P. 1
SOP Pengajuan Propoal

SOP Pengajuan Propoal

|Views: 28|Likes:
sop pengajuan proposal politeknik negeri bali
sop pengajuan proposal politeknik negeri bali

More info:

Published by: Dexna Herlina P. Kadek on Apr 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2013

pdf

text

original

SOP - Proposal Tugas Akhir

Program Studi Teknik Listrik dan Manajemen Informatika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Bali

1. ALUR PENGAJUAN PROPOSAL TUGAS AKHIR Dalam mengajukan proposal Tugas Akhir mahasiswa dapat memperoleh ide, topik, maupun judul dengan berkonsultasi secara aktif dengan calon Dosen pembimbing sesuai bidang yang akan diambil. Setelah proposal selesai, maka mahasiswa dapat mengajukan proposal tersebut ke Jurusan Teknik Elektro, yang nantinya akan meneliti kelayakan proposal tersebut sesuai pertimbangan judul diatas melalui ujian proposal Tugas Akhir. Proposal ini akan diuji oleh 3 orang Dosen lainnya diluar dari Dosen pembimbing. Selanjutnya setelah disetujui, maka proposal bisa diajukan menjadi Tugas Akhir yang dilampirkan Lembar Pengesahan Proposal Tugas Akhir (lihat Lampiran 2). Dosen pembimbing proposal selanjutnya secara otomatis akan menjadi dosen pembimbing utama mahasiswa yang bersangkutan. Namun demikian jumlah mahasiswa yang dapat dibimbing oleh seorang Dosen dibatasi sebanyak 3 orang. Hal ini dilakukan untuk menjamin agar proses pembimbingan dapat berjalan dengan baik dan tingkat keberhasilan mahasiswa menjadi makin tinggi. Untuk Dosen Pembimbing Pendamping akan ditentukan oleh Jurusan Teknik Elektro. ( Lihat Alur Proposal)

REVISI : Komponen Terkait No 1 Kegiatan Penjelasan dari Jurusan Penyusunan Proposal Administratur Jurusan/PS Mahasiswa Pembimbing Dokumentasi Buku Pedoman penyusunan TA Draf Proposal.1 Prosedur Pengajuan Proposal Jurusan Teknik Elektro POLITEKNIK NEGERI BALI JUDUL: PENGAJUAN PROPOSAL AREA JURUSAN DAN PROGRAM STUDI DOKUMEN LEVEL STANDAR OPERATING PROCEDURE KODE SOP PPA-01 TANGGAL DIKELUARKAN NO REVISI : TGL. Proposal disetujui oleh pembimbing utama dan dapat diajukan untuk mengikuti ujian proposal Adminisi jurusan menerima proposal mahasiswa yang telah disetujui oleh dosen pembimbing utama untuk dibuatkan jadwal ujian proposal secara bersama sama . Penyusunan proposal dilakukan oleh mahasiswa berkoordinasi dengan calon pembimbing utama untuk kemudian memjadi pembimbing utama. 4. 3. Waktu Awal Semester VI 2 minggu sebelum Ujian Proposal 2 3 4 Persetujuan pembimbing Utama Pengumpulan Proposal Ke Jurusan Draft Proposal Proposal Selama Penyusunan proposal 1 minggu sebelum ujian proposal Penjelasan 1. 2. Pengarahan dari jurusan tentang proses penyusunan proposal sampai penyusunan tugas akhir dijelaskan dijelaskan secara teperperinci.1.

 Bagian awal proposal: o o Cover Depan Halaman Pengesahan. Pada daftar pustaka ini. bagian isi. buku-buku yang dicantumkan adalah buku-buku yang memang benar-benar mendukung penyusunan proposal dan dijadikan rujukan pada penyusunan Tugas Akhir nantinya. Pada proposal ini memuat tiga bagian besar yaitu bagian awal. . dan bagian akhir. ISI PROPOSAL Proposal Tugas Akhir merupakan usulan yang berisi gambaran umum yang bisa dijadikan sebagai kontrak untuk menyusun Tugas Akhir. Jumlah buku yang dijadikan daftar pustaka pada proposal minimal 5 judul buku.  Bagian isi: • • • • • • • • Judul Latar Belakang Masalah Perumusan Masalah Pembatasan Masalah Tujuan Landasan Teori/Kajian Pustaka Metode Penelitian Jadwal Kerja  Bagian akhir proposal: memuat daftar pustaka yang dijadikan acuan pada penyusunan proposal tersebut.2.

5 cm : 3. kwantitatif dan sasaran. Huruf 1. 3. tepi bawah c.3. tepi atas b. Lembar abstrak diakhiri dengan daftar kata kunci (keywords) minimum 3 kata. C.Dalam menyusun proposal. Judul penelitian diketik dengan huruf kapital. Isi Proposal terdiri dari : 1.1. metodologi yang akan dipakai untuk mengungkapkan masalah penelitian. serta hasil yang diharapkan dari penelitian tersebut.5 cm : 2. Lembar Persetujuan (lihat Lampiran 2) C. serta dampak atas hasil hipotetis tersebut. hipotesa yang akan dibuktikan. Kertas 1.5 cm : 2.lihat Lampiran 1) C. Judul Penelitian : Tulis judul penelitian secara singkat tetapi cukup jelas mencerminkan tujuan dengan memperhatikan batasan kualitatif. Abstrak Tuliskan secara komprehensif penelitian yang akan dilaksanakan dengan menjelaskan masalah ilmiah yang akan diteliti dan latar belakangnya. : 2. Setiap sub bab diketik dengan huruf tebal dan setiap kata pada nama sub bab tersebut diawali dengan huruf kapital. 2. 3. Tebal kertas : 70gr. Format Penulisan Proposal Penelitian terdiri dari : C. Latar Belakang . Pengaturan halaman kertas (margin): a. ada beberapa hal umum yang harus diperhatikan : A. Naskah proposal diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 12.4. Lembar Depan (cover .2. tepi kanan B. tepi kiri d. 2.5 cm C. Abstrak terdiri atas 200 300 kata dan di dalam abstrak tidak boleh ada referensi.7cm) 2. Ukuran kertas : A4 (21cm x 29..

Tinjauan pustaka berisi pula ulasan tentang kesimpulan dari hasil penelitian yang terdapat dalam setiap judul dalam daftar referensi. batasi permasalahan pada apa yang akan dipecahkan dengan solusi yang ditawarkan pada latar belakang diatas.Tujuan merupakan “Janji peneliti “dalam melaksanakan suatu kegiatan spesifik yang bersifat operasional (dapat ditulis menggunakan kata kerja) secara jelas dengan sejauh mungkin didukung dengan data atau penalaran yang mantap. Pada bab tinjauan pustaka ini harus dielaborasikan hasil peneliti terdahulu yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Batasan Masalah Sedangkan batasan masalah harus menjelaskan tentang dapat tidaknya perumusan masalah tersebut dicapai. Tuliskan juga rencana penelitian yang akan dilakukan dalam proposal ini dan jelaskan perbedaan pada (variabel. algoritma atau metoda) dari penelitian yang akan dilakukan dengan penelitian sebelumnya serta . Permasalahan hendaknya ditulis dalam bentuk deklaratif yang tegas dan jelas guna menambah ketajaman perumusan (biasanya ditulis dalam bentuk pertanyaan). Pada hakikatnya. 4. sedemikian rupa sehingga memberikan gambaran perkembangan pengetahuan. 6. Tinjauan pustaka hendaklah disusun sesuai dengan urutan perkembangan cabang ilmu pengetahuan yang dikandungnya. Setiap penelitian yang dilakukan. Latar belakang timbulnya masalah perlu diuraikan 3. harus berkaitan langsung dengan permasalahan penelitian serta memuat tentang rincian variabel yang akan diteliti atau diukur untuk mencapai luaran yang diharapkan. harus mempunyai latar belakang masalah (aktual) yang memang memerlukan pemecahan.1 Penelitian yang pernah dilakukan (sebagai referensi) Bab tinjauan pustaka berisi uraian tentang alur pikir dan perkembangan keilmuan topik kajian. Uraikan permasalahan apa yang akan diangkat dalam penelitian dan sebutkan luaran yang akan dihasilkan sebagai solusi untuk memecahkan permasalahan karena kejelasan latar belakang timbulnya masalah akan memudahkan perumusan masalah dan menentukan batasannya. Tinjauan Pustaka 6. hasil penelitian seorang peneliti bukanlah satu penemuan baru yang berdiri sendiri melainkan sesuatu yang berkaitan dengan hasil penelitian sebelumnya. 5. Perumusan Masalah Jelaskan masalah yang akan dicari pemecahannya melalui penelitian ini.Uraikan tentang alasan dan motivasi pentingnya dilakukan penelitian. Tujuan Tuliskan tujuan secara logis dan sistematis.

7.3 Pengujian/Analisa hasil penelitian Uraikan tentang keterkaitan antar faktor-faktor dari data yang diperoleh dari masalah yang diajukan kemudian menyelesaikan masalah tersebut dengan metode/algoritma yang digunakan dan menganalisa proses dan hasil penyelesaian masalah tersebut. mulai persiapan sampai penelitian berakhir pada penyusunan laporan. 7. pengolahan dan analisis data.1 Rancangan sistem (software / hardware)/Pengukuran/Pengambilan data Uraikan secara terperinci tentang bagaimana rancangan sistem/pengukuran/pengambilan data yang akan dilakukan. 6. 7. . Jadwal Kegiatan Hendaknya dikemukakan jenis-jenis kegiatan yang direncanakan beserta jadwal waktunya. serta uji mutu (quality control) data yang sesuai dengan rancangan (design) penelitian yang dibuat.jelaskan solusi apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan penelitian ini. penentuan unit analisis.2. tempat. 7. Sebutkan parameterparameter yang akan diuji dan dianalisa pada penelitian ini. waktu. cara dan instrumen pengumpulan data. Tuliskan teori penunjang yang terkait langsung dengan peneyelesaian penelitian tersebut pada sub-bab 6. Sertakan blok diagram sistem yang dirancang dan uraikan prinsip kerjanya secara rinci agar dapat dipahami dengan mudah dan jelas atau jika melalui pengukuran. Dengan metodologi ini dapat diperkirakan hasil penelitian yang akan diperoleh secara utuh.2 Pembuatan/Implementasi Sistem/Pengolahan data Uraikan pembuatan/implementasi sistem. Secara sistematis dapat ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut : 7. metode/algoritma yang digunakan. jika mungkin sertakan flowchart dari proses implementasi dan algoritma yang digunakan. Sebutkan juga parameter-parameter yang dominan dalam rancangan/pengukuran. pengambilan sampel. set-up pengukuran dan hasil pengukuran harus dicantumkan.2 Teori penunjang yang digunakan dalam penelitian Uraikan tentang teori yang benar-benar menunjang penelitian yang akan dilaksanakan. Jenis kegiatan yang ditulis pada jadwal harus sesuai dengan langkah-langkah yang dilakukan pada metodologi. mengacu pada ruang lingkup yang telah diuraikan diatas dan tulis secara sistematis sehingga jelas keterkaitannya dengan penelitian yang akan dilakukan. Metodologi Jelaskan rencana.4. Hasil yang Diharapkan Cantumkan hasil yang “dibayangkan’ akan dicapai di akhir penelitian (berupa apa?) 8.

Untuk detil lebih lengkap tentang Tata cara penulisan Daftar Pustaka dapat dilihat pada Penulisan Laporan Tugas Akhir dapat dilihat dalam Lampiran . Referensi /Daftar Pustaka Berisi daftar referensi (buku. jurnal. majalah dll) yang digunakan dalam penulisan.No Kegiatan Bulan ke-1 1 2 3 4 Bulan ke-2 1 2 3 4 Bulan ke-n 1 2 3 4 1 2 3 … n Catatan: Bulan ke-1 dst ditulis sesuai nama bulan 9. Penulisan referensi. secara umum ditulis dengan menggunakan IEEE 2006.

............. .Lampiran 1: Contoh Halaman Depan (Cover) Proposal Tugas Akhir: PROPOSAL TUGAS AKHIR JUDUL TA Oleh : Nama Mahasiswa NIM....... PROGRAM STUDI TEKNIK LISTRIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI BALI 2012 .

.. Dosen Pembimbing : 1...... …………..........Lampiran 2: Contoh Lembar Pengesahan Proposal Tugas Akhir: LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL TUGAS AKHIR JUDUL TA Oleh : Nama Mahasiswa NIM....Politeknik Negeri Bali Bukit Jimbaran... 2........... .......... ..................... NIP.... .. NIP.............. 3............... ... NIP............. . ……… 2012 Disetujui Oleh : Tim Penguji : 1. Proposal Tugas Akhir ini Diajukan untuk Dilanjutkan sebagai Tugas Akhir di Jurusan Teknik Elektro PNB Jurusan Teknik Elektro ............ ...................................................... 2...... NIP.......... NIP...................

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->