedua sistem dekat. Sistem “Perawatan Kesehatan’’ Memperhatikan cara – cara yang dilakukan oleh berbagai masyarakat untuk merawat orang sakit dan untuk memanfaatkan pengetahuan tentang penyak Sistem teori penyakit berkenaan dengan kausalitas. serta pengobatan dan teknik – teknik penyembuhan lain yang digunakan oleh para dokter. Sistem perawatan kesehatan = pranata sosial yang melibatkan interaksi antara sekumlah.   . sistem medis dpt dibg : 1. sifat logis.penjelasan serta sebab dan akibat. sebab-sebab sakit.Hal itu berkenaan dengan klasifikasi. 2.dalam arti bahwa teknik – teknik penyembuhan merupakan fungsi dari.meskipun dekat tidaklah sama.

dr Kebudayaan “ = pranata utama dlm setiap kebudayaan pntg bg berfungsinya secara normal kebudayaan dmn pranata itu berada. Sistem medis = bagian yang integral dari kebudayaan berarti memandangnya pada tingkatan dasar yang nyata.dan sebaliknya.Beberapa dari persamaan universal adlh sbb : 1. Sft universal berhub.Sistem Medis adlh Bag.Sistem medis adalah bagian – bagian dari kebudayaan pada tingkatan yang lebih abstrak yang dalam isi maupun bentuknya mencerminkan pola dan nilai yang kurang nampak. dgn peranan dan kewajibannya : ada pasien dan penyembuh.memerlukan yang lainnya utk kelanjutan eksistensinya. Masyarakat yang sehat adalah dimana terdapat keseimbangan .

penyakit adalah pengakuan sosial bahwa seseorang itu tidak bisa menjalankan peran normalnya secara wajar dan bahwa harus dilakukan sesuatu terhadap situasi tersebut. Penyakit Ditentukan Oleh Kebudayaan Di negara AS. ..org telah biasa utk berpikir ttg penyakit dlm rangka kuman dan virus – virus yang kita asumsikan sebagai keadaan biologis yang tetap.penyakit adalah hal yang berbeda.2. Namun dari pandangan budaya.suatu kondisi patologis yang di buktikan dengan hasil tes laboratorium dan bentuk pemeriksaan klinis yang lain.

Semua Sistem – Sistem Medis Memiliki Segi –Segi Pencegahan dan Pengobatan Di Amerika Serikat dikotomi formal anatara pengobatan preventif (kesehatan masyarakat) dan pengobatan kuratif (klinik).3. cenderung untuk menyebabkan kita merasa bahwa berbagai masyarakat sederhana yang tidak memiliki pembagian tersebut kurang memiliki konsep – konsep pencegahan. .

Sistem medis memenuhi sejumlah fungsi yg penting bg kesejahteraan kebudayaan.dsb. darinya Subsistem perawatan kesehatan melayani pasien.Suatu Sistem Teori Penyakit Memberikan Rasional Bg Pengobatan .suatu cara untuk mengawasi tingkah laku orang lain.dan juga merupakan landasan dimana peran sosial penyakit dapat dimainkan yaitu istirahat sementara dari tekanan psikologis dan sosial.jika   mungkin.Sistem – Sistem Teori Penyakit Sering Kali Menjalankan Peran Kuat dlm Memberi Sanksi & Dorongan Norma Budaya Sosial & Moral .dmn mereka mnjd bag.Suatu Sistem Teori Penyakit dapat Memberikan Rasional Bg Pelaksanaan Konservasi .Suatu Sistem Teori Penyakit dapat Mengatasi Agresi .keinginan untuk mendapat perhatian. Sistem Medis Memiliki Sejumlah Fungsi Fungsi sistem medis = memulihkan kesehatan pasien kembali.Sistem teori penyakit .4.Peran Nasionalistik Pengobatan Tradisional .Suatu Sistem Teori Penyakit Menjelaskan “Mengapa” .