P. 1
kompresor

kompresor

|Views: 32|Likes:
Published by latif_fauzi

More info:

Published by: latif_fauzi on Apr 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2013

pdf

text

original

DATA PENGAMATAN Kompressor  Kompressor Torak Gambar bagian-bagian kompresor

Penjelasan Kompresor torak. Berfngsi untuk menaikkan tekanan suatu gas. Tekanan gas akan naik saat volume gas turun, sehingga kompresor memanfaatkan prinsip pemampatan udara.

Sabuk – V Yaitu penghubung antara motor listrik dengan torak. Motor memutar sabuk V dan di ujung lain sabuk V menggerakan torak.

Motor Listrik Sebagai penggerak dari torak dengan cara menggulung sabuk-V.

Silinder dan Torak Silinder berfungsi menahan tekanan dan panas, karena adanya gesekan antara dinding dalam dengan kepala torak. Diberi sirip untuk mengurangi panas Gerakan torak akan menghisap udara ke dalam silinder dan memampatkannya. Langkah kerja kompresor torak hampir sama dengan komsep kerja motor torak.

Tangki Udara Berfungsi sebagai empat menyimpan udara bertekanan yang sewaktu – waktu dapat digunakan. Untuk kompresor torak dengan tekanan berfluktuasi, dapat berfungi sebagai peredam, sehingga menghasilkan aliran yang lebih rata.

Kompressor dafragma Gambar bagian-bagian kompresor Penjelasan Kompresor diafragma. Kompresor ini melakukan kompresi udara dengan menggunakan membran yang bergerak berputar, untuk menarik udara masuk ke daerah kompresi dan memberinya tekanan untuk selanjutnya disimpan pada bagian tabung penyimpanan Gambar disamping adalah tangki penyimpanan udara. Berfungsi untuk menyimpan udara

Merupakan bagian dalam dari kompresor tanpa kerangka. Terlihat bagian motor yang menggerakan impeller di bagian samping kanan sehingga udara masuk.

Merupakan piston yang bergerak naik dan turun yang berfungsi untuk memompa udara. Dilakukan pemeriksaan keadaan dari piston, apakah ukurannya masih pas, dari hasil praktikum, tidak terjadi kerusakan ataupun aus pada bagian piston
Merupakan bagian atas dari piston. Pada saat gerak kompresi torak bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas, udara di atas torak bertekanan tinggi, selanjutnya di masukkan ke dalam tabung penyimpan udara. Pemasukan udara diatur oleh katup

masuk dan dihisap oleh torak yang gerakannya menjauhi katup.
Pada saat terjadi pengisapan, tekanan udara di dalam silinder mengecil, sehingga udara luar akan masuk ke dalam silinder secara alami.

Bagian dalam dari kompresor

PEMBAHASAN  Kompresor Kompressor adalah mesin untuk memampatkan udara atau gas. Jika suatu gas/udara didalam sebuah ruangan tertutup diperkecil volumenya, maka gas/udara tersebut akan mengalami kompresi. Kompresor biasa digunakan untuk mengalirkan gas/udara dengan tekanan relatif tinggi (high pressure) yaitu sekitar 40-100 psig (7 bar). Prinsip kerja dari komprosor yaitu menggunakan torak yang bergerak bolak balik oleh sebuah penggerak mula (prime mover) didalam sebuah silinder untuk menghisap, menekan dan mengeluarkan udara secara berulang-ulang. Dalam hal ini udara tidak boleh bocor melalui celah antara dinding torak dengan dinding silinder yang saling bergesekan. Untuk itu digunakan cincin torak sebagai perapat. Jika torak ditarik keatas, tekanan dalam silinder dibawah torak akan menjadi negatif (kecil dari tekanan atmosfer) sehingga udara akan masuk melalui celah katup isap. Kemudian bila torak ditekan kebawah, volume udara yang terkurung dibawah torak akan mengecil sehingga tekanan akan naik. Pada saat praktikum terdapat 2 jenis kompresor yang berbeda yaitu kompresor torak dan diafragma. Prinsip kerjanya hampir sama, namun pada kompresor torak antara motor penggerak dan torak dipasang secara terpisah dan dihubungkan oleh sebuah sabuk. Sehingga memungkinkan untuk menghasilkan tekanan yang relatif lebih tinggi. Untuk perawatannya akan lebih mudah karena bagian torak dan motor terpisah sehingga mudah untuk dilakukan pembersihan, namun perlu sering diperhatikan kondisi sabuk yang menghubungkan antara torak dan motor penggerak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->